Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tempat Wisata Ramah Anak di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Friday, June 24, 2022
Liburan sekolah pergi ke Kepulauan Seribu, kenapa enggak? Sesekali ganti pemandangan. Main di pulau juga asyik, salah satunya Pulau Tidung. Banyak, lho, tempat wisata ramah anak di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.




Memandangi foto keluarga saat berwisata ke Kepulauan Seribu bulan lalu membuat saya ingin kembali liburan ke sana. Suami dan anak-anak juga senang bermain di pantai. Begitu mudahnya menemukan pantai berpasir yang bersih membuat kami gonta-ganti pantai setiap hari. *yaiya namanya juga pulau.

Eh, tempat wisata di Pulau Tidung tak hanya main air, lho. Ada juga taman bermain yang nyaman untuk anak. Maksud "ramah anak" di sini buat anak kecil karena saya ke sana bersama anak usia 7 dan 2 tahun. Berikut tiga tempat wisata ramah anak di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, yang sempat kami kunjungi.

1. Jembatan Cinta




Jembatan Cinta menjadi tempat wisata paling ikonik di Pulau Tidung. Jembatan sepanjang 800 meter ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Letaknya di bagian timur Tidung Besar.

Kami menyeberangi jembatan dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, kami menemukan terumbu karang, ikan-ikan, dan bulu babi. 

Saat malam hari ke Jembatan Cinta, saya dan SID melihat sesuatu berwarna hijau terang di dalam air yang bergerak-gerak. Apakah itu ubur-ubur?

Selain menyeberangi Jembatan Cinta, di sini kami berenang dan bermain pasir. Arus di pinggir pantai termasuk tenang, enak banget buat berenang santai. Meski begitu, anak-anak menggunakan pelampung yang kami bawa dari rumah. Penyewaan pelampung yang kami jumpai di sana berbentuk life jacket untuk dewasa saja.

Mau mencoba banana boat? Saat kami ke sana, ada keluarga membawa anak-anak naik banana boat. Bisa request mau kencang, agak selow, atau mau diceburkan. Hihi ....

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk ke Jembatan Cinta. Pemandangan menjelang matahari terbenam masya Allah begitu indah. Jarang-jarang kami mudah melihat sunset tanpa terhalang gedung seperti di Jakarta.

Jembatan Cinta juga menyediakan food court dan toilet di dekat tempat parkir. Lapar setelah bermain air, bisa mampir makan di sana.


2. Saung Cemara


Jika Jembatan Cinta di ujung timur pulau, Saung Cemara berada di barat Pulau Tidung. Ada gapura kecil yang menandai pintu masuk Saung Cemara.

Ini tempat yang menarik untuk menikmati matahari terbenam sambil bermain air. Sayangnya saat itu mendung bahkan sudah terdengar suara gluduk-gluduk.

Selain bermain pasir dan berenang, terdapat ayunan di pinggir pantai. Ayunan kayu sederhana tetapi kuat saya naiki. Heheh ... alhamdulillah enggak jebol.


3. RPTRA Tidung Ceria



Di Tidung ada RPTRA juga, lho! Namanya RPTRA Tidung Ceria yang berlokasi tepat di depan kantor kecamatan. Tempatnya luas dan terawat kebersihannya.

Banyak mainan untuk melatih motorik anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, kuda-kudaan, dan monkey bar. 

Tak hanya itu, terdapat lapangan dan balai serbaguna. Kalau ke Tidung, bisa nih membawa bola untuk bermain bola di RPTRA.

Anak-anak enggan pulang saat di sana apalagi pemandangan di seberang RPTRA langsung disambut dermaga dan laut. Masya Allah.

Barang yang Perlu Dibawa Saat Wisata Ke Kepulauan Seribu


Saat berlibur ke Pulau Tidung kami mengelola sendiri alias tanpa ikut travel agent. Baca ceritanya di "Wisata ke Kepulauan Seribu Tanpa Travel"

Berhubung kami bepergian ke pulau kecil bersama anak, ada beberapa barang yang perlu dibawa supaya liburan ke Kepulauan Seribu semakin nyaman, yaitu:
  • Pelampung anak. Kami bawa yang bentuk dipasang di lengan dan life jacket. Ini juga baru beli mengingat nanti bakal berenang di laut yang luas. Meskipun SID terbiasa berenang di kolam, medannya beda. Laut terdapat arus, kedalaman, dan luas yang unlimited. 😁
  • Baju renang. Sebenarnya pakaian yang perlu dibawa tidak banyak karena mostly aktivitas di pantai pakai baju renang. Bisa dibilang baju renang menjadi pakaian sehari-hari saking seringnya dipakai. Bilas - kering - pakai - bilas - kering - pakai. Hahaha ....
  • Losion anti nyamuk. Berjaga-jaga bakal main di luar ruangan sebaiknya pakai losion anti nyamuk. Syukurlah di sana jarang bertemu nyamuk.
  • Minyak telon. Oles minyak telon untuk bantu menghangatkan tubuh setelah berenang.
  • Camilan kesukaan anak-anak. Di Tidung banyak toko kelontong maupun mini market tetapi waktu kami baru datang toko-toko masih banyak yang tutup (sepertinya masih libur lebaran). Syukurlah kami membawa camilan dan susu UHT untuk snacking time.
  • Jaket. Pakaian satu ini penting saat naik kapal atau tidur di kamar yang AC-nya dingin tanpa selimut.
  • Buku dan mainan kesukaan anak. Jaga-jaga supaya anak tidak bosan selama perjalanan.

Main ke pulau kan harus naik kapal. Takut, ah!

Transportasi menuju Pulau Tidung cukup nyaman, kok. Ada pilihan speedboat yang cepat dan ber-AC atau kapal kayu yang lebih murah. Moda transportasi ke Pulau Tidung bakal saya ulas di artikel berikutnya, ya.

Pemandangan kota Jakarta dari atas kapal


Itulah beberapa tempat wisata ramah anak di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Tertarik berlibur ke sana?

#TaTiTaTu
#RBMIPJakarta

30 comments on "Tempat Wisata Ramah Anak di Pulau Tidung Kepulauan Seribu"
  1. Aku nih pengen banget main ke pulau seribu belum kesampaian Mulu sampe sekarang. Masih asri dan bersih gitu ya mba. Makin kepengen.

    ReplyDelete
  2. kok cakep kok cakep kok cakep??? mau ah ajak anak2 ke sana, soalnya udah lama banget ga ke laut dan kadang bingung juga ke mana, ke jakarta kan ga jauh nih dari bogor, boleh lah nanti kita ke sana juga

    ReplyDelete
  3. Ada jembatan cinta ya di Pulau Tidung. Selama ini tahunya pulau tidung wisata pantai saja umumnya. makasih sharingnya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak. Itu icon pulau Tidung nih

      Delete
    2. Dan poin plusnya adalah, tersedianya tempat wisata yang ramah anak di sana. Bagi orangtua kayak kita gini, penting untuk memastikan destinasi wisata yang didatangi tersebut ramah anak..agar anak-anak pun menikmati kegiatan berwisata di sana.

      Delete
  4. Udah lama ga pernah berkunjung lagi ke kepulauan seribu, soalnya sekali piknik sama anak2 bakalan ketagihan, coz traveling itu bikin nagih dan fresh.
    Dan lebih serunya bareng krucil dengan segala persiapannya yang bikin rempong tapi bahagia yaaa, next momen beginian bakalan dikangenin. Kek, aku sekarang kalo piknik ga kompak waktunya dan tempatnya beda tujuan hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak udah remaja lebih gampang apa ribet sih ngajakin liburan?

      Delete
  5. aku juga udah pernah ke sini mbaaa.. dan anak. anak menikmati banget, selain of course berenang dan snorkeling di sekitarnya

    ReplyDelete
  6. ternyata ada wisata ramah anak di pulau Tidung ya mba, penting bgt emang biar anak anak tetep happy dan orang tuanya bisa sekalian refreshing. Btw jadi teringat blom pernah ke jembatan cinta , gak jadi2 mulu kesananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaaak mbak. Termasuk ramah di kantong juga

      Delete
  7. ke Jakarta, pernah.. nah ke Kepulauan Seribunya nih yang belum pernah. Lihat foto pertama yang mengawali postingan blog ini, meski hanya foto anak-anak sedang bermain, kok berasa juga ya vibes pulaunya~ Pengenlah kapan-kapan ke sana..

    ReplyDelete
  8. Asyiknya liburan ke Pulau Seribu. Aku juga ada rencana ke sana. Biar nyobain naik kapal ya. Kira-kira 2 juta cukuplah ya sekeluarga wkwk. Baru main seputar Anyer dan Pelabuhan Ratu nih.

    ReplyDelete
  9. Aah kepingin banget ngajak anak2 ke pulau begini. Biar sekalian bisa belajar mengenalkan ekosistem dan hewan laut juga yaa. Dulu aku sering keluar masuk pulau2 di Kep. Seribu (pas zaman kuliah dulu sih untuk tugas matkul). Sejak nikah malah nggak pernah sama sekali. Oiya mbak, ini one day trip atau menginap? Spill total biayanya doong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menginap, mbak. Biaya ada di artikel sebelumnya. Coba aja klik link ceritanya yaah

      Delete
  10. wah arena bermain buat anak memang perlu ya di setiap wisata

    ReplyDelete
  11. aku kepengin loh ke pulau seribu.. dulu udah ancang2 kalau ada acara lama ke jakarta kepengin ke pulau tidung. sampai sekarang belum kesampaiaannn hahah bagus yaa lumayan jernih airnya

    ReplyDelete
  12. Aku pernah kesana sebelum Pandemik tapi belum sebagus sekarang mba JD mupeng mau ke sana

    ReplyDelete
  13. Seneng deh liatnya, makin banyak tempat liburan yang ramah anak. Jadi ngga ragu bawa keponakan kesini

    ReplyDelete
  14. belum pernah ke sana saya. dulu beberapa rekan kantor pernah liburan ke pulau tidung ini. seru banget ya pastinya liburan ke sana

    ReplyDelete
  15. Senang banget bisa ke pulau Seribu ya, Helen, pantainya masih cantik dan bersih. AKu jadi terinspirasi mau bawa anak-anak ke sana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bersih mbak. Ada sampah tapi rajin dibersihkan sama petugas. Kita yang responsible bawa kantong aja saat bepergian, misal susah nemu tempat sampah

      Delete
  16. Wah, pas banget Mbak, padahal ak baru aja cari-cari info tentang pulau-pulau di kepulauan Seribu, bagusnya pilih pulau yang mana untuk dikunjungi.. Eh, langsung disuguhi beberapa referensinya di sini.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mau ke Sana ya Mbak Ika :) semoga bermanfaat

      Delete
  17. Waaah jadi pengen ke sana. Ditunggu artikel selanjutnya soal transportasi ya Mbak, masih agak trauma naik speedboat huhu. Yang hijau2 terang di malam hari itu mungkin algae kali ya? Penasaran mau liaaat

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah..mantap sekali pemandangannya. Mudah2an kesempaian jalan2 kesana jg;)

    ReplyDelete
  19. Happy banget ya Mba ada friendly space di tempat wisata ya, anak bisa main dengan aman dan happy.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,