Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Pay It Forward Makin Mudah dengan Internet Cepat IndiHome

Friday, May 5, 2023
Dalam proses mendampingi belajar anak-anak, saya mengandalkan koneksi internet cepat. Alhamdulillah beraneka ragam bahan ajar tersedia secara gratis di internet seperti free printable worksheet. Bagaimana cara membalas kebaikan para penyedia bahan ajar ini membuat saya terinspirasi pada sebuah film berjudul Pay It Forward.
internet provider IndiHome
IndiHome dukung membuat bahan ajar free printable worksheet (dok. pri)


Dari Sepak Bola Hingga Geografi Dunia

worksheet map of europe
berawal dari sepak bola, lanjut belajar peta dunia (dok. pri)


"Kenapa teman-temanku banyak yang enggak suka matematika padahal aku suka?" ujar si sulung. "Matematika itu kayak gimana ya. Sampai-sampai saat mendapat nilai 90 (temanku) pingsan," tambahnya.


Saya tersenyum mendengarnya cerita dengan berapi-api. "Menghitung uang, berbelanja itu kan juga tentang matematika. Apa lantas temanmu tidak suka bila diberi uang?" balas saya.


Diskusi siang itu pun mengalir mengenai mengapa tidak menyukai suatu pelajaran. Terkadang bukan benci banget subjeknya tetapi bisa karena faktor topiknya yang kurang menarik pada saat itu, belum merasa butuh, tidak relevan dengan kondisi anak, atau cara penyampaian.


"Bagaimana caramu bisa hafal nama-nama para pemain bola?" tanya saya.


"Main FIFA," jawabnya singkat menyebutkan gim sepak bola di smartphone yang ia gemari.


"Itu cara yang mudah untuk belajar. Lewat bermain FIFA kamu bisa tahu nama-nama pemain bola, asal negaranya, klubnya. Bandingkan dengan orang yang hanya diberi buku berisi nama-nama pemain bola lalu harus menghafalkan tanpa ia tahu bagaimana pemain tersebut bermain sepak bola atau hanya membaca catatan teori suatu olahraga tanpa praktik. Bakal susah pahamnya," jelas saya panjang lebar.


Dari obrolan dan beraktivitas dengan anak sehari-hari, saya dapat mengetahui hal apa yang sedang menarik perhatiannya. SID, 8 tahun, sedang sangat tertarik dengan dunia sepak bola. Tiada hari tanpa menonton dan membahas persepakbolaan semenjak ia nobar final Piala Dunia 2022. Dengan mudah ia hafal skor pertandingan, nama-nama pesepak bola dunia, posisi para pemain, teknik bermain bola, usia pemain, hingga asal negara para pemain bola. Masya Allah.


Bila tidak tahu, ia akan bertanya ke saya terutama untuk pemain bola zaman dulu. Saya pun segera melanjutkan pertanyaan ke Mbah Google karena jujur saya sudah lupa urusan sepak bola.


Kurikulum homeschooling tanpa kurikulum, mungkin itu yang menggambarkan proses belajar keluarga kami. Belajar berbasis pada kebutuhan dan ketertarikan, contohnya dalam hal sepak bola.


Sepak bola menjadi pintu belajar anak selama 4 bulan terakhir. Saya tawari ikut sekolah sepak bola, ia menolak. Maka, saya coba cara lain dengan mengaitkan materi belajar seputar sepak bola ke berbagai subyek yang ia pelajari. Hal ini dapat juga diterapkan untuk mendukung anak yang suka dunia sepak bola, tak terbatas hanya pada anak homeschooling, ya.


Beberapa worksheet yang SID kerjakan antara lain:

·   Menuliskan lirik lagu nama-nama pemain bola. Di lembar tersebut sudah ada foto-foto pemain bola sebagai petunjuk.

·      Teka-teki silang “The World Cup” mengenai pengetahuan seputar sepak bola.

·      Menghitung dan membuat grafik.

·    Membaca jam dan menghitung waktu permainan sepak bola. Misal, pertandingan mulai pukul 3 sore maka babak pertama selesai pukul berapa?


Topik belajar makin luas karena SID juga tertarik dengan asal negara pemain sepak bola. Wah, ini kesempatan belajar geografi dunia. Messi dari Argentina, Ronaldo dari Portugis, di manakah letak negara tersebut?


Kebetulan kami memiliki kalender bekas dengan peta dunia yang berukuran besar. Peta tersebut kami tempel di pintu sebagai media belajar letak negara di peta. Gambar bendera negara-negara di Eropa juga kami cetak sehingga anak-anak bisa bermain mencocokkan negara dengan benderanya.


Aktivitas dengan gawai pun tak jauh-jauh dari dunia sepak bola dan geografi. Selain bermain FIFA, SID juga bermain gim mengenai peta dunia “StudyGe”.


Saat belajar desain menggunakan Canva, ia selalu memasukkan unsur sepak bola contohnya kuis buatannya yang bisa dimainkan di tautan berikut “Guess The Football Player”.

 

Pay It Forward dengan Free Printable Worksheet

free worksheet football
worksheet yang kami pakai bisa diunduh secara gratis, ya!

Ribet enggak, sih, menyiapkan bahan ajar untuk anak homeschooling?


Ya butuh usaha untuk itu karena perlu mencari materi yang tepat terutama waktu khusus mencari bahan ajar. Alhamdulillah di era digital ini internet sangat membantu dalam proses homeschooling kami. Sebagian worksheet di atas saya dapatkan secara gratis dari berbagai sumber di internet. Worksheet tema World Cup dari situs penyedia bahan ajar sementara peta dan bendera Eropa dari sebuah blog milik homeschooler.


Saya juga menyusun worksheet sendiri berupa nama-nama pemain bola, mencari nama negara, dan skor Piala Dunia. Worksheet sepak bola ini bisa diunduh di tautan berikut, ya.


Free printable worksheet sepak bola


Selain worksheet bertema sepak bola, di blog Helenamantra terdapat berbagai worksheet yang dapat diakses di menu “Lembar Main”. Worksheet ini saya buat seiring tumbuh kembang anak-anak seperti mengenal warna, menghitung jumlah kendaraan, menebak makanan hewan, nature walk, dan sebagainya.


Daripada hanya digunakan untuk anak sendiri, mengapa tidak diunggah ke blog supaya bisa digunakan orang lain. Siapa tahu ada yang butuh, ya, kan!


Selama ini saya banyak dapat bantuan dari situs-situs yang membagikan bahan ajar maupun ide bermain gratis. Saya pun ingin berkontribusi dengan melanjutkan kebaikan ini melalui berbagi lembar main gratis untuk para pembaca.


Seperti judul film yang saya singgung di atas, “Pay It Forward”. Film Amerika tahun 2000 yang dibintangi Hailey Joel Osment ini sangat berkesan. Seorang anak laki-laki memiliki rencana bila ia menerima kebaikan dari orang lain, ia bukan membalas ke orang tersebut tetapi akan melanjutkan berbuat kebaikan ke tiga orang lainnya.


Pay it forward (idiom) yang berarti melakukan suatu kebaikan atau hal bermanfaat untuk seseorang karena orang lain telah melakukan suatu kebaikan kepadamu.

Membuat lembar main dan membagikannya secara gratis melalui internet merupakan bentuk pay it forward versi saya. Dengan internet, jangkauan manfaat lembar main ini insya Allah akan semakin luas karena mudahnya mengakses internet dari berbagai tempat.

 

Berkonten Makin Melesat dengan Internet Cepat IndiHome

internet cepat IndiHome
SID dan saya membuat konten pakai Wi-Fi IndiHome (dok. pri)

 

Membuat konten berupa worksheet alias lembar main anak ini saya lakukan dengan belajar otodidak. Saya tidak memiliki background pendidikan desain secara formal. Alhamdulillah software desain sekarang ini semakin user friendly.


Saya mengandalkan Canva untuk membuat konten worksheet maupun desain pendukung blog dan media sosial. Menggunakan Canva membutuhkan koneksi internet stabil karena prosesnya harus online.


Pun dengan proses mencari bahan ajar, ide konten, editing, dan mengelola blog sangat butuh jaringan internet cepat. Oleh karena itu, saya gunakan Wi-Fi rumah supaya lancar berkonten tanpa kepikiran kuota.


Internet provider IndiHome menjadi Wi-Fi andalan dengan internet unlimited. Jaringan internet milik Telkom Indonesia ini termasuk stabil dan cepat sehingga berkonten ria semakin mudah.


Tak hanya saya yang tinggal di Jakarta, teman-teman di berbagai daerah pun banyak yang berlangganan IndiHome. Ini karena IndiHome memiliki jaringan terluas di Indonesia. Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.


Internet provider bagian dari Telkom Indonesia ini juga memiliki channel TV interaktif terbanyak. Buat teman-teman yang suka membuat konten dari film maupun drama, sangat saya rekomendasikan pasang IndiHome di rumah karena ada 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, WeTV, Vidio, dan Disney+ Hotstar.


Yang namanya jaringan internet kadang down, kadang error, eh kadang lupa bayar. Hehe …. Aplikasi myIndiHome di smartphone bakal memudahkan pelanggan untuk melihat dan membayar tagihan, menyampaikan keluhan pelanggan melalui live chat Indita, membuat janji dengan teknisi, juga ada promo spesial pengguna aplikasi.


IndiHome juga memiliki customer service resmi yang siap dihubungi 24 jam dalam 7 hari. Klik saja link berikut bila hendak menghubungi customer service IndiHome https://linktr.ee/IndiHomeCare.


Internetan sepuasnya membuat dan membagi free printable worksheet melalui blog semakin mudah dan tetap hemat dengan berlangganan paket internet IndiHome. Harga mulai Rp 200ribu-an perbulan bisa berselancar dengan kecepatan hingga 30 Mbps. Asyik, kan!


Semoga lembar main yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk para orang tua beraktivitas bersama anak. Makin semangat membuat konten, lho, setiap kali ada yang request mengunduh worksheet dan tag saya di media sosial. Internet cepat IndiHome membuat konten makin melesat!

29 comments on "Pay It Forward Makin Mudah dengan Internet Cepat IndiHome"
  1. Alhamdulillaah kehadiran internet cepat IndiHome ini sangat mendukung berbagai aktivitas kita. Buat anak2 Helena yang homeschooling tentu oke banget ya. Bahan ajar untuk mereka, worksheet dan sebagainya dapat diperoleh dari internet. Aku juga pelanggan IndiHome sudah sejak lama dan puas dengan layanannya.

    ReplyDelete
  2. Relate banget. Anakku jg HS, mak. Utk materi emang banyak yg unduh dr internet. Makanya yg namanya jaringan internet lancar itu udah jd kebutuhan primer. Kalau internet lelet, menghambat banyak hal jadinya. Btw, aku izin ngunduh worksheetnya ya, mak 🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  3. Keren Helena. Bikin worksheet untuk digunakan sendiri, lalu dibagikan ke orang lain, manfaatnya jadi lebih banyak. Insha Allah jadi kebaikan tersendiri :)

    Internet kencang dan stabil adalah kunci. Dan Indihome hadir untuk itu agar banyak aktivitas jadi lebih mudah dan cepat.

    ReplyDelete
  4. Sid masih suka sepak bola yaa. Main games memang asyik ya Sid. Ih Sid demen mtk ya.. ajarin aku dong Sid 😆 aku suka menghitung tapi uang belanja.
    Terbaik deh main dan belajarnya ibu Sid 😍

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah bisa berbagi kebaikan pada orang lain berkat dukungan internet yang baik ya mbak. Btw aku kok jadi penasaran dengan StudyGe sih mba, dulu pas sekolah aku paling seneng pas pelajaran Peta Buta, alias baca peta yang dikosongi nama kota-kotanya.

    ReplyDelete
  6. Halo mama Sid, murah ya harga per bulan bisa mulai dari hanya Rp 200 ribu tapi bisa berselancar internet dengan mudah dan akses tanpa batas.

    ReplyDelete
  7. akses internet cepat yang mumpuni di rumah bisa membantu pertumbuhan anak juga ya untuk tumbuh lebih kreatif

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah. Helena bisa bikin worksheet untuk digunakan sendiri lalu dibagikan kepada orang lain, sangat bermanfaat untuk orang lain, semoga bisa jadi jariyah ya Helena, dengan internet yang sangat stabil dapat membantu pembelajaran anak anak yang serba digital seperti sekarang ini, semoga berkah ya mama Sid

    ReplyDelete
  9. Waktu anak-anak saya masih TK juga suka ngeprint atau buat worksheet sendiri. Meskipun mereka juga suka dapat worksheet di sekolah. Tapi, memang seru juga kalau bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa mbak, waktu anak 2 masih kecil, aku juga lumayan sering bikin dan ngeprint2 worksheet gitu. Begitu udah punya anak 3, kok lelah ya, *tutupmuka.

      Delete
  10. MasyaAllah... Jadi orangtua yang anaknya homeschooling emang kreatif banget yaa. Aku pernah nyoba nyoba bikin worksheet juga dan itu gak selalu mudah. Semoga pay it forward nya ini memberikan keberkahan yaa

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen nonton film Pay it forward deh. Aku belum kepikiran buat HS-in anak nanti, tapi karena sekarang banyak informasi di internet, kupikir akan lebih mudah buat belajar. Gak terbatas juga kan asal jaringannya lancar

    ReplyDelete
  12. Buat download indihome cepat banget..

    ReplyDelete
  13. dengan Indihome semua bisa tercapai ya bahkan dengan berbagai aktivitas, bisa jualan, bisa juga menemani anak belajar. Indihome sangat membantu kelancaran aktivitas di mana pun

    ReplyDelete
  14. Kami juga mengandalkan indihome mba meski digunakan sore hingga malam saja. Pagi sebelum kerja dan sekolah. Siang kebanyakan kosong. Gak bisa kayaknya gak ada indihome ini. Btw murah juga kalo bisa di harga 200 sebab kami lebih mba

    ReplyDelete
  15. Mau belajar di manapun, kalau materinya tersedia itu menyenangkan, ya. Nah, sekarang bisa banget, materi tinggal unduh dari internet. Apalagi udah ada IndiHome, biar materinya full donwloadnya.

    ReplyDelete
  16. Wah mantap mbak Helen
    Kreatif banget
    Bisa bikin worksheet sendiri
    Sangat mendukung proses homeschooling anak ya mbak

    ReplyDelete
  17. Dengan adanya internet sangat memudahkan sekali asal mau belajar. Nah kalau mb helena sangat terbantu ya mba apalagi anak2 HS bahan latihan dkk bs cek di internet kan

    ReplyDelete
  18. jadi ingin nonton pay it foward, lagi cari materi untuk homesccoling special need children, apa ada atau nggak yaa? harus googling dengan internet yang cepat dan lancar neh biar fokus nggak terganggu

    ReplyDelete
  19. Seru juga ya bareng anak bisa dengan mudah lakukan apa saja dengan IndiHome
    Saya jadi salut banget sama SID

    ReplyDelete
  20. Kalau anaknya lakik gini, jadi ikutan belajar lagi ya, kak Helen.
    Gak bisa diem aja... Karena anak laki hobinya bola dkk.
    Rasanya mencari informasi masa kini jadi mudah ketika rumah dlengkapi jaringan wifi rumah yang lancar seperti IndiHome.

    ReplyDelete
  21. Sid hobinya hampir sama ama anak.laki2 akuh... Yap apapun iti ya mba kalau internet stabil bikin kita makin bebas beraktivitas

    ReplyDelete
  22. Kalau internetnya pakai IndiHome kegiatan belajar anak jadi menyenangkan. Informasi juga mudah didapat

    ReplyDelete
  23. Saya juga pakai IndiHome, Mbak ... dengan 3 anak yang semuanya menggunakan IndiHome, alhamdulillah memadai banget proses belajar mereka.

    ReplyDelete

  24. Wah, hebat banget mbak Helena bikin worksheet untuk homeschooling. Aku setuju internet cepat sangat penting untuk mendukung pembelajaran anak-anak. Ketersediaan internet yang cepat memungkinkan anak-anak untuk mengakses sumber daya pendidikan secara online dengan mudah dan tidak terhambat oleh lambatnya koneksi internet. Semoga anak-anak bisa belajar dengan lancar dan sukses!

    ReplyDelete
  25. Kesukaan anak pun bisa menjadi media belajar yang menyenangkan.
    Dari awalnya sang anak tidak suka dengan matematika, melalui hobinya, malah bisa mastered di bidang matematika melalui sepakbola dan tim kesayangannya.

    Salut banget sama kreatifitas dan keteguhan mama Helen.
    Idenya adaaaa ajaa..

    ReplyDelete
  26. printable free ini memang membantu banget buat ibu-ibu yang mau kasih kegiatan buat anak-anak. makanya banyak banget nih pahalanya ibu-ibu yang rela bikin printable free buat dibagikan di internet ke emak kayak diriku yang sukanya gratisan ini. hehe

    ReplyDelete
  27. Ah pantes kamu suka bagi bagi printable gratis, ternyata bagian dari pay it forward kamu ke yang lain yaaaaa.. Keren amat sih ibuk sid, alhamdulillahnya pake internet cepat dari IndiHome, jadi lebih mudah melakukan pay it forward yaaa

    ReplyDelete
  28. Aku pun di rumah udah sejak 2019 akhir pake IndiHome. So far jarang banget maintenance yang sampe berhari-hari dan makin ke sini makin jarang ada kendala. Sesuai sama harga yang harus dibayar setiap bulannya. Itu kenapa aku jadi males nongkrong karena di rumah udah sekenceng itu internetnya wkwk

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,