Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Buddy Review ApresiAKSI - Siti Hidayati

Tuesday, December 7, 2021

Assalamualaikum Ibu Pembaharu,

Kali ini saya dipasangkan dengan buddy dari Yogyakarta yaitu Mbak Siti Hidayati. Mbak Siti tergabung dalam tim Ruang Cahaya Ibu yang membahas kesehatan mental ibu. Topik yang butuh banget namun seringkali dikesampingkan padahal ibu bahagia, keluarga bahagia.


Dari jurnal Mbak Siti (baca di sini), berikut review-nya:


Lihatlah alasan kuat analisa dampak, apakah yang dituliskan sudah cukup untuk menggerakkan AKSI ini menjadi bagian dari solusi? Mengapa?

Betul, sudah nampak alasan kuat pentingnya melakukan analisa dampak agar aksi ke depannya semakin baik.


Lihatlah Theory of Change, apakah runtut prosesnya bisa diterima? Mengapa?

Runtut namun untuk input kurang spesifik apa saja yang dibutuhkan (misal, media sosial, moderator/fasilitator, dsb). Selain itu untuk activities bisa lebih bersifat umum, misal IG live sehingga maksud dari Theory of Change RCI ini akan melakukan IG live secara kontinu dalam aksinya.


Lihatlah The Logic Model, apabila Anda cross check dengan pola Jika ... dan ... maka ... apakah bisa masuk terus bergerak ke arah impact tahapan logikanya? Mengapa?

Contoh: jika (input) dan (asumsi) maka (activities), jika (activities) dan (asumsi) maka (output)

Sejujurnya saya kurang paham bagian ini (sepertinya jurnal saya pun salah) namun bila mengikuti contoh di atas, bagian input dan asumsi maka activities masih kurang sinkron. Mungkin dapat diperbaiki bagian input untuk lebih detail sementara asumsi terapis hadir menurut saya sudah tepat.


Bandingkan antara tabel Risk Management dan Tabel Stop, Continue, Start. Apakah struktur berpikirnya pengambilan keputusannya sudah benar? Mengapa?

Antara risk management dengan tabel SCS sudah berhubungan terutama untuk penguatan kekompakan tim dan konten media sosial.


Materi pekan ini bahkan review-nya pun masih membuat saya perlu mempelajari kembali The Logic Model yang seems illogical, hahaha. Well, marilah menikmati proses. Sedikit lagiiii gaes!

Wassalamualaikum.

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,