Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

10 Cara Menghadapi Anak Mengeluh Saat Puasa

Sunday, March 24, 2024

“Ibu, aku boleh buka puasa, ya?”

“Berapa lama lagi adzannya?”

“Aku lemas banget, mau pingsan.”


Begitulah rengekan anak yang sedang belajar berpuasa. Sebagai orang tua ada rasa tidak tega tetapi apa langsung iya-in untuk anak berbuka sebelum target waktunya? Kadang masih ditawar untuk bersabar sedikit lagi namun di lain waktu panas kuping mendengarnya mengeluh terus-menerus.


Hehe … puasa melatih kesabaran bagi anak juga ibu. Bukan ibu ingin makan melihat aneka santapan di meja tetapi sabar menghadapi perilaku anak terutama yang sedang belajar berpuasa.


Ketika anak mengeluh saat puasa, ibu harus bagaimana? Di sini ada 10 cara menghadapi keluhan anak yang belajar puasa, yaitu:


1. Mengenalkan perintah dan manfaat berpuasa


Ajak anak mentadaburi surat Al Baqarah ayat 183 mengenai perintah berpuasa. 


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).


Jelaskan pula berbagai manfaat puasa baik dari sisi kesehatan fisik maupun mental seperti menjaga kesehatan jantung, mengelola nafsu makan, detoksifikasi, meningkatkan fungsi otak, hingga mengatasi stres.


2. Jangan memaksa anak belajar puasa


Perlu diingat, ya, anak wajib berpuasa ketika akil baligh. Sebelum itu sifatnya belajar berpuasa sehingga proses belajar ini dilakukan bertahap dan sesuai kondisi serta kemampuan anak. Insya Allah pengenalan puasa secara gentle, tanpa paksaan, dan bertahap akan memudahkan anak menjalankan ibadah puasa ketika sudah akil baligh.


3. Mengajak tidur siang


Perubahan siklus tidur selama Ramadan dapat berpengaruh pada emosi anak. Pada keluarga kami, anak bangun dini hari untuk sahur dan tidur lebih larut karena salat tarawih (plus lanjut bermain sebentar setelahnya). Waktu tidur menjadi berkurang sehingga selama Ramadan ini anak perlu tidur siang. Rasa lapar yang menyerang ketika dhuhur dapat diatasi dengan cukup istirahat.


4. Mengajak ikut kegiatan menyenangkan


Siapkan berbagai mainan atau aktivitas menarik untuk anak. Alhamdulillah TPQ masjid komplek mengadakan acara Ramadanku Istimewa dengan kegiatan membacakan buku nyaring, permainan, dan membuat prakarya. Kegiatan positif ini dapat mengisi waktu anak serta mengenal Islam dengan cara menyenangkan.


5. Melibatkan anak dalam menyiapkan menu berbuka dan takjil kesukaan

Lho, apa enggak makin lapar melihat makanan? 

Alhamdulillah anakku semakin terpacu untuk menuntaskan puasanya karena menu buka puasa yang disajikan merupakan kesukaanya. Kami menyusun menu sahur dan berbuka yang cocok dengan selera keluarga.


6. Mengajak anak belanja takjil

Sore hari anak sudah menghitung mundur waktu menuju azan maghrib. Mau buka duluan tapi kok tanggung. Coba ajak anak berbelanja takjil kesukaannya supaya tidak bosan dan hanya memikirkan, “Adzan maghrib berapa lama lagi?”.


7. Membaca buku bersama tentang sirah nabi

Bulan Ramadan menjadi momen tepat untuk belajar Islam dengan anak, salah satunya melalui buku. Bacakan buku-buku bertema Islami seperti sirah nabi dan rasul, Maha Besar Allah, asmaul husna, dan sebagainya.


8. Bermain culinaryschools.org games for kids  

Ajak anak bermain game online di https://www.culinaryschools.org/kids-games/. Terdapat ratusan free online kids cooking games yang seru untuk usia TK, SD, hingga dewasa. 


Secara garis besar, game online ini tentang food education games, serving eaters, food-themed games, dan brain games. Permainan ini dapat menjadi media edukasi makanan sehat, mengelola toko, juga belajar memasak.


Game online yang menarik di CulinarySchools diantaranya:

Can I Eat It?

Game sederhana untuk anak TK tentang memilah mana yang boleh dimakan dan tidak. Can I Eat It? game menunjukkan berbagai benda seperti apel, cokelat, baterai, kaca, dan sebagainya. Anak diminta memilih yes or no.



Fruit Fit

Game asyik mengenalkan nama-nama buah ke anak. Ada dua tahap yaitu belajar nama buah dan mencocokkan nama buah dengan gambarnya.



Ice Cream Bar

Kalau selama ini makan es krim, kali ini anak diminta menjadi penjual es krim yang melayani pembeli sesuai pesanan. Lama-kelamaan pembeli makin banyak yang mengantre dengan aneka pesanan yang berbeda.


Frosty Delights

Masih tentang menjadi penjual es krim namun game Frosty Delights lebih kompleks dibanding game Ice Cream Bar karena dari awal sudah ada banyak pilihan cone, rasa es krim, hingga topping. Ilustrasi es krimnya juga lebih menarik dan cute.


The Tom & Jerry Show River Recycle

Karakter kartun kucing dan tikus yang selalu ribut, Tom & Jerry, mengajak pemain untuk peduli lingkungan. Terdapat banyak sampah di sungai yang dapat membahayakan makhluk hidup. Pemain diminta mengambil sampah tersebut dengan mesin capit kemudian mendaur ulangnya menjadi barang-barang bermanfaat.

Selain games di atas, masih banyak sekali jenis game lain di situs Culinary Schools yang mudah diakses melalui PC, laptop, atau smartphone. Semuanya benar-benar gratis dan tidak perlu mengunduh aplikasi. Keasyikan bermain games jadi lupa mengeluh berpuasa, hehe.


9. Ngabuburit

Ngabuburit dengan jalan-jalan sore ke sekitar rumah atau ke taman dapat menjadi pilihan kegiatan. Suasana berbeda, tak hanya di dalam rumah, bisa untuk refreshing. Jalan santai menjadi olahraga ringan selama berpuasa.


10. Memberi semangat dan apresiasi

Sekecil apapun kemajuan anak dalam belajar puasa, beri apresiasi supaya ia semakin bersemangat belajar. Apresiasi ketika ia mudah dibangunkan saat sahur, bisa menahan diri tidak makan sampai waktu tertentu, atau sabar melihat adiknya makan.


Anak mengeluh dan merengek ketika belajar puasa? Sabar, Bu! Ajak ia melakukan berbagai kegiatan mengasyikkan, ajarkan berpuasa secara bertahap, dan jangan lupa untuk mengapresiasi prosesnya, ya.

34 comments on "10 Cara Menghadapi Anak Mengeluh Saat Puasa"
  1. Jadi inget dulu anakku juga awal2 puasa adaaaa aja alasannya utk mau batalin 🀣. Tapi ya karena memang mereka dulu aku ajarin puasa pas TK, blm wajib juga, jadi terkadang pas awal masih dimaafin kalo udah menyerah. Tapi setelah bbrp hari baru deh aku coba utk alihin sampai kuat ke target berbuka.

    Krn biar gimana, mereka ini hrs dibiasakan sejak kecil. Susaaaah kalo nyuruh anak puasa tapi di saat usianya udh gede. Ga pengen kayak temenku yg ga pernah diajarin puasa, jadinya sampe skr pun ttp aja ga puasa. Islam ktp doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya masa galau gini memang waktu TK yah. Antara ga tega tapi mau dia belajar, haha...
      benar mbak, memang anak belum wajib puasa tapi belajar itu perlu bertahap. Kalau pas akil baligh baru belajar puasa malah jadinya bisa banyak alesan >,<

      Delete
  2. Tipsnya mantabbb bgt bund

    karena memang tugas ortu mengajarkan anak latihan ibadah dgn baik ya. termasuk puasa ini juga.makasi sharingnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mbaa latihan sesuai kemampuan anak :) makasih yaa

      Delete
  3. Seruu banget kalau anak2 puasa tuh ya. Disamperin berkali2 untuk nanya, berapa menit lagih πŸ˜† kalau mereka ngeluh, aku suruh buka, minum aja atau makan haha. Tapi mereka malah bete. Ujungnya kita membahas takjil apa hari ini.
    Asyik ya kalau ada kegiatan dari komplek😍😍😍 nak anak smangat puasanya yaa

    ReplyDelete
  4. Sepakat, jangan sampai anak melakukan puasa karena paksaan, dengan pengajaran sejak dini, pasti akhirnya anak akan tertarik untuk ikut berpuasa.
    Kalau ngajak tidur siang nih, saya sering mbak. Yang ada, saya yang tidur duluan, sementara si bocah ninggalin saya dan lanjut asyik main

    ReplyDelete
  5. Seneng banget pastinya anak diajak masak bareng untuk berbuka puasa. Anak dilibatkan dalam kegiatan rumah tangga juga bisa mengedukasi agar terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat banget tips nya, all out. Intinya selaku orang tua mesti memahami situasi serta keadaan anak. Belajar berpuasa juga bisa bertahap, sesuai sama kondisi anak.Semangat membersamai anak-anak yaa πŸ˜‡ Sehat dan lancar puasanya, aamiin

    ReplyDelete
  7. Memang kadang anak suka banget nanya kapan waktunya berbuka, beberapa lama lagi? Kalau diajak main game edukasi kaya Culinary Schools memang bisa bikin anteng dan happy pastinya

    ReplyDelete
  8. Anak-anak biasanya senang nih kalau diajak belanja takjil hehehe... Atau bisa juga diajak bikin kue, camilan buka puasa. Lebih happy lagi kalau diizinkan bermain game online apalagi gratis. Game Tom & Jerry ternyata ada juga di Culinary Schools. Menariknya, mereka ga berantem ya tapi memanfaatkan sampah untuk diadur ulang. Keren!

    ReplyDelete
  9. Anak-anak tuh selalu ada saja keseruannya setiap bulan puasa ya. Kalau Kelvin setiap habis sholat Ashar pasti gak sabar dia, nanya jam melulu wakakakaaa… alhasil biasanya aku ajak main bareng.

    ReplyDelete
  10. Iya, aku suruh tdr siang
    Masuk kamar di ac yg dingin
    Tidur sampai menjelang buka
    Hehe
    Ampuh cara itu

    ReplyDelete
  11. Anak2 kalau sore ngaji jadi keluhannya agak beerkurang, lupa krn main ma temennya hehe. Biasanya lebih ke nanyain kapan jam buka tu sore, kalau pagi dan siang malah lbh aman.
    Wah game onlinenya seru2 ya,nanti aku mau cek2 juga ah buat main anak pas ngabuburit.

    ReplyDelete
  12. Anak-anak dan masanya belajar puasa tuh mashaAllaa~
    bikin orangtuanya mencari ide agar anak gak mudah bargain atau rewel.

    Aku dulu senjata andalan memang "Ayook, bobok siang yuuk.. Tidurnya orang berpuasa kan pahalaaa..." hihihi.. udahannya kalau anak sekarang bisa diajakin aktivitas yang ka Helen tulis di atas yaa.. Termasuk menyediakan waktu bersama mabar di culinaryschools.org

    ReplyDelete
  13. Game culinarry ini kayaknya bakalan cocok nih buat anak gadisku yang hobi main masak2an

    ReplyDelete
  14. Jadi ibu harus menguatkan hati dari 'rayuan' anak dengan suara rengekan plus wajah memelas, tapi sebagai ibu kita tentu memastikan kondisi anak, kalau saya biasanya ngajak istirahat sambil ngobrol hal2 menarik menurut anak. bermain game juga termasuk cara jitu megalihkan perhatian anak saat belajar berpuasa. Sekarang di Culinary Schools banyak game menarik ternyata, boleh dicoba referensikan pada ponakan ini.

    ReplyDelete
  15. Ulasannya cukup menarik, membantu untuk mendorong anak belajar berpuasa.

    ReplyDelete
  16. Saya udah mengalami deh masa-masa anak nanya melulu kapan buka puasa. Memang harus sabar juga menjawab pertanyaan yang terus berulang, ya. Pastinya harus dicarin kegiatan yang menyenangkan juga supaya anak jadi lupa sedang berpuasa. Menarik deh ini gamenya. Anak bisa betah dan tau-tau udah mendekati waktunya berbuka puasa.

    ReplyDelete
  17. Wah, Fruit Fit kayaknya game yang seru banget nih buat anak-anak. Bukan cuma asyik, tapi juga edukatif. Dua tahap belajarnya, mulai dari mengenal nama buah sampai mencocokkan nama buah dengan gambarnya. Pasti bisa bikin anak-anak jadi lebih paham tentang buah-buahan sambil main-main.

    ReplyDelete
  18. Anakku tahun ini sudah mulai belajar full puasa atas kemauannya sendiri. Walau kadang suka konyol, ngeluh laper mau makan, tapi gak mau batalin.
    Kalau udah mendekati waktu buka paling berisik menanyakan jam berapa, makanya suka aku ajak berburu takjil atau melakukan kegiatan menggambar.

    ReplyDelete
  19. Meskipun belum punya anak, tapi sepupu nih usianya bisa dibilang udah harus dikenalkan dengan puasa. Tips ini dapat diimplementasikan nih apalagi kegembiraan ngabuburit! Berguna banget!

    ReplyDelete
  20. diajak sambil bermain soal makanan dan dapur seru juga ya mbak buat si anak. jadinya semangat deh buat terus melanjutkan puasa

    ReplyDelete
  21. Paket lengkap nih. Anak-anak pasti senang berkegiatan menunggu buka.

    ReplyDelete
  22. Nyimak kenangan mbak Helena ini, jadi nyadar, akhirnya momen yang mirip bagi saya dan anak-anak sudah terlewat.
    Episode berikutnya, saling mengajak dan mengingatkan untuk segera membayar hutang puasa yang terpaksa bolong, apalagi kalau bisa lunas di bulan syawal.

    ReplyDelete
  23. Memang agak pr banget utk membimbing usia ank turut berpuasa. Nah, dengan melakukan aneka kegiatan positif dan menyenangkan pastinya bisa membuatnya mengalihkan dari rasa lapar/dahaga juga paatinya ga lupa untuk mengingatkan manfaat serta makna berpuasa

    ReplyDelete
  24. sejak kecil diajarkan puasa setidaknya mengajarkan mereka jadi terlatih yaa..

    ReplyDelete
  25. anak-anak saat belajar puasa memang pasti banyak dramanya, mulai dari yang lucu, kasihan, sampai dengan mengesalkan, tapi kita sebagai orang tua harus bijaksana menghadapinya, mereka sedang berproses dan saat mengeluh kita harus tahu harus bersikap bagaimana, dan tips di atas bagus banget mba

    ReplyDelete
  26. Poin 1 dan 2 itu penting banget ya Mba, bahkan itu jadi pondasi anak sampai besar. Memang harus dibekali ilmu dan pengetahuan tentang puasa dan jangan memaksa. Mampir sini auto dapat insight baru lagi ^^

    ReplyDelete
  27. Kadang anak merengek karena emang merasa lapar dan haus, tapi kadang mereka nggak jadi makan juga ya karena lihat orang di sekelilingnya gak ada yang makan. Yang terpenting memang memberikan edukasi manfaat puasa, tapi tidak memaksakannya.

    ReplyDelete
  28. Aku lagi mainan ini juga. Seru banget memperkenalkan dunia kuliner ke anak-anak, asalkan main gamenya tetap dikontrol ya waktunya.

    ReplyDelete
  29. Anak-anak perlu dibimbing dengan sabaaaar banget. Tapi insyaAlloh semua akan indah pada waktunya. Anak-anak bs puasa dengan lancar

    ReplyDelete
  30. Culinary Schools jadi salah satu alternatif yang bagus mengalihkan keresahan anak-anak ketika baru belajar shaum yaa.. Aku setuju siih.. Karena anak-anak ini retensinya juga pendek, jadi dibikinin list sama ka Helen yang bisa ngebantu para ortu tetap sabar dan memotivasi ananda dalam belajar beribadah.

    ReplyDelete
  31. Bagi aku sih yang tidur siang lebih ampuh hahaha. Karena sekalian memberikan waktu orang tua untuk istirahat juga.

    ReplyDelete
  32. Mengajari anak puasa memang butuh kesabaran ya. Ngajak main kayaknya yang paling ampuh biar anak2 tidak mengeluh soal puasa. Kira-kira anak umur berapa ya bisa mulai diajari puasa? Ponakanku bisa tahan gak makan atau ngemil, tapi pasti dia akan langsung protes kalau haus, jadi botol air minumnya selalu dicari2..

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,