Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Sebagai Fasilitator Belajar Daring Anak, Ini yang Orang Tua Bisa Lakukan

Friday, July 16, 2021
orang tua fasilitator anak
Peran orang tua sebagai fasilitator belajar anak


Orang tua fasilitator belajar daring anak. Tahun ajaran baru sudah dimulai. Di sebagian daerah, belajar daring masih penuh dilakukan mengingat pandemi yang belum berakhir. Ada pula yang menerapkan hybrid learning, pembelajaran tatap muka dipadukan dengan belajar online.

Awal penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) beredar banyak kisah menarik seperti orang tua yang berusaha menjelaskan materi pelajaran tetapi si anak tak kunjung paham, anak bangun lebih siang karena tak perlu terburu-buru berangkat sekolah, bergantian menggunakan HP untuk belajar online, dan sebagainya. Di sini orang tua memegang peran penting dalam kesuksesan belajar online, salah satunya sebagai fasilitator. Apa saja yang bisa orang tua lakukan?

 

A. 4 Peran Orang Tua Mendukung Belajar Online

 

Berbagai tantangan muncul dalam pelaksanaan belajar daring. Untuk mendukung proses belajar online anak, ada empat peran yang orang tua, yaitu:

 

1. Pembimbing

Tidak harus semua mata pelajaran mendapat 100. Orang tua perlu mencari tahu standar nilai yang baik seperti apa dengan bertanya ke guru dan melihat rapor. Bila mendapat tugas, tanyakan pada guru apa standar nilainya supaya tahu cara yang tepat mendampingi anak dalam belajar.


2. Pengawas

Orang tua perlu mengawasi proses belajar anak, apakah sudah mengerjakan tanggung jawabnya.


3. Motivator

Dukung anak dalam proses belajar. Anak butuh penyesuaian dengan belajar via online maka ia butuh dukungan orang tua sebagai keluarga terdekatnya.


4. Fasilitator

Berikan sarana sesuai kebutuhan untuk memudahkan anak dalam proses belajar. Sarana belajar bisa dalam bentuk gawai, alat tulis, aplikasi, dan sebagainya.



B. Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Belajar Daring Anak

Ketika menjalankan belajar online, kerap muncul keraguan bahwa orang tua tidak paham dengan semua pelajaran. Bagaimana mengajari anak jika diri sendiri tidak paham? Di sinilah peran orang tua sebagai fasilitator pendidikan dengan menyediakan fasilitas pendukung belajar anak. Berikut yang orang tua dapat lakukan selaku fasilitator:


1. Dampingi anak belajar

Seorang teman bercerita anaknya yang SD harus didampingi ketika PJJ, jika tidak maka tugasnya tidak dikerjakan. Hehe … iya, anak perlu pendampingan saat belajar online terutama anak TK dan SD kelas awal (1-3).

 


Orang tua dapat mendampingi anak belajar tanpa banyak komentar. Simak bagaimana guru menjelaskan dan interaksi anak dengan guru juga teman-temannya di kelas online. Posisikan seperti Anda belajar bersama di kelas tersebut.


mendampingi anak belajar online
Hayuk kita pecahkan tantangan belajar daring supaya menyenangkan 

2. Pahami gaya belajar anak

Dari proses pendampingan tersebut juga kegiatan sehari-hari, kita observasi gaya belajar anak. Apakah gaya belajarnya visual, auditori, atau kinestetik. Terkadang ada pula yang kombinasi.

 

Manfaat memahami gaya belajar anak membuat orang tua tahu cara yang tepat mengajarkan sesuatu ke anak. Contohnya, anak kinestetik lebih suka bereksperimen langsung daripada membaca buku. Ia juga tidak betah duduk manis di depan layar laptop. Sementara, anak auditori tak harus menatap tampilan layar terus-menerus untuk memahami materi. Mendengar penjelasan guru atau mendengar podcast lebih nyaman untuknya.


3. Diskusikan kebutuhan pendukung belajar anak

Setelah memahami gaya belajar anak, interaksi anak dengan kelas, juga proses belajar online maka orang tua akan mengetahui kira-kira kebutuhan apa yang perlu diberikan untuk mendukung belajar anak. Hal tersebut dapat didiskusikan dengan si anak, ngobrol santai aja supaya curhatan bisa mengalir. Dengarkan cerita anak dan tahan diri untuk nge-judge.

 

Contoh pendukung belajar anak yang orang tua dapat berikan seperti:


a. Gawai dan jaringan internet yang mumpuni

Belajar online membutuhkan gawai dan jaringan internet yang lancar. Tidak selalu gawai paling canggih atau paling up-to-date, sesuaikan dengan kebutuhan anak dan tentunya anggaran keuangan keluarga.


b. Makanan bergizi dan camilan sehat

Belajar membuat lapar maka sediakan makanan untuk anak. Mumpung ia belajar dari rumah, orang tua dapat memilih camilan sehat. Enggak bisa jajan sembarangan, kan.


c. Manajemen waktu anak termasuk aktivitas fisik

Perhatikan rentang konsentrasi anak. Belajar online menggunakan layar mudah membuat mata lelah. Beri jeda, salah satunya dengan 20-20-20 rule, yaitu setiap 20 menit melihat layar, istirahat dengan melihat ke arah lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.


Agendakan aktivitas fisik tanpa layar untuk anak supaya tetap aktif bergerak, misal olahraga bareng, bersepeda, atau membantu pekerjaan rumah tangga.


d. Les online

Terkadang penjelasan dari guru masih kurang jelas. Orang tua pun tidak paham materinya. Lebih baik cari materi ajar seperti video-video pembelajaran atau latihan soal tambahan dengan mendaftarkan anak mengikuti les online supaya membantu proses belajarnya.


C. Ruangbelajar by Ruangguru Layanan Belajar Online Mandiri dengan Puluhan Ribu Video Belajar

les online ruangguru
Belajar online secara mandiri di Ruangbelajar by Ruangguru

Belajar tak hanya dengan membaca buku. Sekarang eranya gamification dimana belajar rasa main gim. Asyik, ya, semakin sering anak menonton video materi pembelajaran maka ia akan mendapat reward tertentu seperti dalam gim. Di sini Ruangbelajar by Ruangguru hadir sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar melalui gamifikasi.

 

Kenalan, yuk, dengan Ruangbelajar. Berikut keunggulan Ruangbelajar:


a. Ruangbelajar menyediakan layanan belajar online mandiri terlengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sesuai kurikulum dengan puluhan ribu video belajar oleh Master Teacher. Videonya dilengkapi infografis maupun animasi menarik.

 

b. Video belajar di Ruangbelajar akan otomatis menyesuaikan dengan pilihan jawaban siswa. Jadi, tidak akan bosan mengulang-ulang materi yang sudah dipahami.


c. Ratusan ribu bank soal, latihan bab, cek kemampuan, juga kuis tersedia di Ruangbelajar untuk mengasah kemampuan siswa.


d. Semua materi belajar di Ruangguru dapat diunduh dan diakses secara offline. Cocok nih untuk yang terkendala sulit mengakses internet. Cari free Wi-Fi, unduh materi, lalu bisa ditonton di lain kesempatan. *jurus hemat.


e. Fitur gamification Ruangguru Adventure dan Teman Belajar yang membuat siswa terpacu semakin rajin belajar maka semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan.


f.  Orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak dengan cara ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.



les online ruangbelajar
Perkembangan belajar di Ruangbelajar mudah dipantau

Orang tua sebagai fasilitator belajar anak bukan berarti paham semua materi ajar. Kita dapat menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan anak untuk mendukung proses belajarnya. Salah satunya dengan Ruangbelajar by Ruangguru dimana anak dapat belajar mandiri melalui video-video yang ada serta latihan soal-soal untuk semakin mengasah kemampuannya. Tak lupa mengumpulkan reward lewat fitur gamification. Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak.

 

Bagaimana pengalamanmu sebagai fasilitator anak? Sudah menggunakan Ruangbelajar? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya! 

22 comments on "Sebagai Fasilitator Belajar Daring Anak, Ini yang Orang Tua Bisa Lakukan"
  1. nah sekarang untuk jadi fasilitator anak sekarang udah ada Ruangbelajar by Ruangguru

    Aku senengnya tuh, anak dapat belajar mandiri melalui video-video yang ada serta latihan soal-soal untuk semakin mengasah kemampuannya

    ReplyDelete
  2. Memberikan tambahan bimbingan belajar online sebagai bentuk fasilitator yang diberikan oleh orang tua untuk membantu belajar anak apalagi di masa PJJ sekarang. Sekarang Ruangguru udah banyak fiturnya ya selain Ruangbelajar

    ReplyDelete
  3. Peran orang tua di masa pandemi ini emang juaraaa, apalagi sebaga fasilitator anak belajar menjadi hal yang penting. Ga ada alasan lagi ga bisa, atau ngedrama, bisa memanfaatkan Ruangbelajar by Ruangguru layanan belajar online mandiri dengan puluhan ribu video .
    Belajar sambil memantau perkembangan anak bisa dari sini juga yaa, kereen banget. Semoga kita bisa menjadi fasilitator terbaik buat anak2 saat PJJ ya, Maak! semangaat!!

    ReplyDelete
  4. Saya sering banget kebingungan tatkala anak tanya ini itu terkait pelajaran. Doooh, materi pelajaran zaman now memang bikin emak pengin garuk-garuk aspal!

    Maka dari itu, di tahun ajaran baru ini, emak pasti pingin temukan solusi jitu, agar PJJ berlangsung lancar dan tak perlu disertai “drama PJJ” yang berlebihan.

    Salah satu tips tokcer yang bisa saya lakukan adalah: Memilih dan Menemukan Layanan belajar online terbaik

    Tentu saja, yang kali pertama bercokol di benak adalah Ruangguru dan produk2nya yg inovatif.
    Anak-anak bisa belajar dengan girang, ortu juga ngga perlu dilanda meriang dan meradang :D

    ReplyDelete
  5. Belajar daring ternyata ga mudah ya, apalagi tergolong baru bagi anak2 Indonesia gegara pandemi gini jadi PJJ deh. Alhamdulillaah kini ada solusi yang bisa membantu anak2 belajar online dari Ruangguru. Gaya belajar tiap anak berbeda2, makanya orang tua hasu bisa memahaminya. Ruangbelajar by Ruangguru ini bagus2 fiturnya ya. Harga juga hemat deh.

    ReplyDelete
  6. Langsung kubintangin nih artikel. Semacam dapat pencerahan deh, bagaimana tips jadi fasilitator belajar anak. Soalnya selama ini kadang suka kulepas juga, biar nggak terlalu emosi gitu pas ikut belajar. hehehe.

    ReplyDelete
  7. Produk Ruangbelajar dari Ruangguru ini ternyata banyak diminati oleh teman-teman anakku di sekolah. Anakku jadi pingin ikutan daftar juga. Buatku sebagai orang tua juga bakal terbantu banget dengan kelas belajar online satu ini. Mudah2an jadi solusi banyak ibu dalam menfasilitasi belajar anak ya.

    ReplyDelete
  8. Seru ya ruangbelajar dari ruangguru... Ada gamificationnya juga, jadi bikin anak-anak makin semangat belajar...

    ReplyDelete
  9. Beruntunglah anak-anak yang bisa difasilitatori ortu seperti putra mam Helena, pasti makin semangat belajarnya ya. Ohya, teman-temanku juga banyak yang merekomendasikan ruangbelajar by ruangguru lho, memang bagus ya mam?

    ReplyDelete
  10. iya ih semenjak belajar daring, aku pun jadi ikutan belajar dan berusaha menjadi teman dia belajar. Karena teringat kata gurunya "jadilah teman untuk si kecil saat belajar, jangan sampai menyerupai guru". Btw ya ini tuh aku juga lagi lihat-lihat Ruangguru karena sesungguhnya pengen juga nyobain anakku untuk ikut pembelajaran tambahan.

    ReplyDelete
  11. Tahun ajaran baru masih dalam suasana pandemi gini ya mbak, PR orang tua buat jadi fasilitator belajar anak sekolah daring belum usai. Membantu banget siy ruang belajar by ruangguru ngajak ini. Ntar kalau anak saya udah gede insya Allah bimbelnya ke ruang guru aja deh

    ReplyDelete
  12. Setuju kalau belajar anak itu perlu menyenangkan. Biar anak engga merasa terpaksa, apalagi anakku masih sekolah di PAUD Pas awal-awal pandemi. Berasa banget naik turun moodnya. Ruangbelajar by Ruangguru memang membantu banget pendidikan Indonesia, solusi juga buat ortu yang peduli pendidikan anak

    ReplyDelete
  13. Fitur Ruang Belajar nih lengkap banget dan membantu anak memahami pelajaran di sekolah dan membantu mamak agar terbebas dari kepusingan jadi guru PJJ di rumah hehe

    ReplyDelete
  14. Manajemen waktu emang penting banget sih mba. Kadang kita kira ah online menghadap komputer aja. Tapi beneran deh bikin capek juga. Makasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
  15. Zaman sekarang anak-anak memang mulai suka cara belajar yang interaktif ya mak. Ruang belajar by ruangguru nih mengakomodir kebutuhan anak untuk belajar aplagi selama PJJ begini

    ReplyDelete
  16. Peran orang tua memang jadi lebih krusial di masa PJJ seperti sekarang. Karena nggak jarang harus menjadi pengajar juga karena guru lebih berperan hanya sebagai penyampai materi dan tugas saat belajar daring. Saya pun akhirnya daftarin si sulung ke Ruangbelajar supaya ada yang membantunya belajar lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Ruang belajar emang okee. Fiturnya banyak ya mba. Dan bikin anak fun. Apalagi ada pet mission dll. Bikin belajar serasa main game

    ReplyDelete
  18. belajar saat pandemi seperti ini memang sangat challenging ya mbak
    sebab saat belajar daring ini, ortu adalah fasilitator anak
    dan pastinya adanya Ruangbelajar by Ruangguru ini, anak jadi makin mudah memahami materi pelajaran ya mbak

    ReplyDelete
  19. Memang perlu berdiskusi dengan anak tentang kebutuhannya yah, pakai app Ruangguru ini akan sangat membantu proses belajar anak

    ReplyDelete
  20. Tugas orang tua jadi bertambah ya sejak PJJ. Hehe. Bener harus jadi fasilitator, motivator juga. Alhamdulillah ada Ruangguru yang bisa membantu anak. Ada Rapor nya pula.

    ReplyDelete
  21. Setuju pakai banget!

    Orang tua kudu observasi, buah hati masuk tipe belajar yang bagaimana, barulah kemudian memutuskan tipe belajar bagaimana yang cocok agar hasilnya optimal!

    Jadi orang tua juga kudu menambah wawasan agar tidak salah kaprah dengan tipe belajar buah hati.

    Iyes, orang tua, fasilitator belajar daring anak!

    ReplyDelete
  22. iya ya mba, sejak era PJJ ini kita jadi orang tua mengemban banyak tugas sekaligus ya, pendamping, pengajar, pengawas, teman dan manajer anak.. Hiiihi supir komplit dah. beruntung sekarang bisa terbantu denggan adanya program yang bagus dari ruangguru ini.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,