Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Pengalaman Menginap di Wisma Asri, Ragunan, Jakarta Selatan

Wednesday, January 3, 2024

Mencari penginapan murah di Ragunan, Jakarta Selatan? Simak cerita dadakan menginap di Wisma Asri, Ragunan, yang asri sesuai namanya dan serasa di rumah sendiri.


Wisma asri ragunan
Penginapan murah di Ragunan yang ramah keluarga


Gara-gara Tenda

Ini semua berawal dari gagal menyewa tenda malah jadi ke penginapan. Ceritanya, SID akan kamping di Bumi Perkemahan Ragunan. Bukan… bukan Ragunan yang kebun binatang itu tetapi di area Ragunan ternyata ada tempat perkemahan.


Saya menyanggupi akan menemani ia kemping. Ia di tenda bersama teman-temannya sementara saya dan adik akan bermalam di tenda lain.


Berhubung kami tidak memiliki peralatan berkemah maka beberapa hari sebelumnya saya mencari penyewaan tenda melalui internet. Alhamdulillah ketemu, adminnya cepat merespon, dan kami pun membuat janji temu untuk mengambil peralatan camping. 


Semua berjalan lancar hingga saat sampai di toko penyewaan alat camping di Jakarta Timur ini, tokonya tutup. Nomor WhatsApp yang biasa mudah dihubungi kali itu tidak menyaut. Chat tidak dibalas, telepon tidak diangkat. *begini rasanya di-ghosting


Sementara acara berkemah akan berlangsung esok hari. Saya bergegas mencari tempat penyewaan alat camping lainnya yang dekat dan tersedia. Sore itu saya capek, bingung, pikiran terpecah antara Uno yang mengajak main bola dengan urusan HP di tangan.


Lalu, saya teringat pesan Ayah SID. Bagaimana jika mencari penginapan di dekat Ragunan? Enggak harus menginap di tenda. Aha!


Penginapan Murah di Ragunan

Hotel murah ragunan jakarta selatan
Lantai 1 Wisma Asri terdapat meja makan dan teras


Hasil pencarian di situs OTA yang menyediakan penginapan di seputar Ragunan ternyata cukup banyak. Saya mencari penginapan yang lokasinya dekat Bumi Perkemahan Ragunan, kalau bisa jalan kaki, penginapan syariah (bawa anak kecil, paling aman menginap di hotel/hostel syariah), dan harganya 300 ribu ke bawah.


Alhamdulillah sebelum maghrib saya menemukan penginapan bernama Wisma Asri. Ulasannya bagus dan lokasinya di perumahan searah dengan tempat camping. Adminnya pun cepat menjawab berbagai pertanyaan seputar harga dan fasilitas.


Baca juga cerita Berkemah di Bumi Perkemahan Ragunan


Menginap di Wisma Asri, Ragunan


Sampai di Wisma Asri, kami disambut lelaki berkulit putih berambut ikal. Pak Iwan, penjaga di sana, mengantarkan kami ke lantai 2 dan menunjukkan kamar tempat kami menginap. 


Wisma Asri sesuai seperti namanya, tampak asri dengan aneka tanaman hias dan pohon besar yang meneduhkan halaman depan. Sampai ke arah anak tangga di bagian samping pun berjejer pot-pot tanaman. Suasananya sangat sejuk.

Wisma asri ragunan
Tempat parkir yang asri


Oh ya, dahulunya penginapan ini bernama Wisma 66 namun sudah berganti menjadi Wisma Asri. Barangkali pernah dengar?


Halamannya cukup untuk empat mobil dan belasan motor. Banyak motor terparkir di sana saat siang maupun malam. Mungkin Wisma Asri ini digunakan untuk kos juga, ya, selain penginapan harian.

Hostel murah ragunan
Kamar untuk dua orang


Kamar


Kami menginap di kamar ber-AC untuk dua orang. Di dalamnya tersedia dua kasur single bed, bantal, guling, juga selimut. Terdapat sebuah lemari dua pintu setinggi sekitar 1,5 meter.


Kamar ini dilengkapi kamar mandi dalam dengan toilet duduk, dua kran air, ember, gayung, dan gantungan pakaian. Perlengkapan mandi kami bawa sendiri. 


Di depan kamar terdapat balkon dengan kursi untuk bersantai sambil ngopi atau ngeteh. 


Fasilitas


Nah, ngomongin minuman, tamu menginap di sini gratis mendapat kopi, teh, dan air mineral (Pristine) yang bisa diakses secara self-service di meja makan. Bangun tidur butuh kopi? Berjalan menuju meja makan lalu racik kopimu sendiri. Berasa di rumah, kan?


Saya sempat menengok lorong-lorong kamar lain. Di sini saya menemukan mushola di dekat tangga dan area jemuran yang cukup luas di lantai 2.


Jika mau memesan sarapan, bisa request ke penjaganya dengan tambahan biaya sekitar 20 ribu per porsi.

Hotel dekat pusdiklat PLN Ragunan
Self-service membuat minuman


Harga


Biaya penginapan di Wisma Asri Ragunan yaitu Rp 200.000,00/malam untuk kamar berkapasitas dua orang. Ada juga kamar untuk satu orang dengan harga Rp 150.000,00.


Harga segitu menurut saya worth it dengan kamar bersih, ber-AC, dan lokasinya tak jauh dari jalan raya.


Lokasi Wisma Asri


Menginap di Wisma Asri patut saya syukuri. Kamarnya bersih, Pak Iwan ramah, dan lokasinya dekat dengan tempat camping


Alhamdulillah bisa mendapat penginapan yang strategis di Ragunan, dekat dengan bumi perkemahan. Jarak dari Wisma Asri ke Buper sekitar 700 meter. Kalau di peta butuh waktu 10 menit berjalan kaki tetapi pengalaman saya berjalan dengan anak kecil butuh waktu 20 menit, termasuk mampir beli jajan di warung. Hehe….


Oh ya, saat membuat kopi di meja makan terdengar suara ramai dari bangunan sebelah, SMP Negeri 41 Jakarta. Wisma Asri juga terletak dekat masjid. Alhamdulillah jadi enak ada alarm buat bangun salat subuh.


Buat yang mencari penginapan tipe hostel atau sekadar bermalam namun bersih dan ramah keluarga, bisa menginap di Wisma Asri Ragunan. Lokasinya dekat Pusdiklat PLN dan BRI Corporate University. 


Wisma Asri (Dulu Wisma 66) Ragunan, Jakarta Selatan


Jl. Villa Ragunan No.66 7, RT.7/RW.4, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550


Kontak: Iwan 0852-1587-3007


25 comments on "Pengalaman Menginap di Wisma Asri, Ragunan, Jakarta Selatan"
  1. Alhamdulillah nemu tempat menginap yang homy banget, ya. Lokasinya pun di tengah pemukiman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini perumahan yang strategis, dekat jalan utama Ragunan, perkantoran, sekolah juga.

      Delete
  2. Iiiih, kok aku jadi ikutan kesel deh sama toko sewa tendanya yang tiba-tiba tutup nggak ada kabar. Huh. Untungnya bisa ketemu Wisma Asri Ragunan, ya, Mbak. Tempatnya bersih dan nyaman, harganya terjangkau sekali, dapat minuman gratis pula. Lokasinya pun nggak terlalu jauh dari tempat camping, jadi aksesnya gampang kalau mau nengokin SID yang sedang berkemah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak...pengalaman menginap di hostel yang bersih dan ramah keluarga. Biasanya hostel kan enggak mau ada anak kecil yah. Kami juga gampang jenguk SID saat camping.

      Delete
  3. Cukup terjangkau ya, kalau buat keluarga kecil bisa sewa 2 kamar ga sih ini. Apalagi yang terpenting kan bisa istirahat dengan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carinya hostel atau guesthouse yg penting bisa tidur, aman, dan dekat buper ragunan jadi ya alhamdulillah harga segitu. Ada juga yg sekamar isi 6 orang, lupa berapa harganya

      Delete
  4. ibuibu kena ghosting ya buuk. Alhamdulillah bisa ada solusinya.. yg terbaikkk.
    Tapi Sid nyantai kan nggak tenda2an gitu, nggak bete diaa. Jalan kaki sambil jajan, kok ndak ada jajanannya kan aku mauuuu lihat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh SID tetap berkemah dg teman-temannya. Tenda peserta camping udah diurus panitia.
      Yang ini aku cari tenda buat pribadi karena ceritanya kan menemani anak. Eh malah kena ghosting.

      Delete
  5. Wowwww, murah nih 200K per malam buat 2 orang. Oke banget buat nginep ceria2 bahagia deket tempat kemping bocil hihihi. Cukup bagus fasilitasnya kok. Zaman dulu acara Pramuka dan lainnya juga sering diadakan di sana. Ternyata sekarang pun masih digunakan ya. Yang nyebelin tuh toko online-nya kenapa menggantungkan customer ya hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh udah lama yah acara pramuka di sini. Aku baru tahu ada bumi perkemahan ragunan, hahaha. Tempatnya dekat banget halte busway, asik buat jogging pula

      Delete
  6. Tapi benar deh, waktu baca judulnya tadi aku mikir "oh sekarang di kebun binatang ada penginapan juga" ternyata daerah Ragunan ya mak. Kesel juga memang dighosting ya, padahal seru kalau jadi camping bareng . Untung ada Wisma Asri ini ya, jadi tetap bisa menemani walau beda lokasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah kan kupikir berkemah di bonbin, seru seru ngeri hahaha

      Delete
  7. Kayanya pernah denger tentang tempat ini, ternyata cukup bersih juga. Lumayan lha ya..minimal ga gagal total rencananya. Biaya penginapannya juga msh terbilang terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku tetap bisa camping dan aku bisa menemani sampai malam trus aku tidur di penginapan. Anakku yaa lanjut di tenda aj biar berasa campingnya. Hehehe

      Delete
  8. Alhamdulillah bisa dapat penginapan dengan harga sesuai yang diinginkan ya mba. Apalagi hanya Rp 200 ribu semalam. Kemudian juga akses mudah. Tempatnya juga nyaman dan asri

    ReplyDelete
  9. Enak ya, suasana penginapannya memang homey banget, asri, dan syariah pula...

    ReplyDelete
  10. Wah, untungnya dapat penginapa yang nyaman dan asri ya mbak
    Jadi bisa sedikit menghibur meski batal kamping
    Nyaman ya tempat menginapnya

    ReplyDelete
  11. Murah ya 200 ribu semalam. Kaget juga ternyata masih ada yang murah di Jakarta. Tapi kalo aku gak dapat sewa tenda, ya udah pulang aja lagi ke rumah karena deket wkwk. Cocok buat yang dari luar Jakarta nih.

    ReplyDelete
  12. Tempat parkirnya asri banget yah, jadi pas parkir menatap hijau - hijau gitu yah. Tempat tidurnya pun bersih dan bikin betah, harganya terjangkau pula.

    ReplyDelete
  13. Hari gini masih ada ya penginapan yang murah, asri di lokasi yang strategis? Semoga saja wisma ini banyak diketahui mereka yang mencari penginapan murah, bersih, strategis dan banyak fasilitas

    ReplyDelete
  14. Deket rumah mertua aku inii. Waktu kami nikah, kayanya mertua ngajak saudara2 nginep di sini deh. Enak ya suasananya, homey banget dan muraahh. Alhamdulillah kepanikan dan kegagalan nyewa tenda malah nemu tempat yang enak beneran :D

    ReplyDelete
  15. Rasanya seneng yaa, ka Helen.
    Liburan tipis tipis, staycation di Wisma Asri Ragunan.
    SID berani sekali menginap bersama teman-teman.. feels like anak-anak uda gak "anak-anak" lagi yaa.. Mereka bisa berinteraksi dengan teman baru dan dapet pengalaman baru dengan camping di Ragunan.

    ReplyDelete
  16. Sesuai dengan namanya ya wisma Asri, lingkungannya memang asri.
    Murah lho di Jakarta bisa dapat penginapan seharga 200 ribu dan bisa buat 2 orang, apalagi fasilitas juga lengkap, ada mushola juga

    ReplyDelete
  17. aku suka banget pemandangan dengan banyak tanaman, kelihatan asri dan tenang :D

    ReplyDelete
  18. Paling suka kalo penginapan dekat mesjid, memang ga perlu idupin alarm 😄. Udah kebangun ama azannya.

    Baguuus sih wisma nya mba. Beneran kayak rumah sendiri. aku jd inget kos ku zaman smu di medan😄. Mirip2 giti, bisa bikin minuman sendiri pas pagi.

    Ada untungnya juga dighosting ama si tenda yaa, jd bisa stay di wisma aja. Aku sih jujur lebih milih wisma ini drpd ikutan kemping 🤭

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,