Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Orang Tua Wajib Punya! Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan Aplikasi PrimaKu

Sunday, December 19, 2021

Aplikasi PrimaKu

Pertumbuhan dan perkembangan anak dari sejak lahir perlu dipantau secara berkala. Apakah tumbuh kembang anak sesuai usia dan jenis kelaminnya, berapa berat badan dan tinggi badan yang normal, apakah anak stunting, kapan jadwal imunisasi yang tepat, dan banyak lagi hal yang perlu dimonitor oleh orang tua terutama pada anak usia dini. Enggak perlu pusing karena ada satu aplikasi yang orang tua wajib punya yaitu aplikasi PrimaKu untuk memudahkan memantau tumbuh kembang anak. Apa saja fiturnya?

Pentingnya Mencatat Tumbuh Kembang Anak

 

Di rumah, kami punya satu tembok yang direlakan untuk ditulisi garis-garis kecil. Bukan asal coret, tetapi garis tersebut merupakan hasil pengukuran tinggi badan anak dari waktu ke waktu. Kami juga punya timbangan badan. Walau membuat saya insecure melihat angkanya (LOL), timbangan ini sangat berguna untuk tracking pertumbuhan anak.


Sebulan sekali kami mengukur BB dan TB anak lalu mencatatnya di buku KIA (buku pink). Saya garis manual sehingga ketemu titik antara BB dengan TB ada di area kurva warna apa.


Dari titik-titik ini terlihat grafik pertumbuhan anak apakah naik, tetap, atau turun. Saat naik apalagi menyentuh garis hijau, senangnya hatiku. Akan tetapi, BB anak saya sempat stuck. Bulan ini naik 2 ons, bulan depan turun 3 ons, dua bulan lagi naik 1 ons, dst. Huhu ….


Sedih sih tapi sebagai orang tua saya menjadi tahu pertumbuhan anak tidak baik-baik saja. Ada yang perlu diperbaiki supaya BB-nya naik.


Pun sama dengan cek perkembangan anak. Waktu bayi, perkembangan Uno lebih slow dibanding teman sebayanya. Insecure, dong, anak lain sudah lancar merangkak bahkan berdiri tetapi Uno masih ngesot. Dari hasil catatan perkembangannya, saya konsultasikan ke dokter anak.

 

Aplikasi PrimaKu Jadi Andalanku Pantau Tumbuh Kembang Anak

 

Cek Pertumbuhan Anak

Zaman anak pertama, SID, saya mencatat tumbuh kembang anak pada buku KIA dan Kartu Menuju Sehat (KMS) dari Posyandu. Namun, buku tersebut rawan terselip. SID sudah dua kali ganti KMS karena kartunya entah di mana.


Syukurlah sejak 2018 saya mengenal aplikasi PrimaKu (saat itu bernama PRIMA), aplikasi untuk pantau tumbuh kembang anak dengan mudah melalui smartphone. Enggak perlu lagi plotting TB-BB anak secara manual di buku. Cukup masukkan data BB, TB, dan lingkar kepala anak pada apps PrimaKu. Langsung deh muncul kurva pertumbuhan beserta keterangannya (seperti normal, obesitas, atau kurang gizi).


Pernah saat posyandu, saya ditanya berat badan lahir anak. Kemudian, saya buka aplikasi PrimaKu di smartphone. Alhamdulillah data BB dan TB lahir lengkap saya isi jadi tinggal sebut saja.


Padahal anak baru dua tapi tanggal lahir, BB lahir, bahkan memanggil nama seringkali tertukar. Bagaimana teman saya yang anaknya empat dan sedang hamil anak kelima? Ia cerita setiap kali mau melahirkan, di ruang bersalin ditanya data tanggal lahir, BB dan TB lahir anak-anak. Udah mules kontraksi eh harus menjawab pertanyaan bak tes CPNS. Haha … Lebih baik pakai aplikasi PrimaKu supaya mudah menunjukkan ke tenaga medis mengenai data tersebut.


Cek Perkembangan Anak

PrimaKu juga membantu saya cek perkembangan anak melalui Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Sebelum memakai PrimaKu, saya mendapat KPSP melalui suatu situs kemudian saya jawab satu persatu sesuai perkembangan anak. Tiga bulan kemudian, saya cek lagi ke situs tersebut, mencari KPSP yang sesuai usia anak, mencatatnya secara manual, dan seterusnya.


KPSP merupakan suatu instrumen deteksi dini dalam perkembangan anak usia 0 sampai 6 tahun. KPSP ini berguna untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.


Semenjak menggunakan PrimaKu, monitor perkembangan anak semakin mudah karena pertanyaan dan penilaian sudah disediakan PrimaKu. Hasil tes tersusun rapi di aplikasi PrimaKu.


Setelah sekian tahun menggunakan aplikasi PrimaKu di HP, Kamis (16/12) lalu saya baru mengenal lebih dekat perusahaan yang membuat apps ini yaitu PT Cipta Medika Informasi (PrimaKu). Salah satu tujuannya yaitu mengatasi permasalahan stunting.


“Sebagai aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak. Dengan dukungan penuh dari IDAI, PrimaKu dapat menjadi solusi utama bagi orang tua dan tentunya ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mengatasi permasalahan stunting,” jelas Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan CEO PrimaKu.


Manfaat PrimaKu tak hanya memudahkan orang tua memantau tumbuh kembang anaknya tetapi juga membantu tenaga kesehatan.


“Aplikasi ini juga memudahkan kami para dokter anak dalam menjalankan praktek sehari-hari, terutama bagi pasien yang datang dengan menunjukkan data anaknya langsung dari aplikasi ini. Dengan semakin mudahnya layanan dan informasi yang diperoleh orang tua, potensi anak mereka mengalami masalah kesehatan akan sangat kecil,” tutur dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes.

Fitur Aplikasi PrimaKu Terbaru

 

Sebagian fitur PrimaKu sudah disebut di atas namun sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Terdapat 5 fitur unggulan aplikasi PrimaKu yaitu:


Pertumbuhan

Masukkan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak kemudian grafik pertumbuhan akan menunjukkan hasilnya apakah sesuai usia dan jenis kelamin anak. Grafik pertumbuhan terdiri dari: berat badan sesuai usia, tinggi badan sesuai usia, lingkar kepala sesuai usia, berat badan terhadap tinggi badan, dan indeks massa tubuh sesuai usia.


Saya sempat khawatir karena pertumbuhan anak ada di bawah garis kuning tetapi hasil di PrimaKu tertulis normal. Menurut dr. Miza, garis hijau pada kurva pertumbuhan bukanlah target tetapi anak harus bertumbuh sejajar dengan garis hijau. Noted!


Selain kurva pertumbuhan, terdapat menu “Riwayat” yang menunjukkan usia anak. Kita bisa mengunggah foto anak saat usia tersebut. Ah, sweet banget jadi punya timeline foto anak dari waktu ke waktu.


Perkembangan anak bisa dipantau pada menu “Buku Anak” di bagian bawah. Tambah data perkembangan, pilih usia anak, kemudian jawab 10 pertanyaan sesuai kondisi anak. Nantinya muncul hasil apakah sesuai atau perlu konsultasi ke dokter. Selain itu, terdapat rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak. Jadi ada ide bermain anak yang tepat, kan.

Imunisasi

Aplikasi PrimaKu memiliki jadwal imunisasi IDAI dan jadwal imunisasi PPI. Setelah imunisasi, update data dengan memasukkan tanggal imunisasinya.


Lupa jadwal imunisasi? Khawatir terlewat jadwal imunisasi anak yang berderet? PrimaKu akan memberi notifikasi jadwal imunisasi yang akan datang.


Fitur imunisasi ini juga memudahkan dokter. Cukup tunjukkan apps PrimaKu supaya bisa terbaca catatan anak sudah imunisasi apa saja dan kapan waktunya.

Konsultasi

Konsultasi online langsung dengan dokter spesialis anak yang tergabung dalam IDAI juga bisa dilakukan melalui aplikasi PrimaKu. Mau konsultasi melalui chat, telepon, maupun video call bisa. Tanpa perlu antre panjang dan harganya lebih hemat.


Rekam Medis

Hasil konsultasi online tersebut dapat diakses di rekam medis. Kita bisa melakukan pencarian berdasarkan diagnosis, keluhan, atau nama dokter.


Komunitas

Para orang tua dapat berbagi info, pengalaman, maupun membuka pertanyaan dengan pengguna lain di forum fitur Komunitas.

Oh ya, PrimaKu bisa menyimpan data beberapa anak. Saya belum tahu berapa pastinya tapi data kedua anak saya tersimpan rapi di apps PrimaKu. *dua anak cukup.


Fitur PrimaKu setelah saya update aplikasinya semakin lengkap dengan tampilan user friendly. Namun, ada beberapa teman, pengguna lama PrimaKu, yang menemui kendala data hilang setelah update apps PrimaKu. Tak perlu khawatir harus mengisi data dari awal. Hubungi CS PrimaKu melalui Whatsapp 081770704114 atau DM Instagram @official.primaku.


Admin IG PrimaKu gercep membalas, lho. Saya pernah DM menanyakan fitur lingkar kepala anak yang hasilnya tidak muncul di aplikasi. Rupanya karena usia anak saya sudah lebih dari 5 tahun padahal kurva LK/U dari WHO hanya dapat digunakan sampai anak berusia 5 tahun.

Pengalaman selama ini menggunakan PrimaKu membuat saya memantau tumbuh kembang anak semakin mudah melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi PrimaKu menjadi apps wajib yang perlu di-install orang tua. Mau cek pertumbuhan anak, cek perkembangan anak, cek jadwal imunisasi, konsultasi online, maupun berbagi pengasuhan dengan orang tua lain semakin mudah melalui aplikasi PrimaKu.


Sudah install apps PrimaKu? Kalau belum, bisa install PrimaKu di PlayStore dan AppStore, ya. Bagaimana pengalamanmu menggunakan PrimaKu?

33 comments on "Orang Tua Wajib Punya! Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan Aplikasi PrimaKu"
  1. keren ya mak, buku pink bisa jadi digital begini, jadi terbantu banget kita buat mantau tumbang anak2 di rumah yaa

    ReplyDelete
  2. Enak emang deh jadi mom zaman now mau cek perkembangan anak aja ada aplikasinya ya, yang penting jaringan lancar , mom dimana aja bisa akses. Sukses buat PrimaKu!

    ReplyDelete
  3. Ternyata sudah selangkah lebih maju ya, ada Primaku,
    dulu kan kita patokannya pake catatan bayi yang dari bidan atau dokter anak itu

    ReplyDelete
  4. Beruntung ya di zaman serba digital ini berbagai kemudahan didapatkan.Seperti aplikasi PRIMAKU. Zaman anakku dulu semua dikerjakan sendiri pergi ke dokter,belum lagi antri.Abis waktu dan lebih boros.Sukses untuk PRIMAKU

    ReplyDelete
  5. Zaman anak-anak saya masih kecil, saya paling suka mencatatan perkembangan mereka. Tetapi, memang kalau pencatatan manual bukunya gampang lecek. Tulisannya juga mudah pudar. Kalau pakai aplikasi lebih jelas dan praktis dibawa ke mana pun

    ReplyDelete
  6. Senang ya sekarang makin mudah bagi para orang tua untuk mencatat tumbuh kembang anaknya dengan Aplikasi Primaku ini, apalagi dengan berbagai fitur unggulannya benar-benar praktis.

    ReplyDelete
  7. Sekarang mah apa-apa udah ada aplikasinya. Lebih mudah diakses semua pengguna gadget. Jadi new mom pun bisa tahu tumbuh kembang anak sudah sampai mana. Sudah seusai standar atau belum. Gak gampang panik jadinya.

    ReplyDelete
  8. Wah menarik Primaku cocok untuk memantau pertumbuhan si kecil. Salam kak. @depua

    ReplyDelete
  9. Aku bersyukur banget mba ada aplikasi primaKu ini. Nolong banget terus nggak usah bingung cari kesimpulan anak kita masih batas wajar atau harus konsultasi ama dokter. Udah gitu aplikasi ini lengkap ya dan ada indikator perkembangan anak juga. Sampai sekarang ini aplikasi ga aku uninstall

    ReplyDelete
  10. Kalau pakai aplikasi primaku gini enak sih ya, jadi gampang mantau tumbuh kembang anak. Bisa jadi pengingat juga biar ngga terlewat jadwal imunisasi.

    ReplyDelete
  11. Masya Allah jaman s3karang sudah canggih ya kebayang dulu anak2 masih kecil masih pake manual

    ReplyDelete
  12. pas banget nih aku lagi concern ke tumbuh kembang anakku yang kedua, nanti mau coba ini juga biar enak ngawasin perkembangannya

    ReplyDelete
  13. Sepertinya bagus ini aplikasi ya kak, bisa kita pantau perkembangan anak jadi sebagai orang bisa tau secara pasti apabila anak ada penyimpangan atas perkembangannya

    ReplyDelete
  14. Mama Sid bener-bener mama jaman now deh, update banget sama aplikasi tumbuh kembang anak. Tahun 2018 aja udah pakai aplikasi PRIMA, mantap euy, pastinya lebih praktis dan tercatat dengan aman. Aku juga pengalaman pas anak-anak mau masuk SD, pusing nyari KMS-nya. Gak nyangka KMS kepakek juga buat daftar sekolah.

    ReplyDelete
  15. Bener banget. Kalo dulu buku kia itu mudah terselip dan gak praktis banget. Jadi inget adekku pas bayi dulu, mama suka marah kalo aku baca2 kia karena takut ilang hehe

    ReplyDelete
  16. Digitalisasi di mana-mana ya. Seneng lihat pemanfaatan yg positif.Bagi yg otaknya juga digital, cocok banget nih. Mempermudah dan anti keselip-keselip dot com. Wkwwk.

    ReplyDelete
  17. aku kemarin pas ganti hape sempat nggak instal aplikasi primaku ini, mbak. trus pas aku instal lagi eh nggak bisa login karena lupa sama user dan paswordnya. padahal lumayan juga datanya sudah diinput tapi alhamdulillah masih ada buku KIA sih buat tracking BB dan tinggi anak

    ReplyDelete
  18. Bagus banget apilkasi Primaku ini ya, dulu kita mencatat perkembangan anak di KIA, sering terselip pula bukunya hehe kalau ini tercatat digital sehingga nggak bakal hilang catatannya. lengkap pula fiturnya hingga konsultasi dan komunitas, keren deh..

    ReplyDelete
  19. Dulu selama anak masih balita, wajib datang ke posyandu tiap bulan sambil bawa buku KIA untuk cek tumbuh kembang anak
    sekarang dengan aplikasi primaku ini, memantau tumbuh kembang anak jadi makin mudah ya mbak

    ReplyDelete
  20. Senangnya dengan adanya aplikasi ini, ortu juga tak perlu kuatir lagi ya mba untuk memantau pertumbuhan anak dengan baik. Banyak fitur yang ngebantu pula

    ReplyDelete
  21. so, buat new mom dan buibu di era digital memang so lucky sih menurut aku karena informasi terkait tumbuh kembang anak penuh luber karena udah ada aplikasinya juga

    ReplyDelete
  22. Aplikasi kyk gini penting supaya tumbuh kembang anak senantiasa bisa terpantau, udah sesuai dengan chart atau belum ya. Wah jadi selain bisa buat plot grafik pertumbuhan dan perkembangan anak juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk konsultasi dengan dokter anak juga ya.

    ReplyDelete
  23. Mantap juga nih aplikasi Primaku, menggantikan karti KIA dan KMS ya. Jadi nggak ada lagi kartu terselip karena lupa naruh

    ReplyDelete
  24. aku juga pake primaku buat tracking kemajuan anak, emang paling gampang dipakai si primaku tuh dan sesuai dengan standar anak indonesia,,, asia tenggara lah paling ga,, bukan bule banget kek aplikasi growth tracker lain

    ReplyDelete
  25. Sekarang semakin praktis nih kalo untuk urusan memantau tumbuh kembang anak ya mbak. Apalagi aplikasi nya user friendly gini

    ReplyDelete
  26. Belum pernah pake aplikasi ini mak, penting banget ini kita bisa memantau tumbang anak dengan baik apalagi dengan satu klik kita bisa baca dan dapat info lengkap terpercaya yah

    ReplyDelete
  27. Waah sekarang ada aplikasi PrimaKu. Berguna banget buat mama mama yg sering kelupaan naruh buku pink dan harus nyari nyari tiap ke Posyandu.

    ReplyDelete
  28. Nah ini dia aplikasi wajib banget buat ibu dengan batita dan balita ya, biar ga banyak worry soal tumbuh kembang anak. Tinggal cek growth chart

    ReplyDelete
  29. Rasanya super ketakutan yaa...kalau pertumbuhan anak ini tidak sesuai dengan milestone seharusnya. Kini ada aplikasi PrimaKu yang bantu Ibu untuk tetap bisa tenang dan cerdas dalam menyikapi setiap tumbuh kembang anak. Sebaiknya kalau ada apa-apa memang lebih cepat ditangani, lebih baik.

    ReplyDelete
  30. Bagus ya aplikasi Primaku ini. Jadi enggak perlu kuatir dengan keadaan masa pandemi ini tetap bisa memantau perkembangan saki meski gak bisa ke posyandu, ya. makasih infonya mama sid

    ReplyDelete
  31. Kece bener aplikasi PrimaKu, bisa memantau pertumbuhan anak dan menjauhkannya dari bahaya stunting.

    Bisa konsultasi juga ke dokter spesialis anak.

    Tiap mama butuh install aplikasi ini di Hp-nya biar gak ribet sama yang buku dan lebiih praktis

    ReplyDelete
  32. Enak ya udah ada aplikasi primaku. Pasti membantu banget tuh, soalnya kalau mengandalkan catatan di buku KIA tuh agak ribet. Aku dulu pengalaman buku KIA sempat hilang, haduh pusing.

    ReplyDelete
  33. Bermanfaat banget ya mba aplikasinya. Mempermudah orangtua memantau perkembangan anak anaknya, apalagi di masa pandemi ini kadang masih suka segan keluar rumah.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,