Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Review Dapur Solo Restoran di Mal Artha Gading: Ahlinya Masakan Jawa

Thursday, April 13, 2023


dapur solo mal artha gading
Tebak, paket MABAR Dapur Solo segini banyak berapa harganya?

Mencari tempat buka puasa bersama di Jakarta itu gampang-gampang susah. Maunya bisa kumpul bareng teman, masakannya enak, harganya hemat, tapi jangan sampai mepet salat atau melewatkan tarawih. Banyak maunya, ya, hehe .... 


Saat ada ajakan bukber di Dapur Solo Mal Artha Gading, Jakarta Utara, saya langsung menyanggupi karena lokasinya dekat rumah dan menunya itu, lho, ahlinya masakan Jawa! Gimana review menu MABAR Dapur Solo yang cocok buat makan bareng, yuk lanjut baca! 


Dapur Solo Halal dan Ahlinya Masakan Jawa


Buka puasa dengan menu masakan Jawa itu menurut saya paling cocok. Maklum lidah Jowo, belum makan kalau belum ketemu nasi. Maka, tempat buka bersama di Dapur Solo menjadi pilihan tepat sore itu.

Restoran Dapur Solo berada di lantai 1 Mal Artha Gading. Saya masuk melalui pintu utama, naik eskalator sekali, lalu belok kiri hingga menemukan Dapur Solo. Lokasinya mudah ditemui, kalau bingung tanya saja ke security di mana letak mushola lantai 1 karena Dapur Solo berada di dekatnya.
restoran di mal artha gading
Lobby Mal Artha Gading


Saat sampai, restoran tampak sepi, hanya 2-3 meja yang terisi. Namun, pukul 5 sore semakin banyak pengunjung berdatangan hingga full seats. Syukurlah saya dan teman-teman datang lebih awal. Niatnya mau bukber tapi duduknya pisah-pisah kan enggak lucu.

Sambil menunggu saat berbuka, saya mengamati interior Dapur Solo yang bergaya modern tradisional. Lantai bermotif batik kawung, lampu kurungan ayam yang aestetik, dan juga tembok papan yang menjadi ciri khas Dapur Solo. Katanya, sih, setiap restoran Dapur Solo ada papan bermotif ini.
restoran di mal artha gading
Dapur Solo di Mal Artha Gading, Jakarta Utara


paket mabar dapur solo
interior khas Dapur Solo


Sebelum memilih menu, saya makin merasa aman dan nyaman karena logo "Halal" yang tertera di depan restoran. Ya, Dapur Solo halal jadi enggak ragu lagi makan di sini.
menu dapur solo mabar
logo halal di bagian depan Dapur Solo

Dapur Solo, ahlinya masakan Jawa, menyajikan menu dari barat Jawa sampai timur Jawa. Beberapa pilihan menu seperti timlo solo, nasi langgi, nasi urap solo, selat solo, lontong solo, rawon, soto ayam, soto betawi, nasi timbel, nasi uduk spesial, gudeg, nasi goreng Jawa, sate ayam madura, ketoprak, gado-gado, karedok, tahu telur, rujak buah, sop ayam, soto ayam, pindang bandeng, asem-asem iga, dan garang asem.

Cita rasa khas tradisional Jawa juga hadir dalam pilihan side dish menu seperti serabi solo, sosis solo, combro, tempe mendoan, bakwan sayur, dan tahu gejrot.

Kangen minuman tradisional seperti wedang uwuh, kunyit asam, wedang jahe rempah, bandrek kelapa, dan wedang ronde? Di Dapur Solo ada juga, lho! Minuman seperti es campur solo, kopi rempah, es susu gula aren, avocado coffee, teh pandan Jawa, hingga es teh susu cincau pun ada di sini.


Buka Puasa Bersama Menu MABAR di Dapur Solo Double Untung

Bingung pilih menu apa di Dapur Solo? Haha ... iya, saking banyaknya, teringat masakan rumahan kalau mudik ke Jawa, plus lapar mata ingin coba banyak menu tapi khawatir enggak habis. 

Berhubung buka bersama teman-teman, kami pilih paket MABAR alias makan bareng. Menu MABAR ada dua macam, MABAR-4 (rekomendasi untuk 4 orang) dan MABAR-6 (rekomendasi untuk 6 orang). Perbedaan menunya ada di gambar berikut, ya. Selain itu, paket MABAR Dapur Solo gratis Es Campur Solo juga. MABAR-4 gratis 1 porsi es campur sementara MABAR-6 gratis 2 porsi es campur.

dapur solo jakarta utara
Menu MABAR alias Makan Bareng di Dapur Solo (dok. Dapur Solo)


Saat itu kami berlima jadi pilih MABAR-6 supaya puas makan aneka menu. Alhamdulillah menjelang maghrib masakan dan minuman datang satu-persatu. Buat membatalkan puasa langsung deh saya seruput es lemongrass. Masya Allah segarnya.... enggak terlalu manis, pas dengan  selera saya.

Dari semua menu MABAR-6, saya paling suka sop ikan asam pedas. Rempah pada kuahnya terasa lezat dan pedasnya masih bisa saya tolerir. Oseng buncis ayam pedasnya juga enak, buncisnya kres... kres... segar.

Sambal tempenya pedas banget... enggak cuma saya, teman-teman berpendapat serupa. Alhasil saya meneguk es lemongrass hingga habis ditambah es campur Solo untuk mengurangi rasa pedas. 

Es Campur Solo-nya berisi kolang-kaling, nangka, alpukat, kelapa muda, dan mutiara. Rasanya manis dan segar. 

Dari semua menu tersebut saya tidak kebagian tempe goreng tepung dan soto ayamnya sudah dingin (walau sempat dipanaskan dengan parafin). Ini karena saya tinggal salat maghrib dulu sebelum makan nasi. Padahal isian soto ayam lengkap dengan suwiran ayam, bihun, kentang goreng yang dipotong tipis, dan telur rebus. Soto ayamnya khas Jawa Timur. 
buka puasa di jakarta
Paket MABAR-6 Dapur Solo cocok buat bukber


Alhamdulillah perut kenyang dan puas bisa buka puasa dengan beragam menu MABAR-6 plus free es campur solo 2 porsi. Asli kenyang padahal saya mengambil setiap masakan secukupnya saja. 

Masakan sebanyak ini dari harga normal Rp 555ribu menjadi hanya Rp300.000,00 (belum termasuk pajak). Wah kalau makan berenam, patungan cuma 50ribu-an dong. Makan bareng, double untung ya di Dapur Solo!

Oh ya, menu MABAR hanya sampai 15 Mei 2023. Libur lebaran cocok nih bawa keluarga makan bareng di Dapur Solo. 



Lokasi Dapur Solo 

Lokasi Dapur Solo di Mal Artha Gading (MAG) berada di lantai 1. Alhamdulillah restoran ini dekat mushola executive jadi bisa salat dulu sebelum makan atau gercep makan lanjut salat. Saya suka mushola di MAG karena bersih dan banyak mukena yang terawat. Enak deh buka puasa di Mal Artha Gading. 


Dapur Solo Mal Artha Gading

Lantai 1 Samping, Jl. Artha Gading Sel. No.18, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Jkt Utara, Jawa Barat 14240


Dapur Solo juga ada di Jabodetabek dan Bandung. Cek highlight "Lokasi" di instagram @dapursolo1988 untuk daftar cabang selengkapnya, ya!

tempat buka puasa bersama di jakarta utara
buka puasa bersama di Dapur Solo

Itulah pengalaman buka puasa bersama di Dapur Solo Mal Artha Gading, Jakarta Utara. Makan bareng dengan menu MABAR beneran double untung, harga lebih hemat plus gratis es campur Solo. Kalau kangen masakan khas Jawa, mampir aja ke Dapur Solo, ahlinya masakan Jawa. 

2 comments on "Review Dapur Solo Restoran di Mal Artha Gading: Ahlinya Masakan Jawa"
  1. Aku sering Pesen dapur solo pas msh ngantoran, stiap ada acara event mba. Krn aku selaku jadi pic kalo ada acara, jadi Pesen makannya di tempat yg aku udh tau rasanya aja, biar aman dan pasti enak 😄.

    Katering yg mereka saji di kantor selaku enak, dan platingnya rapi. Staff yg jaga juga sigap, sopan. Makanya selalu puas kalo Pesen dapur solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata kantornya Mbak Fanny udah langganan Dapur Solo. Iyaa kalau pesan catering, kita wajib tahu gimana kualitasnya supaya yang lain juga puas. Percaya banget kalau urusan testimoni makanan, Mbak Fanny jagonya karena khatam kulineran.

      Delete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,