Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Piknik di Taman Langsat, Jakarta Selatan (Bonus Nature Walk Printable Worksheet)

Saturday, January 28, 2023

Akhir pekan ini kami mencoba hal baru yaitu piknik di Taman Langsat, Jakarta Selatan. Piknik kali ini sekaligus reuni teman sekolah. Banyak yang membawa anak kecil maka kami lanjut nature walk di Taman Langsat. Ada free printable worksheet untuk nature walk di sana, lho!



Ide Reuni Sekolah Sambil Piknik

Alhamdulillah bisa reuni sekolah dengan teman SMA. Kami tinggal di Jabodetabek sekian tahun tapi belum pernah ketemu.


Eh pernah hanya dengan Astri dan trio krucils saat kami jalan-jalan ke Monas liburan akhir tahun 2022 lalu. Ceritanya di "Masuk ke dalam Monas, Ada Apa Ya?".


Oh ya, reuni sekolah ini ada plusnya karena yang ikut tak hanya teman satu SMA. Ada juga teman satu kuliah bahkan adik kelas, hehe. Berhubung dulunya dekat semasa belajar bareng, mari diajak serta. The more, the merrier! *walau ada yang tiba-tiba uzur.


Awalnya kami melakukan poll mau tempat reuni di mana dan tanggal berapa. Karena sebagian besar tinggal di Jakarta Selatan dan selatannya Jakarta, muncul opsi tempat reuni di Jakarta Selatan saja yang mudah dijangkau transportasi umum, yaitu: Urban Forest Cipete, Taman Langsat, dan Rumah Go'a.


Akhirnya terpilih Taman Langsat di Jakarta Selatan di mana kita bisa piknik. Bakal ada banyak anak kecil, so butuh tempat lapang supaya anak-anak bisa bermain (sementara ibunya makan 😏).


Piknik di Taman Langsat, Jakarta Selatan

Saya belum pernah ke Taman Langsat, hanya melihat melalui Instagram dan Google Maps supaya mendapat gambaran. Tetangga pernah bilang ingin piknik ke sana. Oh, jadi di Taman Langsat bisa piknik, yah. Asyik, nih!


Kami (Suhero full team) tiba di Taman Langsat pukul 9 pagi lewat sedikit. Saat itu hari Minggu, banyak pengunjung tetapi tidak padat sehingga masih enak menggelar tikar.


Kami membawa dua lembar tikar lalu menatanya sekitar 50 meter dari tempat parkir. Saya enggak terpikir masuk taman terlalu jauh supaya teman-teman mudah menemukan tempat piknik kami. Toh di situ rindang, banyak pohon-pohon besar.


Satu-persatu teman-teman datang. Setiap orang membawa potluck makanan beragam dari nasi goreng, mie goreng, siomay, karamel cake, biskuit, dan onde-onde. Namun, ada yang kebetulan sama, tiga orang membawa jeruk santang! Mungkin karena sedang Imlek jadi banyak yang menjual jeruk kecil dan manis ini. Hihi ... alhamdulillah laris manis sampai bisa dibawa pulang.


Tak hanya kami yang piknik. Saat kami berkeliling, banyak juga pengunjung yang piknik di Taman Langsat. Ada yang bersama keluarga, ada yang dengan teman-teman, juga ada yang sendirian. Alas pikniknya pun estetik, yang kotak-kotak itu, lho.


Saat itu juga nampak sekumpulan remaja, sepertinya anak SMA, yang sedang melakukan pemotretan Buku Tahunan Sekolah (BTS). Wah, menarik, ya BTS bertema piknik di taman dengan segala properti piknik yang lucu-lucu. Apalagi di Taman Langsat ada kolam teratai yang cukup luas. Background-nya makin ciamik.


Selain piknik, Taman Langsat juga cocok untuk olahraga. Ada fasilitas jogging track, alat fitness, lapangan badminton, dan batu terapi. Hal ini mengingatkan saya untuk jangan makan melulu, sana olahraga. 😆


Taman Langsat juga ada area bermain anak yang terletak di sisi selatan taman. Nampak ada ayunan, perosotan, dan monkey bar.


Satu lagi yang penting, ada toilet di Taman Langsat. Sebelum pulang saya mampir ke toilet. Letaknya di gedung yang bertuliskan "Bina Taman" dekat tempat parkir. Ada dua toilet tetapi yang satu terkunci. Toiletnya bersih, tidak bau, hanya saja agak gelap.


Nature Walk di Taman Langsat

Setelah cukup ngobrol dan makan, waktunya nature walk! Dari tadi kami hanya di sekitaran tempat piknik yang terletak tak jauh dari tempat parkir. Penasaran juga bagaimana Taman Langsat secara keseluruhan.

Berbekal worksheet yang sudah saya siapkan dari rumah, alhamdulillah anak-anak (plus dewasa) tertarik menemukan benda-benda yang disebutkan di gambar. Nature walk makin seru, yah, sambil berburu harta karun.


Di Taman Langsat, anak-anak menemukan semut, kucing, burung, juga angsa. Iya, lho, ada sekitar 5-7 ekor angsa bebas berkeliaran di Taman Langsat. Mereka tidak mengganggu para pengunjung yang sedang piknik. Akan tetapi, mereka akan mempertahankan diri dengan cara mau menyosor (apa ya bahasa Indonesianya?). Sebenarnya itu hanya ancaman supaya mereka tidak didekati, tidak diganggu.

Hal menarik yang kami temui yaitu tempat sampah. Bentuk tempat sampah di Taman Langsat menyerupai hewan-hewan. Ada tempat sampah panda dan kodok. Awalnya Uno penasaran itu tempat apa, lama-lama ia familiar dan excited setiap menjumpai tempat sampah.

Saat mencari bunga di Taman Langsat, kami melewati bangunan dengan aneka bunga anggrek di depannya. Di samping bangunan tersebut ada jemuran pakaian. Nampak dua bapak-bapak bercengkerama di depan situ. Apakah ini rumah penjaga Taman Langsat? Wow, asyik banget serasa punya rumah dengan halaman yang luaaaaas!


Taman Langsat ini di tengahnya dialiri parit (atau sungai kecil?). Warnanya abu-abu. Di dekat tempat kami piknik, sungai ini tidak berbau. Namun, saat menuju ujung Taman Langsat, tercium bau kurang sedap dari arah sungai. So, sebaiknya pilih tempat piknik yang tidak terlalu ujung.


Hampir semua ceklis di worksheet nature walk dapat kami temukan kecuali satu yaitu laba-laba. Ada, sih, sarang laba-laba tapi tak nampak satu ekor laba-labapun.


Nature walk keliling Taman Langsat selama 35 menit lumayan juga apalagi bawa anak-anak. Syukurlah Uno hanya sebentar minta gendong. Ia mau lanjut berjalan kaki karena tertarik menemukan gambar-gambar di worksheet.


Cara ke Taman Langsat Naik Transportasi Umum


Taman Langsat mudah dijangkau dengan transportasi umum. Lokasi Taman Langsat sekitar 1 km dari terminal Blok M, berseberangan dengan Taman Barito / Taman Ayodya.


Cara ke Taman Langsat naik transportasi umum:
Bus Transjakarta: turun terminal Blok M kemudian berjalan kaki sekitar 1 km ke Taman Langsat.

atau

naik minitrans (bus TJ tapi ukurannya lebih kecil) jurusan Blok M - Pesanggrahan, turun halte RSPP. Dari halte RSPP lanjut berjalan kaki ke Taman Langsat.


MRT turun stasiun Blok M kemudian berjalan kaki sekitar 800 m ke Taman Langsat.


Cara pulangnya juga sama, ya, bisa naik minitrans dari halte RSPP ke Blok M kemudian lanjut naik bus Transjakarta.


Taman Langsat memiliki dua pintu masuk. Jika berjalan kaki menuju Taman Langsat, pengunjung dapat masuk melalui jalan bertangga yang berseberangan dengan Taman Barito. Jalan ini sederet dengan Pasar Burung Barito.


Bila membawa kendaraan pribadi, Taman Langsat memiliki lahan parkir untuk mobil dan motor. Masuknya lewat Jl. Langsat I.

Free Nature Walk Worksheet

Worksheet yang kami pakai bisa kamu unduh, juga. Buat bekal jalan-jalan di Taman Langsat atau nature walk di tempat lain.


Nature Walk Worksheet ini sudah mengalami penyesuaian. Lebih lengkap dibanding yang kami gunakan saat itu. Atas saran SID perlu ditambah beberapa benda yang kami jumpai di sana.


Free nature walk worksheet silakan unduh pada tautan berikut. Hanya untuk pemakaian pribadi, ya. Tidak untuk diperjualbelikan.


Unduh Free Nature Walk Worksheet



Penutup


Piknik di Taman Langsat dengan keluarga seru juga. Perut kenyang, banyak makanan, anak-anak juga senang bisa bermain di alam. Ditambah lagi puas keliling nature walk sambil mencari benda-benda di gambar. Selanjutnya piknik kemana lagi, ya?


Taman Langsat


Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
27 comments on "Piknik di Taman Langsat, Jakarta Selatan (Bonus Nature Walk Printable Worksheet)"
  1. Sering sering kita jalan ke taman taman yaaa

    ReplyDelete
  2. Asyik banget piknik tipis-tipis di Taman Langsat. Kalau bawa anak, tetep kudu diperhatikan ya karena kulihat ada parit berair dan berdaun, teratai bukan? Malah nanya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Jiah, tetap dalam pendampingan orang tua. Trus akar pohon yang gede juga rawan buat tersandung.

      Delete
  3. Asik banget ya mak Taman Langsat ini ternyata.. Beneran aku salfok sama angsanya mak.. kok asik-asik aja main deket angsa haha.

    ReplyDelete
  4. Waah di Jakarta ada tempat piknik hijau dan asri gini yaaa, seneng lihatnya. jadi pengen ajakin anak ke tempat yang ijo-ijo gini jugaa.

    ReplyDelete
  5. piknik ke taman solusi banget buat refreshing sambil ajak anak2 main. terutama buat bawa anak kecil yang masih suka lari2. liat hamparan rumput hijau langsung deh kegirangan (tinggal emaknya ngos2an nguber hahaha).

    ReplyDelete
  6. Deket Blok M ada taman bagus ternyata. Nanti ajak anak piknik ke Taman Langsat ah, seru pastinya bisa berburu harta karun dari worksheet. Anak jadi belajar banyak hal, gak cuma mandangin pohon-pohon.

    ReplyDelete
  7. rimbun dan sejuk banget ya piknik di taman langsat di Jakarta Selatan ini, anak-anak bisa bebas bereksplorasi

    ReplyDelete
  8. Wah seru ya bisa piknik segala. Zaman anak2 kecil dulu tiap weekend keliling taman2 kota buat cari taman terbuka hijau plus area bermain anak dg udara terbuka. Sejak pandemi banyak taman di Jakarta yv ditutup jg kan..sekarang dah mulai buka lg yaa.

    ReplyDelete
  9. Tamannya luas, banyak pohon, dan terlihat nyaman sekali. Permukaannya rumputnya juga bersih dan terawat. Memang cocok buat piknik.

    Air sungainya kenapa abu-abu gitu ya? 😁

    Trus, soal toilet yang agak gelap, jadi ingat toilet di sebuah taman (yang tidak bisa kusebut namanya), ada ular masuk, dan ga keliatan. Untung yang masuk cepet sadar, jadi ga sempat sekamar ama ular hehe. Buat hati-hati aja kalau sedang masuk toilet taman yang gelap cek cek dulu sebelum masuk.



    ReplyDelete
  10. Mak..yg dirimu bilang angsa itu soang bukan? Aku harus jauh-jauh deh dari situ.. Ga sanggup kalo deketan ama mereka. Pernah disosor dan sakit bgt.
    Btw piknik di Taman Langsat gratis ya?

    ReplyDelete
  11. Seru banget ini bisa piknik di Taman Langsat, jadi anak-anak selain senang bermain juga jadi belajar ya disini mak Helena. Banyak juga sebenarnya yang bisa dia explore selama berada di Taman Langsat.

    ReplyDelete
  12. Dari tulisan di atas ini, bagian ini favoritku:

    "... bakal ada banyak anak kecil, so butuh tempat lapang supaya anak-anak bisa bermain (sementara ibunya makan "

    Hahaha.

    Gue banget!

    ReplyDelete
  13. Waaa untung aku kemaren nyobain piknik di Taman Langsat ini. Seru banyak sekali obyek foto estetik nya ya. Anak anak pasti happy

    ReplyDelete
  14. Jakarta keren bangett..
    Bisa bermain sekaligus reunian di Taman Langsat.
    Ini bukan hanya anaknya yang bahagia berlarian di alam, tapi juga ibunya yang asik mengobrol dengan tenang.

    ReplyDelete
  15. Maak Helena tamannya bagus yaa...Jakarta banyak berbenah ya sekarang kek kemarin di blok M woww takjub aku ada perpus taman literasi bagus nyaman instagramable

    ReplyDelete
  16. Wah, jalan-jalan di sana ngajak anak kayaknya bakal betah seharian ya Mak. Sepertinya sangat seru.

    ReplyDelete
  17. Asik mbak.. murah meriah dan seru apalagi sama teman2 yaa.. temannya juga bersih sekali ini..

    ReplyDelete
  18. Waaaw...ini sama komunitas charmed kah mbak? aku sempat ajak anak-anak ikutan acara nature walk sekali pas ke Jkt (dan mereka masih HS). Tapi ya gitu, baru kenal kan, jadi masih belum bisa ngeblend sama anak-anak lain hehehe

    ReplyDelete
  19. 2 bulan yang lalu aku juga piknik ke Taman Langsat dengan komunitas. Ternyata di Jakarta masih ada ya taman yang sejuk dengan pohon-pohon nan rimbun dan luas ya

    ReplyDelete
  20. aku selalu menanti explore taman-taman di Jakarta nih mba, terutama yang ramah anak kayak gini. Dibuat kegiatan edukasi juga seru banget ya, aduhhh aku udah jarang grounding dan nikmatin taman kayak gini, sekali2 mau ah coba

    ReplyDelete
  21. Aaakkk cintaaa bgt nih ama Jakartaaaa
    Banyak taman2 yg super duper kece
    Kapan2 mauukkk k sana ahhh

    ReplyDelete
  22. Wah deket rumah mamer ya ini. Jadi mau ajak adek deh kesana. Ini kalau dilihat gambar dan baca cerita helena macam kebun raya mini ya. Serunya memang bawa tiker biar bisa gegoleran ditengah1 puun.. Hahaha..

    ReplyDelete
  23. Asyik juga piknik ke Taman Langsat sambil bawa worksheet, serasa sedang melakukan petualangan mencari harta karun nih. Ternyata nggak ketemu sama laba-laba ya.

    ReplyDelete
  24. Wah, asyik banget pikniknya di Taman Langsat. Areanya luas, banyak pepohonan tinggi, jadi rindang dan nyaman buat sekeluarga dan teman-teman ya. Bawa worksheet pula, makin asyik :)

    ReplyDelete
  25. Asyik jakarta punya banyak taman jadi bisa ganti tempat biar gak bosan. Di sini taman dikit jadi kurang bervariasi

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,