Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Gratis! Kumpulan Printable Worksheet Tema Ramadan untuk Anak dan Keluarga

Sunday, March 19, 2023

Marhaban Ya Ramadan! Alhamdulillah bulan suci Ramadan 1444 H sebentar lagi datang. Adakah yang mencari printable worksheet untuk mengisi bulan Ramadhan supaya anak-anak makin semangat ibadah? Di sini ada kumpulan free printable worksheet tema Ramadan. Yes, it's FREE! 

bahan ajar tema Ramadhan gratis!


Free Printable Worksheet Ramadan

Sebagai ibu yang anaknya sedang belajar puasa, saya mencari berbagai kegiatan dengan tema Ramadan. Contohnya ibadah tracker, ide kegiatan Ramadan, dan dekorasi tema Ramadan. 


Awalnya mau menyusun sendiri, desain pakai Canva sederhana aja tapi... kok banyak yang berbagi free printable Ramadan bahkan sampai kegiatan selama 30 hari. Mari kita pakai saja supaya bermanfaat. Ya kan.


Oh ya, sebelum itu harap perhatikan penggunaan tiap worksheet ya. Ada yang khusus pemakaian pribadi, ada yang bisa untuk umum. Harap tidak memperjualbelikan free worksheet ini. Lebih baik dibagikan dengan menyertakan sumbernya supaya lebih berkah.


Inilah kumpulan printable gratis tema Ramadan yang kami pakai di rumah:


1. KiFaGa

Printable pertama dari KiFaGa berupa dekorasi Ramadan seperti bunting flag, kalender 30 aktivitas Ramadan (plus template stiker), lembar tilawah, dan murojaah tracker.


Dengan menggunakan bunting flag yang tinggal dicetak, gunting, tempel jadilah rumah bernuansa Ramadan. Pilihan aktivitas ramadannya juga seru, bisa jadi challenge harian anak untuk melaksanakannya setiap hari.


FYI, KiFaGa merupakan komunitas yang menguatkan peran keluarga. KiFaGa sudah beberapa kali meluncurkan karya produk board game dan card game. Saya punya salah satunya.


Dalam situsnya, kifaga.com disebutkan:

"Kami mengajak setiap keluarga bergerak bersama untuk menguatkan keluarga sebagai pilar utama generasi masa depan, melalui pendekatan aktivitas yang penuh semangat, kehangatan dan kebersamaan."


Tertarik mendapatkan free printable worksheet dari KiFaGa? Follow instagram @kifaga_id dan unduh free printable Kifaga di sini


Baca juga: nature walk worksheet bahasa Indonesia


2. Qur'an Based Play


Qur'an Based Play merupakan platform yang diinisiasi Karlina Listra. Kegiatan di QBP ini selalu dikaitkan dengan Alquran. Masya Allah ... Alquran memang menjadi panduan utama bagi muslim, termasuk dalam bermain dan beraktivitas dengan anak.


Saya pernah mengikuti kelas kulwapp Qur'an Based Play. Ternyata tidak serumit yang dibayangkan untuk mencari ide bermain based on Alquran. Aktivitasnya bisa sangat dekat dengan keseharian anak-anak, mumpung masih anak usia dini di mana fitrah keimanannya sangat penting dipantik.


Ramadan kali ini, QBP menyediakan ide kegiatan selama 4 pekan secara gratis. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa tema yang kalau dibuat akronim menjadi me-ji-ku-hi-bi-ni-u. Apa hayo?


Kalaupun tidak cocok dengan ide kegiatan tersebut, di sini kita diberi panduan untuk menyusun kegiatan sendiri. Tentunya kegiatan tersebut dilandaskan pada Alquran.


Bagaimana mendapatkannya? Follow instagram @quranbasedplay, klik link di bio menuju ke Telegram QBP. File kegiatan bisa ditemukan di sana.


Baca juga: Update Terbaru Obat Sirup yang Aman untuk Anak


3. Twinkl

Situs Twinkl.co.id menjadi jujugan saya ketika mencari worksheet untuk proses homeschooling. Di sana ada worksheet yang free maupun premium dari berbagai tahapan kelas.


Di bulan Ramadan ini Twinkl berbagi 30 bahan ajar gratis untuk menemani kegiatan anak selama Ramadhan. Worksheet yang ada cocok untuk anak TK dan SD seperti melengkapi gambar lentera, membuat pop-up card, mahkota ramadan, mosque box craft, dan sebagainya.


Free worksheet tema Ramadhan dari Twinkl ini dapat diunduh sampai 21 April 2023. Unduh di sini, ya!


4. Keluarga Peradaban dan Passionate Muslimah


Eh ya, tak cuma anak-anak, ayah ibunya juga bisa pakai free printable ini. Mumpung bulan penuh berkah, yok berlomba-lomba dalam kebaikan.


Plus, satu lagi nih free printable jurnal keluarga persembahan Keluarga Peradaban dan Passionate Muslimah. Cocok banget buat memulai proyek keluarga bertema Ramadan. Isinya banyak, lho, setebal 46 halaman mencakup persiapan, selama Ramadan, hingga menyambut idul fitri.


Dikutip dari Jurnal Keluarga Ramadan bahwa:


Keluarga Peradaban merupakan sebuah platform berbagi cerita tentang perjalanan Home Education yang dialami oleh keluarga kami. Kami ingin mengajak lebih banyak lagi keluarga yang peduli dengan pendidikan, sebab kami percaya untuk membangun peradaban, sejatinya dimulai dari pendidikan di rumah berbasis keluarga.


Mau buat family project Ramadhan? Follow instagram @keluarga.peradaban dan unduh jurnalnya di sini, ya!


Baca juga: Ide Family Project Ramadan


[UPDATE] Tambah lagi yah daftar worksheet Ramadan-nya, silakan disesuaikan kebutuhan dan tahapan usia anak.


@mimikayy__

Follow instagram @mimikayy__ yaa dan unduh aneka printable di sini. Saya pakai yang A to Z tentang Islam dan ide kegiatan Ramadan dalam bahasa Inggris.


@karmilamimim

Umma Seba membuat daftar surat dalam Alquran untuk dipelajari setiap hari. Satu ayat, satu hari bisa dibahas panjang. Cocok nih dikombinasikan dengan Qur'an Based Play atau lanjut bookish play.

Follow instagram @karmilamimim dan unduh di sini ya.


Ibu Profesional Bekasi


Komunitas Ibu Profesional regional Bekasi membagikan printable gratis aktivitas tema Asmaul Husna. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan dengan anak bisa diunduh di https://bit.ly/LembarAktivitasAsmaulHusnaIPBekasi


Itulah 3+ kumpulan free printable worksheet tema Ramadhan untuk menemani kegiatan ibadah selama bulan puasa ini. Jazakumullahu khairan katsiran untuk KiFaGa, Qur'an Based Play, Twinkl, dan Keluarga Peradaban x Passionate Muslimah. Masya Allah ... ibu jadi lebih ringan mempersiapkan kegiatan Ramadhan untuk anak-anak karena sudah ada panduan, ide, dan worksheet yang siap dipakai.


Eh, kalau punya info free printable lagi tulis di kolom komentar ya. Nanti akan saya tambahkan ke daftar. Semoga bermanfaat!

2 comments on "Gratis! Kumpulan Printable Worksheet Tema Ramadan untuk Anak dan Keluarga"
  1. Hwuaaaa. ... Alhamdulillah. Mantul banget infonya mbak. ini yang saya cari2. Semoga Allah mudahkan rezeki dan segala urusannnya karena sudah memudahkan saya serta temen2 lainnya dalam mencari info yg bermanfaat seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Terima kasih ya Mbak. Akupun sangat terbantu dengan printable ini jadinya ku kumpulkan dalam 1 post supaya tahun tahun mendatang mudah carinya

      Delete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,