Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Konferensi Ibu Pembaharu 2021 Perayaan 1 Dekade Ibu Profesional

Wednesday, December 22, 2021

Konferensi Ibu Pembaharu 2021 berlangsung secara daring selama 17-22 Desember 2021. Konferensi ini sebagai bentuk perayaan 1 dekade Ibu Profesional. Bagaimana kesan mengikuti Konferensi Ibu Pembaharu?


Kekuatan Perempuan Indonesia

Ibu Profesional lahir pada tahun 2011 karena kegalauan seorang ibu rumah tangga, Septi Peni Wulandani, yang sangat peduli terhadap pendidikan anak. 

Mantra yang terkenal dalam Ibu Profesional yaitu main bareng, ngobrol bareng, beraktivitas bareng. WHY? karena sejak lahir anak sudah memiliki:

  • intellectual curiosity
  • creative imagination
  • art of discovery
  • noble attitude
Peran ibu dalam membersamai anak begitu besar bahkan ibu juga menjadi agent of change. Yes, every mother is a changemaker dan semuanya itu bisa dimulai dari rumah untuk dunia.

Sejak Konferensi Ibu Pembaharu dimulai, saya terperangah dengan opening, tema yang diangkat, kemasan acara yang profesional. Masya Allah, begini kekuatan para perempuan bila bergerak bersama.

Saya mendapat bocoran bahwa susunan panitianya begitu ramping namun powerful menggunakan RACI Matrix (apakah ini?), yaitu:

  • Ketua pelaksana: Dzikra I. Ulya/Teh Chika
  • Divisi Keuangan: Bunga Aprilia (Mankeu Institut)
  • Sekretariat: Wedaraningtyas/Mbak Tyas
  • Program: Mbak Midah (Magika)
  • Marcomm: Teh Dian (Mantika)
  • MedKom: Mak Far (Mardika)
  • Sayembara: Mak Ika (Malika)
  • Sponsorship: Mbak Riefky
  • Media Sosial dan Website: Diajeng Puspitasari D.

masing-masing divisi memiliki tim sekitar 2-5 orang.


Jalan-jalan di Tiga Hall Konferensi Ibu Pembaharu 2021

Walau digelar secara daring, konsep konferensi yang diinisiasi komunitas Ibu Profesional ini membawa para peserta memasuki hall dengan view 360 derajat. Jadi berasa nyata tampilannya.

Setelah login di situs konferensiibupembaharu.id, peserta memasuki lobby kemudian memilih mau masuk ke:


Conference Hall

Hall utama tempat menyimak presentasi narasumber, live chat dengan para peserta lain, juga mengajukan pertanyaan. 

Dalam conference hall terdapat bagian untuk umum dan VIP. Bagian VIP untuk para peserta yang memiliki tiket KIP sementara bagian umum untuk yang tanpa tiket.


Exhibition Hall

Ruang pameran menampilkan booth-booth tim Kampus Ibu Pembaharu maupun tenant yang bekerja sama. Di sini pengunjung dapat mempelajari profil tenant maupun mengunduh oleh-oleh digital secara gratis.


SKUI Hall

Ruang pameran komponen Ibu Profesional yaitu Seknas, RCIP, KIPMA, Institut Ibu Profesional, Sejuta Cinta, Kampung Komunitas, Ipedia, Gerakan Ibu Inklusif, Kampus Ibu Pembaharu, dll. Btw, SKUI stands for Semesta Karya Untuk Indonesia.

Tema Konferensi Ibu Pembaharu 2021

Terdapat 6 tema besar yang diangkat dalam Konferensi Ibu Pembaharu 2021 dengan menghadirkan 14 narasumber. Tema-tema tersebut dibahas agar tidak ada perempuan yang luput untuk maju dan menjadi berdaya. Tema Konferensi Ibu Pembaharu 2021 adalah:

  1. Ibu dan anak bahagia
  2. Lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan
  3. Saya ibu rumah tangga dan saya bangga
  4. Aku berdaya, aku berkarya
  5. Perempuan di era digital
  6. Disabilitas unggul

Asli deh bingung memilih mau menyimak yang mana, walau bisa menonton rekaman, karena topiknya itu menarik, menggugah, tapi ... kudu tetap balance dengan urusan domestik. Hehe ...


Sampai hari ini jujur baru menyimak 2,5 sesi narasumber. Yak ada setengahnya karena keburu dipanggil anak. Syukurlah materi bisa ditonton ulang hingga 3 bulan ke depan.


Insya Allah akan saya tulis ulasan setelah menonton materinya ya terutama "Ibu dan Anak Bahagia" sejalan dengan our family project Sekolah Alam Semesta. 


Sekilas benang merahnya yaitu perempuan Indonesia bisa banget berdaya, di ranah masing-masing, memulai dari masalah di sekitarnya, membuat perubahan dari rumah untuk dunia. Dan ... walau sudah beraktivitas di luar, tetap ingat tanggung jawab serta fitrahnya sebagai istri dan ibu untuk keluarga.


Senangnya di Hari Ibu ini terasa istimewa dengan kehadiran Konferensi Ibu Pembaharu 2021. Alhamdulillah saya mencicipi peran sebagai KIP Ambassador dan juga MC. Mau cerita tapi di artikel terpisah ya, hihi ... super excited tahu dapurnya acara sekeren KIP!


Baca juga: Jadi MC di KIP 2021


Selamat hari ibu, para ibu hebat se-Indonesia! Peluk diri sendiri, self-love, ya kita layak menjadi ibu!


Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,