Helenamantra

Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Gizi atau Nutrisi, Mana yang Benar?

Friday, April 13, 2018
Gizi dan nutrisi, dua kata tersebut sangat familiar terdengar di dunia kesehatan. Tiap saya membaca artikel atau mengikuti talkshow dengan narasumber tenaga medis, gizi dan nutrisi kerap dipakai secara bergantian. So, saya berpikir kedua kata tersebut merupakan sinonim. Namun, rupanya gizi dan nutrisi berbeda makna, lho!

Ketua ISAGI (Ikatan Sarjana Gizi Indonesia), Muh. Nur Hasan Syah, S.Gz., M.Kes., pernah mengisi mata kuliah Ilmu Gizi untuk mahasiswa keperawatan. Judulnya saja sudah mengandung kata "Gizi" namun di tiap topik tidak ada satupun kata "Gizi". Justru beliau menemukan kata "Nutrisi" seperti nutrisi pada bayi, nutrisi pada anak, dst. Beliau pun menjelaskan bahwa yang tepat itu kata "Gizi", bukan "nutrisi". Eh apa bedanya, sih?


Dikutip dari Zywielabistilah "Gizi" diambil dari bahasa Arab yaitu “Ghidza dibaca ghizi” yang artinya adalah makanan. Sedangkan "Nutrisi" merupakan serapan dari kata “Nutrition” (inggris) yang berasal dari bahasa latin “nutritionem” yang artinya adalah makanan.

Lha, kan sama saja?

Ternyata berbeda dalam penggunaan. Gizi untuk manusia sedangkan nutrisi untuk ilmu peternakan dan kedokteran hewan, contohnya nutrisi pada hewan ternak.

Meskipun dalam bahasa Inggris, keduanya tetap disebut nutrition. Akan tetapi, dalam bahasa Indonesia dikenal dua istilah, yaitu gizi untuk manusia dan nutrisi untuk hewan. 

Berarti, selama ini saya salah dong. Toss, lah! Tapi sekarang udah tahu kan istilah yang tepat. So, bisa jawab judul di atas, kan? Gizi atau nutrisi, mana yang benar?

***
FYI, Zywielab.com adalah situs kesehatan karya anak bangsa yang berisi informasi kesehatan, gizi, dan makanan. Artikelnya sederhana, mudah dipahami, dan no hoax karena ditulis oleh tenaga medis sebagai kontributor. Tiap artikel memiliki sumber yang jelas sehingga cocok sebagai referensi kesehatan. Ikuti zywielab di Facebook, Instagram, dan Twitter @zywielab.
2 comments on "Gizi atau Nutrisi, Mana yang Benar?"
  1. Baru tahu kalau ga sama pemahamannya,, mesti di bongkar lagi nih semua tulisan saya mengenai gizi dengan nutrisi seimbang :(

    ReplyDelete
  2. Keren ya anak muda kita, kreatif dan edukatif websitenya Zywielab.com

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature