Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Kursus Pelatihan Bahasa Inggris Creative Writing di TBI untuk Tingkatkan Skill Blogger

Sunday, January 28, 2024
Sudah 2024 nge-blog masa’ gini-gini aja? Tahun ini saya mau mencoba hal baru dengan menulis blog atau review dalam bahasa Inggris. Tulisan berbahasa Inggris dapat menjangkau pembaca yang lebih luas. Oleh karena itu, saya mengikuti  creative writing short course di The British Institute (TBI) supaya meningkatkan skill menulis. Berikut pengalaman saya kursus bahasa Inggris di TBI Pondok Indah.



Menulis Wisata Ramah Anak di Indonesia dalam Bahasa Inggris


Hobi jalan-jalan membuat saya mengenal kekayaan wisata Indonesia. Banyak tempat menarik untuk dikunjungi, terutama bersama keluarga karena saya sering traveling bersama suami dan anak-anak. Pengalaman traveling ini kerap saya tuliskan dalam blog Helenamantra maupun media sosial menggunakan bahasa Indonesia.

Kali ini, saya ingin juga menuliskan dalam bahasa Inggris supaya menjangkau audience yang lebih luas seperti wisatawan asing yang mencari tempat ramah anak di Jakarta.

Keterampilan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, sangat penting di era globalisasi plus digital seperti sekarang ini. Iya, sih, dari SD sampai kuliah pun saya sudah belajar bahasa Inggris namun karena jarang digunakan jadinya ilmu itu lama-lama menguap. *huhuhu....

Alhamdulillah, komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) bekerja sama dengan The British Institute mengadakan kursus singkat mengenai “Creative Writing” untuk para blogger. Cuss lah saya langsung mendaftar.

Pengalaman Kursus Singkat Bahasa Inggris Creative Writing di The British Institute




Creative Writing Course ini diadakan oleh TBI Pondok Indah. Saat itu saya masih di Jawa Timur karena ibu meninggal. Syukurlah kursus di TBI dilakukan secara online melalui Zoom sehingga saya dapat mengikuti kursus jarak jauh.

Kelas ini diikuti 10 peserta dari berbagai kota, antara lain Jakarta, Surabaya, Manado, dan Banjarmasin. Begini ya enaknya kelas daring bisa berjumpa teman-teman yang lokasinya berjauhan, belajar bersama di sini.

Short course yang berlangsung selama tiga hari ini membahas mengenai penulisan ulasan film, restoran, dan berita. Topiknya sangat dekat dengan hal-hal yang biasa saya tulis di blog maupun yang dijumpai sehari-hari. Gaya penulisannya juga casual sehingga mudah diterapkan ke blog ataupun media sosial.

Bagaimana rasanya kursus setelah lama tidak berhadapan dengan bahasa Inggris?

Awalnya ya grogi, hehe... masih kikuk di hari pertama. Ada rasa takut salah jika menjawab. Namun, Teh Ani Berta dari ISB mendukung kami, para peserta, untuk berani mencoba. Namanya juga belajar, kan.

Selain itu, cara belajarnya tak melulu mengisi worksheet tetapi juga bermain game, diskusi kelompok, membahas topik yang sedang hangat sehingga suasana terasa lebih cair.

Ms. Tamara dan Mr. Wiku, guru dari TBI, juga encourage para peserta untuk menjawab. Jika ada salah segera dikoreksi sehingga kami tahu bagian mana yang perlu dibenahi terutama bagian grammar.

Oh ya, Ms. Tamara lama tinggal di Inggris sehingga logatnya sangat British. Mendengar beliau berbicara serasa menonton film Harry Potter. Kursus ini melatih listening and speaking skills juga, ya.

Tantangan mengikuti kursus ini yaitu saya hanya menggunakan satu gawai untuk Zoom sekaligus mengakses materi di Google Classroom. Saya perlu bolak-balik antara dua aplikasi tersebut dan membaca tulisan di Classroom. 

Akan lebih nyaman mengikuti kelas dengan laptop/PC atau dengan dua gawai, satu untuk Zoom dan satu lagi untuk Classroom. Berhubung saat itu saya tidak sedang di rumah, tidak bawa laptop juga jadi yah berusaha seoptimal mungkin dengan sumber daya yang ada.

Tantangan berikutnya yaitu distraksi dari sekitar. Saya sempat mengikuti Zoom sambil bepergian. Kebetulan hari itu agendanya pergi dengan keluarga besar sementara saya masih ada kursus. Di perjalanan alhamdulillah sinyal lancar tetapi suara kurang terdengar karena bersaing dengan orang-orang di sekitar yang sedang mengobrol. Hehe ... begitulah tantangan kelas daring tetapi syukurlah saya bisa mengikuti selama tiga hari penuh.


Mengapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Pondok Indah?




The British Institute, dikenal dengan TBI, menjadi salah satu institusi pendidikan yang fokus pada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris sejak tahun 1984. Wow, lebih tua dari saya, nih.

Berbagai keunggulan mengikuti kursus bahasa Inggris di TBI, yaitu:

  1. TBI merupakan satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang mengantongi lisensi dari Cambridge University Press and Assessment untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).
  2. Metode pembelajaran sesuai kebutuhan siswa (student-centered learning).
  3. Memiliki tenaga pengajar asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.
  4. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau dan sepadan dengan hasil yang didapat.

Cabang TBI hadir di beberapa kota seperti Jakarta, Depok, Cibubur, Bandung, juga Malang. Jika tinggal di luar kota-kota tersebut, tak perlu khawatir karena sistem pembelajaran TBI dapat diikuti secara online. Bisa belajar daring seperti saya yang kursus di TBI Pondok Indah, kan.

Mau ikut offline learning di TBI Pondok Indah? Lokasinya strategis, dekat pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. Jadwal kelasnya beragam, dari Senin hingga Sabtu pukul 09.00- 20.30 WIB.

Info menarik, nih! TBI bakal merayakan ulang tahun ke-40 pada 18 Februari nanti. TBI memberikan banyak penawaran menarik selama 1-29 Februari 2024, diantaranya:

  1. Placement Test dan konsultasi bahasa Inggris gratis.
  2. Potongan harga khusus bahasa Inggris sebesar 18%.
  3. Lucky Dip berhadiah study and shopping voucher, merchandise, dan banyak lagi.
  4. TBI English Challenge berupa kompetisi untuk tingkat SD - kuliah di seluruh cabang TBI.
  5. Special performance, talkshow, pop-up store, d.l.l yang berlangsung selama 23-24 Februari 2024 di TBI Pondok Indah. Info pendaftaran ke https://bit.ly/TBI40AnniversaryPI

Wah, banyak banget program menarik di anniversary ke-40 TBI yang bisa kita ikuti!

Hasil dari kursus Creative Writing di TBI bakal saya terapkan di blog juga post di media sosial. Walau belum sempurna tetapi ini sebagai bentuk proses belajar membuat konten dalam bahasa Inggris.

Mau meningkatkan skill menulis dalam bahasa Inggris? Ikuti kursus bahasa Inggris di TBI aja!

TBI Pondok Indah

Telp. 021-7510020 / 085280068450
e-mail: info.pondokindah@tbi.co.id
website: www.tbi.co.id
YouTube: The British Institute
Instagram: @tbipondokindah_ dan @my.tbi
Facebook: TBI Pondok Indah

20 comments on "Kursus Pelatihan Bahasa Inggris Creative Writing di TBI untuk Tingkatkan Skill Blogger"
  1. Yeay senangnya
    Ada wajahku padahal bukan Team 1 dan menang haha
    Seru ya Mbak
    Kapan kapan janjian yuk kursus tahap selanjutnya

    ReplyDelete
  2. makin banyak ya kursus - kursus dan self-development program yang bisa dimanfaatkan oleh kita mba. Semoga manfaatnya bisa langsung terasa

    ReplyDelete
  3. Merasakan banget bagaimana ikut kelas atau webinar melalui ponsel saat bepergian. Kalau gak kendala sinyal atau jaringan, ya direcoki pasukan... Hehe...
    Tapi tetap bertahan ya saking pentingnya itu ikut kursus bahasa Inggris di TBI. Demi meningkatkan kualitas blogger yang disandang

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sharing infonya mba.. Memang menarik ya kursus ini..sayang jauh euy..padahal keponakan ku juga lagi butuh kursus simgkat begini sepertinya..

    ReplyDelete
  5. Aku pengen juga nih bisa nulis artikel di blog dengan menggunakan Bahasa Inggris. Aku dulu pas masih SMP - SMK rajin banget ikut les dan kursus Bahasa Inggris di saat temen-temenku jarang banget yang minat untuk les Bahasa Inggris. Cuma aku dan beberapa temenku aja yang paling semangat ikut les dan kursus Bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  6. Kalau melihat jaman now, memang sebisa mungkin belajar bahasa Inggris sih ya, karena biar makin banyak peluang juga buat raih cuan with write in English

    ReplyDelete
  7. Belajar itu penting sampai akhir hayat. Belajar bahasa inggris selain skill tambah juga bisa ngajarin anak dengan conversation saat bersama anak.

    ReplyDelete
  8. Udah lama denger tentang TBI, hanya masih maju mundur mau ikutan kursus Creative Writing di sana. Ya itu, grogi karena udah lama banget gak pake bahasa Inggris hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya juga sudah lama nggak nulis blog dalam bahasa Inggris. Udah banyak malesnya deh sekarang huhu. Padahal kalau blog ditulis dalam bahasa Inggris juga bisa nambah pengunjung dari negara lain.

    ReplyDelete
  10. Aku juga pernah nih ikutan Kursus Bahasa Inggris di TBI.
    Tapi waktu itu TBI Malang.

    Dan kesanku juga semenyenangkan itu yaa.. belajar bahasa tuh. Bukan hanya kita kembali disegarkan dengan tema-tema di luar kebiasaan menulis kita, tapi juga teachernya memberi encouragement. Sehingga kita, sebagai siswa terus mau memberikan yang terbaik versi kita. Gak cuma ini, bahasa inggrisnya ini. Tapi ada tamabahan yang bikin pembaca penasaran dengan tulisan yang kita buat. Memuaskan banget.

    ReplyDelete
  11. Keren banget ini pelatihannya bisa meningkatkan skill kita, sayangnya di kampung aq gak ad event seperti ini huhu, ada versi online nya TBI gak bund?

    ReplyDelete
  12. Kira-kira nulis bahasa inggrisnya bikin blog khusus atau tetap di blog ini. Keren sih pasti karena bisa memperluas jangkauan pembaca. Belajar bahasa memang harus terus dilatih.

    ReplyDelete
  13. Syukurlah kursus bahasa Inggris TBI bisa dinikmati secara online!

    Btw,
    Aku juga pernah ikut sesi mengajar bahasa Inggris di klub My English Club Balikpapan, menggunakan kurikulum Cambridge, sangat menyenangkan!

    Bertambah lagi deh referensi untuk kursus bahasa Inggris!

    ReplyDelete
  14. Wah, boleh nih dikepoin lebih lanjut kursus bahasa Inggris di TBI. Ternyata cabangnya banyak ya ga hanya di Pondok Indah. Setahu aku ada mbak Tya beauty blogger yang guru TBI di ITC Depok. Menarik banget program belajarnya. Jadi ga takut ya mengikuti kursusnya baik online maupun offline. Mantap Helena, TFS ya.

    ReplyDelete
  15. Seru banget upgrade skill lagi.. blogger tuh emang sedinamis itu yaa mba... banyak banget kemampuan yang menunjang jadi blogger, kemamphan bahasa, skill nulis, skill desain, belum lagi programing ahh mantaplah... hehe

    ReplyDelete
  16. Nyaman banget bisa belajar Bahasa Inggris via online.
    Karena bahasa itu yang utama dalam berkomunikasi.
    Ka Helena ada keinginan buat bikin blog bahasa Inggris nih.. karena materi TBI Pondok Indah keren banget, mengenai Creative Writing.

    Semangat belajar, ka Helena.

    ReplyDelete
  17. Turut berdukacita ya say Al Fatihah buat Ibunda. Aku excited mau ikut kelas TBI juga ingin menambah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris semoga bulan ini bisa ikutan. Sayangnya TBI belum ada di Semarang ya cabangnya

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah banget ya Mba Helen, jadi makin happi tingkat skill bahasa bertambah. Aku belum pernah ikutan ini mba. Jadi penasaran apaalagi biaya terjangkau ya?

    ReplyDelete
  19. Waah kelasnya sama Timtam dan Wiku ya? Seru dong pastinya. Creative writing emang pasti kepake banget buat para blogger. Kayanya bentar lagi mbak Helena bakalan bikin blog bahasa Inggris nih.

    ReplyDelete
  20. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya :D

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,