Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

5 Permainan Anak Balita Menggunakan Bola

Thursday, April 7, 2022
Bola menjadi mainan anak yang wajib punya di rumah. Bola termasuk mainan yang awet dipakai bertahun-tahun karena beragam permainan bisa menggunakan bola. Mau structured atau unstructured play sama-sama bisa memakai bola sebagai media bermain. Berikut lima ide permainan anak balita menggunakan bola.


Bermain Bola Melatih Motorik Kasar Anak


Secara berkala saya mengecek ceklis indikator perkembangan anak usia dini milik Uno. Di sini saya melihat keterampilan apa yang sudah ia miliki dan mana yang perlu diasah.

Di bagian indikator perkembangan motorik kasar terdapat berbagai indikator yang berhubungan dengan kemampuan anak memainkan bola seperti: menggulirkan bola dengan satu/dua tangan, melempar bola, memasukkan bola ke dalam keranjang, menangkap bola besar yang dilambungkan, dan menendang bola.

Bola menjadi media bermain sekaligus menstimulasi tumbuh kembang anak terutama motorik kasar. Aktivitas motorik kasar menggunakan otot-otot besar yang meliputi gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Menurut Cerdas Sifa Pendidikan (2019), banyak, lho, fungsi motorik kasar pada anak seperti:

1. Melatih kelentukan dan koordinasi otot dan jari;
2. Memacu pertumbuhan dan perkembangan fisik/motorik, rohani, dan kesehatan anak;
3. Membentuk, membangun dan memperkuat tubuh anak;
4. Melatih keterampilan/ketangkasan gerak dan berfikir anak;
5. Meningkatkan perkembangan emosional anak.

Permainan Anak Balita Menggunakan Bola


Bagaimana caramu dan anak bermain bola? Main lempar tangkap? Menendang bola ke gawang? Apa sudah bosan atau capek karena berpuasa? Hehe …. Kalau begitu coba permainan anak balita menggunakan bola berikut ini.

1. Pola bola


Di usia balita, anak mulai belajar warna seperti merah, kuning, dan biru. Punya bola-bola kecil berbagai warna? Bola dapat menjadi media belajar warna dan pola/pattern.

Kita akan bermain pola bola. Pertama, siapkan bola warna-warni pada satu keranjang dan lakban bening. Kedua, bentangkan lakban pada dua tiang atau tembok dengan bagian perekat ke arah kita. Minta anak mengambil bola warna merah lalu tempelkan pada lakban. Lakukan sampai bola merah habis. Selanjutnya minta anak mengambil bola warna lain dan seterusnya.

Bila anak sudah mengenal warna dengan baik, permainan dapat divariasikan dengan membentuk pola warna. Misal, menempel bola warna merah, biru, merah, biru, dan seterusnya.

baca juga: Sensory Play

2. Menyuapi monster


Menendang bola ke arah gawang sudah biasa. Kali ini kita menghias gawang menjadi wajah monster (bisa juga hewan) dengan mulut terbuka. Minta anak menendang bola ke “mulut” monster seperti sedang menyuapi monster.

Selain menendang, permainan ini dapat divariasikan dengan melempar ke mulut monster atau menggunakan pemukul seperti bermain hoki.

Anak juga bisa menendang atau menggiring bola sambil mundur untuk melatih keseimbangan.

3. Lempar bola ke keranjang


Melempar bola kali ini dilakukan beregu dengan 2 orang. Caranya, siapkan kain persegi panjang (handuk, taplak meja, atau pashmina), 5-10 bola plastik, dan keranjang. Para pemain memegang setiap ujung kain dan meletakkan satu bola di atas kain. Tugas pemain bekerja sama melempar bola ke keranjang. Dalam waktu satu menit, berapa bola yang berhasil masuk keranjang?

Permainan akan lebih seru bila ada dua grup pemain. Jarak keranjang dengan pemain juga menjadi tantangan tersendiri.

4. Melukis dengan bola


Bola tidak hanya ditendang atau dilempar tetapi dapat juga menjadi media belajar seni. Siapkan kertas atau koran bekas yang cukup lebar, beri alas plastik supaya tidak mengotori lantai. Tuangkan cat warna-warni pada wadah seperti piring plastik atau baskom. Ajak anak untuk mencelupkan bola ke cat kemudian menggulingkan bola pada kertas. Selamat berkreasi!


5. Bola sains


Punya beragam bola di rumah? Kumpulkan bola-bola seperti bola plastik, bola sepak, bola basket, bola pingpong, bola karet, dan sebagainya. Kali ini kita akan belajar sains menggunakan bola.

Minta anak menebak kemudian kita uji dengan praktik langsung. Beberapa pertanyaannya seperti: manakah bola yang paling cepat meluncur dari perosotan? Bila dijatuhkan bersamaan dari ketinggian yang sama, manakah bola yang menyentuh tanah terlebih dahulu? Manakah bola yang memantul paling tinggi? Manakah bola yang berukuran paling besar, paling kecil, paling berat, atau paling ringan? Apakah bola yang besar selalu paling berat?

Pemain dan Official COSMO JNE FC Siap Bela Garuda Indonesia di AFF Thailand 2022


Seru, ya, bermain dengan bola. Ngomongin bola, saat ini Tim Futsal Indonesia sedang berlaga di Piala AFF Futsal Championship Thailand yang berlangsung pada 2-10 April 2022. Alhamdulillah di babak penyisihan, Indonesia menjadi runner up untuk grup A dan maju ke babak semifinal.

Indonesia akan bertanding melawan Myanmar di semifinal (8/4) nanti. Sementara Thailand, tuan rumah, melawan Vietnam.

Ajang sekelas AFF begini tentunya Indonesia mengirim para pemain terpilih. Dari sekian pemain yang terpilih oleh Coach Mohammad Hashemzadeh, 4 pemain yang dipilih yaitu M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian. Keempat pemain ini berasal dari COSMO JNE FC. Wah, talenta bermain mereka di atas rata-rata pemain lainnya sehingga dapat menembus menjadi pemain inti tim nasional yang berasal dari gabungan beberapa tim futsal yang berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021. Sebut saja Muhammad Rizki Xavier yang terpilih sebagai pemain terbaik pada ajang Usee Futsal Cup 2021.

Selain itu tim futsal yang menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021 ini juga mengirimkan 2 official yaitu Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Daulay selaku asisten pelatih.

FYI, COSMO JNE FC merupakan klub futsal profesional asal Jakarta. Klub ini dimiliki oleh Akbar Pera Baharudin alias si Ajudan Pribadi. Ada yang follow IG-nya? Hiburan banget, deh.

Akbar berterima kasih kepada JNE yang telah memberikan dukungan penuh sehingga timnya bisa berprestasi di tingkat nasional.

“Terima kasih JNE atas dukungannya, kami akan balas dukungannya dengan bekerja keras pada saat berlatih maupun bertanding, sehingga pada putaran selanjutnya nanti tekad kami adalah juara 1,” ujar Akbar.

M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE mengungkapkan kebanggannya melihat COSMO JNE FC menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas futsal Indonesia yaitu 4 pemain dan 2 official dipanggil untuk membela Timnas Futsal Indonesia.

Ia berharap Cosmo JNE FC dapat berprestasi di lapangan dan juga memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas (berbagi, memberi dan menyantuni) sesuai tagline JNE “connecting happiness”.

“Terus bekerja keras, terus berjuang dan terus bertanding, semoga di Thailand dan pada putaran ke-2 nanti target juara bisa diraih,” ujar M. Feriadi.

Aamiin … sambil mengajak anak main bola, yuk kita dukung Tim Futsal Indonesia berlaga di AFF Thailand 2022!


Referensi:

Munar, Hendri dan Alek. Sosialisasi Manfaat Keterampilan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. VOL. 8 NO. 2 (2019): CERDAS SIFA PENDIDIKAN


25 comments on "5 Permainan Anak Balita Menggunakan Bola"
  1. Main bola tuh selalu seruuuu
    mulai bayi, balita, anak2, remaja, dewasa...semua pasti hepi deh klo dikasih main bola.
    Beneran bisa meningkatkan bonding antar elemen keluarga juga yak.

    ReplyDelete
  2. Memang ya bola menjadi media bermain sekaligus menstimulasi tumbuh kembang anak terutama motorik kasarnyaa
    Dan senangnya JNE memperhatikan para talenta opemain bola sehingga ada yang mewakili jadi tim futsal di AFF Thailand.
    Semoga sukses!

    ReplyDelete
  3. Memasuki usia toddler anakku suka banget main bola pdhl dia perempuan hahah, btw semoga aja menang nih tim Indonesia

    ReplyDelete
  4. Selamat untuk Tim Futsal Indonesia yang menjadi Runner up dan masuk babak semifinal.Dan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan JNE.Semoga di putaran kedua bisa tampil sebagai juara ya

    ReplyDelete
  5. Selamat buat Tim Futsal Indonesia yang menjadi runner up di AFF Thailand 2022. Semoga menang di babak semifinal, bahkan final, dan jadi juara.
    Salut dengan JNE, dukungannya gak cuma besar untuk UMKM ya, bahkan ke klub futsal yang berlaga di ajang internasional.

    ReplyDelete
  6. Keren, ada Cosmo JNE FC. Kolaborasi yang bisa dicontoh oleh komunitas lain. Smeoga putaran kedua menang yaa

    ReplyDelete
  7. Dan bermain bola buat anak ialah hal yang paling mudah, meriah, dan murah. Kalau dilatih terus, bisa banget ya jadi pemain profesional kayak timnya JNE yang sekarang pemainnya membela Timnas Futsal Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Anakku nih senang banget main bola, tapi masih mainnya di rumah selama pandmei ini. Main sepak bola atau basket hanya di garasi saja. Wakakakakaaa... Apalagi sekarang pas ramadhan jadi ajang ngabuburitnya dia nih. Selamat bertanding TIMNAS, semoga selalu mengharumkan nama Indonesia

    ReplyDelete
  9. Waah banyak banget permainan anak balita menggunakan bola, dan emang kalo diasah sedari kecil, siapa tahu bisa berpartisipasi menjadi timnas futsal.
    Kereeen nih, ikut mendukung TImNAs semoga menang

    ReplyDelete
  10. Bener banget kak..bola tuh udah mainan yang wajib ada di rumah..meskipun anakku cewek tetep punya mainan bola..entah yang bola beneran, bola karet, bola palstik yang buat main pas mandi..bola bantal juga ada..wkwkwk ternyata emmang ada menfaatnya semua ya

    ReplyDelete
  11. Wah ini jadi keidean juga nih bikin permainan bola untuk anak SD. Miqdad suka banget main bola. Seringnya tuh malah main bola dalam rumah. Habis dah semua kena tendang hahaha

    ReplyDelete
  12. Iya, permainan bola ini melatih motorik kasar dan halus anak yaa, dan cara bermainnya juga mudah sekali dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. Amiiin amiin semoga team futsal Indonesia bisa menang di AFF Thailand 2022🤲🏻🤲🏻🤲🏻

    Cabang Olah raga yang di segani di kancah dunia Bulu Tangkis dari Indonesia, kemudian angkat besi semoga menyusul Olah raga lain bisa maju.

    ReplyDelete
  14. Sejak kecil diajak main bola untuk melatih kemampuan motorik siapa tahu besarnya jadi atlet futsal yang berlaga ke pentas dunia ya membela negara..

    ReplyDelete
  15. Ternyata hanya dengan 1 alat permainan, yakni bola, tapi bisa dikembangkan menjadi bermacam-macam permainan seru. Happy banget lihat Tim Futsal Indonesia sedang berlaga di Piala AFF Futsal Championship Thailand. Semoga mendapatkan pengalaman yang bermanfaat. Menang atau kalah, yang pasti sudah mencoba dan berjuang sekuat tenaga.

    Semangat, COSMO JNE FC.

    ReplyDelete
  16. Main bola itu emang asik ya mbak
    Anak anak suka banget main bola
    Ternyata bola bisa dimainkan dalam berbagai jenis permainan ya mbak

    ReplyDelete
  17. Uno gemaaas bgt, dan kebayang nanti Uno jd pemain atau atlit sepakbola tanah air nih. Oya Cosmo JNE FC ini semoga dapat berjuang di Liga Thai ya mba Helen, dukung bgt putra putri bangsa

    ReplyDelete
  18. untuk permainan bola yang menyuapi monster itu jadi keinget permainan Zuma, mbak
    Kesemuanya pasti bikin anak2 happy n motorik mereka bisa terasah
    Btw aku baru tahu kalau JNE juga ikut terlibat dalam klub sepakbola juga, mbak. KEren banget sihh ini, asli

    ReplyDelete
  19. Dimana-mana anak cowok khususnya suka banet main sepak bola. Banyak manfaatnya juga untuk perkembangan si kecil, khususnya urusan motorik kasar ya. Wah, selamat untuk COSMO JNE FC...good luck

    ReplyDelete
  20. Keren nih, member Cosmo JNE mendominasi tim nasional futsal Indonesia yaa... semoga berjaya nih mengharumkan nama bangsa di laga AFF Thailand.

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya, dengan alat dan bahan sederhana yang ada di sekitar kita, bisa kita pakai untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak ya, mbak

    ReplyDelete
  22. bentuknya memang bikin anak tertarik untuk bermain

    ReplyDelete
  23. Nggak cuma anak2 ya, kita aja seneng kl main sama bola. Sesi pilates yg kusuka adalah ketika menggunakan bola sbg alat bantu.

    ReplyDelete
  24. Wah anakku suka main bola banget nih mbak. Sukanya sepak bola, lempar bola dan mandi bola. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  25. Cowok identik suka sama mainan bola ya bun, anakku pun gitu. Tapi yang cewek juga seneng main sama adeknya. Ternyata banyak juga manfaat bermain bola. Akupun baru tau soal AFF nih. Jarang nonton bola.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,