Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Es Puter Matematika

Monday, September 26, 2022

"Matematika? Duh, susah nih!"

Hmm ... siapa yang menganggap matematika pelajaran sulit sampai menghindarinya. Sini, yuk, ikutan belajar sambil makan es. Beragam cara belajar matematika untuk anak SD salah satunya melalui es puter matematika.

Homeschooling SD
Es puter murah meriah di Alun-alun Magetan


Alun-alun Magetan menjadi tempat favorit anak-anak bermain. Di sana ada perosotan beraneka bentuk, hawanya adem meski saat itu menjelang dhuhur, dan lokasinya mudah dijangkau.


Sebenarnya hari itu pertama kali kami berkunjung ke Alun-alun Magetan di pagi hari. Biasanya kami ke sana saat malam karena banyak jajanan dan wahana permainan. Kesukaan anak pastinya naik mobil dan motor aki. Mereka bergaya layaknya orang dewasa yang bisa menyetir kendaraan. Cool!


Setelah puas naik turun perosotan, SID minta beli minuman yang segar-segar. Kami pun beranjak meninggalkan arena bermain dan menuju sisi timur alun-alun.


Baca juga: Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah


Penjual makanan di sana tak seramai saat malam hari. Pagi itu hanya ada gerobak takoyaki, pop es, dan es puter. 


Kamipun membeli dua es puter, satu dalam cone dan lainnya dalam gelas. Bagian atas es ditaburi meses aneka warna. Whoaaa ... mata kami berbinar melihatnya. 😳


"Pinten, Pak?" ujar saya menanyakan harga es puter.


"Gangsal ewu," jawab pria paruh baya bertopi tersebut singkat.


Saya pun mengangsurkan selembar uang lima ribu kemudian duduk di bangku alun-alun bersama anak-anak.


Kami menikmati es puter sambil membahas harganya. "SID, tahu enggak berapa harga dua es puter ini?" tanya saya.


SID tidak tahu karena ia belum lancar berbahasa Jawa. Saya jelaskan gangsal ewu itu lima ribu. Ia pun kaget mendengarnya. Murah!


Lalu kami menebak-nebak berapa harga masing-masing es puter:

  • Apakah setiap es memiliki harga sama sehingga 5.000 dibagi 2 maka masing-masing es puter seharga 2.500 rupiah?
  • Atau es puter dalam cone 2.000 rupiah sementara es puter berwadah gelas 3.000 rupiah?
  • Atau sebaliknya, yang di cone 3.000 rupiah sedangkan dalam gelas 2.000 rupiah?
  • Berapa lagi ya kemungkinan harga masing-masing es puter supaya jika dijumlahkan hasilnya 5.000 rupiah?

Obrolan asik sambil menjilati es krim harus terhenti karena azan dhuhur berkumandang dari Masjid Agung Baitussalam. Kami melangkahkan kaki menuju masjid terbesar di Magetan yang terletak di barat alun-alun.


Baique, selanjutnya jika main di Alun-alun Magetan lagi, beli es puter aja. Lima ribu dapat dua. Jajan hemat!


Baca juga: Belajar Matematika untuk Anak Usia Dini

Anak SD belajar uang bareng Band Cha-ching


#HomeschoolingSD

#SekolahAlamSemesta



40 comments on "Es Puter Matematika"
  1. Uwaaah muraaah banget mba. Kalo aku pun bakal beli itu sih kalo Nemu es krim . Serumah pada doyan banget .. dari bentuk es krimnya ingetin banget Ama es jadul zaman aku kecil. Aku dulu paling suka es krim gitu tapi pake roti.

    Naah aku juga sering masukin pertanyaan berbau pelajaran kalo sedang santai Ama anak2. Kadang matematika, kdg ttg geografi. Secara kami suka traveling, JD aku suka tanyain ke anak2 ttg negara2, ibukota, benua dll.mereka memang LBH mudah mengingat dengan cara begitu sih, drpd plek2 hapalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa es jadul itu mbak si es puter ini, hehe

      wah recall cerita perjalanan bisa jadi memudahkan mengingat peta yaa supaya enggak diawang-awang banget pelajaran geografi. Akupun jadi suka nama kota, negara dsb karena traveling. Cepat nyambung.

      Delete
  2. Asyiknya belajar sambil langsung praktik. Praktiknya makan es puter murmer lagi, ya

    ReplyDelete
  3. Aku jgn dikasi pertanyaan ya kak, dikasi esnya ajaa boleh.
    Alun2 slalu bnyk jajanannya ya, apa aja ada tuh pas malam
    Sid di magetan tah. Moga lancar2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, kalau malam seperti bazar

      iya kami sedang di Magetan

      Delete
  4. Wah seru banget ngemil eskrim sambil belajar matematika deh jadinya, pasti lebih menyenangkan kalo belajarnya sembari ngobrol dan makan eskrim gitu yaah

    ReplyDelete
  5. Sid jgn sampai kayak aku yaa nggak bisa basa jawir hihi..Aku juga berbinar kalau ada eskrim tapi anak2 lebih2 berbinar. Di sini seringnya es potong, dan rasanya enak juga ternyata.
    Berarti itu 5000 get 2 ya haha, nebak2.. mungkin juga suka2 abangnya. Cone seribu, gelas 4 ribuuuuuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aku bisanya sebatas pinten gitu aja.
      iyaa 5000 dapat 2. Bisa juga nih cone seribu karena kecil, cuma 1 scoop.

      Delete
  6. Sid sama kayak aku nih nggak bisa bahasa Jawa kalau pakai bahasa Jawa halus seprti ini. Ada kemudahan anak mengajarkan anak ya mba matematika

    ReplyDelete
  7. es puter berfaedah hehe
    tapi memang kalau langsung diaplikasikan, akan lebih masuk ke dalam pikiran anak yaaa... nice post mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih konkret belajarnya ya mbak apalagi enak sambil maem es krim

      Delete
  8. wah harga es puternya terjangkau banget nih, dan keliatannya enak trus juga banyak pilihan penyajian ya

    ReplyDelete
  9. Cara mudah belajar matematika memang seperti jajan di jalan gini, anak lebih perhatian dengerin Mamanya ngomong. Jadi pengen jajan es puter juga kayak SID, hahahaa

    ReplyDelete
  10. Di sini kayaknya masih 2 ribu yang cup,, eh apa terbalik ya. Oh jadi es puter matematika itu yang dimaksud Mama SID tuh itu to? Kereeen..

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran dengan jawaban tepat dari empat tebak-tebakan itu :D

    Btw, makan es puter siang hari di waktu zuhur gitu, cepet leleh nggak mbak? Kalau dari fotonya keliatan cuaca lagi panas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ketemu penjualnya lagi mau nanya sih mbak, hahaha

      enggak leleh, hawa di sini adem kok.

      Delete
  12. Muraahhh pol

    Enak yhaaa klo di magetan tuh harga2 terjangkau
    Btw, dirimu pindah Magetan kan mbaaa sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makanan gini memang murah meriah mbak, apalagi dibanding Jakarta. hehe

      ini lagi mudik plus ikut suami kerja.

      Delete
  13. Hahaha...bisa aja emaknya belajar matematika ini. Alun2 di kota aku udah enggak ada jajanan, duluu banyak bgtttt. Sekarang udah relokasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah relokasi ke mana mbak?
      khasnya kota di Jawa itu ada alun-alun, kan.

      Delete
  14. Siang-siang makan es krim, enak....

    Aku jarang nih ngobrol soal harga. Kalau ada labelnya, baru tuh diomongin. Soalnya kan tahu angka. Jadi gak ngawang

    ReplyDelete
  15. Es puter ini kaya yang untung-untungan ga sih, kak Helen?
    Hahah..maksudku dari segi rasa sih yaa.. Ada yang beneraan enaaak.. dan ada yang B aja. Cuma mengubahnya jadi sarana edukasi ini yang juara pissaan mama Helen.

    Anak-anak jadi sambil menikmat es sambil tetap berpikir.
    Mau nambah berapa lagi yaa..agar uang yang masih dimiliki cukup?
    Hhaha~

    ReplyDelete
  16. Kalau ada wujud fisiknya gitu, belajar matematika ya lebih mudah ya sebenernya.

    ReplyDelete
  17. dan anakku juga sama,setelah lebih bisa belajar menghitungnya,dia lebih memilih satu lembar uang 50rb an daripada lima lembar lima ribuan hahaha. Memang lebih cepat anak paham dengan belajar langsung seperti ini daripada hapalan di buku hehehe.

    ReplyDelete
  18. Seruu banget sihhh es cream matematika😃...magetan hawanya dingin ya maak tapi kalau siang panas menyengatkah?

    ReplyDelete
  19. Mengajari "uang-uangan" ke anak emang butuh ekstra sabar. Paling tepat ngajarinnya emang kyk gtu langsung aja konkret ngajarin beli2 yaa.
    Seneng eui makanan di sana masih murce2 yooo. Jd kangen makan es puter kyk gitu jugaaaa.

    ReplyDelete
  20. Matematika jadi menyenangkan ya dengan es puter matematika ini mama Sid. Memang konsep belajar anak usia dini itu harus dimulai dengan barang yang kongkrit agar mereka memahami apa yang dimaksudkan.

    ReplyDelete
  21. Ah inspiratif mbak
    Belajar matematika bisa semenyenangkan ini ya
    Es puter matematika

    ReplyDelete
  22. Wah dari esputer bisa dapet media buat belajar mat mata uang yaa.. Pinter niih ibu Sid. Kayaknya tagline "Belajar Matematik itu mudah bukan?" Bisa dipakai.. Hahaha.. Secara saya termasuk org yg agak lama loadingnya buat mapel satu itu

    ReplyDelete
  23. Jadi sebenarnya matematikan itu memang melekat dalam kehidupan sehari-hari ya mbak. Belajar langsung dari yang dialami anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Kalau bahasa ilmiahnya matematika realistik

    ReplyDelete
  24. Ah iya,ya. Ngajarin anak belajar matematika dengan cara seperti ini jadi lebih menyenangkan ya Mba. Anak juga lebih kebayang ngitungnya. Memang belajar itu harus menyenangkan buat anak juga happy

    ReplyDelete
  25. Waduh ini kayak anak ketigaku aja deh. Kalo jajan apa pun, pasti jadi pelajaran matematika. Merambah ke yang lain-lain. Hehehe. Btw, murah ya es puternya. Slurp, bikin kepengen. 😁

    ReplyDelete
  26. Anak cerdas karena ibunya juga cerdas. Apalagi kalau setiap momen dijadikan pembelajaran. Metode belajar yang menyenangkan ini ternyata sudah kualami sejak aku kecil dari bapak...

    ReplyDelete
  27. Ternyata belajar matematika bisa menyenangkan ya mbak. Ga melulu bergulat dengan kertas dan angka. Tapi juga bisa sambil makan es puter

    ReplyDelete
  28. Hal yang simple jajan es krim aja bisa sambil belajar matematika ya.. memang bener ibu harus kreatif

    ReplyDelete
  29. es puter jajanan favorit waktu kecil, sekarang udah jarang nemuin lagi.
    mungkin kalau di depan sekolah sekolah kayaknya ada

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,