Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Yuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah Supaya Optimal!

Friday, August 26, 2022
Anak di usia 6-12 tahun memiliki ciri tumbuh kembang yang jauh berbeda dari anak usia dini. Kebutuhan anak usia sekolah pun berbeda. Apa yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak usia sekolah supaya optimal?

Aspek Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah


Jujur, ya, ketika si sulung, SID, memasuki usia sekolah, saya deg-degan. Ia lebih suka bermain dengan teman-temannya dibanding bermain di rumah. Apa-apa mau samaan dengan si teman. Mulai tidak mau mendengarkan orang tua dan menganggap teman selalu benar. Pokoknya teman nomer satu!

Padahal selama usia dini kami sering bermain bersama, jalan-jalan, seru deh. Eh, kok si anak menjadi berubah seperti ini?

Sebagai orang tua sekaligus mahasiswi abadi di kampus kehidupan, saya harus terus belajar mengenai parenting. Saya kembali belajar aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6-12 tahun supaya dapat memahami dan mendukung tumbuh kembang anak dengan optimal.

5 Aspek Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah yaitu:

Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Otak Anak


Perkembangan kecerdasan anak pada usia 0-4 tahun mencapai 50%, usia 0-8 tahun mencapai 80%, dan usia 0-18 tahun mencapai 100%. Sedangkan pertumbuhan fisik otak anak usia 0 tahun mencapai 25%, usia 6 tahun mencapai 85%, dan usia 12 tahun mencapai 100%. (Osbon, White, dan Bloom)

Dari segi pertumbuhan fisik, anak usia 6 tahun masih seperti anak kecil. Namun, usia 12 tahun nanti fisik anak sudah seperti orang dewasa bahkan ada yang sudah mengalami pubertas.

Dikutip dari halodoc, pada masa usia sekolah, anak sudah siap menerima pelajaran keterampilan yang berkaitan dengan motorik, seperti menulis, menggambar, melukis, mengetik komputer, melakukan aktivitas olahraga seperti berenang, bermain bola, dll.


Perkembangan Kognitif


Berdasar Piaget, anak usia 6-12 tahun masuk ke dalam tahap Operasional Konkret yang artinya anak memiliki kecakapan berpikir logis, akan tetapi hanya dengan benda-benda yang bersifat konkret.

Anak mampu mengklasifikasi benda dan perintah, menyelesaikan masalah secara konkret dan sistematis berdasar apa yang mereka terima dari lingkungannya. Anak juga dapat berpikir konsep tentang waktu, mengingat kejadian yang lalu, dan menyadari kegaitan yang dilakukan berulang-ulang namun pemahamannya belum mendalam.

Perkembangan Bahasa


Anak usia 6 tahun menguasai 2.500 kata dan pada usia 11-12 tahun dapat meningkat hingga 50.000 kata.

Tingkat berpikir anak semakin maju dan kritis. Anak akan bertanya mengenai waktu, sebab akibat, mengolah informasi yang ia terima, juga menyatakan ide/gagasan.


Perkembangan Sosial-Emosional


Menurut Erikson, anak usia 6-12 tahun masuk ke tahap industrial vs inferioritas. Bila pada usia dini anak-anak lebih banyak berkegiatan di lingkungan keluarga, anak usia sekolah akan lebih banyak keluar ke lingkungan yang lebih luas.

Anak belajar bekerja sama melalui bersaing dengan temannya baik di bidang akademis maupun pertemanan.

Anak pun memiliki kebutuhan untuk mendapat tempat dalam kelompok seusianya. Bila ia diterima, akan membangun citra diri positif. Namun, bila terlalu banyak tuntutan dari luar dan anak tidak dapat memenuhinya, akan timbul perasaan rendah diri (inferior)


Perkembangan Nilai Moral dan Agama


Menurut Kohlberg, anak usia 10-13 tahun masuk pada tingkat konvensional tahap konformitas peran. Anak mengalami peningkatan keinginan untuk menyenangkan orang lain.

Anak pun mulai memahami aturan apa yang harus dilakukan. Seperti dalam Islam usia 7 tahun anak diajak salat, belajar berwudhu dengan benar, menjaga diri dari najis dan hal-hal yang membatalkan salat.


Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah


Setelah mengetahui aspek perkembangan anak usia sekolah di atas, kita dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan cara antara lain:


1. Melatih perkembangan kognitif dapat dengan cara belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung), mengungkapkan pendapat terhadap hal yang anak alami ataupun peristiwa lain di sekitarnya.

2. Melatih perkembangan bahasa dengan membaca nyaring buku cerita dengan teks yang lebih panjang (5 kalimat atau lebih per halaman untuk anak yang sudah lancar membaca), mendiskusikan bahan bacaan, mengikuti books club, mengenalkan novel anak.

Walaupun anak sudah bisa membaca, saya masih sering membacakan buku untuknya. Kadang ia mendengarkan dari jauh sambil bermain namun sebenarnya ia menyerap apa yang ia dengar.

3. Melatih aspek nilai moral dan agama dengan mengajarkan tata cara beribadah yang benar, aturan yang berlaku di masyarakat, tata tertib, dsb.

4. Melatih aspek fisik motorik dengan berolahraga bersama atau memberikan anak kesempatan berolahraga bersama teman-temannya seperti bersepeda, berenang, dan bermain sepak bola.


5. Melatih aspek sosial-emosional dengan memberi tanggung jawab (misal belajar belanja sendiri, menata kamar) serta mendukung dan menguatkan akan proses yang anak lalui (tak hanya fokus pada hasil)

Anak usia sekolah sudah lebih mandiri, tidak terlalu bergantung seperti saat usia dini maka beri ia waktu untuk bermain tanpa ditemani. Sesekali orang tua ngobrol bareng mengenai hal-hal yang anak sukai dan memberikan anak kesempatan bercerita.

6. Manajemen waktu untuk anak dengan membuat jadwal bersama. Misal, sepulang sekolah boleh bermain tetapi saat azan dhuhur segera salat di masjid kemudian pulang untuk makan siang.

7. Menyediakan asupan makanan bergizi seimbang dan bervariasi untuk memenuhi kebutuhan anak plus suplemen multivitamin anak bila perlu.

Anak usia sekolah butuh banyak energi untuk aktivitas belajar dan bermain, terutama kegiatan motorik. Terkadang SID saking asiknya bermain sampai lupa makan. Maka, saya minta ia pasang alarm jam tertentu agar ingat pulang untuk makan siang.

Menu makanan dikombinasikan antara menu kesukaannya dan menu baru supaya ada variasi. Kadang juga kami memasak bersama untuk mencoba menu-menu lainnya, kebetulan ia senang memasak.


Curcuma Plus Grow untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak


Kalau di atas tadi adalah cara mendukung tumbuh kembang anak, saya juga punya cara untuk membantu tumbuh kembang anak dari dalam. SID anak yang aktif dan ceria, aktivitas fisiknya juga banyak. Sayang rasanya jika masa pertumbuhannya tidak didukung secara optimal. Karena itu saya beri Curcuma Plus Grow.

Karena Curcuma Plus Grow bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan perkembangan otak anak. Nah, ini alasan lainnya mengapa saya memberikan multivitamin Curcuma Plus Grow untuk anak:

Curcuma Plus Grow mengandung minyak hati ikan kod yang baik untuk perkembangan otak anak karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 juga membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak.

Mengandung kalsium dan vitamin D (100 IU per 15ml) untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

Curcuma Plus Grow juga diperkaya multivitamin yaitu Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, dan Vitamin B5.

Kandungan ekstrak temulawak organik (10mg per 15ml) berkhasiat bantu meningkatkan nafsu makan, menjaga imunitas, dan kesehatan pencernaan. Alhamdulillah kini nafsu makan SID semakin membaik. Selain makanan utama, kami selingi dengan snack sehat seperti salad dan bubur sumsum buatan sendiri.

Memiliki rasa jeruk yang enak. Ada sedikit rasa cod liver oil di akhir sebelum ditelan tapi tertutupi dengan rasa jeruk bagai minum sirup. SID aja suka, rasanya mau ditambah es batu supaya makin segar. hihi …. Oh ya, selain rasa jeruk, Curcuma Plus Grow juga memiliki varian rasa blackcurrant dan strawberry.


Curcuma Plus Grow telah tersertifikasi halal MUI no. 00280086790118 dan terdaftar di BPOM dengan POM SD. 041612321.

Bisa dikonsumsi anak usia di atas 1 tahun hingga dewasa. Anak TK, usia sekolah, atau remaja pun bisa mengonsumsi Curcuma Plus Grow untuk membantu pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Perhatikan dosisnya, ya:

  • · Anak-anak usia 1-6 tahun: sehari 1 kali 1 sendok makan (15 ml)
  • · Anak-anak usia 6-12 tahun: sehari 2 kali 1 sendok makan (15 ml)
  • · Dewasa: sehari 3 kali 1 sendok makan (15 ml)
Curcuma Plus Grow tersedia dalam kemasan 200 ml dan 400 ml. Gampang banget dijumpai di minimarket, apotek, dan marketplace. Saya membelinya di Alfamart saat promo menjadi Rp24.500,00 untuk ukuran 200 ml.

Penutup


Orang tua tak hentinya belajar mengenai anak sesuai usianya agar dapat memahami kebutuhan dan mendukung tumbuh kembang anak supaya optimal. Perkembangan anak usia sekolah pada kelima aspek tersebut butuh di-support dengan perhatian orang tua dan pemberian asupan gizi seimbang yang cukup.

Saya pun memberi suplemen Curcuma Plus Grow pada anak untuk bantu memperbaiki nafsu makan dan mendukung tumbuh kembang anak. Buat yang punya masalah serupa mengenai nafsu makan pada anak usia sekolah, cobain deh memberi anak Curcuma Plus Grow.



Referensi:
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/pertumbuhan-anak
  • http://repository.unair.ac.id/29636/3/14.%20BAB%202%20.pdf
  • https://www.slideshare.net/rizmanaji/tumbuh-kembang-anak-usia-sekolah

62 comments on "Yuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah Supaya Optimal!"
  1. anakku dulu minum minyak ikan kod ini loh, bagus memang buat stamina anak, dan mencegah mudah terpapat flu juga loh

    ReplyDelete
  2. Tidak ada sekolah bagi orangtua, namun seiring berkembangnya zaman dan tentunya teknologi, orangtua ngga boleh hanya berpangku tangan melihat tumbuh kembang anak, tapi diberikan peran penting dan kesempatan untuk membersamai anak anak sejak dini dan akan melihat hasilnya nanti ya.. apalagi pemberian nutrisi ngga boleh asal asalan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, kita perlu terus belajar dan menyadari memang butuh untuk mengikuti tumbuh kembang anak.

      Delete
  3. Tantangan membersamai anak yang sudah memasuki usia sekolah dasar rupanya berbeda lagi ya. Sendu waktu baca kalau di usia ini, anak akan lebih banyak bersama temannya dibanding orangtuanya. Tapi proses hidup sih ya. Btw, ingat Curcuma Plus, ingat jaman kecil pun diberi suplemen ini sama orangtua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, di tiap tahapan nanti bakalan beda tantangannya. Belum lagi masa remaja :)

      Delete
  4. bener banget kak, jadi orang tua tuh kaya sekolah yang ga lulus-lulus yaa, belajar terus. Ada aja gitu hal baru yang kudu kita pelajari di tiap jenjang usia anak.Semangat terus kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa belajar sepanjang hayat sampai jadi sarjana almarhumah husnul khotimah. aamiin.

      Delete
  5. Pertumbuhan fisik dan kemampuan otak harus beriringan sesuai dengan umur. Apalagi masa masa pertumbuhan dan perkembangan tidak bisa diulang jadi harus beneran optimal. Sudah jadi peran dan kewajiban orang tua untuk melenngkapi dan memenuhi semuanya. Suplemen emang penting untuk melengkapi semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tak dapat diulang, sepakat banget kak!

      Delete
  6. Memang semua harus seimbang ya, stimulasi dan nutrisinya. Suplemen juga membantu menambah nutrisi anak biar tumbuh kembangnya sesuai usianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kedua hal tersebut dibutuhkan anak supaya tumbuh kembangnya optimal

      Delete
  7. Selain kasih asupan gizi yang seimbang, anak juga harus didukung pertumbuhannya sama konsumsi suplemen yang tepat. Biar vitaminnya tercukupi dan nafsu makannya juga bertambah ya. Btw, curcuma ini juga sering direkomendasiin sama dokter hewan buat vitamin kucing biar nafsu makan pas mereka lagi malas makan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw buat anabul pun minum curcuma supaya lahap makan? hihi...

      Delete
  8. Setiap usia mengandung "masanya" masing-masing yaa..
    Dan ini meminta orangtua untuk lebih banyak memahami setiap masanya dengan tetap tenang agar anak dan orangtua sama-sama tetap memiliki bonding yang okeeii..

    Keren banget, kak Helena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba Len, kitanya yang perlu aware kebutuhan anak karena belum tentu dia bisa mengungkapkan

      Delete
  9. Wah vitaminnya sama dg anakku. Minum vitamin dg ikan Cod. Rasanya jeruk dia paling suka. Kesehatan penting untuk menunjang aktifitas anak sehari2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak, rasa jeruknya enak! akupun cobain, hehe

      Delete
  10. Menarik banget nih ilmunya padat jadi belajar hal baru dan nambah ilmu. Terima kasih informasinya ya Kak

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya kasih anak curcuma plus kalau lagi malas makan atau sakit. Artikelnya bagus banget, bikin belajar lagi soal tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca artikel ini sambil membayangkan anak-anakku satu per satu yang masih di usia sekolah. Terima kasih infonya.

      Delete
    2. terima kasih Mbak Farida, semoga ananda sehat selalu

      Delete
  12. Jadi orangtua memang harus belajar terus setiap hari yaah, selalu ada tantangan baru deh. Ada masa2 di mana anak lebih mentingin omongan teman dibanding omongan kita, jadi suka gemes sendiri sih hahaha.

    Tambahan multivitamin emang butuh banget untuk tumbuh kembang anak yah, apalagi di usia aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa mbak, never stop learning as a parent.

      Delete
  13. Memberikan yang terbaik untuk anak bukan cuma sekolah dan buku ya tapi juga memberikan makanan bergizi baik dan zat gizi lain yang dibutuhkan agar bisa optimal mencapai perkembangannya. Jadi orangtua memang bikin belajar terus, heheh

    ReplyDelete
  14. membaca review ini jadi inget apa yang sudah dilakukan ke Darell selama usia emasnya, setuju banget menstimulasi tumbuh kembang anak bisa dilengkapi dengan multivitamin

    ReplyDelete
  15. Membaca nyaring ini terkesannya sepele tapi teryata sangat penting loh mba. Bahkan hingga aku SMA saja juga guruku masih selalu ajarkan membaca nyaring. Makasih sarannya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw that's great!
      iyaa membaca nyaring bisa di segala usia.

      Delete
  16. Dulu anak -anakku yang gede suka banget minum curcuma. Yang kecil ini agak susah minum vitamin. Padahal bermanfaat banget ya buat tumbuh kembangnya . Masih berusaha gimana caranya biar anak mau minum vitamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya mbak, selama asupan gizi dari makanan cukup it's OK
      suplemen sebagai pelengkap

      Delete
  17. Kayaknya mau aku rekomendasikan juga deh ini Curcuma buat keponakanku yang sekarang lagi gtm biar dia nafsu makannya bertambah.

    ReplyDelete
  18. Memang deh Helena, ga ada sekolah formal untuk menjadi orangtua yang benar maupun ideal. Tapi seiring berjalannya waktu, kita bisa belajar dari info2 webinar dll, buku dsb cara meningkatkan tumbuh kembang anak2. Selain asupan dan nutrisi seimbang yang dikonsumsi setiap hari, tentu ada multivitamin lain yang dibutuhkan, seperti Curcuma Plus Grow ini, bermanfaat sekali. TFS yach.

    ReplyDelete
  19. Tumbuh kembang anak sekolah butuh support dan dukungan nutrisi dari orang tua. Lebih lengkap lagi dibantu Curcuma Plus Grow yang bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan perkembangan otak anak. Selamat bertumbuh kembang SID!

    ReplyDelete
  20. bocah saya juga umur 5-6 tahun gitu sukanya main di rumah teman. Sampai mandi, makan maunya di rumah teman. Saya ajak komunikasi rutin, pendekatannya ngobrol biar dia paham. Sekarang sih udah punya malu.
    Minum curcuma bagus ya buat tumbuh kembang anak, plus juga bisa bantu jaga kesehatan anak.

    ReplyDelete
  21. Banyak cara untuk mendukung tumbuh kembang anak, ya mbak. Salah satunya dengan memberikan Curcuma Plus Grow. Bagus buat otak. Dulu anakku pun pas masih kecil-kecil juga konsumsi Curcuma Plus. Alhamdulillah semua baik dan sehat sesuai harapan dan doa :)

    ReplyDelete
  22. Iya betul, anak sekolah udah semakin mandiri, kadang bikin baper ibunya hihihi...
    Di masa pertumbuhan ini, hobinya makan terus, makanua nutrisinya pun harus diperhatikan ya...

    ReplyDelete
  23. Memantau tumbuh kembang anak usia sekolah juga tidak kalah penting ya mbak
    Agar anak tetap terstimulasi sekaligus optimal tumbuh kembangnya
    Selain dengan menstimulasi melalui berbagai kegiatan, bila perlu memberi asupan vitamin ya mbak

    ReplyDelete
  24. jadi pengen coba curcuma plus ini buat anak-anakku mbak siapa tahu bisa nambah nafsu makannya

    ReplyDelete
  25. Karena periode tumbuh kembang ini ngga bisa diulang...jadi kudu dioptimalkan yaa.

    Bagus bgt iniii, bs ningkatin imun juga.
    Bocah makin setroonggg

    ReplyDelete
  26. Soal jadwal buat optimalkan perkembangan anak masih agak jadi PR. Untung sekolahnya full. Makanya butuh suplemen kaya Curcuma Plus Grow ini biar strong

    ReplyDelete
  27. Curcuma plus anakku keduanya konsumsi sampai sekarang. Padaa sukaa trs bikin nafsu makan meningkat, InsyaAllah bikin sehat selalu kuat ga gampang sakit ya...

    Kalau kuat sdh terbukti sihhh pd ga ngeluh trekking ngos2an medan curam hehehe

    ReplyDelete
  28. Semoga saya nanti bisa menemani dan mengajarkan anak untuk terus belajar. Apalagi saat usia anak 6 - 12 tahun.

    Kudu banyak belajar nih saya, yang baru menjadi orang tua. Baru 1 aja raaanya udah nano-nano. Hahaha

    ReplyDelete
  29. Usia itu juga anak makin kritis ya banyak nanya ini itu dan mulai ga mau dianggap anak kecil

    ReplyDelete
  30. Wah, samaan Mba Helena. Anak saya juga saya kasih Curcuma Plus Grow Emulsion. Dia pilih rasa Blackcurrant. Tiap hari minum ini sebagai multivitamin anak. Buat jaga daya tahan tubuh juga

    ReplyDelete
  31. Stimulasi saja tidak cukup ya harus dibarengin dengan vitamin juga. Supaya main komplit.

    ReplyDelete
  32. ibu yang jeli dan teliti memperhatikan berbagai aspek tumbuh kembang anak dan memberikan asupan bergizi yakni Curcuma Plus Grow. Aku jadi ingat, semasa kecilku juga suka dikasi Curcuma, karena aku susah makan. Kabarnya dengan memberikan curcuma, anak akan lebih seneng makan. Hhehe, ternyata ya.. sama aja sih.. Tapi aku jadi lebih gak mudah sakit, rasaya.

    ReplyDelete
  33. Rio juga aku suka kasih Curcuma Plus di rumah. Meskipun belum SD, tapi memang persiapan mental dan fisik harus dilakukan sejak dini. Biar ga kaget ibu maupun anaknya hihi

    ReplyDelete
  34. Asupan tambahan memang peu ya secara anak2 susah makan sayur

    ReplyDelete
  35. Nah itu kita harus bener-bener mengawal Perkembangan anak dengan Baik yak, mulai dari Aspek apapun 🥳

    ReplyDelete
  36. Tumbuh kembang anak yang maksimal pastinya jadi harapan setiap orang tua. Namun tentu saja tumbuh kembang terbaik harus ditunjang banyak faktor ya. Seperti asupan vitamin dan makanan sehat lainnya. Plus kenyamanan dan kasih sayang juga pastinya ya

    ReplyDelete
  37. Seneng ya kalo bisa meruntun perkembangan anak. Serasa ada pencapaian bertahap buat anak.

    ReplyDelete
  38. Melihat tumbuh kembang anak pasti menjadi suatu hal yg menyenangkan bagi orang tua
    Apalagi ketika memasuki usia sekolah. Kelengkapan nutrisinya harus terjaga. Dan Curcuma plus ini termasuk yg memiliki kandungan vitamin lengkap yang baik untuk memenuhi nutrisi anak.
    Dengan begitu, pertumbuhannya bisa terus terjaga.

    ReplyDelete
  39. Aku kaget juga nih, kak Helen... Anakku uda mulai gak mau ikutan aku ke acara-acara blogger.
    Awalnya kalau main sama temen sih, aku masih fain.. Ternyata mereka beneran lebih seneng sama temen-temennya ketimbang sama Ibunya. Mau marah, kan gak mungkin yaa..?
    Akhirnya aku ajakin ngobrol dan au ketemu titiknya nih.. Bahwa sesungguhnya, mereka sedang mengenali diri mereka sendiri di lingkungannya, mereka sedang berkembang dan mereka butuh pengakuan gak hanya dari rumah.

    Ya..ikuti terus sembari mendoakan dan memberikan asupan nutrisi yang baik dengan menambahkan Curcuma Plus Grow.

    ReplyDelete
  40. Noted semuanya Mba ^^ Seneng bisa nemu artikel ini dan jadi pengingat untuk diri saya yang juga sedang membersamai anak yang baru mulai sekolah TK...hehe

    ReplyDelete
  41. Tumbuh kembang anak memang harus diperhatikan dengan baik ya. Apalagi saat di periode emasnya ketika mulai belajar dan bersosialisasi.
    Curcuma ini legend banget dah buat membantu asupan nutrisi anak. Harus banget sedia curcuma di rumah deh.

    ReplyDelete
  42. Agar tumbuh kembang anak optimal, harus selalu diberi stimulasi dan gizi seimbang ya mbak
    Bila perlu minum suplemen seperti ini

    ReplyDelete
  43. aku sebenarnya lumayan sering beliin anak vitamin tapi ngasih vitaminnya masih kurang rutin akhirnya kadang vitamin anaknya jadi nggak habis atau kadaluarsa deh. huhuhu. harus lebih disiplin lagi nih kayaknya memberikan vitamin ke anak soalnya anak-anak sudah mulai masuk usia sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun biasanya begini nih, bersisa. tapi emang kasih vitamin ke anak saat nafsu makan kurang, sakit, jadi memang ada kondisi khusus yang ia butuh suplemen. ga tiap hari.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,