Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Belajar Literasi Keuangan untuk Anak SD Sambil Main Game

Thursday, July 27, 2023
Anak minta beli ini-itu padahal sudah punya atau tergoda melihat di media sosial? Hei, memangnya uang tinggal petik di pohon?! Di sini pentingnya belajar literasi keuangan untuk anak SD. Ada banyak cara mengenalkan literasi keuangan, salah satunya lewat bermain game. Bagaimana caranya?


Literasi Keuangan untuk Anak SD


Ingatkah tahun ajaran baru sekian tahun lalu sempat ramai anak-anak minta jam merek tertentu yang bisa buat telepon? atau tas bekal dan aneka perlengkapan sekolah merek S yang hits? Kalau memang butuh dan ada dananya ya monggo dibelikan, namun bila dianggap berlebihan kan orang tuanya yang puyeng.

Supaya enggak puyeng, lebih baik mengajarkan literasi keuangan pada anak. Usia anak SD dianggap cocok belajar mengenal tentang uang, bahkan untuk anak usia dini pun boleh juga belajar literasi keuangan. Tentunya materi dan caranya disesuaikan dengan usia anak supaya tetap menyenangkan.

Masalah duit alias uang dapat menjadi tantangan bagi manusia bila tidak dapat dikelola dengan baik. Ada yang memaksakan diri mengikuti gaya hidup tak sesuai kemampuan, ada yang gali lobang tutup lobang, ada yang terkena tipu karena investasi bodong, dan beragam problematika seputar finansial.

Belajar literasi keuangan untuk anak bermanfaat sebagai bekal anak mengelola keuangan mereka dengan baik dan membuat keputusan bijak di masa yang akan datang. Dalam jangka panjang anak akan tinggal terpisah dari orang tua, bekerja, mengelola keuangannya sendiri maka sedari kecil anak perlu belajar literasi keuangan.

Ruang lingkup belajar literasi keuangan untuk anak antara lain tentang:
  • Pengertian uang
  • Memahami kebutuhan versus keinginan
  • Mengelola uang
  • Menabung
  • Belanja
  • Kredit
  • Investasi
  • Konsep inflasi
  • Lembaga keuangan (bank)
  • Waspada terhadap penipuan


Game Literasi Keuangan untuk Anak SD

Topiknya nampak berat, ya, bahkan yang sudah dewasa pun masih belajar mengelola finansialnya. Kita bisa melakukan beragam pendekatan dengan cara menyenangkan seperti mengajak anak berbelanja, berjualan di bazar, mengajak anak ke tempat kerja, membacakan buku cerita bertema literasi finansial, pretend play jual-beli, juga bermain game literasi keuangan.

Wah, main gim?

Di era digital ini anak-anak terpapar gawai sejak kecil. Daripada kita, eh saya, ngomel ke anak karena ia main HP terus lebih baik ia diajak bermain game literasi finansial yang mengandung unsur edukatif. Berikut beberapa game yang cocok untuk belajar keuangan bagi anak SD.

1. The Casagrandes Mercado Mayhem


The Casagrandes Mercado Mayhem adalah gim simulasi bertempat di grocery store alias toko kelontong. Pemain sebagai pegawai di toko tersebut yang bertugas mengambilkan barang yang akan dibeli pelanggan, mengisi kembali stok barang yang habis, dan membersihkan area toko.

Menariknya, game ini menggunakan tokoh film kartun Nickelodeon yaitu The Casagrandes. Ada Ronnie Anne yang siap mengambil barang-barang pesanan dan Bobby yang membersihkan toko serta mengisi rak.

Tantangan bermain gim The Casagrandes Mercado Mayhem harus bergantian menyelesaikan tugas, antara Ronnie Anne dan Bobby. Keduanya tidak bisa mengerjakan tugas bersamaan. Di sini kita harus memutuskan mau memberi kerja ke Bobby atau Ronnie Anne dahulu dengan melihat mana yang lebih mendesak.Ingat, pelanggan tidak suka lama menunggu.

Bila lupa barang apa saja yang ada di shopping list pelanggan, arahkan Ronnie Anne ke rak. Nantinya barang tersebut akan bergerak zoom in, zoom out bila didekati.

2. Cooking Street


Cooking Street adalah gim simulasi di mana pemain berjualan di restoran steak. Di sini pelanggan datang, memesan steak, camilan, dan minuman. Pemain harus segera memasak dan menyajikan pesanan sebelum pelanggan pergi karena terlalu lama menunggu.

Tantangannya yaitu waktunya singkat, hanya beberapa detik untuk melayani setiap pelanggan. Selain itu, memasak steak perlu dilihat kematangannya. Jangan sampai gosong atau harus mengulang memasak dari awal. Tips-nya, siapkan setidaknya satu steak dan satu minuman untuk berjaga-jaga supaya cepat dapat menyajikan makanan.

Bagi anak yang kurang sabar dalam meminta sesuatu, harus segera dituruti, permainan Cooking Street dapat menjadi media refleksi. Segalanya butuh proses seperti memasak, mengumpulkan uang untuk menambah kapasitas restoran. Semoga melalui gim ini anak lebih belajar menghargai waktu dan usaha orang tua, ya.

3. Cash Back


Game Cash Back menjadi media belajar menghitung kembalian yang tepat untuk pelanggan. Ada tiga level yang dapat dipilih yaitu easy, medium, dan hard. Easy level dengan total belanja dua digit tanpa sen; medium level dengan total belanja masih di bawah $100 dan sen, sementara hard level dengan total belanja $100 - 999 dan sen.

Untuk anak SD seperti SID yang masih belajar tambah kurang level awal, dapat memilih level easy. Contohnya ada pelanggan membeli pensil $2 lalu ia membayar dengan $5 maka berapa kembalian yang harus diberikan? Soal disajikan dalam bentuk cerita sehingga perlu pemahaman dari anak sebelum menjawab.

Tantangan gim Cash Back adalah mata uang dollar dengan sen (desimal) yang berbeda dari rupiah. Kita bisa memilih supaya jumlah kembalian tertera pada soal sehingga tugas anak mengambil uang kembalian dengan tepat.

Itulah tiga game literasi keuangan yang cocok dimainkan untuk anak SD. Game ini mudah dimainkan secara online, tanpa perlu mengunduh aplikasi di smartphone. Cukup buka browser dari HP, tablet, PC, atau laptop yang tersambung ke internet lalu buka https://www.mortgagecalculator.org/money-games/.

Tak hanya tiga game tapi puluhan money games tersedia di situs tersebut bahkan ada game simulasi bisnis, bitcoin, juga coding. Semuanya gratis! Tidak perlu mendaftar/sign up untuk memainkannya. Asyik, kan!

Belajar literasi keuangan untuk anak SD dapat dilakukan sambil bermain gim. Bisa, lho, main game bareng anak atau gantian di tiap levelnya. Lalu, berdiskusi membahas hikmah dari gim tersebut. Jangan lupa memandu anak supaya bijak menggunakan gawai dan mengelola screen time-nya.

Pernah mainkan gim di atas atau punya rekomendasi gim seputar financial literacy for kids?
23 comments on "Belajar Literasi Keuangan untuk Anak SD Sambil Main Game"
  1. Website money game satu ini emang cakep sih. Aku ada ngajak anak mainan di sana juga. Ada banyak pilihan buat ngelatih mereka mengenal keuangan dengan cara seru.

    ReplyDelete
  2. Belajar asyik dengan main memang ya ibuuu Sid. Banyak banget gim yg bisa dimainkan, anak2 pasti demen nih.

    Poin membedakan kebutuhan dan keinginan, adik paling kecil nih yg sedang di tahap ini. Kalau no.2 perlahan udah mulai membaik. Aku kasih 2 celengan. Yg satu bisa dibuka per minggu, yg satu lagi tabungan harus penuh dulu.. dia merasakan asyik nabung. Kalau nggak gitu, hmm, minta ke bang tompel(kang mainan) mulušŸ¤£

    ReplyDelete
  3. Ahh, jaman sekarang tuh kreatif banget yaa , anak2 pun udah mulai dikenalkan dengan literasi keuangan dalam bentuk main games, jadi secara tidak langsung memperkenalkan secara dini seputar keuangan itu sendiri.
    Dan peran orang tua penting pisan juga nih, dengan bahasa yang ringan menyampaikannya.

    ReplyDelete
  4. Nah ini nih yang bagus ya, game menghibur yang sekaligus juga mengedukasi anak-anak untuk bisa mengatur keuangan sejak kecil. Mau nyoba ah untuk anak-anak, siapa tahu suka. Dulu pernah mereka main game pengusaha kafe gitu. Sama ada ngatur-ngatur keuangan. Dan mereka suka juga.

    ReplyDelete
  5. Wah terimakasih mak rekomendasi game nya, cocok jadi game edukasi buat anak-anak ini, nanti mau dicoba deh siapa tahu anak suka. Mengajarkan anak untuk management keuangan sejak dini.

    ReplyDelete
  6. Lho.. lho.. lho.. baru aja nih Alisha anakku yg TK main Cooking Street. Pas lihat dia belanja ini itu terus dibayar pake uang dll, aku biarin deh. Main game bagus juga sih, tapi buatku dia (game itu) memang kayak pisau bermata ganda, kudu pintar-pintar menyikapinya.

    ReplyDelete
  7. Saya juga udah pernah main Cash Back, Mbak. Seru juga ya, harus teliti dan cepat berhitungnya. Pemainnya jadi bisa belajar keuangan.
    Selain itu saya juga main game seru lainnya seperti Ice Cream Bar dan Flower Shop. Jadi berasa jualan es krim dan bunga hehehe

    ReplyDelete
  8. Boleh nih aku listnya rekomendasikan buat anak-anak di rumah, nanti akhir pekanlah, kita coba mainkan bersama anak-anak, terima kasih ya Mba ulasannya

    ReplyDelete
  9. anakku yang SMP aja masih suka bingung sama nominal uang, jadi memang penting ya literasi keuangan sejak dini untuk anak

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah main game di mortage calculator mbak, menarik nih membaca reviewnya di sini. Main game, tapi sekaligus mengajarkan keuangan pada anak.

    ReplyDelete
  11. Keren dan seru-seru banget nih gamenya... Anak-anak jadi bisa bermain sambil belajar bisnis dan mengelola keuangan...

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang belajar keuangan bisa asyik dengan main game. Anaknya gak merasa belajar deh, tapi bisa paham soal keuangan. Kapan-kapan coba main juga deh

    ReplyDelete
  13. Ih anakku pasti demen banget ini belajar literasi keuangan dengan games, secara kalau kita lagi belajar bareng tuh suka kayak Tom & Jerry gitulah. Coba ah nanti ajakin main gini juga, siapa tau dia tertarik.

    ReplyDelete
  14. kalau begini anak bakal happy, bisa main gim sekalian belajar literasi keuangan sejak dini. Apalagi game mortgage calculator seru dan mudah tanpa perlu unduh aplikasi, main berdua emak syik pula..emak bahagia juga jadinya

    ReplyDelete
  15. literasi finansial memang penting banget untuk diajarkan sejak dini ke anak ya mak
    sekarang udah semakin banyak metode permainan menyenangkan
    anak-anak jadi melek finansial,

    ReplyDelete
  16. Kemampuan literasi keuangan itu penting untuk diajarkan ya mbak
    Apalagi kalau bisa belajar dengan bermain game seperti ini

    ReplyDelete
  17. Anak2 zaman sekarang belajar literasi keuangan salah satunya bisa dari game2 gitu ya. Anak2 suka game yang jadi penjual kedai2 gtu trus dapat uang berapa2. Yg kyk toko kelontong gitu belum kenal sih, kyknya seru juga nih buat dikenalin.

    ReplyDelete
  18. Makasih mak helena aku jadi tahu ada games yang rekomended mengajak anak2 untuk belajar keuangan, sebelumnya aku gaktau.

    ReplyDelete
  19. Ternyata lingkup belajar keuangan itu luas dan mendalam juga yaa.. Meskipun masih SD, kudu diberi sedikit demi sedikit pemahaman mengenai konsep uang. Dengan bermain Game Literasi Keuangan untuk Anak SD di mortgagecalculator.org, maka konsep ini sedikit demi sedikit bisa memberikan pemahaman bagi anak SD dengan bahasa yang mudah dipahami.

    ReplyDelete
  20. terbantu banget dengan adanya game literasi ini mendekatkan anak kepada esensi dasar keuangan itu apa sehingga lebih mudah untuk mengatur keuangannya nanti

    ReplyDelete
  21. mengajarkan literasi keuangan dengan cara menyenangkan win-win solution buat ortu and anak, ngajarin literasi keuangan tanpa ngerepet anak anakpun suka main game

    ReplyDelete
  22. Bagus ya gimnya, tak sekadar menghibur anak dengan permainan seru tapi juga menambah wawasan anak tentang literasi keuangan, lebih mengerti tentang uang dan transaksi jual beli ya

    ReplyDelete
  23. Pas dan cocok ini buat anak aku,nanti pulang sekolah bisa lgsg sodorin daripada main game genre Fps. Tapi tetap ya,kudu seimbang nge-game sama belajar :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,