Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

ApresiAKSI Pilot Project Suhero di Kampus Ibu Pembaharu

Tuesday, November 30, 2021

Masya Allah, sudah sampai di tahap ApresiAKSI dalam Kampus Ibu Pembaharu. Sebenarnya AKSI masih sangat minim namun apapun itu perlu di apresiasi. #selflove.  


Untuk mengapresiasinya, kami belajar menggunakan The Logic Model. Rada mbulet waktu rapat dengan tim Suhero padahal sudah menonton video Bu Septi dan Mantika. Alhamdulillah dapat petunjuk dari diskusi dengan CH 6 Kepenulisan, tetangga di Hexagon City. *semoga sesuai dengan yang dimaksud, ya. 

Asa riweuh mengisi tiap kolom di The Logic Model namun setelah menyelesaikannya jadi memahami pentingnya model tersebut. Jadi lebih tergambar kami harus ngapain supaya hasilnya tercapai. Ada pula risk management untuk memahami apa saja risiko dari project yang kami buat serta harus accept, mitigate, avoid, or transfer.


Setelah AKSI bulan Oktober lalu, kami membagikan form evaluasi untuk diisi para peserta. Alhamdulillah dari sana jadi mendapat banyak ide apa yang sudah baik dan apa yang perlu dikembangkan dalam program berikutnya.


Selain itu, bulan November ini belum ada program "keluar" tetapi lebih "ke dalam" untuk meningkatkan skill yaitu saya mengikuti latihan Mindful Parenting selama 21 hari di Rumah Inspirasi. Hasil pelatihan ini bakal saya bagikan di media sosial Sekolah Alam Semesta.


Mengapa mindful parenting? Ini berhubungan juga dengan hasil evaluasi pilot project lalu. Problem statement orang tua bingung main apa dengan anak itu banyak sebabnya. Ada yang belum tahu indikator tumbuh kembang anak, ada yang sudah tahu tapi tidak sempat karena sibuk hal lain (manajemen waktu), ada yang enggak sabar main bareng (manajemen emosi), ada yang sudah mengerjakan tapi enggak langsung menulis jurnal padahal perlu tracking, ada yang ... (silakan isi buat bahan diskusi kami).


So, banyak hal yang perlu dilakukan, tidak sekadar mencari ide permainan. Aktivitas bermain itu hanya alat, perlu mempersiapkan si pemainnya juga untuk siap bermain. Dalam hal ini pemain = orang tua. Nah, si orang tua perlu manajemen waktu, emosi, dan belajar hal lain juga untuk support bermain bersama anak. Kompleks, bund! 


Baiklah, berikut The Logic Model, Risk Management, dan Stop-Continue-Start Tim Suhero.




#apresiaksi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia
Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,