Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Alami Awet Muda dari Bulgaria

Friday, April 6, 2018
Cara Alami Awet Muda dari Bulgaria. Di usianya yang memasuki 100 tahun, wanita itu masih bersemangat bekerja. Ia memiliki seekor sapi yang dapat menghasilkan belasan liter susu setiap hari. Wanita tersebut memerah sendiri susu sapinya. Ia olah susu sapi tersebut menjadi mentega dan yogurt dengan cara tradisional. 

Bulgarian Yogurt, cara alami awet muda dari Bulgaria
Dengan raut bangga, wanita Bulgaria tersebut menceritakan hidupnya. Ia melakukannya dengan ikhlas karena lebih suka bekerja daripada berpangku tangan di usianya yang telah lanjut. Tubuhnya nampak jauh lebih muda dibanding usia aslinya. Ia adalah satu contoh dari warga di pegunungan Rhodope, Bulgaria, tempat yang memiliki penduduk usia 100 tahun terbanyak di dunia. Apa ya rahasia awet muda orang Bulgaria?


Resep Panjang Umur Orang Bulgaria

22 Maret 2018 lalu di Rumah Maroko, Jakarta, saya mengenal lebih dekat Bulgaria. Negara di Eropa Tenggara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7juta jiwa, lebih sedikit dibanding Jakarta. Bulgaria terkenal dengan bunga mawarnya yang diolah sebagai bahan baku parfum. Di era modernitas seperti ini, Bulgaria mampu mengikuti perkembangan tanpa meninggalkan sisi tradisionalnya. Oleh karena itu budayanya masih dipegang kuat.

Setiap 1 Maret, penduduk Bulgaria memakai Martenitsa, gelang merah-putih dengan simbol boneka pria dan wanita. Mereka memakainya hingga melihat kuncup bunga pertama kali atau di akhir Maret sebagai penanda musim semi tiba. Gelang tersebut digantungkan di pohon sambil mengucapkan harapan.
Menggantungkan maternitsa sambil make a wish
Hidup di Bulgaria rasanya adem ayem. Apalagi jika tinggal di Rhodope Mountains. Pegunungan terhampar luas, udara jernih, air bersih, dan yang pasti bebas macet. Pantas saja penduduknya hidup bahagia, jarang stres, sehingga nampak awet muda.

“Masyarakat Bulgaria dikenal berumur panjang karena udara di sana yang bersih dan segar.”, tutur Alexandrina Guigova, Wakil Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia.

Pegunungan Rhodope di Bulgaria (dok. Rhodopemountains.com)
Selain itu orang Bulgaria rajin mengonsumsi makanan sehat, salah satunya yogurt. Bulgarian yogurt menjadi menu wajib orang Bulgaria. Mau dimakan langsung atau diolah menjadi sup, sama enaknya.
Bulgarian yogurt termasuk yogurt terbaik di dunia, lho. Bedanya, yogurt ini mengandung kultur Lactobacillus Bulgaricus yang hanya ada di Bulgaria.

Alexandrina Guigova, Wakil Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia (kiri) dan Nadine Chandrawinata, artis

Konsumsi Yogurt, Cara Alami Awet Muda

Siapa sih yang ga mau awet muda? Saya juga ingin nampak awet muda. Senang dong saat kepala 3 tapi dikira masih mahasiswi. *iya, mahasiswi S2, hehe.

dr. Diana F. Suganda, Kes., Sp.GK, dokter spesialis gizi, mengingatkan jika mau sehat atau awet muda ya harus mengatur pola makan serta berolahraga. Sekarang ini kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan semakin meningkat tetapi perlu dibarengi dengan pola hidup sehat yang tepat. Misal dalam hal diet. Jangan hanya eat less, but eat right. Makanlah dengan gizi seimbang supaya kualitas hidup meningkat.

Pola makan seimbang itu mencakup makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral). Usahakan setiap makan mencakup hal tersebut agar kebutuhan gizi tubuh tercukupi.

Makan ini juga termasuk camilan, lho. Jangan sampai menu makanan utama terjaga tetapi camilan apa aja masuk. dr. Diana mengajak untuk mengurangi camilan seperti gorengan. Coba deh beralih ke yogurt, lebih sehat.
 
Ngemil yogurt, why not?
Ini lho kandungan yogurt yang bermanfaat bagi tubuh:

Yogurt mengandung kalsium yang penting untuk mencegah osteoporosis. Dalam 100g yogurt terkandung sekitar 160-200mg kalsium.

Tubuh manusia dewasa umumnya mengandung 1-2% kalsium dari total berat badan. Sebagian besar kalsium tersebut tersimpan dalam tulang dan gigi. Jika kandungan kalsium dalam darah menurun, hormon akan memerintahkan usus halus menyerap kalsium dari sari-sari makanan. Kalau ga ada asupan kalsium dari makanan, maka cadangan kalsium di tulang bakal diambil. Efeknya tubuh berisiko mengalami osteoporosis.

Anak-anak hingga dewasa membutuhkan asupan kalsium. Untuk dewasa berusia 19-50 tahun butuh sekitar 1000mg kalsium perhari. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kalsium yang lebih banyak, hingga 1300mg/hari.

Mengatasi perut buncit. Yogurt dapat meningkatkan proses penurunan lemak perut sehingga mengatasi perut buncit. Imbangi dengan latihan fisik dan pola makan yang baik agar lebih efektif.

Mengandung protein tanpa lemak. Yogurt dapat menjadi menu sarapan bergizi karena mengandung protein tanpa lemak yang baik untuk menambah massa otot dan regenerasi sel-sel tubuh.

Mengandung vitamin dan mineral. Yogurt mengandung vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (ribovlafin), vitamin B12, fosfor, iodium, magnesium dan seng yang dapat langsung diserap tubuh.

Mengandung bakteri baik yang bekerja sama dengan probiotik di usus untuk mencegah penyakit perut seperti diare dan infeksi perut. Yogurt aman dikonsumsi orang yang memiliki maag.

Melembabkan kulit. Yogurt dapat melembabkan kulit dari dalam bila rutin dikonsumsi. Untuk olesan masker wajah juga oke.

Banyak banget manfaat yogurt untuk kesehatan, dari kulit, tulang, hingga perut buncit. Pantas saja orang Bulgaria hidup sehat dengan rutin mengonsumsi Bulgarian yogurt. Tapi, apa harus ke Bulgaria supaya bisa awet muda?

#LiveYounger with KIN Bulgarian Yogurt

Jika ada rezeki, saya mau banget traveling ke Rhodope Mountains, Bulgaria. Seperti Nadine Chandrawinata yang pernah ke sana. Ia kagum dengan kekayaan alam, budaya, dan penduduk Bulgaria yang nampak awet muda.

Kalau belum, juga ga apa-apa sih. Kan udah ada KIN Bulgarian Yogurt yang mengandung kultur asli bakteri dari Bulgaria, Lactobacillus Bulgaricus. Produk terbaru PT. ABC Kogen Dairy ini mencuri perhatian penggemar yogurt seperti Nadine. Yogurt menjadi sarapan sehari-hari Nadine karena ia tak biasa menyantap makanan berat di pagi hari. Saat minum #KINYogurt, ia suka rasa stroberi dan kekentalannya yang pas. 
Nadine biasa sarapan dengan yogurt
Selain kultur bakteri seperti dalam #BulgarianYogurt, KIN Bulgarian Yogurt dibuat dengan susu segar sapi A2 dari peternakan KIN sendiri. Susu A2 mengandung protein beta karotin dan lebih mudah dicerna. Kualitas susunya lebih terjamin.

KIN Bulgarian Yogurt ini halal dan tanpa bahan pengawet, lho! Yogurt dikemas dalam botol menggunakan teknologi aseptic filling untuk menjamin kesegarannya. Meski demikian, segera habiskan setelah dibuka ya.

Ada 3 pilihan rasa KIN yogurt. Semuanya sudah saya coba dari original, strawberry, dan orange. Saya paling suka original. Kentalnya pas dan rasa susu asamnya segar.

Original, Strawberry, dan Orange, mana rasa favorit KIN Bulgarian Yogurt-mu?
Bagaimana dengan orang yang alergi susu (lactose intolerance)? Yogurt aman dikonsumsi karena kultur bakteri dalam kandungan yogurt membantu proses fermentasi dengan mengubah laktosa menjadi asam laktat.

So, #TheSecretIsOut! Melalui kampanye KIN #TheSecretToLivingYounger, Marketing Manager KIN Anton Budiharjo mengajak kita merasakan hidup lebih muda dengan rutin mengonsumsi KIN Bulgarian Yogurt. Cari deh di e-commerce seperti Tokopedia, supermarket, atau minimarket terdekat. Udah ada, kok! 

Kanan: Marketing Manager KIN Anton Budiharjo (mirip Ariel ga sih?)
Yay, KIN Bulgarian Yogurt kini melengkapi menu pola makan sehat saya. Sebotol KIN yogurt menjadi menu snacking sehari-hari yang mudah dibawa.

Rutin mengonsumsi Bulgarian yogurt, beraktivitas fisik, dan bersyukur bisa bikin awet muda.
Tertarik mengetahui lebih lanjut cara alami awet muda dari Bulgaria? Cari tahu di:
Website: www.kindairy.com
Instagram: @kindairyid
Facebook: KINdairyId
Youtube: KINdairyId




Referensi:
Fakta atau Hoax 8 Mitos dan Fakta Perut Buncit. http://zywielab.com/fakta-atau-hoax-8-mitos-dan-fakta-perut-buncit#sthash.sXmfovYz.dpbs. Diakses 5 April 2018.
Sarapan dan Nasi. http://zywielab.com/sarapan-dan-nasi#sthash.5Xr7RrZl.dpbs. Diakses 5 April 2018.
Tubuhmu Butuh Kalsium.http://zywielab.com/tubuhmu-butuh-kalsium#sthash.Ot011uuG.dpbs. Diakses 5 April 2018.
Yogurt Sehat.
http://zywielab.com/yogurt-sehat#sthash.AvzLAhzn.dpbs. Diakses 5 April 2018.








66 comments on "Cara Alami Awet Muda dari Bulgaria"
  1. Mba Helena juga awet muda nih. Dikirain usianya masih 20an.

    Aku suka sama yogurt, seger-seger gimana gitu. Jadi penasaran sama Kin Yogurt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik... aku jadi bahagia baca komen-komen ini

      Delete
  2. Wahh yg enak rasa apa mbaaa.perlu dicoba juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera, Mbak Iday. Aku prefer original.

      Delete
  3. Wah tipsnya wajib dicoba nih mba biar tetep awet muda

    ReplyDelete
  4. Oh, pantes menu yang disarankan aplikasi 8fit banyak yang mengandung yogurt.Ternyata kandungannya memang cocok untuk gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  5. Saya kurang suka yoghurt karena rasanya yang agak asam.
    Tapi demi hidup sehat, ya gpp lah ya. Biar awet muda ala-ala orang Bulgaria hihihi (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini manis kok. Ya emang asam dikit sih, namanya juga yogurt. Hehe

      Delete
  6. I love yoghurt sooo muuchh..sayangnya mama sid gak bagi2 nih

    ReplyDelete
  7. Aku blum coba KIN yogurt, memang yogurt enak,, selain khasiatny bnyk bngt u.kesehatan dh rutin setiap hari minum,nti mau ciba Kin Yogurtny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini, aku bagiin KIN yogurt. Mau rasa apa? hihihi

      Delete
  8. aku suka yang orange sis. enak banget. seger dan fresh apalagi kalau baru diambil dari frezer. 9 botol habis dalam 2 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis, banyak amat habisinnya? Hahaha. Aku berbagi sama ponakan sampai ojek langganan, biar awet muda semua.

      Delete
  9. Asik sudah ada belanja Online. Btw mama sid nulis harapan apa ya. Mpo kepo nih

    ReplyDelete
  10. Beneran nih bisa ngatasin perut buncit? Mau rutin minumnya ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Udah ada penelitiannya. Diimbangi olahraga yaa

      Delete
  11. Saya suka yogurt. Kayanya ini recommend banget ya, secara kandungannya komplit.

    ReplyDelete
  12. Waahh seriusan nih minum yougurt jadi bikkn awet muda, soalnya aku suka banget sama yogurt. Semoga awet muda jg ya kayak org Bulgaria, hehehe. Ngomong2 aku dah coba Kin Yogurtnya, asli enak banget. Aku syukaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, itu salah satu komponen. Selain itu dengan pola hidup sehat, aktivitas fisik, kurangi stress, dsb.

      Delete
  13. Saya sudah coba minum Kin Bulgaria Yogurt ini,, paling suka rasa jeruk yang ga terlalau asam dan isinya yang lebih banyak dibandingkan yogurt di pasaran lainnya yg kemasannya kecil2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran KIN udah pas buat sekali minum, sekitar 170kkal. Praktis juga dibawa

      Delete
  14. saya dah coba yoghurtnya enak mba

    ReplyDelete
  15. CFD kemarin aku ikutan nyoba sampel Kin Bulgaria yoghurt ini. Rasanya enak ya, nggak terlalu asam menurutku. Awalnya agak heran sama tagline awet mudanya, tapi habis baca ini tercerahkan deh, plus lagi udah halal ya ternyata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada sample di CFD yaa. Nah ini penjelasan kenapa bisa bikin awet muda.

      Delete
  16. Sueeerrr deh yougurtny itu enak bgtttt....
    Cocok bgt deh bwt diet dan buat pola hidup sehat..

    ReplyDelete
  17. Saya suka banget minum KIN ini, apalagi rasa original. Bener-bener seger, mbak. Asamnya pas. Baru dua hari lalu saya minum setelah didinginkan di kulkas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap minum Yogurt dingin lebih lezat.

      Delete
  18. Jadi penasaran dengan yoghurtnya. Pengen coba tapi belinya dimana ya Mba?

    ReplyDelete
  19. iklannya gencar di tv, tp ditempatku masih belum nemu nih, kudu online ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya. Bisa kok online seperti di Tokopedia

      Delete
  20. wah yoghurt banyak manfaat ternyata

    ReplyDelete
  21. Di siang terik gini enak banget deh nyeruput yoghurtnya yummy dan sehat

    ReplyDelete
  22. Belum pernah coba nih yoghurt dari KIN sepertinya enak dan segar yah mba.. Apalagi buat bantu jaga berat badan biar awet muda. hihi..

    ReplyDelete
  23. Lagi lagi yogurt emang bikin sehat tubuh yaa, plus awet muda selalu mah aku juga mauu donk maak..
    Lempar sinii botol yogurnyaa

    ReplyDelete
  24. Aku dan anak-anak suka banget minum Yoghurt tapi belum pernah cobain KIN sepertinya menarik nanti cobain ah

    ReplyDelete
  25. Ngambil pose fotonya memang jadi agak mirip antara ariel atau david noah 😁😁

    ReplyDelete
  26. kalo liat manfaatnya, aku coba beralih ngemil yogurt ah abis ini :)

    ReplyDelete
  27. Saya sekeluarga penggemar berat yogurt. Jadi, setiap ada produk baru harus beli. Udah pernah cobain ini, tapi waktu itu stok yang orange lagi gak ada. Enak juga rasa yogurtnya :)

    ReplyDelete
  28. Ariel mulai jd org kantoran ya sekarang

    ReplyDelete
  29. mba Helena kelihatan muda, ternyata ini toh rahasianya.

    ReplyDelete
  30. Asiiiikkk bisa bikin awet muda. Mau nyoba juga ah biar tetep kinyis2. Hahaha

    ReplyDelete
  31. dan aku belom nwmu nemu juga ini yoghurt 😢

    ReplyDelete
  32. Huaaaa aku kudu minum ini rutin nih biar syantikkkk #ehh hehe.

    ReplyDelete
  33. Asyik bisa awet muda. Kebetulan aku juga suka yoghurt. Cucok banget nih infonya. Awet muda dan sehat.

    ReplyDelete
  34. Favoritkuuu! Paling suka rasa orange :D

    ReplyDelete
  35. Yoghurt! My favourite! Aku juga udah nyobain yoghurt KIN ini dan menurut aku rasanya enak dan pas. Meskipun kalau disuruh memilih aku lebih senang yoghurt dengan tekstur yang lebih kental siih. Hehehe

    ReplyDelete
  36. Aku suka yogurt. Perlu dicoba, nih.

    ReplyDelete
  37. aku suka yang orange nih yoghurt nya...enak seger banget

    ReplyDelete
  38. wah sayang yah, belum ada yogurt buatan anak negeri

    ReplyDelete
  39. Aku suka rasa strawberry, rasanya seger banget tidak terlalu asem

    ReplyDelete
  40. Emang bener sih, konsumsi Yoghurt bisa bikin awet muda. Beda sama eskrim yg tinggi kalori. Jadi kalo mau ngemil, yoghurt aja. Selain sehat dan gak bikin gemuk juga :D

    ReplyDelete
  41. Aku suka yg orange mbak... Seger... Asemnya pas menurutku...

    ReplyDelete
  42. saya udah beli nih, jadi penasaran pengen cepet nyobain mbak :D

    ReplyDelete
  43. Hai Mba Helena, terima kasih infonya, aku suka makan yoghurt sih, belum pernah coba yang ini

    ReplyDelete
  44. Akuuu suka bangeeettt yoghurt!
    Tar cobain ah. :D

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature