Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Bazar Bareng BloggerCrony Community Bloggerpreneur

Wednesday, April 25, 2018

Mendengar nama BloggerCrony jelas identik dengan komunitas blogger di dunia maya. Namun, BloggerCrony tak hanya melulu tentang menulis di blog. Komunitas blogger satu ini memiliki satu divisi (eh apa ya istilah yang cocok) yang mewadahi para blogger yang menjalankan usaha rumahan milik sendiri yang disebut BCC Bloggerpreneur alias BloggerCrony Community Bloggerpreneur. Minggu lalu saya berkesempatan mengikuti bazar bersama BCC Bloggerpreneur untuk pertama kalinya.

Bazar Kemenag dan BCC Bloggerpreneur di Hotel Morrissey Jakarta
Foottrip sudah lama tidak mengikuti bazar. Home industry kerajinan tangan berbahan kulit ini lebih aktif berjualan via online di Instagram dan beberapa market place. Maka, saat Founder BloggerCrony Mbak Wawa mengajak saya membuka booth di bazar Kementrian Agama, saya pikir mengapa tidak? Coba dulu ah, mumpung load pekerjaan masih bisa terkendali. (Makasih atas kesempatannya, BloggerCrony!)

Rabu pagi saya mengajak SID menuju Hotel Morissey di Jl. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Acara akan dimulai sekitar 3 jam lagi, masih banyak waktu untuk menyiapkan booth. Panitia sudah siap di ruangan, namun sayang lokasi bazar terpaksa dipindah karena Jakarta diguyur hujan rintik yang awet sepanjang siang. Lokasi yang ini bikin saya khawatir karena sebelahan dengan kolam. Takut dagangan kecebur atau malah SID yang nyemplung.

Kami sempat pindah lokasi (lagi) hingga akhirnya dapat tempat yang lumayan terlindungi dari hujan dan bagian kolamnya tertutup pot tanaman. Aman lah untuk SID yang ikut menunggu bazar. Booth BCC Bloggerpreneur berhadap-hadapan dengan booth Baznas.

Koleksi produk Foottrip dengan bahan kulit dan batik. Cek instagram Foottrip ya
Bazar ini dalam rangka sosialisasi Kementrian Agama mengenai zakat. Para peserta dari perwakilan kantor wilayah Kemenag di setiap propinsi, Baznas, dan LAZ. Totalnya sekitar 100-an peserta yang mengikuti acara selama 3 hari berturut-turut.

Saya tidak menunggu full selama 3 hari tersebut, bergantian jaga dengan suami dan mbak admin. Saat saya di sana juga sambil main bareng SID. Kebetulan di seberang lokasi acara ada tempat bermain. Ya lumayan lah SID bisa main ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Pikir saya, boleh juga nih Morrisey, hotel bisnis yang punya playground.

Arena bermain di Hotel Morrissey Jakarta
Selama tiga hari mengikuti bazar tersebut Alhamdulillah setiap hari ada produk Foottrip yang laku. Ada yang membeli ID card holder kulit dan batik, passport cover, pouch, hingga dompet. Terima kasih banyak ya para pelanggan. Semoga puas dengan produk kami.

Paling bahagia itu ketika pembeli langsung membeli tanpa banyak nawar. Saya ingat dua ibu yang membeli pouch kulit dan ID card holder di saat saya udah beres-beres mau pulang. Mereka langsung setuju dengan harganya.

Berbeda dengan seorang bapak yang jago banget menawar. Huhuhu… tega amat deh si bapak. Udah diberi diskon gede, masih aja menawar lagi. Yah begitulah macam-macam konsumen.

Teman Baru dari Warung Kiting

Anggota BCC Bloggerpreneur yang ikut hanya berdua, saya dan Mbak Dian dengan produk andalan Risoles Warung Kiting. Ini pertama kalinya saya berjumpa dengan Mbak Dian. Acara belum mulai, saya sudah membeli risolnya. SID doyan banget sampai esoknya pun saya memesan versi beku untuk stok di rumah.

Jaga booth bareng Mbak Dian itu seru. Padahal baru kenal, lho, tapi udah bahas panjang lebar terutama soal parenting. Mbak Dian ini selain menulis, berjualan risol, juga seorang guru TK. Pas banget kan ya bisa curhat soal dunia anak. Hohoho.

Emang udah jodoh kali ya. Anak saya suka risolnya Mbak Dian. Sementara Mbak Dian itu suka mengoleksi tas dan dompet. Jadi deh satu dompet Foottrip diboyong pulang si mbak. Makasih ya!

Mbak Dian juga bantuin saya jualan. Alhamdulillah dagangan beliau diborong pihak hotel jadinya ia promosikan id card holder Foottrip ke orang-orang yang lewat. Makasih lagi ya, Mbak! Semoga Warung Kiting makin laris manis dan berkah.
Pesan risol enak ya di Warung Kiting milik Mbak Dian
Senang deh dengan program terbaru BCC Bloggerpreneur ini. Usaha para blogger yang masih skala kecil jadi lebih terekspose dan mendapat kesempatan untuk belajar berwirausaha dengan lebih baik. Kalau biasanya para blogger hanya meng-endorse brand orang, sekarang bisa mempromosikan produk milik sesama blogger. Eh bagus juga ya kalau membuat lomba blog seputar endorse produk milik BCC Bloggerpreneur. Gimana menurutmu?

6 comments on "Bazar Bareng BloggerCrony Community Bloggerpreneur"
  1. Saya sudah pernah ikutan acara begini.

    Kalau bazar, memang agak sulit ya mbak ngarepin omset yang berlipat-lipat. Mungkin karena pengunjungnya cuma dari kalangan terbatas.
    (Entah kalau pengalaman yg lain)

    Tapi lumayan efektif sih kalau untuk naikin branding. Karena makin banyak yg tau produk kita. Sekalian bagi2 kartu nama deh. Kalau pun pelanggan gak langsung beli, paling enggak mereka udah nyimpan nomor kontak kita.

    Sukses ya mbak helen untuk foottrip nya (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak. Saat bazar kadang targetnya itu brand awareness dengan bagi-bagi kartu nama. Plus menjadi portofolio pernah ikutan bazar.

      Delete
  2. Hahahahahah..aamiin allahuma aamiin..sama2 mba helen,kita sama2 msh belajar dlm berjualan dan menjadi orang tua muda,hehehehheheh..next kita ktmuan lg di tmpt yg seru ya..salam buat SID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya. Kayaknya sih ini Mbak Dian :D

      Delete
  3. Aku belum pernah ikutan acara blogger crony, pengen deh sekali sekali di ajak. Tapi ide bloggerprrneur nya smart banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya menarik lho saling mendukung bisnis para blogger.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature