Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Buat Aktivitas Outdoor Anak Makin Menyenangkan dengan Bekal Berikut Ini

Sunday, September 23, 2018
Aktivitas outdoor memiliki banyak manfaat untuk fisik dan psikis anak

"Hari ini kita pergi kemana?" itulah pertanyaan pembuka SID setiap bangun tidur. Si petualang cilik ini tak sabar untuk bereksplorasi. Kadang kami ke taman dekat rumah, kadang ikut ayah bekerja, atau ke perpustakaan. Memangnya seberapa butuh sih anak balita beraktivitas di luar ruangan? Apa saja yang perlu disiapkan supaya kegiatan outdoor tetap nyaman untuk anak-anak?


Beraktivitas Fisik di Luar Ruangan

Bisa dibilang hampir setiap hari SID dan saya ada agenda keluar rumah untuk belajar alias travel-school. Ya, minimal ke taman atau berenang. Energi anak aktif seperti SID perlu disalurkan. Jika tidak, ia akan bosan dan cenderung berlaku negatif seperti membuat rumah bak kapal pecah. Huhuhu....

Seperti akhir-akhir ini SID sedang suka bermain di taman dan bersepeda. Kalau sudah bertemu teman se-geng yang sama-sama naik sepeda, ia bisa lupa waktu. Pagi, sore, dan malam ia minta bermain sepeda. Susahnya minta ampun ketika diajak pulang.


Melihat pola kegiatan SID di usia 3 tahun ini, terlintas pertanyaan “Berapa lama sebaiknya anak balita beraktivitas di luar ruangan?” Dari hasil mencari referensi, saya dapatkan penelitian yang dilakukan Institut Penelitian Anak-Anak Seattle Amerika Serika menyebut angka 120 menit aktivitas fisik per hari untuk anak usia 3-5 tahun. Sedangkan menurut anjuran WHO, anak dan remaja usia 5-17 tahun butuh minimal 60 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga cukup berat setiap hari.

Main ke bandara Halim Perdanakusuma sambil belajar jadi pilot
Saya juga berpatokan pada seorang psikolog yang menyebut 1 jam screen time diimbangi 5 jam aktivitas fisik (tanpa gawai). 1 banding 5, banyak ya!

Ketika mencoba menerapkan hal ini, ternyata sejam nonton video atau scrolling linimasa media sosial tuh berasa cepat. Berbeda dengan aktivitas fisik yang sepertinya sudah lama ... ternyata baru satu jam. Hihihi.

Manfaat Beraktivitas Outdoor untuk Anak

Beraktivitas outdoor memiliki berbagai manfaat bagi fisik maupun psikis anak, diantaranya:

Melatih motorik
Berjalan, berlari, memanjat, bermain bola, bersepeda, dan berbagai kegiatan yang dilakukan di luar ruangan mampu melatih skill motorik anak.

Melatih kemampuan bersosialisasi
Bermain bersama anak lain, bergantian naik ayunan, dan meminjam mainan merupakan beberapa kemampuan sosialisasi yang dapat anak pelajari ketika beraktivitas di luar ruangan.

Berenang, bermain mobil-mobilan, sambil bersosialisasi

Melatih keberanian
Permainan ketangkasan seperti tangga majemuk, perosotan, dan panjat dinding dapat melatih keberanian anak.

Belajar dari alam
Anak dapat belajar secara konkret hal-hal yang selama ini ia temui di buku atau video. Ia belajar langsung dari alam seperti meneliti bunga, kucing, juga kodok di kolam.


Meningkatkan kekebalan tubuh
Berada di tempat dengan udara segar, mendapat limpahan sinar matahari pagi, dan melatih fisik mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah obesitas
Beraktivitas fisik lebih menyehatkan dibanding hanya duduk menghadapi gawai. Otot tubuh bergerak, energi tersalurkan, dan dapat mencegah obesitas. Tahu, kan, bahayanya obesitas bisa menyebabkan penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung koroner, stroke, dsb.

Siapkan Bekal Cinta Sebelum Beraktivitas Outdoor

“Ibu bawa minum? Jajan? Tisu? Mobil-mobilan?” dan sederet pertanyaan lain yang dilontarkan SID. Kalau saya bilang tidak, ia akan kecewa. Untuk itulah beraktivitas luar ruangan butuh persiapan matang. Kalau di rumah, saat butuh sesuatu ya tinggal ambil. Beda dengan kegiatan outdoor yang jauh dari rumah, kan.



Ini nih bekal yang biasa saya siapkan agar kegiatan bermain di luar ruangan tetap asyik dan nyaman:

Pakaian
Tidak ada AC sejuk di luar ruangan maka gunakan pakaian yang nyaman untuk menyerap keringat seperti kaus berbahan katun. Tak lupa bawa satu setel baju ganti jika bepergian jauh, in case pakaian kotor atau basah oleh keringat. Bisa juga membawa topi, handuk kecil/ tisu, dan pakai alas kaki yang nyaman untuk bergerak.

Mainan
Mainan yang kami bawa berbeda-beda, tergantung SID suka yang mana saat itu. Kadang mobil-mobilan kecil, bola, dinosaurus, atau tameng buatan sendiri. Saya ajak ia menyiapkan dan menghitung mainan yang ia bawa supaya saat pulang nanti tidak ada yang tertinggal.

Buku
SID memilih sendiri buku yang ingin ia baca di taman. Saya batasi 1-2 buku saja karena kalau kebanyakan, dikira perpustakaan keliling eh atau sales buku. LOL.

Buku-buku ini dapat dibaca bersama teman dengan read aloud (saya yang baca) atau dipinjam teman seperti perpustakaan keliling. Hehehe.

Makanan
Berkegiatan outdoor wajib hukumnya membawa bekal makanan dan minuman. Setelah anak lari sana, lari sini, ia akan lapar. Kalau beli di tempat tujuan bisa juga sih tapi kan belum tentu ada yang jual. Maka, saya bawakan bekal makanan dan air mineral untuknya supaya energinya yang hilang dapat tergantikan.

Bekal makanan untuk aktivitas luar ruangan bisa bermacam-macam. Kalau waktunya lama, saya bawakan nasi dengan lauk-pauk. Namun, jika hanya pergi ke taman atau berenang dekat rumah, saya bawakan saja snack biskuit Julie’s Choco More dan Julie’s Peanut Butter Sandwich.

SID mainnya lama amat sih, saya makan aja deh biskuit Julie's-nya
Makan bekal sendirian di taman, enggak enak juga, kan. Saya bawakan beberapa bungkus biskuit Julie’s supaya SID dapat berbagi makanan dengan teman-temannya. Alhamdulillah banyak yang suka dengan Julie’s Choco More Sandwich. Lapisan cokelatnya tebal dan legit, jadi ingin nambah lagi dan lagi.

Sst … Bekal biskuit sandwich Julie’s ini sesungguhnya buat saya juga karena menunggu SID main itu lama … dan membuat lapar. Ya saya cemal-cemil aja Julie’s Peanut Butter Sandwich. Biskuit isi selai kacang satu ini crunchy dan kacangnya berasa banget. Julie's bisa serenyah ini karena biskuit, bukan cookies (cari tahu bedanya di Instagram @Julies.ind). Enggak berasa lima keping biskuit sudah masuk perut. Waduh, simpan lagi ah buat SID makan nanti.

Lebih enak mana, Julie's Peanut Butter Sandwich atau Julie's Choco More?
FYI, biskuit sandwich produksi Malaysia ini telah mendapat izin edar BPOM RI dan tanggal kedaluwarsanya jelas tertera di bagian depan kemasan. Julie’s Choco More sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI, logonya di belakang kemasan dekat barcode. Namun, saya tidak menemukan logo halal MUI untuk varian Julie’s Peanut Butter Sandwich. Setelah mengecek satu persatu komposisinya dibantu googling, syukurlah tidak ada bahan yang dilarang agama Islam. So, biskuit Julie’s halal dikonsumsi. Buat amannya semoga semua varian Julie’s mencantumkan logo halal, ya.

Eh, ngomongin bekal makanan bisa jadi panjang gini, ya. Menulis cerita ini sambil mulut enggak berhenti mengunyah Julie’s Peanut Butter. Tahu-tahu sebungkus habis. Kudu melipir ke Indomaret atau Alfamidi buat nambah stok biskuit lezat Julie’s supaya kalau SID minta bawa bekal ya bawakan saja bekal cinta Julie’s.

By the way, Julie’s mengadakan lomba #BekalCintaJulies di Instagram dan Facebook, lho. Total hadiahnya 10juta rupiah! Keterangan lengkapnya bisa dilihat di http://bit.ly/BekalCintaJulies. Cepetan ikut karena periode lomba hanya sampai 30 September 2018.

Ikut lomba #BekalCintaJulies, yuk! (dok. instagram @julies.ind)
Menyiapkan bekal anak beraktivitas outdoor ternyata banyak juga, ya. Saya sampai ditanya tetangga mau kemana karena membawa tas besar. Ya harap maklum isi tas buat si petualang cilik kudu lengkap supaya bermain dan belajar di luar ruangan menjadi menyenangkan.

Kalau kamu, apa sih tips beraktivitas outdoor plus bekal apa saja yang biasanya dibawa?


Referensi:
Windratie. CNN Indonesia. Waktu Aktivitas Fisik Anak-anak di Preschool Jauh dari Ideal. 20 September 2018. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150519091548-255-54101/waktu-aktivitas-fisik-anak-anak-di-preschool-jauh-dari-ideal



44 comments on "Buat Aktivitas Outdoor Anak Makin Menyenangkan dengan Bekal Berikut Ini"
  1. Siiiiidd, bagi dong Juliesnyaaaa. Cocok ya buat bekel pas lagi jalan jalan sama Sid. Hihi. Sid, japan kita berpetualanh bareng lagi niiihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita nonton Asian Para Games yuk bulan depan. Di Velodrome kan ada.

      Delete
  2. memang perlu ya bermain di luar, memberi ruang gerak yang lebih luas

    ReplyDelete
  3. Waah...SID rajin sekalii...
    Eh, mamanya diink yang rajin.

    MashaAllah,
    Menyiapkan bekal sehat ini PR buat semua Ibu, karena anak-anak kadang inginnya milih sendiri, gak mau apa yang sudah ada.
    Tapi kalaua Julie's biscuit, ku yakin...gak ada yang nolak.
    Hehhe...

    Sholiih selalu SID.
    luvluv'

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya buat bekal gini aku diskusi sama SID, mau bawa apa. Tapi kadang langsung ku bawakan Julie's aja soalnya udah tahu dia suka banget.

      Delete
  4. Betul banget, Mbak...mengajak anak main di luar itu beda sensasinya dgn yg hanya di dalam rumah. Di luar anak-anak lebih bebas dan aktif bereksplorasi, otomatis akan makin meningkatkan tumbuh kembangnya. Dan betul, jangan lupa bawa makanan atau cemilan, ya. Untuk asupan energinya setelah main. Btw, saya belum nyobain julie's nya loh, enak ya kayaknya...

    ReplyDelete
  5. SID anaknya supel ya jdinya karena sering diajak beraktifitas outdoor. konon, memang demikianlah cara agar anak punya karakter supel, harus sering diajak beraktifitas di luar rumah

    ReplyDelete
  6. aku dan anak2 juga suka jules biskuit. karena rasanya gurih dan ringan saja kalau dibawa sbeagai bekal jalan2.

    ReplyDelete
  7. Ada home schooling ada travel schooling, SID jalan ke mana hari ini? pasti sudah banyak ya bekal yang ibu berikan, tapi bolehlah, bekel yang bikin kenyang tante icip yaaaa,

    ReplyDelete
  8. Setuju! Untuk anak seusia SID memang perlu banget melakukan banyak kegiatan di luar ruangan. Biar semua anggota tubuhnya distimulasi. BEkalnya juga enak, nih. Julie;s memang juara rasa biskuitnya

    ReplyDelete
  9. Kayaknya enak nih julie's, SID sampek sumringah gitu waktu mau nyemilin biskuit julie's. Wah boleh dicoba nih, buat variasi bekal sekolah ken

    ReplyDelete
  10. Itu main ke Bandara Halim bisa sedekat itu ya mba liat pesawatnya?

    ReplyDelete
  11. Julies juga selalu aku bawa kalau lagi ngajak anak2 wisata alam, tracking atau mantai. Praktis dan lumayan banget ganjel perut :)

    ReplyDelete
  12. Aku suka biskuit Julies rasa kacang...bisa nagih :)

    ReplyDelete
  13. huwaaa... jadi pengen ngemillll. Enak banget nih biskuit.

    ReplyDelete
  14. Wah bekal cinta utk SID bikin pengen nih... Bagi dong Julie's nya sebungkus..hehe..

    ReplyDelete
  15. Kayaknya kalau anak saya, nggak beda jauh juga Mbak yang harus disiapin apa saja. Pakaian yang nyaman, demikian juga alas kaki karena mesti dianya banyak lari sana sini, bawa minum air mineral, susu kotak, sama roti buay jaga-jaga. Oh iya, prepare baju ganti juga kalau-kalau ada apa-apa.

    ReplyDelete
  16. kalau kegiatan diluar emang mesti bawa makanan yang simple ya mak Sid salah satunya kayak Julies ini biar hemat juga ga jajan diluaran kan suka banyak pedagang makanya kalau aku mendingan bekal dari rumah

    ReplyDelete
  17. Main di luar sama anak tuh bisa nambah kedekatan. Aku paling suka Julie’s Choco More. Yang kacang juga enak. Keduanya renyah

    ReplyDelete
  18. Sid, asik banget ngemil bareng bunda yaaa. Beberapa aktivitas belum pernah aku coba mbak, jadi inspirasi buat main sama anak-anak nih

    ReplyDelete
  19. Kegiatan outdoor saya dan anak setiap minggunya adalah mandi di laut, walau kulit makin menghitam tapi tetap bahagia melakukannya ��

    ReplyDelete
  20. anakku juga suka banget biskuit2an
    nanti aku mau cobain deh ke mereka tampaknya enak yaaa

    ReplyDelete
  21. Bekal dengan penuh cinta tetap nggak boleh ketinggalan ya Bunda, anak jadi senang dan bahagia ketika membuka bekal buatan bundanya. Duh bagi cookiesnya dong SID, hehehe tante juga mau. Sehat terus ya sayang.

    ReplyDelete
  22. Ternyata ada batasan juga buat anak2 main di luar ruangan, ya. BAru tahu, mbak. Hihihi. Btw, kalau main bawa bekal, selain lebih sehat, jadi lebih irit ya, Mbak. :D

    ReplyDelete
  23. Iyah saya suka gemes sama anak nih yang kalau udah pegang gadget males main di luar, lalu saya diet gadget, alhamdulillah udah ada kemajuan mau main diluar

    ReplyDelete
  24. Ini biskuit kesukaan aku mba. Biasanya aku bawa juga buat piknik dan pas bekal anakku Ayyas. Nih kalau makan ini nggak bisa sebungkus. Soalnya enaak banget

    ReplyDelete
  25. Bekal anakku nasi :-D eh tapi Julie's ini jyga mereka suka kok krn rasanya enak banget

    ReplyDelete
  26. Eh baru tau kalo ternyata anak dan remaja usia 5-17 tahun butuh minimal 60 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga cukup berat setiap hari. Thanks infonya Mbaa :)

    ReplyDelete
  27. Anak-anak memang perlu beraktivitas di luar. Supaya bisa lebih melatih motorik halus dan kasarnya. Bisa lebih sehat dibandingkan anak yang diam sambil megang gawai terus, hiks!

    ReplyDelete
  28. Huaaa, sambil BW cocoknya cemal cemil biskuit ini juga yah Mbak, biar gak berasa listnya udah ludes semua, hihihih

    ReplyDelete
  29. Mama keren banget ini mah. Anak-anak paling seneng pastinya diajak berakitivitas di luar dan yang pasti jangan lupa bawa bekal. Julie's peanut butter. Enakkkk.

    ReplyDelete
  30. Bawa payung, bawa topi, bawa minum, bawa camilan Mba. Dan nggak lupa bawa baju ganti u anak2 hehe

    ReplyDelete
  31. Aihhh, Sid ngegemesin banget yak, petualang cilik juga nih, hehe. Kpn2 ketemu sama baby Tangguh yaaaa, trus makan biskuit bareng^^

    ReplyDelete
  32. Sama banget sama anakku.
    Harus ada aktifitas outdoor dalam kesehariannya.

    Wah.
    Roti julie nya menggiurkan !

    ReplyDelete
  33. Aktivitas outdoor memang penting banget utk perkembangan motorik anak. Lebih asyik lagi kalau bawa bekal Julie's yaaaa

    ReplyDelete
  34. Nah, ini PR banget untukku, Mbak. Aku masih jarang ajak anakku main di luar. Kalau di depan rumah sudah sering sih, main sama sepupu2nya. Karena aku tinggal di pedalaman, taman, playground kayak gini ya nggak ada. Alhasil nggak papa deh rumah berantakan asal nggak main gadget.

    ReplyDelete
  35. Aktivitas outdoor memancing si kecil bertanya banyak hal, kita sbg yg lebih tua harus siap2 jawaban yg dia pahami ya mba.

    ReplyDelete
  36. Kalau Mba yang bikin kegiatan aktivitas anak selalu seru nampaknya
    Ijin ATM ya hehe

    ReplyDelete
  37. Jadi... aktivitas fisik kita dipengaruhi usia ya, mba Helena.

    Jadi ingat putriku Yasmin dulu sat balita.
    Gesit habis, tidak mau diam.

    Nah, kalau doi diam, loyo dan kurang antusias, bisa dipastikan pasti sedang tidak enak badan.


    ReplyDelete
  38. Persiapan bekalnya samaan banget. Mainan kecil2 itu yg gak boreh ketinggalan hehe kadsng suka dipegsng aja ya mba. Biskuit julies klop banget buat nemanin nua ya secara praktis dibawa

    ReplyDelete
  39. Aktivitas outdoor memang pilihan terbaik bagi anak-anak. Mereka bisa lepas meng-expose perasaan mereka sesuai dengan keadaan yang dihadapi pada saat itu. Dia akan mengenal lingkungan, akan menjadi anak yang tangguh, baik terhadap ocehan-ocehan negatif teman-temannya, menghadapi mereka yang arogan dan lain sebagainya. Dia akan mendapatkan dengan sendiri bahan pembanding untuk dilakukan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Akan mengajar anak untuk percaya diri dan bisa berargumentasi yang positip.

    ReplyDelete
  40. Aktivitas di luar memang yang seharusnya kita trapkan kepada anak-anak. Kenapa?Karena dengan demikian, disamping anak mengenal lingkungan secara nyata, juga bisa menjadi pekak terhadap segala hal-hal yang negatif, lebih bisa mengambil kesimpulan dalam satu hal, berpikir cepat dan bukan cepat berpikir.

    ReplyDelete
  41. Aku juga masih suka makan biskuit nih hehe.
    Btw ngelihat foto yg pertama jd mau main perosotan deh tp gak ada ukuran yg pas di taman bermain wkwkwkwkk gak bisa meluncur yg ada

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,