Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Aksi untuk Solusi Sekolah Alam Semesta di Kampus Ibu Pembaharu

Monday, October 25, 2021

Benar kata Bu Septi, jangan buru-buru memikirkan solusi. Inilah kami, Tim Suhero, yang sudah memasuki pekan "Aksi untuk Solusi" membuat program dadakan untuk pilot project. Sungguh tiga pekan yang jungkir balik, hihi ...


Tools Manajemen

Untuk memudahkan koordinasi, Bu Septi menyarankan menggunakan management tools seperti Discord, Padlet, Trello, dan Jira. Berhubung kami tinggal serumah membuat family project maka kami memutuskan tidak menggunakan tools online tersebut.


Kami memakai cara konvensional dengan menempel sticky notes, mencetak worksheet kemudian menempelnya di pintu yang sering dilewati. Ini karena screen time saya terbatas. Kalau pakai online tools jadi bertambah waktu membuka HP. Lalu berujung rebutan dengan anak. *heu ...


However, saya mencoba memahami fitur tools yaitu Padlet dan Click Up. Barangkali di project berikutnya akan bermanfaat.

Worksheet Aksi untuk Solusi

Sejujurnya bulan ini belum ada gambaran akan mencoba membuat aksi secara nyata. Namun, Bu Septi memberikan tantangan demikian. Kalau tidak dimulai membuat pilot project, tidak akan tahu berhasil atau tidak. Maka, modal nekat saya berangkat!


Bentuk projectnya bagaimana? Buat status dulu, lah, woro-woro mencari penerima manfaat yang berminat dan tidak banyak tanya. LOL! Ini beneran hanya menulis status, tanpa flyer cantik.


Alhamdulillah ada sekitar 5 orang yang mau ikut tetapi mengingat kapasitas pribadi maka saya terima 3 orang dahulu (plus saya ikutan sehingga totalnya 4 peserta). Selanjutnya barulah saya buat timeline dan briefing. Aseli ini tuh mak jebret dadakan. *terima kasih kepercayaan kalian :')


Projectnya apa?


Ide awalnya sederhana. Saya mau merutinkan membersamai anak-anak bermain kemudian mencatatnya di jurnal. Dahulu ... saya rutin mencatat namun akhir-akhir ini banyak bolongnya. Sementara Uno, si bungsu, butuh stimulasi mumpung masih masa keemasan. Milestone-nya ada yang belum tercapai terutama aspek bahasa.


Oh ya, cerita detail dan update mengenai Aksi untuk Solusi bisa dibaca di situs sekolahalamsemesta.com maupun instagram @sekolahalamsemesta dan facebook /sekolahalamsemesta.id. Mau pakai twibbon pilot project klik tautan berikut: pakai Twibbon.


Kami menggunakan worksheet secara manual untuk mengelola 3 kegiatan di bulan Oktober 2021 ini, yaitu:

  1. Pilot project 20 Hari Bermain
  2. Company profile di website
  3. Update media sosial


Kegiatan di atas tertuang dalam Gantt Chart:

Gantt Chart kegiatan Oktober 2021


Saat mencoba membuat Agile Gantt Chart di Excel, ada tantangan memperbaiki tanggal. Maka sementara ini masih pakai Gantt Chart manual yang ditempel di pintu.


Gantt Chart ini memudahkan kami melihat big picture target selama bulan ini. Apa yang perlu dilakukan di minggu pertama, kedua, dst. Apakah sudah berjalan atau belum. One bite at a time.


Selain 3 kegiatan besar, kami juga breaking down kegiatan tersebut ke dalam rencana proyek yang lebih detail.

rencana proyek melengkapi website

rencana proyek media sosial

rencana proyek pilot project


Saat ini masih kegiatan di bulan Oktober. Nantinya akan dilanjutkan project lain di bulan-bulan berikutnya.


Setelah menetapkan Gantt Chart, kami berlanjut membuat to-do list.  Dalam to-do list berisi 3 kegiatan besar, dalam Gantt Chart.


Worksheet Agenda kami gunakan untuk mencatat agenda rapat mingguan supaya mengingatkan diri dan tim (terutama suami) untuk rapat setiap Jumat malam.


Worksheet Hunting berisi sumber daya yang diperlukan selama Oktober ini. Sementara buku atau resource lain mudah didapat.

Menuju Kongres Ibu Pembaharu

27-30 Oktober 2021 nanti akan diadakan Kongres Ibu Pembaharu. Besar harapan kami dapat mengikutinya untuk bercerita dan belajar dari kelompok lain yang setujuan dalam SDG.


Pilot project kami kebetulan selesai pada 28 Oktober 2021. Semoga masih cukup waktu untuk berbagi cerita dan memperbaiki proyek-proyek Sekolah Alam Semesta berikutnya.
2 comments on "Aksi untuk Solusi Sekolah Alam Semesta di Kampus Ibu Pembaharu"
  1. ho mbak helena...terima kasih sharingnya. saya sdg dalam fase "merasa datar saja" mendampingi anak2 belajar. Bacaan ini berguna buat turut membangkitkan energi saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Lisdha
      aku pun pernah merasa gini doang mbak. Itu berarti waktunya belajar untuk diri sendiri sebelum mengajarkan ke anak. Perlu mengisi tanki cinta diri sendiri.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,