Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Usia 30-an

Monday, February 7, 2022

Ultra Tips Menjaga Kesehatan Ibu Usia 30-an




Mengasuh anak kedua rasanya ngos-ngosan. Badan mudah lelah, tidak sekuat dulu. Padahal saat anak pertama masih kuat keliling Ragunan sambil menggendongnya. Ah, kalau sekarang dipikir rasanya tak percaya dulu bisa se-strong itu. Beginilah faktor U alias usia, sudah kepala 3. Banyak perubahan fisik pada tubuh saat usia 30 plus plus ini. Bagaimana cara menjaga kesehatan ibu usia 30-an?

Apa yang terjadi pada tubuh saat usia 30-an?


Selain kondisi fisik yang mudah lelah, berat badan (BB) saya lebih mudah naik sejak frekuensi menyusu Uno semakin berkurang. Zaman Uno bayi, saya makan lima kali sehari enggak masalah di BB. Maklumlah ibu menyusui.

Beda dengan sekarang. Porsi makan tetap namun BB mudah naik bagai mengikuti harga minyak goreng dan telur aja. *eh

Saat curhat di instastory, teman saya nyaut, “Metabolisme tubuh melambat, Bu. Minum air aja kayaknya jadi lemak.”

LOL, enggak segitunya juga sih minum air jadi lemak. Tapi memang metabolisme tubuh melambat seiring pertambahan usia. Hal ini membuat berat badan mudah bertambah.

Selain itu, perubahan pada tubuh saat usia 30 tahun ke atas yaitu otot dan organ-organ seperti hati, ginjal, dan organ lainnya mungkin kehilangan sel-selnya. Tulang mungkin kehilangan sebagian mineralnya dan menjadi kurang padat. Kehilangan jaringan mengurangi jumlah air dalam tubuh.

Otot kaki berkurang dan masalah persendian terasa kaku juga dapat muncul di usia 30-an. Hal ini membuat bergerak terasa lebih sulit.


Cara menjaga kesehatan ibu usia kepala 3 dengan Ultra Tips


Usia 30-an masuk usia produktif dimana kita sibuk dengan kehidupan keluarga, mengurus anak, juga karir. Tekanan dan tuntutan sana-sini juga membuat kita rawan stres. Kadang kesibukan ini yang menyerap fokus kita sampai lupa yang namanya menjaga kesehatan.

Perubahan tubuh seiring bertambahnya usia memang wajar terjadi namun gaya hidup kita yang dapat mempercepat atau memperlambat perubahan tersebut. Yes, masih ada kesempatan dengan menjaga kesehatan melalui Ultra Tips berikut:


Berjemur


Di awal pandemi kita diingatkan kembali pentingnya berjemur untuk mendapat kesehatan alami. Sinar UV dari sinar matahari pagi menjadi sumber vitamin D alami. Vitamin D ini dibutuhkan tubuh untuk imunitas tubuh, menjalankan metabolisme kalsium, juga mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Berangkat kerja pagi kemudian bekerja dalam ruangan ber-AC seringkali membuat kita melewatkan waktu berjemur ini. Sebaiknya luangkan waktu berjemur sekitar 15 menit sebelum pukul 10.00 pagi.

Kalau saya biasanya berjemur sambil menemani anak-anak main di lapangan. Sinar matahari pagi terasa hangat, tidak menyengat.



Olahraga


Keberadaan teknologi terkadang melenakan sampai membuat kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Mau belanja lewat online aja daripada jalan kaki ke toko padahal obesitas, diabetes, dan berbagai penyakit berisiko menjangkiti bila kurang aktivitas fisik.

Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Lebih baik konsisten setiap hari daripada berjam-jam namun hanya seminggu sekali.

Bentuknya bisa menyesuaikan kemampuan dan kondisi masing-masing. Saya sendiri paling suka berenang. Olahraga low-impact ini efektif membakar kalori tubuh. Selain berenang, jalan cepat, bersepeda, maupun Zumba dapat menjadi pilihan olahraga low-impact lainnya yang cocok untuk pemula.

 


Nutrisi



Beri asupan nutrisi dengan gizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasakan makan dengan model pembagian makanan “Isi Piringku” sesuai anjuran Kemenkes RI.

“Isi Piringku adalah 1/2 porsi piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan yang beragam jenis dan warna, 1/3 dari 1/2 porsinya di isi dengan buah-buahan dan 2/3 dari 1/2 porsinya di isi sayuran. 1/3 dari 1/2 piring makan diisi dengan protein (ikan,ayam,daging,kacang-kacangan dan lainnya), 2/3 dari 1/2 piring makan diisi dengan karbohidrat/makanan pokok (biji-bijian utuh, nasi, gandum, jagung dan lainnya).”

Gambar “Isi Piringku” saya tempel di kulkas untuk mengingatkan porsi makan tiap usia berbeda antara bayi, balita, dan dewasa. Ibu usia 30-an perlu lebih banyak makan buah dan sayur.

Selain itu, kurangi gorengan, minuman bersoda, dan hindari alkohol maupun merokok. Ini termasuk menjadi perokok pasif, ya.

Asupan nutrisi saya lengkapi dengan minum susu Ultra Milk. Komposisi susu Ultra Milk dari susu sapi segar, kaya akan kalsium, Vitamin A, D3, B2, B12, dan protein.

Ultra Milk sudah familiar dalam keluarga, kan, karena susu Ultra menjadi ahli dalam produk susu dan sudah ada di indonesia selama 50 tahun. Rasanya lezat, segar, dan konsisten sampai sekarang.

Saya suka meminum susunya secara langsung, dicampur sereal, atau menjadi bahan membuat pancakes.


Tidur cukup


Di tengah aktivitas harian yang padat, kita butuh memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas. Usia 18-40 tahun dianjurkan tidur sekitar 7-8 jam perhari.

Pekerjaan tidak ada habisnya apalagi saat mengejar deadline seringkali membuat kita tidur larut.  Asyik menonton film episode demi episode sampai rela begadang juga membuat kurang tidur. Efeknya keesokan harinya tubuh terasa lemas, sulit berkonsentrasi, dan dalam jangka panjang berisiko menimbulkan berbagai penyakit. Beda, deh, dari zaman masih usia 20-an yang kuat begadang.

Lebih baik kita mengatur jam tidur supaya badan dapat beristirahat setelah beraktivitas seharian. Alhamdulillah sudah dua tahun ini saya mengurangi begadang. Saya pilih tidur cepat, sekitar pukul 9 malam, supaya bangun lebih awal. 


Konsisten menjalani gaya hidup sehat


Sehat lebih baik daripada sakit, sepakat? Banyak yang mengetahui hal tersebut akan tetapi menjalani gaya hidup sehat seringkali bertemu tantangan yang namanya konsistensi.

Bagaimana konsisten hidup sehat di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari?

Godaan untuk makan enak, malas berolahraga, janji diet mulai besok, tumpukan pekerjaan dan sebagainya menjadi tantangan untuk konsisten menjaga kesehatan.

Konsisten tidak mudah tetapi tidak pula mustahil. Kita perlu memiliki strong why, alasan kuat dari dalam diri mengapa perlu menjalankan pola hidup sehat.


Sebagai ibu, saya ingin mendampingi proses belajar anak, melihat mereka tumbuh, dan itu membutuhkan tubuh sehat. Saya pun tak ingin merepotkan keluarga bila lansia nanti. Mumpung masih usia kepala 3, akan lebih mudah melanjutkan kebiasaan hidup sehat hingga tutup usia.

Ditambah lagi, ibu yang sehat baik secara fisik maupun mental akan dapat melahirkan keluarga sehat dan bahagia. Kebiasaan baik ibu mengonsumsi makanan bergizi akan tertular ke keluarga melalui penyajian menu yang sehat. Ibu yang terbiasa berolahraga maupun tidur cukup secara teratur akan menjadi role model bagi anak-anak.

Menjaga kesehatan juga sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki dari Allah SWT. Setiap hari saya sudah diberi kenikmatan tubuh berfungsi normal, oksigen gratis, dan rezeki lainnya. Maka menjalankan hidup sehat adalah suatu kewajiban.


Sehat itu pilihan, ambil pilihan sehatmu

Tak bisa dipungkiri, berbagai perubahan pada tubuh terjadi pada usia kepala 3. Gaya hidup kita lah yang menentukan mempercepat atau memperlambat perubahan tersebut.

Di tengah kesibukan pekerjaan, berkeluarga, serta mengurus anak, ibu perlu menjaga kesehatan. Sehat itu pilihan, ambil pilihan sehatmu dengan menjalankan Ultra Tips di atas secara konsisten.

Lengkapi gaya hidup sehatmu dengan minum susu Ultra Milk. Mau mencoba susu Ultra Milk? Kunjungi laman Clozette ID untuk mendapat sampel Ultra Milk dan info lebih lanjut mengenai Ultra Tips.

Bagaimana caramu menjaga kesehatan di usia 30an?

  

Referensi:

Aging changes in body shape. https://medlineplus.gov/ency/article/003998.htm. Diakses 3 Januari 2022.

Manfaatkan Berjemur Sinar Matahari Pagi Demi Kesehatan Kulit. https://www.alodokter.com/manfaatkan-berjemur-sinar-matahari-pagi-demi-kesehatan-kulit. Diakses 5 Januari 2022.
34 comments on "Cara Menjaga Kesehatan Ibu Usia 30-an"
  1. Ya ampuunn..sudah 30 lho kita..sudah harus jaga banget ya asupan makanan..apalagi kalsium emang penting bgt biar masa tua nya bisa tetap aktif bergerak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa setua itu memang Tri. Semangat hidup sehat!

      Delete
  2. Ya ampuunn..sudah 30 lho kita..sudah harus jaga banget ya asupan makanan..apalagi kalsium emang penting bgt biar masa tua nya bisa tetap aktif bergerak..

    ReplyDelete
  3. Masuk usia 30 memang rada rawan ya, harus extra menjaga kondisi badan agar tetap fit dan energik Membersamai si kecil. Kami juga konsumsi susu ultra mbak, creamy banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi resep masakan pakai susu ultra dong, hehe

      Delete
  4. Seiring bertambahnya usia, secara fisik kita juga ikut berubah ya Mbak. Kalau dulu strong sangat sekarang sudah mudah lelah. Nah dengan bertambahnya usia berarti olah raga harus ditingkatkan juga ya biar tetap bugar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaaa semangat berolahraga mba. Demi sehat terusss sampai menimang cucu cicit.

      Delete
  5. Bertambahnya umur ternyata stamina juga menurun ya, jadi kadang merasa cepat lelah apalagi yang masih punya anak kecil kaya Helena nih. Pada dasarnya aku ini orangnya mageran tapi kalau buat olahraga harus memaksakan diri, kadang kalau kalanya malas kalau ga diajak suami keluar rumah ya tetap rebahan.
    Untuk nutrisi kita sama dong minum Ultra ya, tapi aku sukanya yang cokelat aja

    ReplyDelete
  6. Kami juga selalu sedia susu Ultra Milk 1L di kulkas.
    Karena anak-anak lagi seneng sarapan ala bule, pake cereal trus cuuss sekolah online. Ini praktis banget sih.. Dan sehat, soalnya aku kalau bikin kopi jadi gaya iih.. dicampurin susu Ultra Milk. Berasa beli di cafe-cafe.
    Hihii... ((MAMA HEMAT))

    ReplyDelete
  7. Sehat itu pilihan, ambil pilihan sehatmu...setuju akuu
    Dan masalah minum air pun jadi lemak, nanti di usia 40+ makin menjadi itu huhuhu
    Tapi apapun jika kita bergaya hidup sehat akan ada hasil terbaiknya. Semangat sehat!!

    ReplyDelete
  8. Sudaah 40 pluss maak akuhhh 😭 menjaga dengan banyak aktifitas hempaskan mager karena kebanyakan mager bikin badan gak fit.

    Asupan makanan juga harus di jaga, kalau makan berlemak imbangi dg jus sirsak murni biar ga numpuk jd kolesterol.

    ReplyDelete
  9. aku suka juga lho minum susu ultra ini, kadang minum langsung kadang juga dikreasiin menjadi minuman favorite atau makanan favorite.

    ReplyDelete
  10. apalagi aku sudah 40 up bund..sudah lebih lebih harus menjaga kesehatan.
    Tapi ya gituu...masih suka bolong2 :D
    Masih suka goreng2an...yang ada baiknya minyak mahal #eh....karena jd mengurangi gorengan :D

    ReplyDelete
  11. Berhubung aku ga suka susu putih yg sapi, jadi aku ganti mba Ama susu almond atau soya. Tapi utk yg rutin, aku lebih milih vit D. Lebih praktis aja sih

    Anak2 yg aku paksain susu 🤣 biar ga anti kayak maminya :D. Aroma susu sapi itu yg aku ga kuat. Kalopun terpaksa susu uht gini, pasti aku pilih yg coklat 🤣.

    ReplyDelete
  12. Aku juga langganan nih susu Ultra. Tapi aku sukanya rasa coklat. Aku minum ini biasanya buat penunda lapar. Soalnya minum sekotak kecil rasanya udh kenyang banget. Tapi beli seliteran juga lebih hemat. Tpi kadang cepet abis krn minumku jg kenceng banget hahaha..

    ReplyDelete
  13. Istri suka banget kreasi macem2 pake ultra milk full cream. Selaen udah masuk faktor U “30” hehehe, abis punya anak perlu banget asupan kalsium supaya terus kuat gendong2 dan main bareng baby

    ReplyDelete
  14. Ini yang aku alami ketika usia 30 an, BB naik,gesitnya juga berkurang ya.Awalnya aku tidak terlalu suka susu putih.Tapi pas coba Ultra Milk dan diminum dingin kok enak ya dibadannya,jadi keterusan nih minumnya

    ReplyDelete
  15. Duuh ibu yang masih 30-an hehehe. Ayo semangat mbak Helena menabung kalsium. Ntar kerasanya pas udah di atas 40 lo manfaatnya

    ReplyDelete
  16. Iyaaaa emang ya kudu banget kita jaga kesehatan apalagi dah mau 40 berasa beda 30 awal ama 30 akhir ini 😂😂😂

    ReplyDelete
  17. Selama ini kami langganan susu sapi murni. Ada yang nganter ke rumah.
    Kalau anak-anak memang senang minum susu. Pernah suatu masa, anak tengahku, kalau ditanya nitip apa kalau saya ke minimarket. Ia nitip susu kardusan. Akh jadi kangen sama dia. Sekarang ia sudah kuliah di Bandung.
    Susu penting untuk menambah stamina, apalagi kalau sudah berumur kayak saya, sudah lolita. H h.

    ReplyDelete
  18. Kok dulu gak kepikiran ya kalau itu yang namanya metabolisme melambat akan terjadi pada tubuhku!

    Dulu ngeliat eyang, uwak kok menggemuk dengan sendirinya, perasaan mereka makannya gitu gitu aja, si eyang malah ga suka ngemil dan ga suka minum manis - makan gorengan!
    Terus pola tidur .. huhuhuuuu pe er banget tiap malam, bisa tidur nyenyak ngga ya?

    Kalau ngga dibantu olahraga, badanku sakiiit semua!

    ReplyDelete
  19. Baca kata 30 an ini aku jadi flash back ha ha ha...pun sekarang usia udah nggak muda ( tetap nggak mau di bilang tua ) Aku selalu apresiasi lho orang yang rajin olahraga dan tetap memperhatikan asupan nutrisinya , karena ini tabungan buat badan untuk tetap bisa aktif, produktif dan happy menikmati hidup

    ReplyDelete
  20. Indonesia negara tropis dan dianugerahi sinar matahari yang berlimpah tapi berdasarkan riset ternyata defisiensi vitamin D penduduk Indonesia terutama di kota besar cukup tinggi.
    Anyway, artikel ini semacam reminders yg nyentil banget. Thanks btw. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  21. bagus nih! tips di usia aku wkwkw, jd memang harus rajin olahraga dan mengkonsumsi dan makanan minuman yang sehat.Ok deh!

    ReplyDelete
  22. Berjemur dan olahraga hampir tidak pernah dilakukan. Padahal kerja di ruangan ber-AC. Duh, harus mulai hidup sehat nih karena udah kepala 3. Kondisi tubuh juga perlahan menurun ya, Mba.

    ReplyDelete
  23. Ayo, pantang mundur jaga tubuh dari sejak dini ya, biar nanti kepala 4 strog karena kepal 4 akan dimulai beberapa pengikisan kesehatan, kalau gak dijaga dari dulu bahaya

    ReplyDelete
  24. Aku juga rutin minum yang cokelat. Sebenarnya cari rasanya sih. Kalo lagi pengin yang cokelat2 ya udah minum susu ini aja. Ternyata bisa bikin tubuh makin sehat, ya. Poin plus lagi deh kalo gitu.

    ReplyDelete
  25. Sampai sekarang pun saya masih suka minum susu. Dari kecil memang udah suka susu. Paling sering minum susu UHT.

    ReplyDelete
  26. Semakin berusia metabolisme tubuh melambat. Dari semua tips ini, mulai dari olahraga, berjemur, nutrisi dan lainnya, yang paling sulit sih konsisten. Tapi, memang balik lagi sih ke pilihan sehat yang diambil. Mau olahraga, ah...

    ReplyDelete
  27. usia 30 nih sudah mendekati usia cantik makanya harus benar2 dipersiapkan luar dan dalam dan tipsnya bermanfaat banget mba jadi tahu nih harus fokus kemana dan aku sudah tahu harus mempersiapkan apa yang belum nih

    ReplyDelete
  28. Aku udah lewati umur itu hehehe..tapi tipsnya bisa juga kok untuk perempuan usia cantik kayak aku ini.

    ReplyDelete
  29. yess, emang harus jalani gaya hidup sehat sedari sekarang yaa, berapa pun umurnya deh, buat jaga hari tua! termasuk olahraga dan minum makanan bergizi yaa kaya susu ultra hehe

    ReplyDelete
  30. Menginjak usia 30 memang tubuh jadi lebih gampang capek sih. Makanya perlu asupan nutrisi yg bagus. Saya juga minum ultra Milk setiap hari utk dukung kesehatan

    ReplyDelete
  31. Baca tulisannya Mba Helena dan aku tiba2 teringat kalau tahun ini usiaku akan menginjak kepala 3. Mesti siap2 nih jaga nutrisi dan jalani pola hidup sehat. Karena ngaruh banget ya mba dengan kesehatan tulang dan biar bisa tetap tampil awet muda, uhuuuy.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,