Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Memilih Les Privat Sekolah Internasional

Saturday, December 11, 2021
Memilih les privat sekolah internasional menjadi satu hal yang perlu dipikirkan selain memilih sekolah yang cocok untuk anak. Memang jarang bimbel yang menyediakan bimbel international school seperti kurikulum Cambridge atau IB. So, simak tips memilih tempat les sekolah internasional berikut ini.

sekolah internasional di Jakarta
Ilustrasi sekolah internasional

Pengalaman Memilih Sekolah di Jakarta


Sejak tinggal di ibukota, saya menyadari sekolah di Jakarta begitu beragam. Sekolah tak hanya dibedakan antara negeri dengan swasta tetapi juga basisnya. Ada yang berbasis agama, metode Montessori, sekolah alam, dan sebagainya. Kurikulum sekolah pun bisa dikategorikan menjadi tiga, yaitu sekolah dengan kurikulum nasional, nasional+, dan internasional.

Sebagai ibu dengan anak yang akan menginjak usia sekolah tahun depan, jujur makin bingung mana sekolah yang cocok buat anak. So, saya sering bertanya ke teman, tetangga, juga mengikuti open house berbagai macam sekolah, tak terkecuali international school di Jakarta.

Awalnya, saya pikir sekolah dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia berarti menggunakan kurikulum nasional. Sementara sekolah internasional menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Rupanya tak semudah itu, hehe. Kurikulum apa yang dipakai di sekolah perlu digali lebih lanjut ke pihak sekolah. Saya menjumpai ada sekolah yang mengadaptasi kurikulum IB juga menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Sekolah tersebut menggabungkan kurikulum nasional dengan IB dalam kepengajarannya.

Adapula sekolah yang dalam penyampaian materinya maupun tugas-tugas menggunakan bahasa Inggris namun ternyata menjalankan kurikulum nasional.

Beda Kurikulum Cambridge dengan IB


Bila ingin anak memiliki kemampuan berbahasa Inggris, berwawasan global, atau berencana melanjutkan studi ke universitas di luar negeri, sekolah internasional dapat menjadi pilihan.

Kurikulum sekolah internasional yang diterapkan di Indonesia antara lain kurikulum Cambridge dan kurikulum IB (International Baccalaureate). Apa bedanya?

Kurikulum Cambridge International terdiri dari 4 jenjang yang disebut Cambridge Pathway, yaitu:
  1. Cambridge Primary (5-11 tahun)
  2. Cambridge Lower Secondary (11-14 tahun)
  3. Cambridge Upper Secondary (14-16 tahun)
  4. Cambridge Advanced (16-19 tahun) - terdapat dua pilihan, Cambridge International AS & A Level dan Cambridge Pre-U.

Sementara IB memiliki 4 program, yaitu:
  1. Primary Years Programme (3-12 tahun)
  2. Middle Years Programme (11-16 tahun)
  3. Diploma Programme (16-19 tahun)
  4. Career-related Program (16-19 tahun)
Dari segi aktivitas, kurikulum Cambridge lebih menekankan pada akademis sementara IB lebih banyak eksperimen, observasi, dan praktek.

Lulusan kualifikasi Cambridge banyak diterima di universitas terbaik di dunia, antara lain di AS, Inggris, Kanada, maupun Australia. Sementara IB banyak digunakan di negara-negara Eropa. Wah, siapa tahu suatu saat nanti anak-anak saya bisa melanjutkan studi di universitas terbaik di luar negeri. *aamiin ….

Di samping perbedaan di atas, mata pelajaran kurikulum sekolah internasional termasuk lebih sedikit dibanding kurikulum nasional. Bahkan dalam jenjang tertentu, misal Diploma Programme IB, siswa dapat memilih 3 mata pelajaran yang disukai untuk lebih didalami. Ini ditujukan supaya murid belajar lebih fokus mengembangkan minat bakatnya.


Memilih Tempat Les Privat Sekolah Internasional


“Soal matematikanya dalam bahasa Inggris. Bingung saya mengerjakannya,” curhat salah satu orang tua yang anaknya bersekolah di sekolah internasional.

Di masa pandemi ini, belajar dari rumah otomatis orang tua banyak berperan membantu pemahaman anak. Gimana kalau orang tuanya zaman sekolah dulu menganggap matematika sebagai momok, eh sekarang anaknya meminta bantuan mengerjakan tugas matematika?

Sekolah internasional enaknya ya mata pelajaran sedikit tetapi materi yang mendalam membuat siswa perlu berpikir kritis dalam memecahkan masalah.

Penerapan HOTS alias Higher-Order Thinking Skill membuat belajar tak hanya duduk-catat-hafal tetapi meliputi synthesizing, analyzing, reasoning, comprehending, application, and evaluation.

les online sekolah internasional


Dewasa ini perlu belajar lebih keras untuk menyambut persaingan global yang akan dihadapi anak-anak kita nantinya. Computational thinking dan 4C menjadi skills yang perlu dikuasai.

Untuk mendukung proses belajar anak di sekolah internasional, orang tua dapat mencari les privat sekolah internasional. Daripada kita sendiri makin puyeng mengerjakan berbagai soal, lebih baik serahkan ke ahlinya.

Pertimbangan memilih tempat les international school antara lain:

  • Pengajar berpengalaman mengajar murid sekolah internasional (menguasai les Cambridge ataupun les pelajaran IB).
  • Dilakukan baik tatap muka maupun online.
  • Pengajar responsif.
  • Penyampaian materi yang menyenangkan.
  • Les privat, bila perlu, supaya lebih fokus 1-on-1.
  • Sesuaikan budget.

Les Privat Sekolah Internasional di Sinotif Indonesia


Saat mencari les Cambridge di Jakarta, saya menjumpai Sinotif Indonesia. Lembaga bimbel Sinotif Indonesia menyediakan les privat sekolah internasional, tak hanya les Cambridge tetapi juga les pelajaran IB dan les A level.

les cambridge jakarta
Sinotif Learning Method

Penyampaian materinya menggunakan Sinotif Learning Method, yaitu:

SPECIALIZED

Siswa dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia yang ahli dan tersertifikasi khusus.

PERSONALIZED

Pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Di akhir sesi belajar, siswa akan mendapat catatan dan laporan belajar.

SYSTEMIZED

Modul soal sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global memudahkan proses belajar termasuk pemahaman konsep.

LIMITLESS

Sinotif Indonesia menyediakan layanan 24 jam nonstop. Siswa dapat mengakses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com termasuk tanya soal secara instan melalui aplikasi Tanya Jawab Soal.

sinotif indonesia

Bimbingan belajar spesialis matematika, fisik, dan kimia baik kurikulum nasional maupun internasional menjadi program unggulan Sinotif Indonesia. Bahkan ada garansi uang kembali.

Emang ya tiga mata pelajaran itu sangat menantang di sekolah. Bagaimana Sinotif Indonesia membantu proses belajar?

Salah satu siswi sekolah internasional yang les privat di Sinotif Indonesia memberikan testimoni pengalaman belajarnya. Menurutnya, belajar menjadi lebih fun, ia lebih paham pelajaran, tugasnya selesai bukan karena dikerjakan guru les tetapi mereka mengerjakan bersama, dan karena sifatnya les privat jadi lebih fokus sesuai kebutuhannya.

Saat ini Sinotif beroperasi secara terpusat dengan kantor pusat di Sunter, Jakarta Utara. Karena pembelajarannya online jadi siswa-siswi yang dibantu Sinotif berasal dari seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri.

les cambridge surabaya

Sekarang udah enggak khawatir lagi bila mencari les Cambridge (les A level, O level, AS level) atau les pelajaran IB, karena bisa les privat sekolah internasional di Sinotif Indonesia. Penasaran bagaimana Sinotif Learning Method? Ikuti trial-nya, aja.
46 comments on "Memilih Les Privat Sekolah Internasional"
  1. Wah enaknya, emang paling efektif ya kalo les private tuh, anak jd lebih fokus gak banyak main-main hihiii keren nih ;)

    ReplyDelete
  2. Saya urusan pendidikan anak semangat banget deh bacanya, membayangkan gimana caranya anak bisa sekolah di luar negeri, bukan karena sistem pendidikan Indonesia kurang bagus tapi lebih kepada wawasan tentu beragam banget. Les Sinotif ini hanya untuk yang bersekolah atau bisa orang luar sekolah ya, pasti bisa orang luar ya sepertinya. Penasaran saya baca artikelnya ah.

    ReplyDelete
  3. nggak kuatir buat coba dulu ya mbak, karena ada garansi uang kembali kalau nggak cocok

    ReplyDelete
  4. Pasti dengan hadirnya Lembaga bimbel Sinotif Indonesia anak-anak jadi semangat belajar matematika, fisika dan kimia apalagi guru-gurunya ahli di bidangnya. Bikin anak-anak makin happy belajar 🥰

    ReplyDelete
  5. Dengan sekolah kurikulum internasional, bahasa inggris anak2 makin diasah ya mbak. Nah penting juga ditambah bimbel sekolah internasional yang sesuai kurikulum.

    ReplyDelete
  6. Kebutuhan anak akan kurikulum pendidikan semakin tinggi dan kita tidak mungkin hanya diam saja ya. Meski kurikulum sekolah tidak memadai, ada solusi dengan ikut les privat internasional nih. Bisa dikerjakan dari rumah pula. Keren inovasi SINOTIF Indonesia

    ReplyDelete
  7. SINOTIF jadi pilihan bimbingan belajar buat anak-anak yang membutuhkan guna memahami mata pelajaran terutama matematika, fisika, dan kimia

    ReplyDelete
  8. Kurikulum IB itu menarik ya, Btw untuk anak yang sekolah di sekolah umum dengan kurikulum nasional bisa juga nggak ikut les privat kurikulum IB?

    ReplyDelete
  9. Dengan bimbel di Sinotif, anaknya jadi bebas bingung saat mengerjakan soal-soal Matematika berbahasa Inggris ya mbak. Sinotif sudah terbukti kualitasnya, layak jadi pilihan utam buat bimbel anak:)

    ReplyDelete
  10. HOTS alias Higher-Order Thinking Skill ini nih mba yang penting banget. biar anak terbiasa berpikir kritis. Sinotif keren ya bisa mengakomodir itu.

    ReplyDelete
  11. Asyik ya sekarang bimbel berkelas dan bermutu yang jauh dari jangkauan bisa dinikmati dimana saja kita berada....

    ReplyDelete
  12. Saat ini orang tua dibuat bingung dengan menyiapkan sekolah yang tepat untuk anak ya Mbak. Terkadang sekolahnya pun disesuaikan dengan orang tua ingin anaknya tuh mau diarahkan kemana sesuai potensi anaknya tentu. Ada yang sekolah internasional karena anak dipersiapkan untuk bisa go internasional. Seneng banget ada Sinotif yang bisa memenuhi kebutuhan anak untuk melengkapi belajarnya di sekolah

    ReplyDelete
  13. Makin banyak orang pintar yang berinovasi mengikuti jaman dan beradaptasi dengan keadaan. Salut sama Sinotif yang udah memfasilitasi kebutuhan orang tua yang pengen anaknya mampu menguasai banyak bahasa dengan lancar dan baik

    ReplyDelete
  14. memang ya kalau udah punya sistem pendidikan yang baik, mau di mana aja juga dicari! Soalnya untuk anak -anak buatku kenyamanan dan "paham" - ga perlu deh harus nilai 100 bikin stres tapi minimal mereka SUKA BELAJARNYA

    ReplyDelete
  15. Berarti sinotif ini memiliki kurikulum standar sekolah internasional ya mba? Wah bagus ya, recommended nih lesin anak disana

    ReplyDelete
  16. sinotif ini ternyata spesialis pelajaran-pelajaran yang dulu paling horror buat saya loh semasa sekolah, dan saya gak pengen anak saya juga merasakan hal yang sama, makanya kayanya udah harus pertimbangin ikutin les gini deh ya

    ReplyDelete
  17. Bener juga, ya, hidup di ibu kota pendidikan banyak pilihan. begitu juga untuk tempat les, banyak pilihan. Sinotif menjadi pilihan karena banyak banget keuntungannya dan sistem belajarnya, tuh, "spesial".

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran, Apakah sinotif juga melayani bimbingan untuk anak SD, kak Helen?
    Apa masuk kelas yang Primary Years Programme yaa?
    Soalnya pelajaran yang dipelajari ada Fisika dan Kimia. Seru banget sih...tapi anak SD belum dapat.

    ReplyDelete
  19. Jadi Sinotif ini khusus untuk pelajaran dengan kurikulum internasional ya? Semoga makin membantu peningkatan keilmuan anak-anak di masa depan yaaa

    ReplyDelete
  20. Anak temanku ada nih yang sekolah di Internasional School. Memang goalnya bakal kuliah di luar negeri sih. Dan keberadaan Sinotif jelas sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  21. HOTS ini kesannya susah banget, ya. Padahal sebetulnya bisa menjadi menyenangkan kalau pola pengajarannya tepat. Makanya saya selalu tertarik kalau ada bimbel yang menawarkan cara pengajaran menyenangkan untuk anak

    ReplyDelete
  22. Kereen sudah mengikuti perkembangab jaman soalnya sekarang banyak sekolah inter dimana pelajarannya bhs english mulai science, math, english kadang suka ga paham yg soal cerita di math

    ReplyDelete
  23. Keren yah Jakarts, komplit ntuk pilihan sekolahnya sampai ada ti gkat Internasional. Semoga bisa menyekolahkan anakku jg dgn kurikulum yg terbaik.

    ReplyDelete
  24. Sinotif menurutku keren banget karena tarafnya aja udah sesuai denga sekolah internasional, Mata pelajaran yang diajarkan pada bimbel pun memang yang perpu perjuangan keras untuk memahami. Semoga bisa nih ikutan Sinotif, maksudnya anakku. Karena dia memang sulit mengerti mapel Matematika.

    ReplyDelete
  25. Kalau sudah ada standar internasional, tak perlu diragukan lagi. Aku senang juga karena ini bisa menambah ilmu anak juga dengan les privat dengan standar internasional dan diajr oleh guru yang berpengalaman

    ReplyDelete
  26. kukira dulu yang kurikulum cambridge dan IB bakalan susah cari bimbel ternyata sinotif menyediakan khusus buat bimbel kurikulum sekolah internasional ya mak Sid mantap

    ReplyDelete
  27. Boleh nih mak mau aku rekomendasikan ke adikku buat ponakan yang kesulitan banget belajar matematika. Bisa manfaatkan free trial nya dulu ya, lumayan juga

    ReplyDelete
  28. kalau sekolahnya sudah sekolah internasional, pastinya pilih bimbel ya yang ada kurikulum Internasional nya ya mbak
    seperti bimbel Sinotif ini

    ReplyDelete
  29. Program dari IB ini sejak usia balita ya. Mulai 3 tahun. Sedangkan Cambridge dari 5 tahun.

    Kedua sekolah internasional ini beneran keren sih. Karena lulusannya bisa kuliah di Eropa maupun Amerika.

    Nah, untuk mewujudkan impian itu, dengan adanya Sinotif, peluang bisa menjadi terbuka lebar nih.

    ReplyDelete
  30. Wah, jadi kebayang banget gambaran Kurikulum Cambridge dengan IB.
    Dan ini digunakan sejak anak usia SD sampai SMA nanti, kak Helen?
    Bersama Sinotif, mengembangkan bakat dan kemampuan anak di bidang akademik menjadi lebih terpusat.

    ReplyDelete
  31. Keren nih lulusannya juga berkualitas dengan kompetensi yang mumpuni pastinya

    ReplyDelete
  32. Dengan adanya sinotif begini bantu ya Mak Sid buat temen2 yang sekolah dengan kurikulum intenasional

    ReplyDelete
  33. sekarang enak yah, banyak pilihan sekolah anak sekarang, bisa disesuaikan dengan dana kita juga , hehehe. secara normal yah, sekolah bagus yah, harga atau biaya juga mahak yah, hehehe

    ReplyDelete
  34. Kadang suka bertanya2 anak2 yang sekolah di sekolah internasional lesnya di mana ya, eh ternyata ada ya hehe
    Zaman skrng kyknya utk anak2 udah makin banyak oprtu yang mikirin kuliah di luar aja, makanya yang ada kurikulum internasional cukup banyak diminati yaa

    ReplyDelete
  35. les privat sekolah internasional ini ada yang untuk sd gak ya? asyik ya ada bimbel yyang spesialis seperti ini, jadi bisa memudahkan teman teman yang belajar di sekolah internasional, apalagi belajarnya online, cukup dari rumah :)

    ReplyDelete
  36. Selain sekolah memang kebutuhan pendidikan anak juga perlu ditunjang yah mom, termasuk les privat. Noted nih untuk rekomendasi lest privatnya di Sinotif

    ReplyDelete
  37. Ehm kalau dengar sekolah internasional rasanya langsung pusing dengan biayanya hehehe. Tapi memang anak-anak jadi punya wawasan lebih luas dan bahasa Inggrisnya rata-rata lebih bagus. Adanya les privat ini menarik untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitannya. Salam hangat kak Helena.

    ReplyDelete
  38. Kalo soal pendidikan anak, emang mau gak mau kita sebagai orang tua memberikan yang terbaik, ya. Penting nih menyiapkan pendidikan anak apalagi buat yang punya rencana sekolah di luar negeri. Sinotif emang jadi salah satu solutif nih.

    ReplyDelete
  39. Bagus banget ya ada layanan 24 jam membahas PR. Bagi anak anak ini membuat anak jadi percaya diri ya, karena ada tempat untuk bertanya soalan yang dia gak paham. Menarik banget bimbel Sinotif.

    ReplyDelete
  40. Sinotif jadi pilihan terbaik bagi keluarga yang sudah menargetkan anak-anak bersekolah di luar negeri ya.
    Kalaupun tidak, minimal pengetahuan mendasar selama belajar di Sinotif, membantu anak memiliki bekal dasar pengetahuan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  41. Wah keren juga yah bimbel sinotif ini, selain bahasa inggrisnya ada juga pelajaran yang bikin sebagian siswa ketar-ketir hehe.

    ReplyDelete
  42. Ngomongin pendidikan emang enggak ada habisnya ya Mak. Kalau di kota besar, mau pilih sekolah banyak pilihannya, bisa disesuaikan budget juga. Di kotaku tuh adanya ya swasta-negeri, atapi yang banyak ya SDIT. Sekolah alam aja jarang apalagi sekolah yang pakai kurikulum internasional.

    ReplyDelete
  43. Bimbel online seperti Sinotif ini bisa jadi solusi untuk membantu para pelajar memahami materi pembelajaran lebih baik ya Mak. Belajar matematika tuh buatku dulu terasa challenging banget kalo ngga ada tutor tambahan yang membantu untuk memahami lebih baik. Jadi layanan seperti ini kayanya bisa bantu banget sih :D

    ReplyDelete
  44. Beberapa kali baca tentang sinotif ini. Cakupanya luas ya, dan standarnya internasional. Cocok banget untuk bekal masa depan anak yang ingin melesat di kancah global

    ReplyDelete
  45. Waw .. walaupun online kukikulum bimbelnya ya cukup oke dan terarah bisa nih dijadikan rekomendasi

    ReplyDelete
  46. Jadinya bantu banget ya buat anak untuk lebih paham, soalnya kurikulum bimbelnya juga pake Sinotif Learning Method yang emang udah terpercaya selama 20 tahun lebih

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,