Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Ke Solo dengan Pasangan, Coba Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini

Tuesday, July 17, 2018

Solo menjadi salah satu kota tujuan wisata yang cukup favorit di Provinsi Jawa Tengah. Selain karena suasananya yang nyaman dengan keramahan masyarakat khas keraton, Solo juga kaya akan destinasi wisata menarik, mulai dari wisata alam, budaya, edukasi, hingga kulinernya yang begitu lezat.

hotel murah di solo
Solo menyimpan banyak destinasi wisata (dok. Surakarta.go.id)

Solo menjadi kota yang saya lewati ketika mudik. Seperti mudik tahun ini, niatnya mau buka puasa di Solo karena kulinernya terkenal murah dan enak. Namun karena sempat nyasar, alhasil terjebak kemacetan di tengah kota dan kami pun berbuka puasa di dalam mobil dengan makanan seadanya.

Andai waktu itu kami sampai di kota Solo lebih awal, bolehlah mampir ke tempat wisata yang mudah dijangkau. Tahu enggak, Solo menyimpan berbagai destinasi wisata romantis yang tepat untuk liburan bersama pasangan. Wisata romantis di Solo tak kalah indahnya dengan daerah-daerah seperti Bali, Lombok, Malang, atau pun Bandung. Berikut beberapa destinasi wisata romantis yang ada di Solo:

Candi Plaosan

Candi Plaosan, Jawa Tengah (dok. KSMTour)
Wisata candi tak selamanya hanya untuk wisatawan yang menyukai sejarah dan budaya masa lampau. Candi juga bisa menjadi tempat wisata yang romantis, salah satunya ada di Candi Plaosan. Candi yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan ini berdiri megah di antara hijaunya hamparan sawah.

Menurut cerita, candi ini dibangun sebagai salah satu bukti cinta dan ketulusan Rakai Pikatan terhadap sang kekasih, Pramodyawardhani yang tetap menikah meski memiliki keyakinan agama yang berbeda. Oh, so sweet....

D’Living

Dinner di rooftop D'Living (dok. IG dlivingsolo)
Makan malam menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan pasangan. Jika sedang berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya untuk mengunjungi D’Living, yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Gajahan, Solo. Restoran ini begitu terkenal karena suasananya yang sangat romantis. Bahkan, tempat wisata di Solo ini menyediakan paket makan malam romantis dengan jamuan yang begitu berkelas dan sajian yang menggugah selera. Pasangan bisa memilih meja sendiri, baik di dalam ruangan maupun di luar atau outdoor.

Xocolatl Dessert House

Masih membahas tempat makan romantis, D’Living ternyata bukan menjadi satu-satunya tempat terbaik di Solo bagi pasangan yang ingin menghabiskan waktu dengan menyantap makanan lezat sembari menikmati suasana yang romatis. Di kota ini juga ada Xocolatl yang kabarnya memiliki sajian dessert yang begitu enak. Xocolatl berlokasi di Jalan Dr. Radjiman No. 374, Solo.

Tak hanya dari segi kelezatan sajiannya, tempat ini laik dikunjungi karena keunikan interior dan eksterior bangunannya yang hampir semua ditampilkan dalah nuansa hitam. Meski begitu, tidak ada kesan gelap atau menakutkan. Pemilihan warna hitam justru membuat tempat ini semakin terlihat romantis.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Selanjutnya, coba ajak pasangan dan habiskan waktu di bangunan paling terkenal di Kota Solo, yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan kediaman kerajaan dan kesultanan Solo. Bangunan yang didirikan pada tahun 1745 oleh Raja Pakoe Buwono II ini kini bisa dikunjungi oleh masyarakat pada hari-hari dan jam tertentu.

Di tempat ini, ada banyak sekali koleksi benda-benda kerajaan, mulai dari benda seni, senjata, hingga kereta kencana yang digunakan oleh sultan. Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni tari atau musik tradisional khas Solo.

Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg, Jawa Tengah (dok Ariaman Flickr)
Wisata romantis tak melulu tentang tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah atau menikmati santapan di restoran mewah. Benteng Vastenburg yang ada di Jalan Jenderal Soedirman, tepatnya di area Pasar Kliwon ini punya sisi romantisnya sendiri yang tidak kalah dengan berbagai tempat wisata lainnya. Belum lagi dengan nuansa sejarah masa lampaunya yang begitu kentara. Bangunannya begitu megah dan unik dengan adanya parit yang mengelilinginya.
*
Satu hari tentu tidak cukup untuk mengunjungi semua destinasi wisata romantis tadi. Jadi, sebelum berangkat, lebih baik segera pesan hotel murah di Solo. Supaya lebih mudah mendapatkannya, coba pesan melalui website atau aplikasi Airy. Menjadi akomodasi berbujet rendah tak membuat Airy Rooms tampak murahan, ya. Akomodasi ini juga punya fasilitas yang lengkap, seperti kasur, AC, televisi LCD, fasilitas internet dan air minum gratis, juga kamar mandi air hangat yang fasilitasnya mewah sehingga selama liburan enggak bakal kecewa saat menginap di Airy Rooms.

Asyik, kan, bisa liburan romantis bareng pasangan tetapi tetap hemat di Solo, The Spirit of Java. Kalau mau berlibur dengan pasangan, kamu pilih kemana?


14 comments on "Ke Solo dengan Pasangan, Coba Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini"
  1. Wah, aku belum pernah ke semua tempat wisata tsb. Cuma menikmati kuliner yang deket2 sama hotel aja wakt itu :)

    ReplyDelete
  2. Kayaknya asik tuh bisa berkunjung kesana.. Jadi ingin deh pergi berwisata ke solo ...

    ReplyDelete
  3. Saya kemarin sempat ke candi Plaosan tapi malam hari , indah banyak di pasang lampu dan lampion

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik juga yaa jalan-jalan ke candi saat malam. Eh ga serem?

      Delete
  4. Aku kelahiran Solo tapi blm pernah ke tempat2 itu hiks.. Kalo ke Solo ya ke rumah eyangku aja. Bagus jg yaaa Solo

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke solo masa kak... Hayuk lah kapan kita ke solo bareng nih kak...?

    ReplyDelete
  6. Alhaamdulillah 4 dari destinasi diatas sudah semua euy. Solo termasuk tempat tujuan fave selain jogja. Next pengen ke malang

    ReplyDelete
  7. Sis kamu ga ada rencana ajak aku jalan jalan ke solo gitu???

    ReplyDelete
  8. Waktu masih kuliah sering banget main ke Solo.. lah cuma sejam doang dari Yogya, seringnya motoran sama temen yg rumahnya emang di Solo.

    ReplyDelete
  9. Pengen honeymoon ke Belitung.
    Pose dengan batu-batu kece itu.

    Terakhir ke Solo tahun 2006, wah pasti sudah banyak kemajuan ya di sana.

    Baidewei, Benteng Vastenburg sudah mencuri hatiku!

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature