Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

6 Tips Nyaman Liburan Sekolah Bersama Teman

Friday, June 10, 2022
Pusing dengan PAT? Itu artinya sebentar lagi waktu liburan akan tiba. Yay! Banyak hal-hal yang bisa dilakukan saat liburan sekolah tiba, salah satunya melakukan liburan bersama dengan teman. Selain menghibur diri pasca aktivitas sekolah yang padat, melakukan liburan bersama teman juga dapat merekatkan antar satu sama lain dan menambah memori yang berkesan di masa-masa sekolah.

Liburan bareng teman perlu direncanakan dengan baik (source: Chang Duong on Unsplash)

Mumpung nih kondisi sudah semakin membaik, peraturan untuk mobilitas juga lebih longgar. Sekolah pun sudah tatap muka. Liburan kali ini bisa dilakukan bareng teman-teman setelah dua tahun hanya ketemu lewat layar.

Nah, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburan sekolah bareng teman lebih nyaman, berikut tips di bawah yang bisa disimak!

Susun Rancangan Biaya dengan Maksimal


Pertama, kamu bersama teman kamu harus menyusun biaya liburan secara maksimal. Hal ini bertujuan agar uang yang dibawa tidak terlalu sedikit ataupun berlebihan. Selain itu, fungsi dari rancangan biaya juga dapat menentukan transportasi apa yang hendak kamu dan teman-teman kamu gunakan, apakah pesawat, kereta api, atau pesan rental mobil untuk wisata di Traveloka. 

Nah, dalam menyusun rancangan biaya terdapat beberapa langkah. Kamu bisa menyusun rancangan terlebih dahulu lalu menyesuaikan budget dengan destinasi wisata yang hendak dikunjungi atau mungkin sebaliknya yakni menyusun destinasi wisata apa saja yang hendak dikunjungi lalu menyesuaikan budget. Dalam menyusun biaya, pastikan semua anggota yang ikut liburan hadir untuk mendiskusikannya agar tercapainya mufakat bersama.

sewa mobil bisa pilih lepas kunci atau dengan driver (source: Traveloka)


Siapkan Itinerary


Menyiapkan itinerary merupakan hal yang paling wajib ketika kamu sedang melakukan liburan bersama. Adanya itinerary tersebut berfungsi agar liburan kamu dapat terjadwal dengan baik. Segala waktu yang ada tidak akan terbuang sia-sia dengan memikirkan rencana hendak kemana sebab sudah ada itinerary yang akan mengarahkan kamu. 

Membuat itinerary pun terbilang tidak susah kok! Kamu bisa mencari referensi tempat apa saja yang hendak didatangi di kota tujuan kamu lalu menyusun jadwal mulai dari waktu keberangkatan hingga tibanya waktu pulang.


Pilih Tempat Tinggal Sementara yang Strategis


Salah satu hal yang harus diperhatikan agar liburan kamu nyaman adalah memperhatikan tempat tinggal yang akan kamu tempati sementara. Perhatikan lokasi serta fasilitas yang ditawarkan oleh tempat tinggal tersebut, entah itu villa, hotel, guest house atau jenis tempat tinggal lainnya. 

Lokasinya sendiri, kamu bisa melihat apa saja yang ada di sekitar tempat tinggal kamu, apakah dekat dengan supermarket, tempat wisata, rumah makan, atau mungkin rumah sakit. 

Fasilitasnya juga perlu diperhatikan, biasanya liburan bersama teman-teman akan jauh lebih seru jika terdapat sesi nonton hingga bakar-bakar (ikan atau jagung, maksudnya~). Bagi kamu yang sedang merencanakan kegiatan tersebut, kamu bisa memilih tempat tinggal yang memberikan fasilitas tersebut.


Perhatikan Kondisi Tubuh


Liburan yang nyaman adalah liburan dengan raga tubuh yang fit dan sehat. Terlebih tujuan liburan adalah menghibur diri pasca aktivitas sekolah yang cukup padat. 

Maka dari itu, sebelum menjalani liburan, kamu perlu memperhatikan kondisi tubuh kamu. Tidak hanya sebelum liburan saja, selama masa liburan pun kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuh agar liburan kamu bisa terlaksana dengan lancar dan baik. 

Jangan lupa pula membawa kotak yang berisikan obat-obatan yang sekiranya penting untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Siapkan Stok Makanan dan Minuman

siapkan makanan yang bergizi dan enak yah (source: Cristiano Pinto - Unsplash)

Di kala malam tiba atau saat kamu dan teman-teman kamu berada di hotel ataupun villa dan tidak berniat untuk melakukan aktivitas di luar, penting sekali untuk menyediakan stok makanan ataupun minuman. Sebab, jika semakin larut rasanya akan semakin rawan jika hendak keluar dan berniat mencari stok makanan dan minuman. Terlebih kamu dan teman-teman kamu sedang berwisata di kota orang yang daerahnya belum terlalu kamu kenal. 

Syukur-syukur jika ada supermarket yang dekat dengan lokasi penginapan, namun tidak dapat dipungkiri jika supermarket bisa saja tutup pada malam hari. Belum lagi, rasa mager menghampiri. Maka dari itu, jangan lupakan untuk menyetok makanan dan minuman ringan, ya!


Saling Mengerti Satu Sama Lain


Wajar jika selama melakukan liburan akan terjadinya cekcok antar satu sama lainnya. Namun, rasanya tidak akan tepat jika hal tersebut malah mengganggu keasikan liburan yang kamu jalani. Jika itu terjadi, janganlah berlama-lama untuk berbaikan, selesaikan masalah secepat mungkin lalu jalani liburan and have fun!

Setelah melihat enam tips tersebut, sudah siap berlibur dan berpetualang dengan para sahabat? Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya via Traveloka, ya! Mulai dari tiket akomodasi, tempat wisata, hingga membeli makanan. Selamat liburan!
1 comment on "6 Tips Nyaman Liburan Sekolah Bersama Teman"
  1. Palaing enak memang liburan pakai kendaraan sendiri ke mana-mana, Mbak. Apalagi bisa lepas kunci, bebas dan leluasa bersama keluarga. Aroma liburan tercium nih hehe....

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,