Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

10 Game Online Gratis untuk Anak TK

Thursday, November 11, 2021
Anak tiap hari main game melulu membuat emosi jiwa. Mau melarang sepenuhnya, tidak bisa. Game bisa menjadi media belajar dan hiburan selama dikelola dengan baik. Oleh karena itu saya pilihkan game yang ramah anak. Kali ini ada 10 game online gratis untuk anak TK. Apa saja, ya?
game online anak TK di Plays
10 game online gratis untuk anak TK

Manfaat Bermain Game untuk Anak


Anak-anak sangat suka bermain game apalagi menggunakan gawai. Piawai banget, deh, anak zaman sekarang bahkan yang masih TK untuk bermain game di gawai.

Gim dapat berefek negatif bagi anak bila tidak sesuai usia, durasinya terlalu lama, kontennya mengandung kekerasan maupun pornografi. Namun, bila kita dapat memilih permainan yang tepat untuk anak, game dapat menjadi media pembelajaran.

Proses pembelajaran sekarang ini makin bervariatif, lho. Salah satunya menggunakan gamification, belajar seperti sedang bermain game. Misalnya, belajar bahasa Inggris sambil mengumpulkan poin setiap kali berhasil menamatkan suatu materi dan menjawab latihan soal.

Bermain game dapat mengasah kreativitas anak untuk memecahkan masalah. Selain itu, semakin banyak game edukasi untuk anak sehingga ia bisa bermain sambil belajar. Contohnya, game edukasi mengenal alfabet dan angka untuk anak TK.

Game juga sebagai sarana mengenalkan profesi pada anak. Misalnya game bertema restoran mengajak anak belajar menyiapkan makanan.


Game Online Gratis untuk Anak TK


Kalau zaman saya dulu main game pakai game watch, kami sebutnya gembot, sekarang bermain gim bisa melalui smartphone, laptop, PC, dan gawai lainnya.

Semakin mudah memainkan gim membuat anak saya bolak-balik ganti gim. Bosan sedikit, minta unduh gim baru. Wadidaw, HP makin lemot!

Oleh karena itu, saya mencari game online yang bisa diakses gratis tanpa perlu mengunduh. Game online ini bisa dimainkan di laptop, PC, juga iPad. Layarnya lebih luas, lebih puas bermainnya. Berikut 10 game online gratis untuk anak TK tanpa perlu download apps:

1. Adventure Man and The Months of The Year Calendar Game


Game Adventure Man mengajak anak mengenal nama-nama bulan dan mengurutkannya. Setting-nya seperti mau memasuki ruang rahasia di dalam hutan.

Game ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, anak perlu menjawab pertanyaan seputar nama bulan, seperti, “Sekarang bulan Agustus, bulan depan adalah bulan …” atau “Bulan pertama yaitu …”.

Setelah berhasil menjawab 10 soal dengan benar, game berlanjut ke tahap kedua yaitu mengurutkan nama-nama bulan dari Januari hingga Desember ke kotak yang benar.

Tingkat kesulitan gim ini tergolong mudah dan sederhana. Cocok bagi anak TK yang belajar nama-nama bulan dalam bahasa Inggris.

Untuk membantu menghafal nama bulan, dapat dikombinasikan dengan menyanyikan lagu nama-nama bulan sembari menjawab tantangan di Adventure Man and The Months of The Year Calendar Game.

2. Hero Elementary Push Pull Puzzles Game for Kids


Anak-anak senang menjadi superhero. Kali ini mereka diajak membantu pahlawan Lucita Sky dan Sara Snap menyusun benda-benda supaya hamster Fur Blur mendapat kacang.

Di tiap levelnya, disediakan benda-benda dalam kotak yang dapat dipilih seperti kotak kayu, bola, dan sebagainya. Benda ini perlu diletakkan kemudian ditarik atau didorong supaya lokasinya tepat bagi Fur Blur memanjat menuju kacang.

Hero Elementary Push Pull Puzzles Game for Kids terdiri dari 22 level dengan tingkat kesulitan yang semakin menantang. Bagaimana bila salah menempatkan benda? Tak apa, cukup mengulangi gim ini dengan menekan tombol restrart. Tidak ada batasan untuk mencoba.

3. Instruments for Kids: Virtual Piano, Drums, Xylophone, & Lyre Music Maker Simulator


Game Instruments for Kids menjadi media mengenalkan alat musik secara virtual. Terdapat empat pilihan alat musik yaitu virtual piano, drums, xylophone, dan lyre.

Pada piano dan xylophone terdapat label do-re-mi-fa-sol-la-si-do sehingga anak-anak bisa mencoba bermain musik mengikuti nada pada lagu ataupun menciptakan lagu sendiri. Sementara drum terdiri dari 8 elemen drum diantaranya simbal, tom drums, dan bass drum.

Berhubung jarang melihat langsung alat musik aslinya, bermain game Instruments for Kids untuk melatih keterampilan bermusik anak.

4. Find the Connexity: Related Items Matching Game for Kids


Game Find the Connexity melatih logika anak melalui mencocokkan gambar yang berhubungan.

Tampilan gim ini sederhana namun mengasah otak melalui 45 level yang dapat dimainkan. Contohnya mencari pasangan alat yang digunakan dokter untuk bekerja. Setiap jawaban yang benar akan mendapat nilai 100. Bila salah, silakan coba lagi tanpa ada batasan nyawa.

5. Alphabats Alliteration Game for Kids


Bukan salah ketik, nama gim ini memang Alphabats, plesetan dari alphabets, hihi …. Ini karena game online ini mengajak anak belajar alliteration.

Pada perut kelelawar tertulis kata yang bila diklik akan bersuara menyebutkan kata tersebut. Tugas anak mencocokkan dua kelelawar (bats) di atas dengan di bawah yang memiliki bunyi kata yang sama. Permainan ini dalam bahasa Inggris, maka bunyi yang sama bukan berarti huruf pertamanya sama.

Setelah berhasil mencocokkan, anak diajak menangkap kunang-kunang sebanyak mungkin menggunakan echolocation. Game ini bisa menjadi media mengenalkan cara kelelawar mengetahui mangsanya meski berpenglihatan buruk.

6. Cup Stacking Kids Typing Game


Bagi anak-anak yang sedang belajar mengenal huruf atau bahkan mengetik dapat ditantang memainkan Cup Stacking Kids Typing Game. Cara bermainnya mudah dengan mengetik huruf yang ada pada gelas hingga tersusun tinggi. Setelah itu ketik kembali huruf tersebut untuk menyimpan gelas.

7. Poddle Weigh In: Weight Measuring Balance Game


Game Poddle Weigh In mengajak anak menebak berapa berat si Poddles. Supaya seimbang, Poddles dan jumlah bola berat harus sama. Bila sudah seimbang akan muncul berat si Poddles dan penjumlahan bola berat sehingga anak belajar pula penjumlahan. Contohnya berat Poddles 10 hasil dari 4+4+2.

8. Top Wings Friends to The Rescue


Penggemar film Top Wings akan suka permainan ini karena anak dapat membantu Swift, Brody, Penny, dan Rod menjalankan misi dalam empat macam minigame. Rod dan Brody mengumpulkan koin sembari melompati bunga, Swift melompat dari dahan ke dahan, serta Penny memanjat sesuai warna.

Jika Swift terjatuh akan ditolong Penny. Rod yang menabrak bunga nampak kesakitan setelah itu ia tersenyum dan bangkit lagi. Optimis ya ketika menghadapi masalah.

9. Blaze and The Monster Machines Mud Mountain Rescue


Ada saja ulah si monster truck biru, Crusher, yang membuat kacau. Dalam tiga minigames di Blaze and The Monster Machines Mud Mountain Rescue anak diajak mengumpulkan tali untuk menangkap Crusher.

Beragam tantangan mengejar Crusher seperti melompati truk kepiting yang siap mencapit dengan berayun pada tali dan menghindari batang pohon. Mari membantu Blaze dan AJ menangkap Crusher.

10. New Looney Tunes Find It: Character Matching Video Game


Permainan ini mengajak anak mencocokkan karakter film kartun New Looney Tunes. Pada bagian kiri terdapat karakter yang perlu dicari. Sementara di bagian kanan banyak karakter yang tersebar secara acak. Perlu ketelitian mencocokkan gambar karakter tersebut. Mirip-mirip, lho!

Beragam ya jenis game online untuk anak TK. Semuanya bisa diakses gratis melalui browser tanpa perlu download di Plays. FYI, Plays memiliki ribuan game online menarik untuk berbagai usia. Kalau untuk anak TK tingkat kesulitannya bintang satu alias mudah. Mau game yang lebih menantang untuk kita, banyak!

Awal bermain di Plays saya bingung mau game apa saking beragamnya. So, saya cari di bagian atas menu kategori. Di sana ada game mengenai maze, angka, olahraga, sains, huruf, sampai game klasik seperti Tetris. Yap, semuanya gratis dimainkan.

Bermain game di Plays dapat menjadi sarana hiburan maupun edukasi anak-anak. Supaya terkendali, kami membuat kesepakatan durasi bermain game. Anak senang, orang tua senang, dan screen time tetap aman.

By the way, ini baru 10 game online gratis untuk anak TK yang dapat ditemukan di situs Plays. Kalau mau diteruskan daftarnya bisa sangat panjang. Pernah memainkannya bersama anak-anak? Manakah game di Plays yang menarik untukmu?
23 comments on "10 Game Online Gratis untuk Anak TK "
  1. Ternyata banyak kok faedah main games untuk anak, ya
    Yang jelas, ortu kudu mendampingi, dan memilihkan sumber games yg bagus dan aman.
    Aku juga hepi bgt dgn Plays ini.
    pilihan games beragam, edukatif, aman jaya sentosa pastinya

    ReplyDelete
  2. game bisa bermanfaat buat anak usia dini jika pemilihan dan penggunaannya tepat, ya

    ReplyDelete
  3. Wow, banyak banget games seru untuk anak2 TK :) Semua lucuuuu, bikin betah si kecil larut dalam permainannya. Yang Looney Tunes Find It itu gemesin deh. Top Wings Friends to The Rescue juga bagus. Manfaatnya bagus untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi ya. Gratis pula, asyiiik!

    ReplyDelete
  4. Aku mainin jugaaa ini. Kaina sukaaa. Emak happy karena nggak perlu lah instal dan iklan jg nggak ada ya 😍
    Unoo nanti main ini yaa 😄
    Nomor 6 Ashika banget.. masih belajar membaca diaaa

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya game online gratis di Plays yang bisa dimainkan oleh anak TK tanpa harus download aplikasi. Jadi nggak menuh-menuhin ruang penyimpanan. Kita orang tua jadi tenang kalau game yang dimainkan aman untuk seusia anak TK.

    ReplyDelete
  6. Memang sudah eranya ya mbak sekarang Anak TK juga sudah akrab dengan gadget. Kalau sudah dikasih ponsel dengan game mereka anteng main sendirian berjam-jam. Tapi mohon berhati-hati dengan mata mereka ya mbak, kalau bisa carikan kacamata khusus anti blue ray

    ReplyDelete
  7. Anak2 khususnya yang TK zaman skrng emang gak bisa lepas dr gadget ya. Bahkan udah pandai bermain game juga ya. Sesekali diturutin gpp ppkoknya dipilihin game edukatif dan dibatasin waktunya. Kadang takjub mereka gk dijelasin malah udah lancar duluan mainin gamenya hehe

    ReplyDelete
  8. Buat aku yang ada di list ini menarik semua. Anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan pula. Btw ini website gt ya? nggak ada aplikasinya?

    ReplyDelete
  9. Ponakanku suka banget main game mak, nah dari 10 game di atas dia paling suka puzzle dan cup stacking bisa betah main game itu lama-lama

    ReplyDelete
  10. wah banyak sekali rekomendasi games gratis buat anak TK, makasi ya mom. Langsung auto share dan rekomendasiin ke teman atau saudara yang punya anak TK

    ReplyDelete
  11. Aku pernah ngalami mbak, anak-anak install game, coba main, nggak cocok lalu unistall. Mana ukuran installer game itu kan biasanya besar, makan kuota banyak jadinya.

    Kalau ada game online yang nggak perlu diinstall gini kan asyik.

    ReplyDelete
  12. Permainannya seru-seru, ya. Memberi hiburan sekaligus melatih anak untuk memecahkan masalah. Bisa jadi bekal untuk latihan mencari solusi di kehidupan anak kelak.

    ReplyDelete
  13. wah banyak ya mbak, game anak TK yang bisa dimainkan di plays ini
    mau ajak Aluna main game bareng di plays ini
    pasti dia hepi

    ReplyDelete
  14. Lucu-lucunya..
    Games untuk anak-anak ini membuat mereka lebih cekatan dalam berpikir dan memecahkan masalah.

    Suka sama Hero Elementary Push Pull Puzzles Game for Kids.
    Hihii..dan bermain di plays ternyata gak butuh kuota penyimpanan yaa.. Hanya tinggal akses melalui web.

    ReplyDelete
  15. Menariiik ulasan game-nya mbak.
    Edukatif bangeeet. Macem2 juga yang dipelajari ya...
    Aku mau coba buka plays ini ntar buat anak2.

    ReplyDelete
  16. Ternyata ada banyak games seru untuk anak TK ya, Mak.. Dan ngga cuma main, tapi games-nya juga ngajak belajar juga secara tidak langsung.

    ReplyDelete
  17. Seru ya bisa main game di Plays.org banyak banget pilihan gamesnya. Anak saya juga main game edukasi anak di sini. Dia seneng bisa main game sambil belajar

    ReplyDelete
  18. Wah bagus-bagus nih rekomendasinya. Bahkan bisa buat anak TK pun ada banyak ya. Belom pernah nih aku dan anak-anak main di Plays.org. Cobain ah, semoga aja bisa nemu yang anak-anak sukai. Banyak yang edukatif ya.

    ReplyDelete
  19. Keren banget nih gamenya bisa buat anak TK yang bebas dari kekerasan ya... Ortu juga tenang kalau game nya aman dan bebas dari iklan gini...

    ReplyDelete
  20. Game edukasi itu sebenarnya banyak banget, anakku tahu alfabet, angka, tahu warna primer dan sekunder, suka puzzle juga karena game sih Mak. Jadi, buat aku sih gpp main game, asal sesuai usia dan ada batasan. Tapi kalau main game yg enggak sesuai usianya kayak game online, ya aku kasih syarat atau gaboleh sama sekali.

    ReplyDelete
  21. saki juga suka main game instrument music itu mbak, menyenangkan banget secara di rumah kan enggak lengkap alat musicnya. Untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak, bisa banget dengan bermain game

    ReplyDelete
  22. Anak saya yang belum masuk TK aja udah happy duluan saat melihat halaman Plays.org yang saya akses di laptop. Dia penasaran, ingin memainkan game yang ada di sana. Huaa..ibu anak rebutan deh jadinya

    ReplyDelete
  23. Banyak juga ya, pilihan game untuk anak-anak. Dan saya tampaknya tertarik dengan Cup Stacking Kids Typing Game. Bisa buat belajar huruf anak, sama suka sama tampilannya yang menyusun ke atas gitu.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,