Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Persiapan Anak Masuk SD

Monday, July 18, 2022

ciri anak siap masuk sd
persiapan anak masuk SD

Tahun ajaran baru kali ini istimewa bagi keluarga kecil kami karena si sulung masuk SD. Yay! Berbagai hal kami siapkan untuk mendukungnya masuk jenjang baru. Secara garis besar ada tiga hal untuk persiapan anak masuk SD yang kami lakukan. Adakah yang sama denganmu?

Tahun Ajaran Baru untuk si Anak SD


tahun ajaran baru
membaca jadwal pelajaran SD


Tahun ini SID berusia 7 tahun, usia yang kami pikir tepat untuk memasukkannya ke sekolah dasar (SD). Jauh-jauh hari kami sudah sounding bahwa tahun ini ia akan bersekolah. Insya Allah kami, termasuk SID, sudah mantap dengan pilihan SD-nya yang merdeka belajar banget.

Sekolah dasar beda dari sebelumnya saat kami homeschooling usia dini secara mandiri. Saat pendaftaran SD, saya mengajak SID mengisi formulir bersama. Ada beberapa data diri yang perlu ia jawab.

Proses selanjutnya berjalan cepat. Matrikulasi selama 3 hari untuk memahami sistem di sekolah kemudian hari Senin kegiatan mulai aktif berjalan. Wah, sudah masuk tahun ajaran baru untuk anakku. Bismillah.


Back to School Persiapan Anak Masuk SD

Manfaat interlac vitamin D
siapkan perlengkapan sekolah, fisik, dan mental anak

Bulan Juli menjadi bulan yang sibuk berbelanja bagi para orang tua yang anaknya bersekolah. Toko seragam dan alat tulis ramai diserbu untuk mempersiapkan sekolah tatap muka. Alhamdulillah ya setelah dua tahun lebih sekolah daring, sekarang sudah berlangsung PTM 100%.

Persiapan anak masuk SD yang pertama yaitu menyiapkan peralatan dan perlengkapan sekolah. Selain itu, orang tua juga perlu mempersiapkan fisik dan mental anak.


Persiapan mental

Persiapan mental kami lakukan dengan memberi gambaran bagaimana sekolah dasar tersebut. Di SD bakal lebih seru, banyak subject yang bisa dipelajari lebih dalam. 

Anak SD juga perlu dilatih menyampaikan pendapat, mengikuti aturan, bertanggung jawab, dan persiapan sosialisasi dengan lingkungan baru. Contoh yang kami lakukan dengan membuat jadwal belajar dan menempelkannya supaya SID tahu apa saja kegiatan hari itu. Ia juga memilih student club yang tertarik ia ikuti supaya timbul rasa tanggung jawab atas pilihannya.


Persiapan fisik


Persiapan fisik yang menantang yaitu membiasakan bangun pagi. Kami menggeser jam tidur supaya tidur lebih cepat, sebelum pukul 9 malam. Harapannya anak dapat bangun untuk shalat subuh di masjid dan lebih siap belajar.

Fisik harus lebih dijaga karena kegiatan belajar semakin padat. Perlu diingat, varian virus Covid baru ada lagi … ada lagi. Alhamdulillah SID sudah dua kali vaksin anak. Ia ingin booster tetapi belum ada untuk anak di bawah 18 tahun.

Asupan makanan gizi seimbang dan makan teratur 3x sehari plus camilan tersedia di rumah. Pokoknya urusan perut harus optimal karena kesehatan saluran cerna mencerminkan kesehatan tubuh secara umum.

kesehatan saluran cerna
mengenalkan kesehatan fisik termasuk sistem pencernaan melalui buku dan alat peraga


Interlac + Vit D3 Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak


FYI, 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna. Bila kesehatan saluran cerna terganggu, dapat memunculkan gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, kembung, kolik dan gumoh pada bayi. Saluran cerna yang sehat terbukti dapat menaikkan sistem imun yang mencegah infeksi atau alergi.

Untuk membantu jaga daya tahan tubuh anak dan kesehatan saluran cerna, SID mengkonsumsi suplemen probiotik dan Vitamin D3 Interlac. Nama Interlac sendiri sudah tak asing bagi saya karena saat SID balita mengkonsumsi Interlac yang mengandung probiotik. Uniknya, sekarang Interlac mengkombinasikan probiotik dengan Vitamin D3 dalam satu produk.

Dalam sebutir tablet kunyah Interlac + Vit D3 mengandung:

  • Lactobacillus reuteri DSM 17938 sejumlah 108 CFU

  • Vitamin D3 400 IU

interlac bakteri apa
komposisi Interlac + Vit D3


Manfaat Probiotik


Probiotik merupakan bakteri baik di dalam tubuh manusia yang turut menjaga kesehatan saluran cerna. Manfaat bakteri baik pada kesehatan manusia yaitu bantu meningkatkan imunitas, menyerap nutrisi, mengatasi diare, sembelit, maupun kembung.

Sumber probiotik alami antara lain terdapat pada gandum, asparagus, brokoli, bawang putih, bawang merah, tempe, tahu, tauco, dan sari kedelai.

Probiotik dapat juga diperoleh dengan mengonsumsi suplemen probiotik Interlac dengan dosis 1x sehari.


Manfaat Vitamin D3


Tubuh membutuhkan vitamin D3 untuk mengatur kadar insulin dan gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu tubuh menyerap kalsium serta fosfor lebih baik untuk kesehatan tulang.

Vitamin D3 terbentuk secara alami jika kulit terkena sinar matahari. Sumber vitamin D3 juga dapat ditemui pada ikan laut, minyak ikan, telur, susu dan olahannya, hati sapi, dan jus jeruk.

Seharusnya di negara tropis seperti Indonesia, vitamin D mudah didapat, ya. Nyatanya defisiensi Vitamin D di Indonesia dialami oleh orang tua, ibu hamil, ibu menyusui, juga anak-anak. 44% anak-anak usia 6 bulan sampai 12 tahun mengalami defisiensi vitamin D. Beberapa penyebab umum kekurangan Vitamin D yaitu aktivitas terlalu banyak di dalam ruangan, menggunakan pakaian yang serba tertutup, dan penggunaan tabir surya.

Waduh, kok angkanya besar. Saya jadi khawatir dengan kondisi anak-anak. Jujur, anak belum pernah tes kandungan vitamin D di lab. Ketika mengetahui Interlac mengandung kombinasi probiotik dan Vitamin D, saya happy dong. Probiotik plus vitamin D dapat meningkatkan penyerapan vitamin D lebih baik dibandingkan hanya mengonsumsi Vit. D tunggal.

Interlac + Vit D3 menjadi suplemen praktis pilihan saya. Bentuknya tablet kunyah dengan rasa jeruk. Anak suka karena seperti makan permen, cukup kunyah tanpa rasa pahit. SID saja minta lagi tetapi saya ingatkan bahwa aturan pakai hanya 1x sehari.

Setelah sarapan, saya beri ia satu tablet Interlac. Ia bertanya, “Itu apa?”. Ia sudah khawatir bakal diberi obat, hehe. Jadilah saya jelaskan singkat mengenai bakteri baik dan kesehatan saluran cerna.

Interlac Tablet + Vit D3 Rasa Jeruk dapat dikonsumsi anak usia 2-18 tahun, ibu hamil, dan dewasa. Interlac tersedia di apotik, babystore, maupun marketplace Interbat Store. Jika membeli online, sebaiknya beli di official store Interbat yang terjamin keasliannya. Tempo hari di akun Instagram @interlacprobiotics share tentang Interlac palsu. Ciri-ciri kemasannya mirip, susah kan cek keasliannya jika beli via online.


manfaat interlac probiotik vit d
Bantu jaga imunitas tubuh dengan konsumsi Interlac + Vit D3

Penutup


Berbagai persiapan fisik dan mental perlu disiapkan untuk anak masuk SD. Back to school di tahun ajaran baru insya Allah lebih siap dan bersemangat. Jaga daya tahan tubuh dan kesehatan saluran cerna dengan asupan gizi seimbang dan konsumsi suplemen Interlac yang mengandung probiotik + Vit D3.



Referensi:

https://www.alodokter.com/vitamin-d3-ini-manfaat-dan-kegunaannya-bagi-tubuh

https://www.republika.co.id/berita/qdyqcg414/kekurangan-vitamin-d-terjadi-di-semua-kelompok-umur


32 comments on "Persiapan Anak Masuk SD"
  1. Lucu banget sih mba apronnya sistem pencernaan tubuh gitu. Jadi pas ya jelasin ke anak ttg betapa pentingnya Interlac buat sistem pencernaannya. Btw apronnya beli dmn mba haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa anakku sempat tanya Interlac itu apa Jadinya ku jelasin tentang probiotik dan usus. Apron ada di market place mbaa

      Delete
  2. Ya Ampunn udah SD aja lagi Sid nih, euforia anak2 masuk sekolah tatap muka di tahun ajaran baru ini seru banget, anak2 suka dan mamak2 mest ekstra perhatian terutama untuk menjaga kesehatannya menjelang sekolah ya.
    Solusi nih suplemen kesehatan anak Interlac + Vit D3 yang bisa dikunyah, mauu iciip donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enak loh beneran rasa jeruk. Aku pun konsumsi Interlac + Vit D3 ini

      Delete
  3. Masha Allah, Sid ganteng udah gede aja sih, udah masuk SD.
    Persiapan mental dan fisik ini memang penting banget ya, biar anak-anak bisa menjalani sekolah dengan semangat.
    Anak saya juga konsumsi Interlac + vit D3 dong, Alhamdulillah daya tahan tubuhnya jadi lebih terjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikhtiar jaga kesehatan tubuh anak yaa Mbak Rey. Terima kasih

      Delete
  4. Penampang sistem pencernaannya bagus banget Kakak SID, emang deh anak2 harus dijaga imunitasnya, anakku juga suka sering sakit,apalagi dia punya asma juga,jadi kadang suka khawatir aku kalo jajan atau makan sembarangan di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      nah itu yah jajan sembarangan khawatir malah sakit perut jadi ngefek ke belajarnya

      Delete
  5. Selamat ya SID sdh jadi anak SD nih..tentunya kegiatannya makin padat dan memerlukan fisik yg prima ya.. Untung sdh ada andalan menjaga kesehatan niih.. Sip deeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih tante. Iyaa jadwal padat ini sampe dia bilang kok aku ga ada liburnya

      Delete
  6. Selain vitamin D, Interlac ada kandungan probiotik juga ya. Ini dih oke banget buat anak. Cocok lah buat bekal mereka menjaga kesehatan saat mulai sekolah kaya sekarang

    ReplyDelete
  7. Sudah mulai riweh lagi ya mbak. Anak-anak sudah mulai masuk sekolah, itu artinya kita harus membantu menyiapkan kebutuhannya. Termasuk kebutuhan akan suplemen kesehatan. Kayaknya perlu persediaan interlac + vit C di rumah supaya anak tetap terjaga kedehatannya dan terhindar dari penyakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masya Allah, mba jadi jarang pegang HP ini. hihi ... jadwal makin padat setelah anak masuk sekolah.

      Delete
  8. Kebiasaan baik harus terus dilakukan. Kalau anak-anak tidurnya cukup, makannya juga baik dan rajin berolahraga, in syaa Allah siap hadapi aktivitas baru di sekolah baru yang bikin semangat. Jangan lupa konsumsi Interlac yang baik untuk jaga kesehatan cerna anak.

    ReplyDelete
  9. Selamat jadi siswa SD ya kakak SID, seru banget pastinya sekolah kali ini. Entar anakku juga SD nya 7 tahun mbak, sama kayak kakak SID. Itu kok kece banget belajar pencernaannya 🤩 Btw emang penting banget ya jaga imun anak, dan ini masih pandemi. Interlac andalan emak emak biar tubuh anak makin sehat dan kuat, khususnya pencernaan juga sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih tanteee. Alhamdulillah yaa anak-anak kita udah minum Interlac

      Delete
  10. Persiapan anak masuk sekolah di masa pandemi memang harus diimbangi dengan suplemen daya tahan tubuh seperti Interlac ini, ya, Mbak. Selain tubuh lebih sehat, pencernaan juga lancar dengan minum tablet Interlac rasa jeruk.

    ReplyDelete
  11. Banyak bener manfaat baik dari satu tablet kunyah Interlac.
    Vitamin, mineral dan asupan penting lain yang dibutuhkan anak-anak tersedia lengkap. Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah termasuk probiotik dengan vitamin D3 400 IU

      Delete
  12. semangaat yaaa untuk back to school.. semoga selalu sehat dan terhindar dari COVID-19. Jaga terus imunitas tubuh

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. hehehe iyaa itu alat peraga waktu belajar tubuh manusia

      Delete
  14. gagal fokus sama apron dengan tiruan saluran pencernaan itu mbak, masyaAllah. Btw, Sid sudah mau SD yaa, waktu begitu cepat berlalu yaa. samaan dengan Saki nih, saki juga rutin minum interlac.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, apron kesayangan itu waktu kami belajar tubuh manusia. Iyaa saki udah sekolah juga yah. Kangen ketemuan waktu event.

      Delete
  15. Anak yang udah sekolah offline memang harus dikasih perlindungan khusus.
    interlac bantu kita ya buat jaga anak2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikhtiar ya mba soalnya bakal banyak ketemu teman dan jadwal yang padat.

      Delete
  16. Betul banget ini, Helen, meski pandemi katanya sudah landai tetap waspada jaga kesehatan anak ya. Salah satunya ikhtiar dengan suplemen buat anak yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, probiotics memang bagus untuk kesehatan saluran cerna

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,