Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Beasiswa SCG Sharing The Dream: Jalani Hidup Penuh Passion

Sunday, July 29, 2018

SCG Sharing The Dream - Ketika teman-temannya asyik membicarakan rencana kuliah selepas SMA, Sari lebih memilih diam. Bukannya tak mau melanjutkan ke perguruan tinggi, namun ia memahami kondisi keuangan keluarga yang hanya dapat membiayai pendidikannya hingga SMA. Untuk kuliah, Sari harus mengumpulkan dana dari bekerja.  Cita-cita dan semangat tinggi diperlukan dalam belajar. Namun, apalah artinya semangat tersebut tanpa dukungan biaya seperti kisah sahabat saya tersebut.

Membahas tantangan pendidikan di Indonesia dalam SCG Sharing The Dream
Membahas isu pendidikan dan program SCG Sharing The Dream mengingatkan saya kepada kisah Sari. Andai ketika itu mengenal SCG Sharing The Dream, mungkin Sari dapat segera melanjutkan kuliah tanpa terbebani masalah biaya.

Syarat Mendapat Beasiswa SCG Sharing The Dream

Pemerintah telah mengadakan berbagai program pemerataan pendidikan, akan tetapi butuh peran berbagai pihak untuk mendukungnya. Salah satu dukungan pendidikan yang lebih baik datang dari konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN, SCG (Siam Cement Group) dengan program beasiswa SCG Sharing The Dream.

Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, menjelaskan SCG merupakan perusahaan dengan tiga bisnis utama, yaitu: Cement – building materials, packaging, dan chemicals. Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, khususnya di daerah operasional, SCG mengadakan program CSR berupa pemberian beasiswa kepada siswa kelas X-XII (kelas 1-3 SMA) lewat Sharing The Dream. Program ini telah berlangsung sejak 2012 dengan total penerima beasiswa di Indonesia sekitar 2300-an siswa.
Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia
Mengusung jargon “Passion for Better”, SCG ingin bersama-sama penerima beasiswa untuk membangun Indonesia di bidang yang sesuai passion masing-masing. SCG berharap semangat passion for better menular ke banyak orang. Setuju banget! Ketika melakukan sesuatu sesuai passion, pekerjaan menjadi lebih mudah dan bersemangat. Kalaupun ada tantangan, tetap berusaha menghadapinya.

Novia Kardiyanti, Brand and Communication of SCG Indonesia, menjelaskan proses seleksi beasiswa SCG Sharing The Dream yang unik. Syarat melamar beasiswa SCG, antara lain:
  • Nilai rata-rata rapor minimum 75.
  • Tidak pernah terlibat tindak kriminal.
  • Mengisi formulir.
  • Menulis esai sepanjang 250-300 kata dengan tulisan tangan. Topiknya berganti-ganti tiap tahun. Untuk 2018 ini, esainya berjudul “Passion for Better: Keluargaku Api Semangatku Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik”.

Esai tersebut dikirim ke psikolog untuk menilai motivasi dan karakter pelamar beasiswa. Diharapkan siswa terpilih tak hanya berprestasi akademik baik, tetapi juga memiliki rasa terima kasih yang tinggi bagi keluarga karena keluargalah yang mendukung siswa meraih mimpi selama ini.

Selain itu, pegawai SCG yang secara sukarela mengurus proses seleksi beasiswa juga berkunjung ke rumah-rumah calon penerima beasiswa (home visit). Kunjungan ini untuk melihat kondisi ekonomi keluarga dan mengabarkan ke orang tua bahwa anaknya lolos beasiswa SCG.

(ki-ka): Setiawan Novaldi, Tasya Kamila, Novia Kardiyanti, dan MC dalam SCG Sharing The Dream Gathering 26 Juli 2018 di Jakarta
Saya makin penasaran dengan beasiswa ini hingga mencari formulir beasiswanya lewat internet. Rupanya pada formulir, siswa diminta menyebutkan cita-cita, pelajaran dan tokoh favorit, juga minat/bakat yang dimiliki. Wow, benar-benar orang terpilih yang pintar di sekolah, bermoral baik, peduli sekitar, dan sayang keluarga yang mendapat beasiswa Sharing The Dream.

FYI, Sharing The Dream sementara ini diprioritaskan untuk siswa SMA di daerah operasional SCG, antara lain: Bogor, Karawang, Tangerang Selatan, Lebak, dan Sukabumi. Info pendaftaran dapat dilihat di website www.scg.com/id atau sekolah yang bekerja sama dengan SCG.

Beasiswa Berkelanjutan Sharing The Dream

Siang itu hadir pula seorang penerima beasiswa Sharing The Dream yang berbagi pengalamannya. Setiawan Novaldi mendapat beasiswa dari SCG sejak 2016 saat bersekolah di SMAN 1 Bogor. Tahun berikutnya ia kembali melamar dan lolos lagi.

Tahun ini ia mendapat penawaran dari SCG untuk melanjutkan beasiswa tersebut di tingkat perguruan tinggi. Kabar baiknya, mulai 2018 SCG memperluas cakupan beasiswa untuk mahasiswa juga, terutama bagi penerima beasiswa SCG ketika SMA. Tawaran ini pun disambut hangat oleh Seti dan kini ia lebih percaya diri menempuh pendidikan di Teknik Sipil ITB tanpa terbebani masalah biaya. Alhamdulillah.

Bagi Seti, beasiswa berperan penting membantu generasi muda meraih cita-cita. Dengan beasiswa, pelajar yang punya kemauan dapat melanjutkan pendidikan. Kelak saat siswa tersebut sukses, ia akan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat.

Passion membuat berani bermimpi, berkarya untuk negeri


Tips Mendapat Beasiswa a la Tasya Kamila

Semangat memperoleh pendidikan lebih baik ditularkan pula oleh artis Tasya Kamila. Ayah Tasya hanya membiayai pendidikan hingga S1. Untuk melanjutkan S2, Tasya berusaha sendiri. Syukur alhamdulillah ia mendapat beasiswa master di Amerika. Kini ia telah mendapat gelar Master of Public Administration dari Columbia University.

Mencari beasiswa itu penuh tantangan. Banyak persyaratan dan langkah yang harus dijalani. Bagi Tasya, yang paling menantang saat apply beasiswa yaitu self reflection yang dituangkan ke dalam esai. Pelamar beasiswa perlu memahami mengapa beasiswa tersebut penting bagi dirinya dan apa yang dapat diberikan pada masyarakat & negara. Pelamar harus percaya diri dan yakin lolos seleksi.

Tasya sendiri nampak begitu percaya diri dan mendapat benefit sebagai public figure. Ia memiliki platform untuk menebarkan hal positif sebagai sarana turut membangun Indonesia. Kini ia berfokus pada kegiatan yayasan Green Movement miliknya, salah satu programnya mengalirkan listrik ke sekolah di Pulau Sumba.

Solusi Pendidikan Indonesia

Ini yang berbeda dari blogger gathering yang pernah saya ikuti. Para undangan diajak berdiskusi dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema seputar pendidikan Indonesia.

Saya masuk kelompok 1 dengan tema mengenai passion for better. Anggota kelompok kami terdiri dari beragam latar belakang pendidikan dan profesi. Ada pengusaha, mahasiswa penerima beasiswa Sharing The Dream, pegawai SCG, blogger, dan komunitas lainnya. Kemajemukan ini menjadikan proses diskusi lebih ramai, saling melempar pendapat. Sampai-sampai sang sekretaris bingung menulis yang mana dahulu. Hehehe.

Kami menyimpulkan sistem pendidikan dan sebagian mindset masyarakat Indonesia kurang mendukung passion. Siswa harus belajar terlalu banyak hal yang nantinya kurang digunakan, membuat tidak fokus belajar. Jack of all trade, master of none.

Saran dari kami: sistem pendidikan berbasis kompetensi yang lebih berfokus pada bakat/minat siswa, orang tua peduli dan menggali passion anak (jangan hanya menyerahkan pendidikan ke pihak sekolah), serta memfasilitasi pengembangan passion dengan pemberian sarana & prasarana.

Diskusi pendidikan di Indonesia 
Secara garis besar diskusi 6 kelompok sore itu memberi solusi pendidikan Indonesia sebagai berikut:
  • Langkah terintegrasi melalui digital dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk penyebaran informasi pendidikan serta meningkatkan kualitas pengajar melalui training of trainers.
  • Beasiswa tak hanya memberikan dana pendidikan tetapi harus memiliki dampak balik yang positif. Penyebaran informasi beasiswa seperti SCG Sharing The Dream agar semakin diperluas ke daerah-daerah yang membutuhkan.
  • Kemudahan akses pendidikan dengan kolaborasi bersama komunitas-komunitas digital.

Salut dengan SCG yang secara kontinyu memberikan beasiswa bagi anak-anak Indonesia. SCG juga peduli alumni awardee saat SMA menerima beasiswa, jangan sampai tidak melanjutkan kuliah karena alasan biaya. Semoga semangat passion for better semakin meluas untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih cerah.

40 comments on "Beasiswa SCG Sharing The Dream: Jalani Hidup Penuh Passion"
  1. Keren bgt ada beasiswa spt ini. Cm sayang smntra utk bbrp daerah aja. Semoga k dpn lbh banyak lagi yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Anne. Semoga semakin luas cakupannya.

      Delete
  2. banyak artis pintar yg sekolahnya beasiswa, setelah era agnes monica kini ada tasya kamila, salut dengan mereka dan salut dengan program beasiswa scg, dulu kan pilihan beasiswa hanya itu-itu aja, kini ada pilihan baru yaitu beasiswa seam cement group

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artis juga niat meraih pendidikan sebaik mungkin, lho. Salut dengan Tasya yang udah S2 aja. Trus aku kapan... *eh

      Delete
  3. Daftar beasiswa full scholarship di KKU thailand via dikti belum bisa nembus.. Nyoba tahun depan, kalau bisa nyoba scholarship dari swasta

    ReplyDelete
  4. Menarik ya info beasiswanya. Semoga makin banyak adik-adik yang bisa meraih mimpinya lewat beasiswa ya mbak helena:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, ketika ada tantangan biaya jangan segera putus asa. Cari beasiswa supaya terus dapat sekolah.

      Delete
  5. Wah sayang Cianjur ga masuk daerah penerima :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu diutamakan sih Teh karena CSR perusahaan. Barangkali di Cianjur bisa kerja sama dengan perusahaan sekitar sana.

      Delete
  6. Seru ada sesi FGDnya seperti ini, jadi membuat kita juga semangat untuk mengejar beasiswa ya mba

    ReplyDelete
  7. wow, benar-benar yang terpilih banget ya mbak yang da[at beasiswa ini. Paling gak, kalau dapet bisa sebagai peluang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, semoga nantinya SCG juga buka beasiswa untuk ke luar negeri.

      Delete
  8. Wah aku sebarin info ini ke keponakanku ah, tfs yaa

    ReplyDelete
  9. Wah seru sekali dapat beasiswa yang menyenangkan seperti itu ya

    ReplyDelete
  10. Sedih jika melihat adik-adik yang cerdas atau punya bakat namun terkendala dengan biaya untuk melanjutkan pendidikan. Semoga makin banyak institusi yang berbaik hati berbagi beasiswa.

    ReplyDelete
  11. utk mendapatkan beasiswa ini ga cuma pinter aja ya tp kudu punya sisi menarik yg ditulis dlm essay. Sipp sipp sippp

    ReplyDelete
  12. waktu masih ngantor SCG pernah jd klien kantorku dan aku bisa lihat perusahaan ini emang pny visi misi yg bagus dan csr-nya juga bikin salut. Semoga makin banyak orang yang mendapat manfaat dari SCG sharing the dream ini yaa...

    ReplyDelete
  13. ini masuk dalam program CSR mereka ya? Wah mulia banget sih ini, jadi nambah program beasiswa buat pelajar di Indonesia ya

    ReplyDelete
  14. Aku mau buat kuliah anakku nanti.. dah mulai cari2 info nih aplg dpt beasiswa y

    ReplyDelete
  15. I see ternyata SCG itu bisnis asal luar, keren programnya. Semoga makin banyak peluang terbuka untuk teman2 kita supaya bisa mengenyam pendidikan layak yg sesuai dengan minatnya ya.

    ReplyDelete
  16. Pengin banget anak anak kelak bisa dapat beasiswa, amin

    ReplyDelete
  17. Program beasiswa seperti ini sangat sangat membantu mereka yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya. Dan sungguh sangat beruntung mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa. Aku udah males duluan liat rangkaian testnya.. hihihi

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen kuliah lagi kalau baca ini, keren banget ya SCG

    ReplyDelete
  19. wah syukurlah ada beasiswa jadi anak-anak terbantu pendidikannya... terutama beasiswa buat kuliah tuh karena biayanya mahallllll banget

    ReplyDelete
  20. Info yang sangat bermanfaat, semoga kelak nanti haidar bisa mendapatkan beasiswa juga. Amien

    ReplyDelete
  21. Wah keren banget ya beasiswanya jadi pengen sekolah lagi eh...

    ReplyDelete
  22. Semoga bermanfaat untuk siswa siswi kita ya mba bea siswa SGC ini

    ReplyDelete
  23. Makin banyak ya macam2 beasiswa skg. Alhamdulilah dunia pendidikan buat anak lebih maju lebih diperhatikan. Semoga diikuti pihak yg lain.

    ReplyDelete
  24. Semoga kedepannya, semakin banyak daerah yg terfasilitasi.

    ReplyDelete
  25. Keren yaa. Semoga ke depannya bisa makin luas cakupannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. seandainya masih anak sekolah, bakalan pingin ikutan deh untuk dapat beasiswa ini. hihihi
    salut dengan SCG mengadakan program CSR berupa pemberian beasiswa

    ReplyDelete
  27. Eventny seru banget! Aku ngikutin di instagram beberapa temen2 yang hadir di acaranya dan langsung ngeh kalau urusan beasiswa tuh gabisa main2, kudu dikonsep dan udah tau arahnya mau kemana atau jurusan apa yang pengen kita ambil ya

    ReplyDelete
  28. Memang kalau mau sekolah harus niat, niat belajar sama niat cari beasiswa. Jangan setengah-setengah, hehe

    ReplyDelete
  29. wah keren SCG membantu anak-anak berprestasi untuk bisa melanjutkan mimpi mereka :)

    ReplyDelete
  30. Semoga aja ya ntar anak-anak kita dapet veasiswa keluar negeri juga ya. Amin

    ReplyDelete
  31. Progran beasiswa yang bagus tuh. Seharusnya info-info beasiswa ini disebarluaskan ke seluruh sekolah. Dulu, waktu sma di sekolah saya miskin informasi beasiswa padahal ternyata banyak sekali beasiswa yang bisa bantu terutama bagi mereka yang berprestasi tp kekurangan secara ekonomi.

    ReplyDelete
  32. Jadi pengen cari beasiswa deh..eh tapi apa bisa ya untuk ibu2 rumah tangga?atau SCG khusus untuk lulusan SMA aja dan ada batasan umurnya?

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,