Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

5 Ide Family Project Membuat Ramadan Semakin Berkah

Tuesday, March 21, 2023
Marhaban ya Ramadan, bulan penuh rahmat. Alhamdulillah Allah pertemukan kita kembali dengan bulan suci ini. Menyambut bulan Ramadan banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan bersama keluarga dengan membuat proyek keluarga (family project). Berikut ide family project yang dapat dicoba selama Ramadan dengan bantuan jaringan internet cepat.
jaringan internet cepat
ramadan family project

Mengapa Ramadan Family Project?


Setiap kali menyambut Ramadan biasanya saya hanya membuat target individu, mau membaca Alquran seberapa banyak, menambah hafalan, bersedekah, dan semacamnya. Kali ini muncul ide kegiatan Ramadan tak hanya untuk individu tetapi melibatkan seluruh keluarga. Yap, membuat proyek keluarga bertema Ramadan sepertinya menarik.

Sebenarnya Ramadan tahun lalu saya dan anak-anak sempat membuat proyek bersama yaitu mengajar art & craft di TPQ masjid dekat rumah. Kegiatan TPQ yang biasanya seputar mengaji dan hafalan doa-doa menjadi lebih berwarna karena anak-anak bersama orang tua membuat prakarya bertemakan hewan-hewan dalam Alquran. Ide prakarya ini simple, hasil mencari di situs pakai jaringan internet cepat.

Family project tahun ini mau melibatkan seluruh anggota keluarga, Ayah SID diajak juga, dong. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama dengan anggota keluarga juga membawa berkah bagi orang lain di sekitar kami.

Family Project di Bulan Ramadan


Ada berbagai ide family project bermunculan, mau eksekusi yang mana bisa disesuaikan dengan sumber daya yang tiap keluarga miliki. Berikut beberapa family project yang bisa dicoba selama bulan Ramadan.

Decluttering


Rumah terasa penuh namun masih tergoda ingin belanja ini itu, heu … saatnya melakukan decluttering. Decluttering merupakan kegiatan memilah barang-barang di rumah, mana yang penting dan masih terpakai, mana yang tidak. Pakaian, buku, mainan, sepatu, peralatan dapur, alat olahraga, dan sebagainya dapat dipilah bersama keluarga.

Pisahkan barang-barang yang sudah rusak untuk dibuang atau di daur ulang. Barang-barang yang masih layak pakai bisa didonasikan ke pihak yang membutuhkan.



Membuat hiasan bertema Ramadan


Supaya suasana Ramadhan semakin terasa di rumah, proyek keluarga dapat membuat dekorasi bertema Ramadan. Bahan-bahannya memanfaatkan hasil decluttering, pakai barang bekas.

Banyak ide dekorasi menarik menggunakan barang bekas seperti gelas plastik, kardus bekas, juga kaleng bekas. Coba deh, googling “hiasan bertema Ramadan” menggunakan jaringan internet cepat.

Membuat kalender amal baik Ramadanku


Membangun kebiasaan baik membutuhkan proses. Ramadan menjadi momen yang tepat memulainya dengan membuat habit tracker berupa kalender amal baik Ramadanku.

Habit tracker ini berbentuk ceklis yang diisi harian dengan poin-poin seperti puasa, salat, membaca Alquran, bersedekah, berbuat baik, murojaah, dan sebagainya sesuai kebiasaan yang mau dibangun.

Dalam Islam diajarkan untuk fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Masing-masing anggota keluarga membuat habit tracker ini, poin-poinnya maksimal 5 saja supaya terasa ringan menjalaninya.

Rayakan keberhasilan kecil setiap minggunya jika berhasil mengerjakan amal baik tersebut. Setelah Ramadan proyek ini dapat terus dilanjutkan dengan menambah kebiasaan baik baru.



Memasak bersama


Salah satu hal yang perlu dipersiapkan di awal Ramadan yaitu menyusun menu sahur dan buka. Tanpa rencana menu, ibu seringkali kebingungan mau memasak apa. Saat sudah memasak ternyata menunya tidak cocok dengan anggota keluarga lain.

Proyek keluarga selama Ramadan dapat membahas bersama menu sahur, takjil, dan buka puasa apa yang akan disajikan. Hal ini akan memudahkan saat proses belanja dan food preparation. Anak-anak yang masih belajar berpuasa juga menjadi bersemangat karena menu masakan kesukaannya tersaji.

Selain itu, family project Ramadan dapat melibatkan keluarga untuk memasak bersama menyiapkan menu buka puasa. Biasanya, nih, kalau kegiatan masak-memasak SID akan mengajak teman-temannya. Memasak bersama semakin meriah apalagi menikmati hasil masakan saat buka puasa nanti.

Beberapa menu takjil buka puasa yang mudah dibuat seperti kolak biji salak, es pisang ijo, es semangka, puding labu kuning, juga es buko pandan. Untuk cara membuatnya dapat mencari resep di YouTube mengandalkan jaringan internet cepat.



Berbagi takjil


Indahnya kebersamaan di bulan Ramadan makin terasa tak hanya dinikmati dalam keluarga. Hasil memasak bersama membuat takjil dapat dibagikan ke tetangga, masjid, ataupun lingkungan sekitar. Di depan gerbang tempat kami tinggal biasanya banyak sopir ojek menunggu penumpang. Takjil dapat dibagikan ke para sopir ojek juga.




jaringan internet cepat indihome

Itulah lima ide family project selama Ramadan untuk mengisi bulan penuh berkah. Melibatkan anggota keluarga menyambut Ramadan dapat menularkan semangat menjalani ibadah di bulan suci ini untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dalam mencari ide kegiatan proyek keluarga semakin mudah menggunakan jaringan internet cepat. Karena melalui jaringan yang ada, semisal IndiHome yang kami pakai di rumah, segala informasi penting didapat. Termasuk mencari ide-ide segar. Enggak bakal bingung lagi, deh, browsing resep masakan menu sahur dan buka puasa pakai internet provider dari Telkom Indonesia ini. Mau mencari printable habit tracker atau dekorasi Ramadan pun gampang.

Punya rencana kegiatan bersama keluarga dalam bulan Ramadhan? Sharing, yuk, Ramadan Family Project versi keluargamu!
36 comments on "5 Ide Family Project Membuat Ramadan Semakin Berkah"
  1. Tadi dibantuin ugo bikin teh manis yagitu dah, gulanye kmane2 🤣
    Abisan kakak ke2 tidur udah skak mat mau maghrib lemas. Ugo gada temen
    Nah decluttering bisa jadi ide menarik nih ya ibuuk. Sekalian juga kan baju balu 1 keluar jg 1 dari lemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii ...Ugo makasih yaa udah bantuin maming.
      puasa awal gini challenging, masih adaptasi buat semua
      semangaaat!

      Delete
  2. Ramadhan tahun ini niatnya mau decluttering mbak, baju anak-anak udah banyak yang nggak muat lagi di badan, mau di pilah-pilah.
    Selain itu juga buat daftar chek list kegiatan harian juga

    ReplyDelete
  3. Hi mb helena..selamat menjalankan ibadah puasa bersama sid, uno, dan suami tercinta. Semoga puasanya lancar dan berkah. Dan ramadhan projectnya juga bisa terlaksana dengan baiiik.

    Hhhm..decluttering..ruanhan jadi legaa. Lebaran jd nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiii Mbak Lisdha!
      iya nih supaya rumah terasa lebih lega. Kebanyakan barang jadi penuh fisik dan pikiran.

      Delete
  4. Aku sama anak-anak juga lagi dapet jadwal berbagi takjil kan dari perumahan. Jadi kami mau bikin es kuwut bareng, ntar dikirim ke masjid kalau deket waktu berbuka. Seruu emang. Resepnya bisa nyari pake jaringan internet cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seger banget es kuwut.
      kemarin anakku coba buat juga loh. Senang yaa melibatkan anak-anak menyambut Ramadan.

      Delete
  5. Bagus banget nih program atau ide family projectnya. Bisa dicoba nih. Saya udah lama nggak decluttering baju anak. Beberes lagi ah. Masak bareng, nyiapin takjil bareng juga bikin kalender aktivitas ramadan ini udah saya lakuin juga kemarin

    ReplyDelete
  6. Mama biasanya ajak decluttering pas deket2 lebaran. Sekalian bersih2 rumah maksudnya. Yg udah rusak dan gak kepake bisa dibuang atau disumbangin ke orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan baik dari mama nih, decluttering supaya barang-barang di rumah benar-benar useful

      Delete
  7. Membuat hiasan ramadan kemarin sudah dicoba nih, kebetulan pas ada lomba juga dari sekolah. Saat puasa pertama ada kegiatan anak membuat hiasan ramadan, langsunglah eksekusi sekalian buat ngabuburit juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sekalian yah ada lonba dari sekolah membuat rumah makin semarak ramadan.

      Delete
  8. Mba Helena, jadi ada ide nih buatku untuk buat kalender kebaikan. Tapi ini lebih memotivasi untuk berbuat baik. Btw semua jadi terbantu ya berkat adanya IndiHome ini

    ReplyDelete
  9. Nomor satu udaaah decluttering pokoknya beberes dan rasanya nyaman banget apalagi kalau aktivitasnya seringnya di rumah, suka liat rumah lbh rapi :D
    Kalau menghias2 kmrn paling cuma bikin tabel puasa, biar semangat para bocil yang puasa di rumah :D
    Kalau yg tracker, udah dikasi buku ma guru TPA jd pakai itu aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah alhamdulillah, semangat berpuasa yaa buat Maxy dan Dema!

      Delete
  10. Suamiku tuh paliiiing rajin ngajakin anak-anaknya ke dapur.
    Jadi beneran ngerasa terbantu sekali karena akunya hobi bebikinan kreasi. Hehhe, seneng bulan Ramadan disambut dengan penuh kegembiraan dan semoga 11 bulan berikutnya tetap bisa berkegiatan yang baik bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pak suami ternyata suka otak-atik di dapur yaa dan melibatkan anak-anak.
      alhamdulillah, semoga jadi semangat menjalankan ibadah trus lanjuuut bulan bulan berikutnya. Aamiin.

      Delete
  11. Kegiatannya bagus mba helenaa....kalau kami pas banget awal ramadhan anak2 libur seminggu jd banyak rehat aja dulu krn sebelumnya sibuk, ramadhan awal2 spt biasa kejar setoran ngaji dan banyak leha2 dirumah ga kemana2 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya mbak.
      mumpung masih semangat bisa digeberrrr ibadahnya :)

      Delete
  12. Seru juga yaide family project selama Ramadan ini. Pengen juga buat karena selama ini juga bikin target individu aja. Sayang belum bisa karena Keponakan ada kegiatan sendiri sih

    ReplyDelete
  13. Wah seru nih decluttering sekeluarga. Nggak cuma buat ngabisin waktu selama Ramadan, tapi bonusnya bisa bikin rumah makin bersih dan rapi juga yaaa.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa trus bisa donasi juga ke yang membutuhkan

      Delete
  14. Ah iya, kalau punya family project Ramadan akan semakin seru ya mbak
    Kalau aku buat hiasan Ramadan dan membuat pohon literasi sirah Nabi saat Ramadan

    ReplyDelete
  15. Ah iya, kalau punya family project Ramadan akan semakin seru ya mbak
    Kalau aku buat hiasan Ramadan dan membuat pohon literasi sirah Nabi saat Ramadan

    ReplyDelete
  16. Bagian declutteringnya berasa aku banget. Hahaha... ada niat mau pilah pilah baju yang dah menuhin lemari, tapi belum sempet juga neh.

    ReplyDelete
  17. Memang di bulan ramadhan dengan banyak kegiatan anak jadi gak kerasa lapar dan banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lapar tetap sih mba, hehe, tapi bisa teralihkan dengan beragam kegiatan

      Delete
  18. Ramadhan tahun ini tuh pengen decluttering perkakas di rumah, perasaan banyak yang udah gak kepakai. Kalau bikin kegiatan sama anak, memang butuh bahan bisa cari diinternet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak, yok decluttering sama anak-anak. Have fun!

      Delete
  19. iyaaaa mbak yok decluttering sama anak anak . have fun

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,