Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

Friday, October 1, 2021
Buat apa membacakan buku untuk bayi? Kan bayi belum paham. Nanti bukunya dirobek, lho. Eits, simak dulu segudang manfaat membacakan buku untuk bayi berikut ini.

manfaat membaca buku untuk bayi
Manfaat membaca buku bersama anak

Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi


Saya menyesal baru membacakan buku untuk bayi di usia 6 bulan. Pikir saya kalau masih newborn baby cuma bisa nangis, menyusu, pipis, pup, tidur, berulang.

Ternyata anggapan saya keliru. Membacakan buku untuk bayi menyimpan banyak manfaat. Hasilnya tak terlihat instan. Seiring bertambahnya usia anak, saya merasakan manfaat kebiasaan baik membacakan buku sejak dini.

Hal ini berdasarkan pengalaman membaca buku bersama anak pertama saya, SID, sejak ia bayi hingga kini berusia 6 tahun. Beberapa manfaat membacakan buku untuk bayi sebagai berikut:

Bonding time


Pandangan bayi yang masih terbatas, kemampuan pemahaman juga masih berkembang, bukan menjadikan membaca buku bersama bayi pekerjaan sia-sia. Ketika bayi mendengar suara orangtuanya, dipangku, bahkan skin-to-skin, bayi akan merasa nyaman dan aman. Membaca buku dapat membangun kelekatan bayi dengan orang tua alias bonding time.

Melatih fokus


Ilustrasi buku anak yang menarik dan jari kita yang menunjuk gambar maupun kata pada buku melatih fokus pada bayi. Kebiasaan membaca buku setiap hari dapat meningkatkan rentang konsentrasi anak.

Mengasah keterampilan bahasa


Mendengar kata-kata dalam buku dapat menambah kosa kata bayi. Tak hanya membacakan teks, kita dapat menunjuk benda-benda dalam ilustrasi buku sembari menyebutkan namanya. Jangan heran bila anak akan meniru menunjuk gambar di buku sebagai bentuk permintaan agar kita menyebut nama benda tersebut secara berulang-ulang. Ia senang mengenal hal baru sambal merekam di otaknya.

Mengasah sensori


Membaca buku mengasah indera penglihatan, pendengaran, juga peraba anak. Beri kesempatan untuknya memegang, membalik halaman, dan meraba buku.

Mengasah emosi anak


Membaca buku dapat mengasah emosi anak melalui cerita maupun ekspresi tokoh. Anak belajar beragam emosi serta menghadapi masalah seperti kisah si tokoh.

Menumbuhkan rasa cinta buku


Selama ini membaca nyaring bersama anak sejak bayi ternyata berakibat fatal. Ia minta dibacakan satu buku berulang-ulang sampai hafal teksnya padahal kala itu belum bisa membaca. Ia juga minta membaca buku sebelum tidur sementara saya sudah sangat mengantuk. Begini akibatnya, anak menjadi sangat suka membaca. Ketika sudah bisa membaca sendiri, ia dapat membaca buku 3 jam nonstop!

Dampak positif membacakan buku untuk bayi semakin terasa setelah ia beranjak balita hingga kini. Kosa katanya bertambah pesat, rentang konsentrasinya semakin panjang, bahkan ia susah lepas dari buku jika sudah keasyikan membaca.

Walaupun Si Kecil belum mengerti, ada banyak manfaat dari membacakan buku untuk bayi. Cek buku bacaan yang tepat untuk bayi baru lahir berikut ini!


Buku Cerita Anak Dunia Bunbun


Walau kini SID sudah dapat membaca, ia masih suka dibacakan buku. Membaca buku bersama menjadi bonding time kami di rumah, perpustakaan, ataupun dalam perjalanan.

Kali ini kami membaca bersama buku cerita anak Dunia Bunbun yang berjudul “Bermain Bersama”. Bunbun dan teman-temannya sedang asyik bermain petak umpet. Saat Bunbun sedang mencari di mana temannya bersembunyi, tiba-tiba terdengar teriakan. Waduh, ada apa ya?


buku cerita anak dunia bunbun
Dunia Bunbun mengajak berhitung dan mencari teman yang bersembunyi


Buku Cerita Anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo merupakan buku cerita dengan gambar menarik dan cerita yang ringan untuk dibacakan kepada Si Kecil sebagai pengisi bonding time. Penggemar buku anak pasti sudah familiar dengan nama Watiek Ideo. Saya suka membaca karya-karya beliau.

Pesan moral dalam buku anak disampaikan dengan cara ringan dan mudah mengena di hati pembaca. Seperti cerita “Bermain Bersama” ini yang mengajak anak-anak untuk berhati-hati saat bermain di luar rumah dan saling menjaga.

Ilustrasi karya Diva Stevina membuat buku Dunia Bunbun semakin menarik untuk dibaca. Gambar hewan-hewannya sungguh menggemaskan. Ekspresi Bunbun itu, lho, ceria, terkejut, prihatin, juga centil selama bermain dengan teman-temannya. Ekspresi para tokoh jelas dan mudah dipahami.

Buku anak Dunia Bunbun juga mengajak kita berinteraksi melalui berhitung bersama saat bermain petak umpet dan mencari teman-teman Bunbun yang sedang bersembunyi.

“Ayo kita hitung satu sampai sepuluh sembari teman-teman bersembunyi.”


“Di mana teman-teman Bunbun ngumpet, ya?”


Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit Bonus Dunia Bunbun dan Stiker Lucu


Mau membacakan buku cerita anak Dunia Bunbun untuk si kecil? Mama bisa mendapatkannya sebagai bonus setiap pembelian Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit, lho!

mama's choice baby
Produk bayi Mama's Choice rekomendasi Irish Bella


Eh, kok, ada Irish Bella?

Sebagai follower-nya Irish Bella, saya suka melihat kedekatan Irish Bella dengan Baby Air melalui akun instagramnya. Lucu, kompak, menggemaskan!

Kali ini, Irish Bella yang didapuk menjadi Chief Mama Officer Mama’s Choice mengajak para Mama lebih sadar dan cermat memilih bahan-bahan yang terkandung dalam produk bayi untuk perlindungan kesehatan buah hati. Mama’s Choice menjadi pilihan Irish Bella untuk produk bayi yang aman, halal, dan natural untuk kulit sensitif si kecil.

Apa nih must-have items untuk produk bayi Mama’s Choice rekomendasi Irish Bella?

Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit merupakan produk-produk pilihan yang aman untuk bayi. Merawat bayi dengan Irish Bella’s Baby Essential Kit merupakan kegiatan bonding time antara Mama dan Bayi.

Dalam sepaket Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit berisi perawatan lengkap untuk bantu melindungi anak dari kuman, ruam, dan kolik, yaitu:

1 pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash


Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash 

Memandikan bayi dengan Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash bisa sambil main busa karena busanya banyak. Mengandung ekstrak chamomile dan sugar maple syrup yang bantu membuat kulit bayi lembab setelah mandi, bebas Sulfate (SLS/SLES), dengan pH 5,5 yang aman untuk kulit bayi.

1 pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil


Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil
Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil

Sehabis mandi, olesi dada, perut, dan punggung bayi dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Oil ini membantu meredakan gangguan pencernaan, perut kembung, dan membantu bayi tidur lebih nyenyak. Rasanya hangat di kulit dan aroma lavender juga chamomile yang menenangkan.

1 pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream

Mama’s Choice Baby Rash Cream
Mama’s Choice Baby Rash Cream

Kulit bayi yang sensitif dan penggunaan popok dalam jangka waktu lama membuat kulit bayi rawan iritas serta ruam kemerahan. Mama’s Choice Baby Rash Cream membantu menjaga kelembaban kulit, mencegah serta merawat ruam, juga melindungi kulit dari iritasi ringan.

Anak saya sudah terbiasa menggunakan Mama’s Choice. Senang banget kalau ada Irish Bella’s Essential Kit seperti ini karena mengandung bahan-bahan natural seperti chamomile, lavender, Centella asiatica, juga rosemary. Wanginya lembut tanpa tambahan parfum, lho.

Kemasan Mama’s Choice juga praktis, mudah dibawa bepergian. Saya ingat pertama kali menggunakan Mama’s Choice Hair and Body Wash saat opname dengan anak di rumah sakit. Bentuk sabun sekaligus sampo, 2-in-1, membuatnya praktis digunakan. Cukup bawa satu botol untuk dua kebutuhan.


Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit
Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit

Seperti disebutkan di atas, setiap pembelian Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit gratis satu buah buku cerita anak Dunia Bunbun. Terdapat dua seri Dunia Bunbun yang bisa Mama pilih yaitu seri bermain aman dan seri kebiasaan baik. Promo spesial ini khusus untuk 100 pembeli pertama, ya.

Harga essential kit ini jauh lebih hemat 41% dibanding beli satuan, lho. Satu paket Irish Bella’s Baby Essential Kit seharga Rp229.000,00. Bonus stiker lucu juga!

Info selengkapnya di website resmi Mama’s Choice: www.mamaschoice.id & instagram Mama’s Choice (@mamaschoiceid), ya.

Membacakan Buku untuk Bayi, Yay or Nay?


Membacakan buku untuk bayi mengasah keterampilan bahasa, sensori, emosi, fokus, menumbuhkan cinta buku, hingga bonding time. Membaca buku bersama anak menciptakan kehangatan dan ikatan kuat dalam keluarga sehingga anak lebih tenang dan aman meski di rumah saja.

Setelah menggunakan Irish Bella’s Essential Kit dari Mama’s Choice, asyik juga nih membaca buku Dunia Bunbun bersama si kecil. Anak bersih, wangi, segar, dan tumbuh kembangnya terstimulasi dengan membaca buku bersama.

So, membacakan buku untuk bayi, yay or nay?
49 comments on "Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi"
  1. bagus ya bukunya ada berhitungnya juga, menarik nih bisa buat kado ponakan...produk perawaan babynya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kado untuk ibu melahirkan, lho. Produk perawatan bayi lengkap plus buku untuk si bayi.

      Delete
  2. Yay dong mbak! Aku juga berusaha nih setiap hari seenggaknya ada waktu untuk baca buku sama-sama alias aku yg baca nyaring. Salah satunya story book dari Mama's Choice ini, asik banget bisa baca buku sambil tempelin stikernya bareng anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, alhamdulillah mbak. 5-15 menit per hari membaca buku bersama anak percaya deh bakal ngefek ke depannya.

      Delete
  3. Iya, banyak banget ya manfaat membacakan buku kepada anak. Selain bonding antara ibu dan anak juga, jadi bisa sekalian menstimulasi sensori, motorik, mata dan kognitifnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masya Allah, multi sensori yaa ketika membacakan buku

      Delete
  4. Bagus nih kalau ada produk yang berhadiah buku tuh jadi nambah koleksi anak-anak untuk dibaca ya... Dulu aku sering bacain buku ke anak-anak. Sekarang kangen bacaan ini juga hehe...

    ReplyDelete
  5. aamaa sering snget dinyinyirin ngapain sih bacain buku sejak dini, padahal baca buku kan banyak manfaatnya. Btw anak ak juga suka banget bunbun book series ini cuma sayang baru 2 series aja semoga mamas choice nambah serinya lagi

    ReplyDelete
  6. Me tiime dengan anak memang banyak caranya ya. Bisa dengan baca buku dan mandi serta pijat ya. Seru tuh bacain buku. Bisa jadi cara mengajak mereka suka baca hingga besar. Btw, suka deh dengan Mama's Choice yang ini. Apalagi yang minyak bayinya. Wanginya enak, seger. Mana bikin perut bayi hangat dan jauh dari kembung pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin bacain buku ke anak bikin keingetian masa kecil yang seeing dibacain buku sama ortu deh. Tak terlupakan moment seperti itu tuh.

      Delete
  7. Produknya banyak juga ya...kalua sudah cocok semua produk pasti dibutuhkan ya. Aku baru tahu juga kalau membaca buku bisa di mulai sejak bayi. ternyata hal ini banyak pengaruhnya utk perkembangan si bayi ya.

    ReplyDelete
  8. membacakan buku untuk bayi tuh BIG YAY yaaa mba. Aku pernah punya koleksi baby book yang bahan dasarnya kain dan tidak membahayakan bayi saat anak - anak masih kecil mereka suka bangeet

    ReplyDelete
  9. Nah yaa.. yang ada di paket Irish Bella Baby Essential Kit dari Mama’s Choice ini lengkap banget dan harus ada di rumah. Bonusnya dapat buku yang bisa dibacakan kepada ananda.

    Bonding terbentuk, Ibu dan anak pun bahagia.

    ReplyDelete
  10. Memang sudah nggak diragukan lagi ya manfaat dari membacakan buku untuk si kecil sejak dini. Karena manfaatnya yang memang banyak sekali termasuk sebagai aktivitas bonding time apalagi ditemani dengan Buku Dunia Anak Bunbun

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak mbak Helen aku jadi belajar juga nih. Nanti kalau punya anak mau menerapkan hal demikian.

    ReplyDelete
  12. SID kereen, dari kecil udah cinta buku ya.
    meski udah bisa baca dia pun juga masih ingin dibacakan ya Mbak, biar bondingnya makin kuat ya.
    Berasa enak kali jika dibacakan, bisa sekalian bertanya jika ada yang mengganjal di hati ya :)

    yeaay, produk terbaru dari Mama's Choice lagi ya? asyiknyaaa.. apalagi ini edisi khusus ya berhadiah buku Dunia Bunbun, duuh masih kebagian gak yaa kalau order sekarang? :D

    ReplyDelete
  13. Lah saya dr dlm perut dah bacain buku cerita ke anak. Cuma memang efek ke anak beda2. Skrg kalau dibacakan cerita si Adek ga bs tenang seperti abangnya.

    Ini kita beli essential oil dpt buku cerita? Wah asyik dong ya

    ReplyDelete
  14. Idealnya kalau memiliki anak usia balita dan batita ini memang Ibunya kudu penuh semangat dan rajin memperkenalkan anak-anak dengan banyak kebiasaan baik. Salah satunya membaca buku dari Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit. Ini bagus sekali..ide kreatifnya Mama’s Choice.

    ReplyDelete
  15. mama"s choice sekarang produknya makin beragam ya, btw mba watiek itu bukunya emang keren keren ya, anak saya suka, jadi penasaran sama buku dunia bunbun

    ReplyDelete
  16. membacakan buku untuk bayi, yey dong~ ^^ membacakan buku untuk bayi bisa jadi bonding juga.. dan menabung kosakata di benak bayi dgn bahasa ibu, hihi..

    ReplyDelete
  17. Setujuuu banget kalau memang membacakan buku memiliki banyak manfaat. Aku juga serimg bacain buku untuk anakku, Mbak. Omong-omong itu produk Mama's Choice pasti cakep banget ya karena direkomendasikan sama Irish Bella 😍

    ReplyDelete
  18. Nama Mbak Watiek Ideo sudah lama saya dengar dalam dunia buku anak. Pastinya pesan dalam tulisan beliau disampaikan dengan cara ringan dan mudah mengena di hati pembaca, ya ... abak2 akan dengan mudah menyerapnya melalui orang tua mereka.

    ReplyDelete
  19. Asik banget beli paket Mama's Choice berhadiah buku Anak Dunia Bunbun yaaa. Membaca bareng Anak adalah kegiatan favoritku bareng Kiddos juga, bahkan dari sejak mereka masih dalam kandungan, aku ingat banget dulu sering bacakan cerita untuk mereka. Kalau aku baca, baby di perut suka ngasih gerakan-gerakan gemes, kangennyaaa. Sekarang mereka udah bisa gantian yang bacain buku cerita untuk Mamanya ini, haha

    ReplyDelete
  20. dulu juga aku rajin banget bacain buku meski Rayi masih kicik lama2 mamak jadi males wkwkwk padahal manfaatnya buanyak ya Mak Sid, btw ini kit-nya cocok buat kado yah jadi kefikiran ngado ini buat temen

    ReplyDelete
  21. Sejak tau manfaat membacakan buku ntuk anak, sy selalu sounding ayahnya si sulung biar rajin bacain buku. Alhamdulillah ayah dn anak menyukai kegiatan ini.

    ReplyDelete
  22. Penting banget memang membacakan buku pada bayi. Manfaatnya segudang begini, ya

    ReplyDelete
  23. Horeeee SID akhirnya bisa masuk ke jendela lain dari buku!
    Selamat menjadi kutu buku yaaa SID, jadi kutu buku itu mengasyikkan loh!

    ReplyDelete
  24. Mqntqb kak,aku suka sekali lihat kedekatannya dengan anak dan pilihan produk untuk anaknya. Pasti dia akan sayang sekali dengan orangtuanya dengan cara bonding seperti ini.

    ReplyDelete
  25. Sejak dulu saya suka bacain buku buat anak, alhamdulillah sampai gede mereka juga suka dunia membaca. Apalagi kalo ada buku baru, bayi itu tau loh, liat aja reaksinya

    ReplyDelete
  26. Walaupun bayi belum paham, tapi menstimulasi otaknya ya. Jadi cepat berbicara dan cerdas nantinya.

    ReplyDelete
  27. Wii, sekarang ada bonus buku ceritanya nih! Bisa buat kado ponakan yang mau lahiran Desember nanti, biar dia suka baca buku juga kaya ontinya.

    Dulu waktu anak-anak bayi mereka suka ngeliatin gambar-gambar di buku. Jadi gemes sendiri 😍

    ReplyDelete
  28. Wah wah artikelnya bener-bener bermanfaat untuk saya yang bakalan punya anak pertama, dan bakalan saya share ke istri buat dibaca juga. Dan saya baru tau juga kalo bacain buku untuk anak bisa mendatangkan manfaat jangka panjang, dan yah. Memang kebiasaan membaca itu bagus banget ditanem sejak dini. Oh ya untuk produk Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit lengkap banget yah, boleh nih sebagai referensi pas punya baby nanti hehe, nice artikel Kak.

    ReplyDelete
  29. Walaupun bayi belum bisa apa apa hanya nangis tapi indra pendengaran bisa jadi media yang mudah untuk ia tahu apa hikmah dari sebuah cerita.

    Mama's choice mendukung langkah kecil awal anak mengenai dunia literasi sejak dini

    ReplyDelete
  30. wah paket Irish Bella Baby Essential Kit dari Mama’s Choice ini lengkap banget ya mbak
    ada hadiah bukunya pula, pas buat bonding time bareng anak ya mbak

    ReplyDelete
  31. Wah ambak Irish Bella termasuk mama yang kompak sama anaknya yaaa
    Bagus juga nih kyknya paketnya buat kado teman atau sauadara lahiran gtu ya?
    Manfaat membacakan buku memang banyak banget ya buat anak2. Anak2 segede gini jg msh dibacain buku trus biasanya kusuruh menceritakan ulang supaya tau ilmunya dapat ditangkep apa gk hehe

    ReplyDelete
  32. Iya ya kalau anak sejak kecil udah dikenalkan buku dan aktivitas membaca, biasanya satu buku tuh minta dibacain berulang-ulang. Anakku dulu juga gitu, pas aku lagi ngantuk berat, akhirnya dia "baca" sendiri (padahal dia belum bisa baca kan) berbekal dari ingatannya karena seringnya dibacain :D
    Wah asyik juga ya beli Irish Bella’s Essential Kit dari Mama’s Choice dapet buku ceritaaa :)

    ReplyDelete
  33. Aku seneng banget ngelihat banyak orangtua yang sudah aware tentang pentingnya membacakan buku untuk anak, semenjak dini. Semoga bisa selalu jadi inspirasi buat para orangtua lainnya. :))

    ReplyDelete
  34. bener mba.. aku suka bacakan anak - anak buku saat kecil. Buatku sendiri ini adalah aktivitas yang seru dan menyenangkan... apalagi kalau anak - anak suka ceritanya juga

    ReplyDelete
  35. Bukunya doonk..punya Watiek Ideo.
    Aku suka banget sama buku anak-anak tulisan beliau. Dan alhamdulillah bekerjasama dengan rish Bella Baby Essential Kit dari Mama’s Choice. Semakin mantap membeli produk-produk Mama's Choice.

    ReplyDelete
  36. Buku anaknya Mba Watik Ideo sih udah jaminan mutu ya mba. Bagus-bagus loh bukunya dan sangat produktif tuh beliau nulis buku anak. Alhamdulillah bisa dapet buku bagus ini dengan pembelian set perawatan baby dari Mama's Choice nih.

    ReplyDelete
  37. Jadi inget dulu pas anak bayi suka saya bacakan buku cerita dan flash card juga nih, sekarang anaknya udah gadis egegeg. Wih bukunya bagus yah nih, harus beli perawatan bayi nya, cocok buat kado juga nih.

    ReplyDelete
  38. Cocok banget nih buat kado jenguk bayi baru lahir hehe .. Lengkap isinya dan ada hadiah buku juga

    ReplyDelete
  39. saya dulu rajin mba cuap-cuap bacain buku cerita pas anakku masih bayi, lengkap pake intonasi dan mimiknya, hihiihi, memang bagus banget buat bonding sih aktivitas membaca buku bersama baby

    ReplyDelete
  40. Manfaat membaca buku bersama bayi dan anak memang banyak banget. Tetapi, kalau anaknya udah pada gede kayak anak-anak saya, hal yang paling dikangenin bagian bonding time. Berasa banget deh kedekatannya saat mengajak anak-anak membaca

    ReplyDelete
  41. sambil baca buku buat anak sambil elus2 anak pakai mamaschoice seru juga ya
    tapi emang keliatan kok yang sering dibacain buku sama nggak pas gedenyaa

    ReplyDelete
  42. Senang sekali ya rasanya bisa memberikan yang terbaik untuk anak bayi seperti membaca dan skincare aman daei Mama's Choice

    ReplyDelete
  43. Aku ikut tim baca buku mbaak, percaya gak percaya walaupun masih baby tapi kalo dibacain buku terus menerus itu secara tidak langsung anak akan menangkap apa yang kita baca. Wah ternyata set mama's Choice ini juga lengkap ya mbak

    ReplyDelete
  44. waaah beli produk mama's choice dapet buku cerita? ponakanku juga seumuran uno banget niiiihhh, nanti mau kuinfoin ke mamanya supaya pake produk dari mama's choice aja aaah.. hihi

    ReplyDelete
  45. membacakan buku pada bayi harus dongggg... katanya sik bayi dan anak yang terbiasa memegang buku nanti pas gede jadi suka baca buku... betewe mama's choice produknya lengkap ya.. para mom gak perlu repot cari produk bayi nih

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,