Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Cara Mengapresiasi Anak

Sunday, June 26, 2022

“Wow, good job! Kamu keren!” seringkali diucapkan untuk memberi apresiasi anak. Apakah cukup atau harus memberi hadiah? Bagaimana bila anak belum berhasil? Bagaimana, ya, cara mengapresiasi anak? Temukan manfaat dan cara memberi apresiasi pada anak di sini.



Manfaat Mengapresiasi Anak

Bulan depan insya Allah sudah masuk tahun ajaran baru. Dukungan orang tua untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar sangat diperlukan. Dukungan ini dalam bentuk material seperti alat tulis, buku, gawai, maupun barang-barang kebutuhan sekolah lainnya.


Tak hanya itu, anak juga butuh dukungan psikologis seperti perhatian, motivasi, kasih sayang yang tulus, serta apresiasi. Kali ini kita bahas manfaat apresiasi, ya.


Apresiasi adalah sebuah penghargaan positif yang diberikan seseorang terhadap suatu hal untuk mendorong dan membangun semangat. Apresiasi merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter anak ke arah positif.



Karakter merupakan kebiasaan, pembawaan, watak, dan kepribadian yang terbentuk dari dalam keluarga terlebih dahulu sebelum dari lingkungan luar (Muchtar & Suryani, 2019). Di sini keluarga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter, salah satunya dengan memberi apresiasi ke anak.


Manfaat mengapresiasi anak antara lain:

  • Anak tahu mana perbuatan yang benar. Contohnya memberi apresiasi saat anak makan menggunakan tangan kanan, mengelap tumpahan air, berani mengikuti perlombaan, dan lain-lain
  • Anak tertarik mengulangi kegiatan tersebut karena termotivasi. Contohnya anak memasang puzzle yang tergolong rumit. Ia mendapat dukungan dari orang tuanya sehingga ia mau mencoba lagi dan lagi.
  • Meningkatkan percaya diri anak. Apresiasi membuat anak semakin percaya akan kemampuan dirinya sendiri. Rasa percaya diri meningkatkan ketangguhan anak dalam menghadapi tantangan.
  • Memberi teladan cara peduli dan menghargai orang lain. Apresiasi yang diberikan orang tua menjadi bentuk rasa kepedulian pada anak. Secara tidak langsung anak akan meneladani sikap orang tua dan kelak ia akan dapat memberi apresiasi, menghargai orang lain.


Cara Mengapresiasi Anak Perhatikan Hal Berikut


“Hebat! Keren banget!” Siapa yang suka memuji dengan memberikan kata-kata tersebut? Rupanya pujian itu kurang tepat. Dulu saya begitu kemudian belajar menggunakan kalimat pujian yang lebih efektif. Inilah beberapa cara mengapresiasi anak:


  • Sebut aktivitas atau perbuatan mana yang mendapat apresiasi.

Dalam memberi apresiasi, kita perlu menyebutkan secara spesifik aktivitasnya. Tak hanya menyebut “Good job!” atau “Kamu hebat!” tetapi “Wah kamu bisa makan sendiri,” atau “Kerja sama tim yang hebat. Kalian bisa bekerja sama menyusun puzzle ini,”.


  •  Lakukan segera setelah anak melakukan perbuatan baik.

Jangan ditunda, beri apresiasi dengan segera.


  • Apresiasi keberhasilan kecil serta fokus pada proses

Beri apresiasi tak hanya menunggu anak berhasil. Saat ia gagal tetapi mau terus mencoba pun patut diapresiasi. Fokus pada usaha anak, bukan hasilnya.

Misal: Ibu kagum dengan semangat pantang menyerahmu. Kamu terus berlatih untuk dapat menyelesaikan soal-soal ini.


  • Bentuk apresiasi

Mengapresiasi anak dapat berupa pelukan, ciuman, waktu bersama, kasih sayang yang tulus, ataupun perhatian. Sesekali memberikan apresiasi dalam bentuk barang pun boleh selama sesuai kemampuan dan tidak berlebihan.


JNE Beri Apresiasi untuk Cosmo JNE FC

Ngomongin tentang apresiasi, orang tua pasti sangat senang ketika anak memenangkan perlombaan. Mungkin itu yang dirasakan JNE sebagai sponsor utama Cosmo JNE FC. Klub futsal ini berhasil mengirimkan 4 pemain dan 2 official menjadi bagian dari Timnas Futsal Indonesia (baca beritanya di sini).


cosmo jne fc
Seremonial penyerahan apresiasi untuk pemain Cosmo JNE FC berprestasi dari JNE


Pada Jumat, 17 Juni 2022 lalu, JNE memberikan apresiasi berupa bonus puluhan juta untuk para pemain dan official Cosmo JNE Futsal Club yang tergabung dalam Timnas Futsal Indonesia yaitu Muhammad Iksan Rahadian (Kiper), Muhammad Rizki Xavier, Reza Gunawan, Firman Adriansyah, Dewa Rizki Amanda, Ade Lesmana (pelatih kiper) dan M. Amril Daulay (asisten pelatih).


Acara yang diadakan di Rumah Makan Dapur Nusantara Pontianak ini sebagai perayaan karena mereka berhasil mendapatkan medali perak pada Piala Futsal AFF dan Sea Games 2021 lalu. Congratulations!


Pemberian apresiasi dari JNE ini membuat Cosmo JNE FC semangat menyongsong Liga Futsal Profesional Indonesia 2021/2022 putaran kedua.


"Dengan dukungan yang maksimal dan luar biasa dari JNE sebagai perusahaan logistik terbesar di Indonesia ini, harapannya adalah memberikan hasil yang terbaik di setiap pertandingan dan menjadi juara Liga Futsal Professional Indonesia di musim 2021/2022” ungkap Akbar Pera Baharudin atau Ajudan Pribadi selaku pemilik Cosmo JNE FC.


Eri Palgunadi selaku VP Marketing JNE mengatakan, JNE ingin terus memberikan dukungan bagi anak bangsa. Salah satunya melalui sepakbola khususnya futsal sebagai olahraga yang digandrungi hampir semua kalangan di Indonesia. “Sebagai perusahaan logistik asli Indonesia, JNE akan terus mendukung kemajuan anak bangsa baik UKM, olahraga, pendidikan maupun ekonomi sesuai tagline “Connecting Happiness” dengan memberikan pelayanan terbaik dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia”. 


Cosmo JNE FC pada 20 Juni 2022 lalu melakukan funmatch futsal melawan tim Futsal JNE Pontianak disambung acara santunan anak yatim. Kapten tim futsal yang dijuluki The Yellow Submarine, Fachri Reza, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan doa dan harapan dari semua Ksatria dan Srikandi JNE serta seluruh masyarakat agar tim Cosmo JNE FC terus memberikan yang terbaik dan mampu menjadi juara nanti.


Aamiin … semoga Cosmo JNE FC makin semangat berlatih, kompak, dan dapat memberikan yang terbaik.


timnas futsal indonesia
Pemain dan official tim Cosmo JNE FC yang tergabung dalam Timnas Futsal Indonesia

Penutup

Apresiasi dapat membentuk karakter pada anak. Keluarga memiliki peran penting untuk mengapresiasi usaha anak dalam waktu dan bentuk yang tepat. Bagaimana caramu mengapresiasi anak?

 

Referensi

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57.

21 comments on "Cara Mengapresiasi Anak"
  1. suka banget sama tulisannya, apresiasi anak ini memang salah satu cara pola asuh aku, supaya anakku merasa dihargai akan apa yang sudah diraihnya

    ReplyDelete
  2. Waah, ku salut banget sama JNE yang memberikan apresiasi berupa bonus puluhan juta untuk para pemain dan official Cosmo JNE Futsal Club. Keren banget, mereka jadi tambah semangat lagi bertandingnya dan memberikan yang terbaik . Beneran deh taglinenya sellau Connecting Happiness buat sekitarnya. Sukses buat JNE

    ReplyDelete
  3. Betapa pentingnya apresiasi untuk anak walau sekadar pujian atas kemajuannya yah mbak, pastinya akan melekat terus di hati anak apresiasi dari kita.

    Keren banget JNE yang selalu memberikan apresiasi pada pemain yang berprestasi, bener2 Connecting Happiness sesuai dengan tagline yaah

    ReplyDelete
  4. Senang banget kalau prestasi diapresiasi. Semoga jadi tambah semangat. InsyaAllah prestasi pun semakin menangkap karena merasa usahanya diapresiasi

    ReplyDelete
  5. Sama Mba Helen. Dulu aku kalau muji anak "wah kamu hebat". " Wah anak bunda pinter". Cuma sampai di situ aja. Tapi ternyata cara memuji kayak gitu kurang tepat ya. Terus mulai belajar bagaimana cara yang tepat memuji anak.

    Ngomonh - ngomong inj JNE kren ya dalam memberi apresiasi pemain futsal Clubnya. Pasti pemainnya jadi semakin semangat berlatih ke depannya

    ReplyDelete
  6. Selamat untuk cosme jne fc. Semoga tahun ini bisa meraih prestasi maksimal

    ReplyDelete
  7. Salut deh sama JNE selalu memberikan support dan menebar kebahagiaan kepada siapapun, baik personal maupun kelompok juga pelaku usaha seperti UMKM. Baru tau juga kalau JNE memberi apresiasi untuk yang berprestasi.

    ReplyDelete
  8. Saluut lah sama JNE. Kemarin juga mengapresiasi karyawan. Sekarang mengapresiasi pemain futsal yang berprestasi.
    Tapi memang mengapresiasi gini menurutku jadi salah satu bentuk wujud dukungan nyata yang bisa bikin orang semakin terpacu buat sukses deh.
    Nggak nyesel dari dulu selalu pakai jasanya JNE buat kirim2 kesana kemari.

    ReplyDelete
  9. betul banget Mak Sid, apresiasi sederhana namun memberikan manfaat yang besar sekali ya buat anak..ga cuma anak kayak pemain futsal cosmo juga dibeirkan apresiasi uang gimana ga termotivasi buat menang nantinya

    ReplyDelete
  10. Seperti apresiasi pada anak, karyawan yang berprestasi juga wajib menerima apresiasi dari perusahaan ya Mbak. Apreasiasi akan menumbuh kultur sehat, semangat positif, dan sebagai jalan bagi karyawan untuk terus meningkatkan diri ya

    ReplyDelete
  11. Aku juga sebisa mungkin mengapresiasi anak. Apalagi kalau mereka bisa mengerjakan sendiri hal-hal baik tanpa minta bantuan orang dewasa. Biar anaknya makin semangat berbuat baik.

    ReplyDelete
  12. Anak.pastinya bakal tumbuh jadi pribadi yg optimistis karena diapresiasi secara efektif oleh ortunya.

    Keren bgt mbaaaa, secihuy JNE YG selalu awesome

    ReplyDelete
  13. Salut nih tim JNE, tim Cosmo bisa berprestasi di tingkat nasional dan jadi anggota timnas untuk mewakili Indonesia di luar negeri yaa..keren! Kudu diapresiasi oleh masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  14. Memberikan apresiasi atas apa yang telah di perbuat dalam kegiatan positif ya itu bagus. Apresiasi menunjukkan apa yg kita lakukan di hargai.

    Pun demikian dengan meberikan apresiasi kepada anak2 supaya mereka semangat.

    ReplyDelete
  15. Asyik banget ya tim futsal Cosmo JNE dapet bonus puluhan juta. Tapi relevan lah dengan usaha mereka babak belur untuk jadi juara. Keren JNE dalam mengapresiasi tim futsalnya agar makin bersemangat di pertandingan berikutnya

    ReplyDelete
  16. Setuju, mengapresiasi anak disebutkan aktivitasnya apa dan bentuknya pun bisa disesuaikan. Karena apresiasi akan meningkatkan motivasi seperti halnya yang dilakukan JNE sebagai sponsor utama Cosmo JNE FC yang memberi apresiasi atas raihan prestasi mereka

    ReplyDelete
  17. Siaaapp laksanakan. Iya nih aku juga pernah membaca, aplresiasi, dalam hal ini kyk pujian itu bisa bikin org lain jd lbh hepi, gak cuma buat anak tp yg lain jg. Apalagi buat anak2 yang namanya apresiasi bikin anak hepi dan yang terpenting emang meningkatkan rasa PD-nya tu sih TFS

    ReplyDelete
  18. Ini jadi pelajaran banget sih yaa..sebagai orangtua yang sudah belajar pengasuhan, mari mengasuh dengan sadar dan hadir penuh. Sehingga terasa pentingnya berkomunikasi produktif hingga melakukan apresiasi untuk mendukung terus kemajuan dan kesukaan anak

    Seperti JNE yang memberikan dukungan penuh kepada Cosmo JNE FC untuk terus berkembang.

    ReplyDelete
  19. makasih sharingnya

    ReplyDelete
  20. Noted banget ini buat aku. Memberi apresiasi pada anak bukan saja bikin anak percaya diri tapi juga membuat mereka bahagia karena hasil kerja kerasnya dihargai.

    Selamat juga buat tim futsal Cosmo JNE. Hebat dapat mendali perak dalam dua ajang olah raga bergengsi. Semoga menang terus dan kompak terus para pemain dan pelatih Cosmo JNE.

    ReplyDelete
  21. Setuju banget nih, apresiasi untuk anak nggak melulu harus berupa materi ya, tetapi juga bisa berupa pujian dan pelukan hangat.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,