Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Decluttering Rumah: Manfaatkan Harbokir!

Tuesday, November 23, 2021
Barang-barang di rumah berantakan dan menumpuk. Setiap kali mencari sesuatu butuh waktu lama karena letak penyimpanannya tidak beraturan. Banyak barang yang jarang dipakai bahkan lupa memilikinya. Inilah saatnya melakukan decluttering rumah. Apa yang dimaksud dengan decluttering? Bagaimana tips decluttering rumah yang mudah?

cara decluttering pemula
Mulai decluttering rumah untuk mengurangi barang dan stress


Apa itu decluttering?

Decluttering kerap dikaitkan dengan gaya hidup minimalis. Bukan pelit, ya, namun memilih untuk memiliki barang-barang sesuai kebutuhan, berguna, dan menimbulkan kebahagiaan.

Decluttering

Remove unnecessary items from an untidy or overcrowded place.

Decluttering rumah bisa diartikan sebagai kegiatan berbenah atau beberes rumah. Tak hanya berbenah harian seperti menyapu dan mengepel, decluttering melibatkan proses menyortir barang-barang mana yang masih mau dipakai dan mana yang tidak. Barang yang tidak dipakai perlu segera dikeluarkan dari rumah supaya tidak menumpuk.

gaya hidup minimalis
Isi lemari pakaian miring sana-sini, berantakan!

Decluttering bermanfaat untuk menata rumah supaya rapi dan fungsional. Dengan memiliki sedikit barang, lebih mudah menentukan pilihan. Barang-barang yang kita miliki pun benar-benar berguna.


Tak hanya itu, kondisi rumah berantakan dapat memicu stress bagi penghuninya. So, decluttering juga berhubungan dengan kesehatan mental.

 

Tips Decluttering a la Keluarga Super Irit

Berbagai teknik dapat digunakan untuk decluttering, salah satunya menggunakan teknik tiga kotak. Cara ini terinspirasi dari komik anak Keluarga Super Irit yang berjudul Jagoan Beres-Beres. *iya, ini bacaannya SID tapi berguna banget untuk berbenah.


Cara decluttering sebagai berikut:

1. Siapkan tiga kotak atau kardus untuk meletakkan barang dengan kategori “simpan”, “buang”, dan “dibuang sayang”.


2. Lakukan decluttering bertahap, misal fokus ke pakaian. Maka, sortir seluruh pakaian yang masih mau dipakai letakkan pada kotak “simpan” sementara yang mau dibuang letakkan pada kotak “buang”.


3. Terkadang ada pakaian yang sudah kesempitan atau jarang banget dipakai namun memiliki banyak kenangan karena pemberian orang spesial. Barang seperti ini membuat ragu mau disimpan atau dibuang, rasanya dibuang sayang. Letakkan barang tersebut pada kotak “dibuang sayang”. Bila dalam waktu 3 bulan tidak digunakan, maka buang saja.


4. Lanjutkan decluttering pada ruangan-ruangan rumah secara bertahap hingga selesai.

decluttering buku
Proses decluttering pojok bermain

Manfaatkan Harbokir JNE Saat Decluttering

Membuang barang-barang hasil decluttering ini tidak semuanya langsung dibuang ke tempat sampah. Barang yang masih layak pakai dapat didonasikan melalui lembaga atau dipindahrumahkan ke yang berminat.

Dari pengalaman decluttering, pakaian dan buku yang masih layak saya foto lalu post di media sosial. Siapa yang berminat mengadopsi silakan menghubungi saya. Gratis! Cukup mengganti ongkos kirim saja.


membuang barang decluttering
Decluttering menjadi media untuk berdonasi, berbagi kebahagiaan

Saking banyaknya barang menumpuk terkadang ada pakaian atau mainan baru bahkan price tag-nya masih menggantung. Barang-barang yang baru atau preloved namun bagus juga dapat dijual. Lumayan, kan, hasilnya bisa untuk kebutuhan lain.


Penjualan atau pemindahan barang-barang ini sebaiknya segera supaya rumah terasa lega. Kalau kelamaan nanti tergoda untuk membongkar lagi isi kotak. Hehe ….


Coba manfaatkan free ongkir supaya lebih hemat mengirim barang, baik untuk dijual maupun didonasikan. Mumpung 26-27 November 2021 nanti bakal ada Harbokir JNE, lho!


Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim menjadi program tahunan JNE. Kali ini, dalam rangka perayaan HUT JNE Ke-31 dengan tema “Maju Indonesia”, Harbokir JNE kembali hadir.


Harbokir berlaku untuk semua pelanggan yang tergabung sebagai member JLC (JNE Loyalty Card) di seluruh Indonesia dengan pengiriman maksimum 2 kg per resi. Program free ongkos kirim (ongkir) ini dapat digunakan pada kiriman dengan layanan Reguler dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama, serta antar kota dalam 1 provinsi.

Tak hanya Harbokir JNE pada 26-27 November nanti. Saat ini berlangsung program khusus untuk pelanggan setia JNE yang tergabung dalam member JLC yaitu:
  • 31 member terpilih akan mendapatkan subsidi ongkir sebagai dukungan untuk sociocommerce.
  • Double point untuk seluruh member pada tanggal 26 – 30 November 2021.
  • Lomba pantun testimony di website jlc.jne.co.id.
  • Paket bundling penukaran poin dengan Buku Bahagia Bersama dan voucher ongkir yang dimulai pada tanggal 11 November 2021 (selama stok tersedia).
  • Flash sale berupa penukaran 31 poin dengan voucher ongkir senilai Rp 30.000,00.
  • Penukaran poin dengan harga khusus untuk produk Modem Orbit yang akan dimulai pada 26 November 2021 (periode terbatas, selama stok tersedia).
Banyak banget, kan, keuntungan bergabung menjadi member JLC!


Sering mengirim paket melalui JNE namun belum menjadi member JLC? Segera daftar di https://jlc.jne.co.id/daftar. Member akan mendapat e-card JLC yang perlu ditunjukkan sebelum transaksi di JNE. Setiap mengirim barang di JNE bakal mendapat poin yang dapat ditukar berbagai promo menarik.

harbokir jne kapan
Siap-siap Harbokir JNE 2021

Bisa disimpulkan decluttering rumah perlu dilakukan untuk menata barang-barang agar rapi dan fungsional. Tips decluttering rumah yang mudah dengan memilah barang ke dalam tiga kotak. Hasil decluttering dapat dikeluarkan dari rumah dengan dibuang, didonasikan, atau dijual. Manfaatkan Harbokir alias Hari Bebas Ongkir JNE untuk menghemat biaya.


Decluttering beres, barang-barang di rumah berkurang, berpindah ke tempat yang lebih layak, gratis ongkir pula karena pakai Harbokir JNE. Mantul, mantap betul, kan! Siap decluttering dan menyambut Harbokir?

29 comments on "Tips Decluttering Rumah: Manfaatkan Harbokir! "
  1. Banyak juga ya keuntungan jadi member JLC. Cocok buat online shopku. Siapa tau bisa nabung point setiap abis kirim.

    ReplyDelete
  2. makasih banyak tipsnya mbak, saya sendiri yang anak kos banyak banget barang yang lama ga terpakai. kayaknya harus menerapkan "Simpan", Dibuang sayang, Dibuang/Hibahkan

    ReplyDelete
  3. pas liat kondisi kamarku yang makin hari makin banyak barang, meskipun printilan kadang bikin sumpek
    untuk baju, sesekali menyingkirkan baju-baju yang udah ga pernah dipake, atau jarang dipake dan dikasihkan ke orang lain. Tapi kadang masih ada beberapa barang yang rasanya "sayang mau dilungsurin" hahaha
    ntar kalau udah pengen banget dilungsurin, baru aku kasihkan ke orang lain
    kalau untuk koleksi buku, kayaknya masih berat mau dilungsurin, kecuali buku-buku kuliah yang buanyak banget numpuk dikamar, tapi bingung juga kalau buku mau diloakin, sekarang murah :D
    dan semuanya belajar serba digital sekarang ini

    ReplyDelete
  4. memang seharusnay begitu tapi paksu susah aklau suruh buang barang2 yang dia bilang banyak kenangannya

    ReplyDelete
  5. decluttering rumah awalnya agak menakutkan bagi aku yang tipenya sayangan dan overthinking hahaha tapi saat berani mulai dan ikhlas memilah milih barang buat dikurangi rasanya lega banget

    ReplyDelete
  6. Mumpung ada Harbokir, manfaatkan sekalian untuk decluttering dan laksanakan saran Marie Kondo yak :D
    Memang JNE ini ngertiin kebutuhan kita semua kok.
    Sip markosippp

    ReplyDelete
  7. Nah kadang yang bikin gak jadi berbenah ketika ada kata dibuang sayang padahal gak digunain. emang mending dibuang atau di berikan keorang lain jika masih layak...
    biar gak numpuk

    ReplyDelete
  8. ASikkk banget, rumah jadi lebih rapih dan nyaman setelahnya

    ReplyDelete
  9. Kalau decluttering, yang masih PR besar tuh declutter baju. Soalnya belum tahu harus dikirim ke mana. Kalau ada promo harbokir gini sih lumayan ya. Dikirim ke luar kota pun ayo aja.

    ReplyDelete
  10. Aku waktu pindahan dari Tangsel ke Batam sekalian Decluttering juga dan ngga nyangka ada banyak barang yang ga dipake 😂. Ngomong ngomong aku jadi pengen dikirimin barang juga ama mama aku dari Bandung ke batam. Mumpung ada harbokir dari JNE hihihi. Soalnya kalo harbokir mahal harganya. Untung dapet info ini

    ReplyDelete
  11. Wah, bisa jadi solusi nih, barang di rumah numpuk di decluttering saja, bisa dibuang, donasikan dan dijual. APalagi pengiriman lewat JNE lagi ada promo Harbokir yang bikin makin hemat. Yeayy!

    ReplyDelete
  12. Betul sekali.
    Declutering ini memang pastinya 99% adalah kenangan. Sungguh berat memberikan kepada orang lain, tapi daripada gak bermanfaat, akan memperberat hisab di akhirat.
    ((hhuhu..)) Ayo, manfaatkan Harbokir bareng JNE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kenangannya itu yang bikin berat decuttlering. Tapi karena rumah sudah sesak, maka harus segera dikeluarkan

      Delete
  13. iya, decluttering itu salah satu cara yang pas buat merapikan rumah ya mbak
    Pas banget ya, pas ada decluttering ada promo HARBOKIR JNE ini, barang barang yg udah di decluttering bisa segera disalurkan ya

    ReplyDelete
  14. Decluttering ini memang sangat melegakan yaa. Aku dalam 4 bulan nih 3 kali pindah rumah wkwkw dan merasakan enaknya tinggal di rumah dgn barang2 minimalis.
    Tinggal beresin rumah utama semoga nanti pas pindah rumah lagi barangku dikit aja. Tp kdng gudibeg dan hadiah2 tu jd problem wkwk :P

    ReplyDelete
  15. Aku kayaknya juga udah butuh decluttering nih. Barang di lemari udah numpuk, tapi rasanya aku pakai baju itu-itu aja. Makasih banyak tipsnya ya mbak

    ReplyDelete
  16. DEcluttering ini emang penting banget dan menurutku harus rutin dilakukan. Kebukti nanti tampilan rumah jadi lebih rapi dan juga bersih. Asik ada HArbokir ini jangan sampai terlewatkan :)

    ReplyDelete
  17. Saya biasanya melakukan decluttering di akhir tahun mbak, biar awal tahun bisa belanja-belanja lagi hehehe... mengganti barang lama dengan yang baru.

    Duh promo harbokirnya berakhir hari ini ya. Semoga akhir bulan depan ada lagi ya.

    ReplyDelete
  18. Aduh barang di rumahku banyak nih yang harus decluttering tapi masalahnya di ongkir huhu.. Bagus ya kalau ada program freeong gini. Aku mau kasih buku ke tbm aja masih ragu, karena ongkir ke luar jakarta lumayan hehe..

    ReplyDelete
  19. Oh selama ini aku udah melakukan decluttering ternyata, setiap 3 atau 4 bulan sekali pasti nyortir barang-barang di rumah. Bisa nih pakai promo Harbokir, kayaknya di rumah udah mulai ada barang yang mesti disingkirkan. Aku biasanya kasih ke kerabat yang nantinya bakal dibagikan ke tetangga yang kurang mampu

    ReplyDelete
  20. Aku belum sempat declutering lagi nih mbak. Tapi kalau enggak disempatin ya ga bakal dikerjain. Hiks. Buku2 nih banyak juga selain pakaian

    ReplyDelete
  21. Ide bagus nih, decluttering barang-barang di rumah, terutama baju. Hahah, mumpung masih ada promo harbokir, bisa nih kirim ke temen yang membutuhkan yang gak sekota.

    ReplyDelete
  22. Aku biasa melakukan decluttering itu untuk baju2 anakku. Kalau baju aku ama suami sih jarang banget ya karena baju kami enggak banyak. Yg jadi PR nih mainan anakku, numpuk tapi di kasih ponakan2 gt enggak boleh dan menuh2in rumah.

    ReplyDelete
  23. Decluttering ini memang butuh manajemen khusus nih. Apalagi kalo anggota keluarga banyak. Semua harus terlibat hahaha

    ReplyDelete
  24. Sejak kena banjir, kami menganut hidup minimalis mak, hahaha, barang, pakaian dll semua seadanya aja, bahkan sapai skearang masih di dala dus. Buat yang lemarinya kelebihan, boleh nih manfaatkan promo ini ya mak, mumpung gratis

    ReplyDelete
  25. decluttering baju biasany kalau aku Mak Sid, kalau barang lainnya kebetulan rumahnya ga banyak barangnya hahaha..asik yah ada harbokir ini

    ReplyDelete
  26. Waah ada harbokir memudahkan kita berbuat baik ya.. Saling berbagi barang tak terpakai. Barang yg tadinya useless malah jadi bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  27. Aku hampir tiap setahun sekali decluttering, seringnya baju anak ya. Kalau untuk barang biasanya sebulan sekali, biar rumah bersih, nggak numpuk barang. Wah boleh juga ini idenya, mumpung Harbokir ya, yuk mafaatkan

    ReplyDelete
  28. Daripada rumah jadi penuh sama barang yang sebenarnya udah jarang kita sentuh lagi kan ya mba. Jadi better ditawarin atau dikirim lgsg ke orang yang emang ngebutuhin. Hiks program promonya kelewatan niiiii

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,