Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Pelembut dan Pewangi Pakaian Bekal Siap Toilet Training

Monday, June 13, 2022

molto korean strawberry
Siapkan pelembut dan pewangi pakaian sebelum toilet training

Anak memakai pospak memang nyaman dan rumah bersih tapi sampai kapan? Anak perlu dilatih lepas popok alias toilet training. Ini salah satu cara melatih kemandirian balita, lho. Banyak yang perlu dipersiapkan, salah satunya pelembut dan pewangi pakaian yang harum. Sebelum toilet training, baca dulu tips berikut.

Tanda Anak Siap Toilet Training

Toilet training mulai anak umur berapa?


Sebenarnya tidak ada batasan usia. Ada yang dari bayi biasa pakai clodi (popok kain), ada bayi 9 bulan sudah bisa BAB di toilet, ada yang menjelang masuk PAUD, dan sebagainya.


Saya sendiri baru tergerak mulai toilet training saat anak berusia 2 tahun karena ia menolak pakai pospak (popok sekali pakai). Waduh, kalau ngompol gimana? Capek ngepel lantai, belum lagi jika terkena barang-barang lainnya kan bisa kotor dan najis.


Awalnya ragu namun toilet training menjadi tahapan melatih kemandirian anak balita. Selain itu hemat biaya beli popok, kan, hehe.


Selain karena request si anak, Uno menunjukkan tanda anak siap toilet training seperti:

  • Tidak BAB di malam hari.
  • Waktu BAB bisa diprediksi tiap hari, kira-kira pagi setelah bangun tidur. Tiap anak beda, cirinya BAB terjadi pada waktu yang sama tiap harinya atau pada waktu yang tidak bisa diprediksi.
  • Saat terasa akan BAB, ia menunjukkan tanda-tanda seperti menyendiri di kamar serta tidak mau ditemani. Berarti ia sudah menyadari rasa kebelet.
  • Anak mampu melepas pakaian dan memakai pakaian sendiri. Uno bisa melepas celana, memakai popok dan celana sendiri dengan satu kaki di masing-masing lubang.
  • Anak memberitahu bila ingin BAK atau BAB. Walau masih belum konsisten, kadang ngompol juga, tapi sudah terlihat kemajuannya.
  • Anak bisa menahan rasa kebelet BAK atau BAB.


Toilet Training Sambil Main Game

Melatih anak toilet training semudah melepas popok dan menggantinya dengan celana dalam. Akan tetapi, perlu persiapan fisik dan mental kedua pihak yaitu anak dan orang tua. Bila ada orang lain yang tinggal serumah maka orang tersebut pun perlu diinfokan mengenai hal ini supaya bersiap bila anak butuh bantuan atau mengompol.


Karena anak minta pakai celana dalam (tidak mau pakai popok) maka saya ingatkan ia jika sudah terasa ingin BAK atau BAB agar bilang ke ibu atau ayah. Nanti kita akan ke toilet untuk BAK/BAB.


Selain itu, kami membaca nyaring buku cerita tentang anak yang sedang belajar pipis di toilet. Jika mengompol maka kasur, sofa, dan karpet jadi basah dan bau.


Kami juga menonton kartun di YouTube mengenai anak balita yang belajar pipis di toilet sendiri. Si anak duduk di potty seat.


Cara lainnya bisa dengan game seperti role play menggunakan boneka seolah-olah bonekanya mau BAK lalu kita praktikkan cara melepas celana dan menggunakan WC.


Bisa juga dengan main lampu lalu lintas. Lampu berwarna hijau artinya anak berlari di tempat. Saat lampu berwarna kuning anak berjalan perlahan. Ketika lampu merah maka si anak berhenti. Permainan ini melatih kontrol anak. 


Siapkan Pelembut dan Pewangi Pakaian Sebelum Toilet Training

Barang-barang yang perlu disiapkan untuk toilet training antara lain:


Celana dalam anak (6-12 pcs)

Bisa menggunakan celana dalam biasa atau training pants. Uno menggunakan training pants supaya kalau mengompol tidak sampai menetes di lantai. Kalau training pants habis, barulah pakai celana dalam.

ciri anak siap toilet training
training pants untuk toilet training

Perlak, kain, atau sprei waterproof

Saya menggunakan perlak waktu ia bayi dan kain bedong untuk alas di atasnya.


Handuk kecil atau kaos bekas

Siapkan “gombal” pakaian atau handuk yang sudah lusuh tetapi berbahan mudah menyerap cairan. Jika anak tak sengaja mengompol, gunakan kain tersebut untuk membersihkannya.


Deterjen dan pewangi pakaian yang harum

Bau ompol itu ampun pesing banget apalagi jika tidak segera dicuci. Bila tidak sempat langsung mencucinya maka saya bilas pakaian yang terkena ompol dengan air mengalir kemudian rendam di air deterjen.


Setelah ada waktu luang, biasanya sambil mandi, barulah mencuci pakaian tersebut. Tak lupa menggunakan pewangi pakaian bayi supaya semakin harum.

 

Rekomendasi Pewangi Pakaian Molto Korean Strawberry

Pelembut dan pewangi pakaian itu menjadi mood booster saat mencuci pakaian, lho! Saya masih mencuci manual alias menggunakan tangan untuk baju bayi. Pewangi pakaian yang harum membuat semangat mencuci baju. Rekomendasi pewangi pakaian yang saya pakai Molto Korean Strawberry membuat lelah toilet training berkurang.


Saya ajak Uno mencuci pakaian bersama. Ia sampai bertanya, “Hmm … bau (wangi) apa ini?” setelah saya menuang pelembut pakaian keluarga Molto Korean Strawberry. Iya, wanginya langsung tercium. Aroma fresh and juicy Korean strawberry membuat cuci baju makin menyenangkan. Itu karena pewangi pakaian terbaik Molto Korean Strawberry 7x lebih wangi dibanding varian lain dari Molto.


Selain #wanginyabikinjatuhcinta, pelembut dan pewangi pakaian ini diklaim menghilangkan 7 bau membandel pada pakaian yaitu bau keringat, bau apek, bau asap, bau amis, bau badan, bau bawang, dan bau polusi. Hasilnya pakaian anak sampai sprei pun menjadi wangi menyegarkan, bebas bau tak sedap.


pelembut pakaian terbaik
Pewangi pakaian Molto Korean Strawberry menghilangkan 7 bau membandel


Pelembut pakaian terbaik Molto Korean Strawberry hadir dalam kemasan merah bergambar strawberry. Very eye-catching! Ada kemasan pouch liquid 680 ml dengan harga Rp16.900,00 dan sachet 9 ml cuma gopek.


Enggak cuma Molto, Unilever menghadirkan produk varian Korean Strawberry yang membuat happy mengerjakan tugas domestik (beberes rumah) yaitu (1) Superpell Korean Strawberry untuk mengepel lantai supaya makin bersih dan wangi tahan lama, (2) Sunlight Extra Korean Strawberry bantu mencuci piring dengan aroma menyegarkan dan menghilangkan lemak makanan, dan (3) Rinso Korean Strawberry Powder yang menghilangkan bau tak sedap dan apek juga mengandung ekstra pelembut.


Belinya di mana? Waktu itu saya beli di Tokopedia. Selain itu produk Unilever ini tersedia di e-commerce lain seperti JD.ID dan supermarket.

molto korean strawberry
Molto, Sunlight, Super Pell, dan Rinso Korean Strawberry

Melatih kemandirian anak balita melalui toilet training perlu kesabaran dan ketelatenan. Menghadapi tumpukan pakaian terkena ompol melelahkan juga, ya. Alhamdulillah wangi segar Molto Korean Strawberry menjadi rekomendasi pelembut pakaian yang perlu disiapkan sebelum toilet training. Coba sendiri deh pewangi pakaian Korea terbaru dari Molto.

25 comments on "Pelembut dan Pewangi Pakaian Bekal Siap Toilet Training "
  1. Wah anakku juga udah 2 tahun usianya, sudah harus persiapan toilet traning juga nih

    ReplyDelete
  2. Rekomendid banget ini si molto sebagau pewangi pakaian bayi

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama baunya. Produk baru Molto ya ini Mbak? Sudah lewat Surabaya belum sih? Ah, mending browsing ke MP aja lah

    ReplyDelete
  4. Waaah apik mak tipsnya, toilet training pakai game. Jadi mengingat-ingat masa toilet training anak2 dulu...gimana ya? kok lupa sayah hahahaha.
    Wangi strawberry berarti ada manis2nya gitu kah? Ummm...bisa nh dicoba

    ReplyDelete
  5. Pasti enak nih aromanya. Emang produk Unilever selalu terdepan

    ReplyDelete
  6. Kepo banget nih sama bau korean strawberry nya kok saya baru tahu sih sama varian ini

    ReplyDelete
  7. Setiap anak beda-beda ya tahapan toilet trainingnya. Cuma yang aku Perhatikan Kalau bekas mengompol itu tidak direndam air dulu langsung dicuci ke dalam deterjen biasanya baunya masih menempel. Tapi kalau sudah direndam baru dibilas dengan air mengalir terakhir diberi sentuhan pewangi Molto strawberry ini mungkin apa benar-benar hilang dan malah tambah wangi

    ReplyDelete
  8. Aku komen jujur ya, setiap aku nyuci pakai pewangi pakaian satu ini, pasti orang rumah yang ke belakang tanya: Ini aroma apa sih, enak banget. Termasuk bocilku Binar, bilang seger kayak bau sirop wkwkkw, sangking wangi menggoda

    ReplyDelete
  9. Wah jadi kebayang bau pakaian bayi yang pakai Molto Korean Strawbery ini..pasti manisss wanginya.
    Memang tiap anak beda masa lepas pospaknya. Anak sulungku sebelum dua tahun dah lepas. Eh adiknya 2 tahun lebih. Penuh perjuangan pula bisa lepasnya.

    ReplyDelete
  10. Banyak juga yang harus dia siapkan untuk toilet training ya Mbak. Tapi semua bisa diatasi dengan nantinya diberi pewangi. Anak-anak pasti suka mencium aroma Molto ini

    ReplyDelete
  11. Anak-anakku dulu kuajari toilet training pas udah umur 2 tahun. Di umur itu setidaknya dia udah bisa bilang ketika mau BAK atau BAB. Lamanya toilet training memang beda-beda ya tiap anak. Yang sulung, 2 minggu udah berhasil. Yang bungsu, hampir sebulan deh kayaknya. Dan memang, baunya itu yaaa.. Huhu, mesti cepet dicuci biar pesingnya ngga bikin pusing. Dan keberadaan pewangi pakaian adalah hal yang wajib deh.

    ReplyDelete
  12. Jadi inget masa-masa toilet training anak dulu. Memang harus dibiasakan ya biar anak terbiasa. Ngasih sounding juga. Saya jadi penasaran ama wanginya Molto Korean Strawberry. Ternyata produknya engga hanya pewangi aja, ada pembersih lantai dan pencuci piring juga. Pasti wanginya tahan lama nih

    ReplyDelete
  13. Dennise SihombingJul 6, 2022, 4:15:00 PM

    Hai mom toss dulu kita sama ya pakai pewangi pakaian merk dan varian yang sama. Memang wanginya tak tertandingi ya,khasnya Molto aku suka aroma Strawberrynya

    ReplyDelete
  14. Training pantsnya cute banget heheh emalah salah fokus. Harus itu sedai pewangi biar pakaian harum terus apalaho aromanya Korean Strawberry bikin pokin aku seduh aja.
    Ngajarin toilet training yg haurs sabar keduanya ya anak & ibunya

    ReplyDelete
  15. Sebagai pecinta korea2an, molly sangat terpanggil ingin mencoba pewangi varian korea2an ini. Hohoho.. lengkap dari makeup, skincare, pewangi semua koreaa

    ReplyDelete
  16. Aku kira dulu toilet training itu susah banget, ngebayangin soalnya haha. Untungnya pas ngalamin sendiri lha kok nggak ada drama sama sekali, Alhamdulilah dimudahkan. Uww kebayang wanginya enak banget pewangi yang satu ini

    ReplyDelete
  17. Aku pakai Molto pewangi ini juga akhirnya, karena ditunjukin mbak-mbak yang jagain di supermarket. Suka banget wanginya, bikin sarung bantalku makin wangi, jadi seneng kalo rebahan, hahahaa

    ReplyDelete
  18. Hmmmm, harum mewangiii ini
    Aroma korean stroberi pasti pd demen. Apalagi bocah2 makin hepiiii

    ReplyDelete
  19. Wah ini semuanya punya wangi Korean Strawbery ya mbak
    Nggak hanya Molto, tapi yang lainnya juga
    Rumah pun makin wangi Korean Strawbery deh

    ReplyDelete
  20. wanginya bangettt ya seneng jadinya ngucek2 rendem2 sambil bikin baju wangi dan lembut. aku pikir wangi bunga kayak biasanya sabun, eeeh ternyata wangi ini wangi buah seger jadinya ke baju

    ReplyDelete
  21. Semoga terbayarkan kelelahan kaum ibu ketika membersamai proses toilet training ini yaaa... Wanginya Korean Strawberry ini bisa menyegarkan kembali baju-baju buah hati kita yang terkena pipis saat proses tersebut sedang berjalan.

    ReplyDelete
  22. Wanginya Korean Strawberry ini memang seger banget..
    Jadi beneran bisa menghilangkan bau-bau tak sedap setelah dicuci dengan detergen dan merawat celana toilet training.
    Jadi inget kalau dulu aku pake celana anak yang diselipin perlah doonk.. Demi menghemat gak beli celana TT. Hehhee~

    ReplyDelete
  23. wah betul banget tuh, kalo bocor pas toilet training apalagi kalo pas tidur malem mau ga mau kan sprei harus direndem pelembut pewangi buat ngusir bau ompol yang kadang nempelnya bisa lama.

    ReplyDelete
  24. Udah coba nih pelembut dan pewangi pakaiannya enak banget wanginya :D
    Korean strawberry ini emang wanginya enak banget, aku gak bosen2 cium2 baju yang udah bersih yang abis direndem pakai ini.
    Auto bau2 pesing ilang kalau pakaian dah bersih
    Semangat toilet trainingnyaaa

    ReplyDelete
  25. Pelembut dan pewangi pakaian aku sering pake Molto juga, apalagi aromanya bikin nempel.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,