Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Liburan ke Planet Mochi: Hilangnya Planet Uranus

Sunday, July 25, 2021

Liburan ke Planet Mochi


liburan ke planet mochi
Astronaut SID berlibur ke Planet Mochi

“Ting … tong …” terdengar suara bel pintu.


Wah, siapa ya yang berkunjung di Sabtu pagi?


“Halo, aku Pak Pos Jeri si jerapah,” ujarnya ketika pintu dibuka.


paddle pop mochi
Pak Pos Jeri membawa surat 

Kami, SID dan Ibu, heran memandang kostum si pengantar surat. Biasanya pak pos menggunakan seragam berwarna oranye tetapi Pak Pos Jeri memakai kostum astronot! Ah, rupanya ia adalah pak pos angkasa luar yang mengantarkan surat-surat dari planet ke planet. WOW!


Tak sabar kami pun membuka surat yang dibawa pak pos. Ternyata itu surat dari Singa Paddle Pop yang mengajak kami berlibur ke Planet Mochi. Hmm … di mana itu Planet Mochi? Singa Paddle Pop berkata kami harus mengikuti petunjuknya supaya tahu di mana Planet Mochi berada. Oke, berangkat!


Playmat Galaksi

Pertama, kami membuka playmat galaksi yang masih kosong, hanya berisi garis-garis putih sebagai orbit planet. Satu-persatu kami susun matahari dan planet sesuai urutan di tata surya. Matahari di pusat tata surya, Merkurius di sebelahnya, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus dengan cincinnya, lalu Neptunus. Selesai!


paddle pop mochi
Menyusun planet-planet. Dapatkah kamu menyebutkan nama-namanya?


“Mevebumajusaturnep” ini cara menghafal nama-nama sembilan planet di tata surya kita. Hmm … sepertinya ada yang janggal. Apa ya? Ah, kami harus lanjut mencari Planet Mochi.


Selanjutnya, kami gunakan aplikasi ASSEMBLR di ponsel untuk memindai gambar planet-planet tadi. Petunjuk Planet Mochi ada di gambar planet tersebut.


Hasil memindai gambar planet dengan apps Assemblr


Setiap kali gambar planet di-scan, planet itu seperti muncul dalam bentuk 3D, bisa diputar-putar, serta terdapat petunjuk mengenai si Planet Mochi, yaitu:


  • Dinamakan dari dewa langit Yunani
  • Planet ketujuh dari matahari
  • Mempunyai 27 satelit alam
  • Dingin
  • Ditemukan tahun 1781 oleh astronom William Herschel
  • Berwarna biru
  • Disebut raksasa es


Aha! Planet Mochi itu planet Uranus! Singa Paddle Pop menunggu kami di sana.

 

Roket Tiup

Kami pun naik roket tiup menuju planet Uranus. Cara membuatnya dengan menempelkan tabung kertas di belakang gambar roket lalu memasukkan sedotan ke tabung kertas tersebut. “Fuuuuh!” tiup sedotan sekencang mungkin dan roket pun terbang ke planet Uranus.

Baca juga: Cara Membuat Roket Tiup dan Kostum Astronot


cara buat roket tiup
Membuat roket tiup

 

Liburan ke Planet Mochi

Saat melihat playmat galaksi, mengapa tidak ada gambar planet Uranus? Pantas saja tadi kami merasa ada yang aneh.


Planet Uranus hilang! Bagaimana mengembalikan Planet Mochi yang hilang?


Aha! Buat saja planet dari Paddle Pop Mochi. Caranya: siapkan piring kertas, lukis dengan gambar bintang, planet, atau apa saja memakai pewarna makanan, letakkan es krim Paddle Pop Mochi di tengahnya, lalu taburi sprinkles.


liburan ke planet mochi
Paddle Pop Mochi sudah siap


“Planet Uranus ternyata dingin dan enak!” ujar SID sambil mengunyah es krim Paddle Pop Mochi.

 

Kembali ke Bumi

Saatnya kembali ke Bumi. Oh tidak, roketnya rusak! Kami perlu membuat roket khusus yang terbuat dari Paddle Pop Mochi untuk pulang. Cara membuat roket yaitu:

  1. Siapkan piring kertas.
  2. Letakkan Paddle Pop Mochi lalu masukkan 1 tusuk gigi di atasnya.
  3. Tumpuk Paddle Pop Mochi yang kedua di atasnya kemudian masukkan 1 tusuk gigi lagi, begitu seterusnya sampai menjadi roket mochi yang tinggi.
  4. Tambahkan kuncup segitiga di bagian atas roket.

“Wush …” roket mochi meluncur ke Bumi.


paddle pop mochi
Roket mochi buatan SID

 

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop, Mungilmu, dan Keluarga Nana Mirdad

Alhamdulillah, liburan ke Planet Mochi pada 10 Juli 2021 lalu seru banget! Sempat deg-degan di awal karena planet Uranus hilang tetapi ada solusi dengan membuat sendiri planet dari es krim Paddle Pop Mochi.


Acara virtual “Liburan ke Planet Mochi” menjadi pengisi liburan di rumah yang asyik persembahan Paddle Pop. Acaranya gratis, lho! Ada empat jadwal liburan. Kali ini kami ikut liburan yang ketiga bersama keluarga Nana Mirdad. *jadi nostalgia nonton sinetron Nana dan Andrew.


paddle pop mochi
Ikut Liburan ke Planet Mochi yang mana? (dok. Paddle Pop)


Sabtu pagi yang biasanya lebih slow menjadi semarak. Sebelum pukul 10, SID dan saya ke minimarket untuk membeli 5 es krim Paddle Pop Mochi sebagai bekal kami liburan ke Planet Mochi.


Kami juga menyiapkan kotak main yang telah dikirimkan sebelumnya dari Paddle Pop dan Mungilmu. Isinya lengkap banget bahan dan alat yang diperlukan untuk liburan ke Planet Mochi termasuk ransel bergambar Singa Paddle Pop.


Alhamdulillah kami termasuk 100 peserta pertama yang mendapat kotak main ini. Kudu gercep daftar melalui link yang ada di Instagram @paddlepop.idn. Bagi yang tidak dapat kotak main masih bisa menyiapkan sendiri printable activities-nya.


mungilmu
Bu Guru Azka dari Mungilmu dan Keluarga Nana Mirdad


Acara pagi itu dipandu Bu Guru Azka dan Kak Arina dari Mungilmu yang telaten memberi petunjuk satu demi satu menuju Planet Mochi. Anak-anak pun antusias mencari yang mana, sih, Planet Mochi sambil memindai planet-planet di playmat galaksi menggunakan ponsel.


ide liburan anak
Liburan ke Planet Mochi bareng teman-teman


SID, 6 tahun, paling suka menghias mochi lalu menaburkan banyak sprinkles di atasnya. Saat melukis dengan pewarna makanan, ia menggunakan banyak pewarna sampai-sampai ketika makan mochi mulutnya berwarna hijau. Hihi ….


harga paddle pop mochi
Pesta es krim Paddle Pop Mochi


Liburan virtual ini menjadi kegiatan screen time anak yang produktif, lho. SID mengenal teknologi augmented reality melalui scanning gambar planet memakai aplikasi di ponsel. Ia juga menata playmat galaksi dan menghias es krim Paddle Pop menjadi planet Uranus serta roket yang tinggi. Anak ikut aktif bergerak, tak hanya melihat layar.


Imajinasinya juga makin terasah dengan penyampaian cerita dari Bu Guru Azka bak astronot yang sedang berpetualang di angkasa luar mencari Singa Paddle Pop.


ide liburan angkasa luar
Liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop penuh tawa dan es krim!

Setelah kembali ke Bumi, kami lanjut pesta es krim Paddle Pop Mochi. Rasa choco vanilla-nya enak dan mochinya kenyal. Bekal Paddle Pop Mochi dibagi dua untuk SID, dua untuk ibu, dan satu untuk ayah yang sudah membantu menjaga adik selama SID dan ibu berlibur ke Planet Mochi.


Es krim Paddle Pop menjadi cemilan baik yang biasa saya siapkan untuk anak. Tak perlu khawatir karena Paddle Pop dibuat khusus untuk anak-anak sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian anak. Setiap es krim Paddle Pop tidak lebih dari 12gr gula, 110kkal, dan 3gr lemak. Komposisi Paddle Pop telah mengikuti standar internasional dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI, mendapat persetujuan dari BPOM, dan sertifikasi halal MUI.


Paddle Pop Mochi hanya mengandung 6gr gula, 90kkal, dan 1,5gr lemak jenuh. Terbuat dari susu dan cokelat yang lezat dan tanpa pengawet!


Komposisi Paddle Pop Mochi mengandung susu dan tanpa pengawet (dok. Paddle Pop)


Terima kasih Paddle Pop membuat liburan di masa pandemi menjadi istimewa. Akhir pekan kami penuh tawa, jalan-jalan ke angkasa luar, mengenal planet-planet, dan berkreasi dengan Paddle Pop Mochi.


Kamu mau ikutan liburan ke Planet Mochi? Tonton keseruannya di YouTube Channel Paddle Pop, ya! Selamat berlibur ….

54 comments on "Liburan ke Planet Mochi: Hilangnya Planet Uranus "
  1. Aku nyaris lupa kalau suhu Palnet Uranus ini dingin, lho, Mak. Abis baca ini jadi refresh legi pelajaran tentang tata surya puluhan taun lalu waktu sd wkwkwk... so long ago. Seneng ya anak-anak sekarang bisa belajar sambil bermain dengan adanya teknologi secanggih ini. Idenya Paddle Pop ini keren amat. Coba ada mesin waktu ga, ya? Biar aku masa kecil dulu bisa belajar tentang tata surya bersama Planet Mochi hihihi *ngarep aamt*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dingin bangeeeet di sana. Brrr ... Paddle Pop Mochi jadi awet, enggak mudah lumer. hihi ...

      iya yaa seru banget belajar dengan gamifikasi seperti ini. Idenya Paddle Pop tuh kreatif membuat sesi liburan anak semakin seru dan bermanfaat karena bisa belajar tentang tata surya sambil makan es krim Paddle Pop Mochi. Yummy!

      Delete
  2. Aku suka es krim Paddle Pop yang mochi, isian apa aja ga milih-milih. Sayangnya anakku lebih suka Paddle Pop yang varian lainnya. Tapi begitu lihat gambar Paddle Pop Mochi di artikel ini dia jadi penasaran dong pengen nyicip, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mochinya Paddle Pop isi chocolate vanilla enak lembut, mbak. Ku suka banget. Rasa susunya terasa.

      Delete
  3. Wah lucu juga ya Liburan ke Planet Mochi. Keponakanku pasti senang diajak main kaya gini. Sekalian belajar Tata Surya ya. Kan jadi makin kreatif karena gambar planet dan isi luar angkasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bisa main sama ponakan juga nih mbak Jiah trus makan es krim bersama

      Delete
  4. Roket tiupnya lucuuuuuuu dech. Wah, si kecil seru banget berpetualang ke planet Mochi, ternyata ke Planet Uranus yach. Asiknya bisa DIY dan nambah pengetahuan tentang tata surya dengan cara menyenangkan, plus mamam es krimnya deh. Tante diajak doooong hihihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada aja yaa ide kreatif Paddle Pop dan Mungilmu untuk membuat momen liburan lebih produktif dan extra fun!

      Delete
  5. Eh iya.. ini seru jugaya menghias mochi jadi berbagai planet. Adek Fi pasti suka banget deh ini . Jadi keidean buat ajak Adek bebikinan pakai mochi

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini makan es krim mochi yaa makan aja padahal sebelumnya bisa dihias dulu supaya makin semarak, hihi

      Delete
  6. Aaaah SID berangkat ke Planet Mochi!
    Dalam bayangan bude nih, Planet Mochi itu bentuknya putih lembut kayak es krim dan maniiissss kalo dijilat hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul memang begitu rasanya Planet Mochi, budheeee

      Delete
  7. Huhuuuu, seru banget sih weekennyaa, apalagi main2 ke planet Mochi, bermain Playmat Galaksi, pesta es krim , makiin asiik. Ikuutlaaah...kan mau nostalgia nonton nana mirdad dan andrew, eehhh.
    Salut banget sama Paddle Pop yang mneyuguhkan liburan seru dan asiik berpetualang ke luar angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaak iyaa begitu lihat Nana dan Andrew langsung kebayang sinetronnya yang dulu itu di rcti. LOL.
      Udah lama ga dengar kabarnya eh mereka tinggal di Bali

      Delete
  8. aduh seru banget nih liburan ke planet mochi trus ada juga hilangnya planet uranus.. anakku suka sekali sama antariksa beserta isinya, sekalian mengagumi dan mensyukuri ciptaan ALlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sempat heboh tuh kok uranusnya enggak ada, jangan-jangan lupa dicetak.

      Delete
  9. Loh perasaan udah komen ternyata belom masuk hahaaa

    iya nih si bude jadi ngebayangin mendarat di planet putih kenyal - empuuuuk gitu dan dingiiiin kayak di antartika

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk makan es krim Paddle Pop Mochi, budhe. Cuma 3000 aja lho

      Delete
  10. Yiipppiii!, Paddle Pop ini paham banget yaaa, kegalauan ortu jaman now
    butuh menyediakan sarana bermain belajar yg asik buat bocah2
    aakk, kalo kayak gini sih, dijamin anak2 syukaaaa dan makin betah walo di rumah aja yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalau bisa ikutan 4 sesi udah ga bingung lagi deh liburan mau ngapain.

      Delete
  11. Acara yang seru ya buat ngisi liburan anak2, jadi ketagihan pingin nyoba lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... bisa ditonton ulang di Youtubenya Paddle Pop. Yuuuk!

      Delete
  12. Seru2 mainan anak jaman sekarang. Nggak cuma buat ditonton, tapi juga menambah kreativitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget! aku pun mendampingi anak sambil belajar tentang tata surya. Asik kan!

      Delete
    2. ini sih dari paddle pop mba.. sejak zaman kita kecil dulu tuh paddle pop sering yaa bikin2 acara yang bikin anak2 hepi haha inget gaa dulu ada kaset DVD juga gituu

      Delete
  13. Wah boleh juga nih dicontek kreasinya bikin2 tata surya. Anakku juga suka soalnya kalau bebikinan planet2 gtu.
    Es krim mochi kesukaan semua di rumah.
    Bisa juga disusun jd roket gtu yaa
    Ntar coba aku nonton di YT channel Paddle Pop ah TFS

    ReplyDelete
  14. Paddle Pop emang juara banget kalau bikin event. Semua keluarga senang... Mama ada ide buat diy anak happy dan belajar kreatif, dan es krimnya pasri lezat! Kemarin anak daya juga ikutan jelajah saturnus nih mbak

    ReplyDelete
  15. Lucu banget siiyyy permainannya. Kayaknya anakku bakal suka, nih. Coba intip planet mochi dari paddle pop, ah

    ReplyDelete
  16. Waini seru banget ya, liburan virtual ke planet mochi. Paddle Pop tau aja kalo anak-anak butuh hiburan dan kegiatan yang seru selama di rumah aja

    ReplyDelete
  17. jadi inget lagi nih Mevebumajusaturnep, aku sudah lupa... heheheh
    jadi pengen ngajakin anak liburan ke planet mochi juga nih

    ReplyDelete
  18. wahh seru ya ini mbak
    anak anak bisa belajar tentang planet dan tata surya dengan cara yang menyenangkan
    belajar sambil bermain dengan paddle pop, seru banget

    ReplyDelete
  19. Seru banget aktivitas seperti ini, anakku aja aku kenalkan dengan planet2 aja kepo seperti apa bentuknya, nah sekarang mau coba juga aktivitas bermain ini

    ReplyDelete
  20. Asik sekali berpetualang ke planet Mochi. Seru juga berkreasi dengan es krim Paddle Pop Mochi. Baca postingan ini jadi teringat pelajaran saat masih SD yaitu pelajaran IPA Bab Tata Surya.

    ReplyDelete
  21. Waduh, ini seru banget deh, Pendar belum coba yang petualangan ini. Kemarin baru coba yang petualangan ke dunia bawah laut dan suka

    ReplyDelete
  22. Seketika aku pengen balik jadi anak anak kecil dulu :D. Menikmati permainan kayak gini, seru juga
    Kalau es krimnya,dari dulu sampe sekarang tetep doyan nih.

    ReplyDelete
  23. Lucunyaaa roket Mochi buatan SID, pengin nyomot 1 deh es krim mochinya haha. Serunyaaa liburan bersama paddle pop, anak-anak pasti senang bisa berkreasi dan bermain seperti ini :)

    ReplyDelete
  24. Ibu hebat selalu punya cara untuk membuat anak betah di rumah
    Salah satu ciri Ibu Pembaharu katanya hehe
    Semangat SID, cobain planet lain juga

    ReplyDelete
  25. SID minta dong roket mochinya hahaha. Permainannya seru banget, pakai properti yang bener-bener gambarin luar angkasa, bikin anak jadi lebih kreatif dan nambah wawasan tentunya.

    ReplyDelete
  26. Asik banget anak-anak diajak jalan-jalan seru ma Paddle Pop sampai ke planet Mochi. Banyak pula kegiatan kreatifnya, ya

    ReplyDelete
  27. Wah wah seru banget nih. Anakku pasti suka nih kalo diajak nonton. Udah ada ya di YouTube Paddle Pop? Siap nonton deh kalo begitu. Sekalian disiapkan es krim Paddle Pop Mochi juga ya, biar makin afdol. 😁

    ReplyDelete
  28. Dulu mah saya ngafalinnya gini: mevebumayusaurneplu. Tapi, ternyata belakangan Pluto udah bukan planet lagi, yaa..

    Btw, seru banget ini liburan bareng Paddle Pop-nya. Sayangnya saya ngga tau ada acara seseru ini. Kalo tau, Amay Aga pasti bakal seneng banget bisa main sambil belajar dengan cara semenyenangkan ini.

    ReplyDelete
  29. Playmatnya SID bagus amat, bisa nih ditiru idenya bikin playmat gini. Biar anak kecil di rumah seneng mengenal tata surya.

    ReplyDelete
  30. Serunya bikin kegiatan seru sama anak jalan-jalan ke Planet Mochi. Jadi pengen juga ajak si Kakak main ini ^^

    ReplyDelete
  31. Wah planet dan susunan tata surya buatan SID keren banget. Sambil bermain begitu malah jadi banyak ilmu pengetahuan yang didapat ya.

    ReplyDelete
  32. Playmat nya gedeeeee banget.
    Anak-anak pasti happy bisa berpetualang ke luar angkasa bersama Paddle pop.
    Planetnya juga cute banget saat di scan.

    ReplyDelete
  33. Yeayyy planet uranus ternyata dingin dan enaaakk... kebayang serunya permainan sambil mencari pulau mochi yang hilang ini ya. kreatif banget nih paddle pop mengemas pembelajaran tentang planet bagi anak-anak. Fun dan ceria.

    ReplyDelete
  34. Ekspresinya SID se-happy itu uyeaahhh. Seru memang ya mbak ikut paddle pop main yuk pergi ke planet mochi ini.

    ReplyDelete
  35. seruuuu banget ya mbaa..
    aku pun kmrn ikutan ke planet uranus. Alhamdulillah anakku seneng banget. semogaa paddle pop ngadain event begini lagi ya.. seru..

    ReplyDelete
  36. Cara menghapal planet ternyata ada singkatannya yaa.. Mevebumajusaturnep.
    Aku baru tau...selama ini anak-anak ya, aku rapalkan Merkurius, Bumi, Mars,...pakai lagu.
    Hehhee...suaranya fals gak apa-apa lah yaa... yang penting hapal sama nama-nama planet.

    Liburan seru ke Planet Mochi yang tak terlupakan.

    ReplyDelete
  37. Hepi banget mba helen. Rumah jadi seru ceria bersama, aku belom ada bocil di rumah tapi suka paddle pop juga enak soalnya

    ReplyDelete
  38. gemes banget itu media ke planet mochinya yaa. kreatif! Senang banget ya Sid dan dedek Uno main di planet mochi.

    ReplyDelete
  39. asiknya belajar tentang planet dengan cara yg seruu kayak SID gini. kalau caranya seru, pasti anak2 lebih mudah menghapalkan nama2 planet dan tata suryanya ya

    ReplyDelete
  40. Es krim mochinya sampe tumpuk tiga gituuuuu. Sid, makannya dibagi bagi sama adik dan ibu kaaaannnn? Hihihihiii. Aku juga ikutan dong kemarin yang ke planet saturnus. Seruuuuu. DIYnya tuh seru banget buat anak-anak yaaa.. Mesti selalu follo wdan cek cek IG Paddle Pop nih kayanya biar ga ketinggalan infonya yaaa

    ReplyDelete
  41. Es krim. Mochiku masih satu di kulkas mbak huhuhu seru banget bareng bocil ya Bun. Jadi pengen ikutan juga kegiatan ini

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,