Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung pada Baby Uno

Sunday, May 17, 2020
minyak telon sleek baby telon oil
mengatasi perut kembung pada bayi


Duh, baby Uno lebih rewel daripada biasanya. Suhu ruangan udah pas, enggak kepanasan atau kedinginan. Sudah saya susui tapi masih aja rewel. Hmm … rupanya perut bayiku keras ketika dipegang. Jangan-jangan kembung. Bagaimana mengatasi perut kembung pada bayi?



Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Panik dong tiap kali anak bayi rewel. Kan bayi belum bisa mengutarakan maksud hati, hanya menangis. Ilmu “kebatinan” ibu yang mencoba menerjemahkan arti tangisan bayi. Maka mulailah saya cek dahinya, enggak keringetan atau demam. Cek popoknya, masih kempes dan enggak pup. Barusan sudah menyusu tapi kok masih rewel?

Aih, rupanya perut baby Uno keras, sepertinya ia mengalami perut kembung. Well, perut kembung pada bayi kerap terjadi terutama di 3 bulan awal usianya karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Bayi mengalami perut kembung antara lain disebabkan:

Makanan yang ibu konsumsi: Apa yang ibu makan bisa berefek ke bayi bila bayi masih minum ASI, seperti baby Uno. Sebaiknya ibu menghindari atau mengurangi kubis, kembang kol, brokoli, bawang, atau kentang yang dapat membentuk gas setelah dicerna.

Makanan yang dikonsumsi bayi: Saat menyiapkan MPASI, perlu pilih-pilih menu dan tidak memberikan makanan secara berlebihan yang dapat memicu perut kembung.

Minuman selain ASI: Selain ASI, susu formula, dan air putih, minuman lain tidak dianjurkan diberikan pada bayi. Contohnya, jus karena fruktosa pada jus sulit dicerna bayi.

Bentuk dot bayi: Pilih bentuk dot yang sesuai untuk mengurangi udara yang masuk ke dalam mulut bayi.


Mengatasi Perut Kembung pada Baby Uno

Meskipun lumrah terjadi, perut kembung pada bayi perlu ditangani supaya bayi lebih nyaman. Pusing juga, kan, melihat anak merengek terus menerus. Waktu istirahatnya pun menjadi terganggu.

Beberapa hal yang saya lakukan ketika bayi mengalami perut kembung, yaitu:

1. Karena Baby Uno masih full ASI, saya memilih mengonsumsi makanan yang sekiranya tidak menyebabkan perut bayi kembung.

2. Melakukan pijat ILU alias I love You pada bayi. Pijat ILU dapat membantu meredakan perut kembung dan melancarkan BAB.

minyak telon pijat bayi
Pijat I Love You
Oh ya, masalah BAB yang tidak rutin ini juga sering terjadi padahal ketika newborn, setiap hari baby Uno selalu buang air besar. Sekitar sebulan terakhir, ia makin jarang BAB. Kadang 3-4 hari sekali baru BAB. Meskipun BAB seminggu sekali untuk anak ASI masih tergolong wajar, tapi perutnya terasa kencang. Kalau begini, pijat ILU saja setelah mandi sambil pakai minyak telon.

3. Mengolesi dada, perut, dan punggung bayi dengan minyak telon. Bisa dibilang punya bayi berarti wajib punya minyak telon. Wanginya minyak telon yang dioles ke badan bayi setiap kali sehabis mandi menjadi wangi khasnya bayi. Hihi … enak banget!

4. Menggerakkan kedua kaki bayi seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan dengan posisi bayi terlentang. Kalau sedang mengayuh begini, baby Uno bisa tertawa lebar. Senangnya ….

Sleek Baby Telon Oil 2x Minyak Telon Biasa

Wangi minyak telon itu kan bayi banget, ya. Baby Uno setiap selesai mandi selalu saya olesi minyak telon. Dada, perut, punggung, tangan, dan kaki semuanya jangan sampai terlewat.

Minyak telon menjadi perlengkapan bayi yang wajib ada di rumah dan di tas kala bepergian. So, untuk minyak telon saya pilih produk bayi yang aman apalagi sering digunakan pada kulit bayi yang masih sensitif. So, saya pilih Sleek Baby Telon Oil sebagai minyak telon yang bantu melindungi si kecil terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupannya.

cara pakai minyak telon bayi
Sleek Baby Telon Oil mencegah perut kembung dan melancarkan pernapasan



Produk baru dari Sleek Baby ini mengandung Oleum Cocos untuk melembabkan kulit, Oleum Cajuput untuk menghangatkan, dan Oleum Anisi untuk mencegah kembung, melancarkan pernapasan, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab iritasi. Kandungan aniseed oil pada Sleek Baby Telon Oil 2x lebih banyak dari minyak telon biasa, lho! Usapan hangatnya melindungi si kecil.


sleek baby telon oil
Baby Uno dan Ibu sukaaa wanginya minyak telon Sleek Baby
Selain manfaatnya yang membantu mengatasi perut kembung bayi, saya suka wangi minyak telon. Relaxing! Ditambah lagi tekstur Sleek Baby Telon Oil ini tidak terasa lengket di tangan. Saya suka banget momen membalur badan baby Uno dengan minyak telon dari Sleek Baby.


Sleek Baby Telon Oil tersedia dalam dua ukuran, 30ml dan 70ml. Yang ukuran 70ml untuk stok di rumah sedangkan kemasan kecil masuk ke tas untuk bepergian. Harganya pun cukup ekonomis, untuk ukuran 30ml Rp 13.000,00 dan ukuran 70ml harganya Rp 28.000,00.

baby boy moslem
Yay, baby Uno enggak rewel lagi
Dengan melakukan tips di atas, saya sudah enggak khawatir lagi ketika baby Uno perutnya kembung. Pijat ILU, melakukan gerakan mengayuh sepeda, dan tentunya pakai produk bayi yang aman, Sleek Baby Telon Oil untuk bantu mengatasi perut kembung pada bayi. Kamu sudah mencoba?


Dapatkan perlengkapan bayi Sleek Baby untuk kesayangan kita di :
Instagram @Sleekbaby_id,


Referensi:
Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi. https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi. Diakses 15 Mei 2020.


51 comments on "Pengalaman Mengatasi Perut Kembung pada Baby Uno"
  1. Ngegemesin ini Baby Uno, lutuuuunaaa.
    Aku masih inget ILU, mengayuh sepedadulu diajarin bidan pas lahiran, kalo ngalamin perut kembung, susah BAB harus begini begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak betul ILU dari dulu ampuh lancarkan BAB

      Delete
  2. Uluh uluuuh..lucu banget ih dedek satu ini. Ganteeng dan sumeh / mudah senyum ya.. Alhamdulillah sudah dapat solusi penghilang kembung ya..

    ReplyDelete
  3. wahh.. sama banget sih mbaaa..
    anakku kalo kembung juga jadi rewel plus bonus gak mau makan.. huhu..

    untungnya sekarang udah ada sleek baby telon oil yaa.. mamak gak perlu khawatir lagi deh.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, perut kembung buat dewasa kan ga enak apalagi bayi yang belum bisa ngomong

      Delete
  4. Minyak aniseed atau adas manis memang bagus bisa kasi kehangatan buat anak dan mengatasi perut kembung juga. Aku penasaran sama aromanya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa anget. Kalau aromanya khas minyak telon

      Delete
  5. Seru banget bisa bareng si kecil tiap hari, btw aku baru tahu kalau telon lang ini merk sleek baby mbak. Mau cobain mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sleek Baby baru launching minyak telon, nih, mbak. Cocok buat si kecil.

      Delete
  6. Ya ampun menggemaskan sekali Uno ini. Pipinya gembul pengen di cubit nih kayaknya. Hhaha./ Asik skarang ada minyak telon yang emang pas buat mengatasi kembung pada anak bayi ya mba

    ReplyDelete
  7. Ternyata makanan yang si ibu konsumsi bisa menyebabkan perut anak kembung ya. Jadi harus bijak juga dalam hal memilih makanan ya kalau punya bayi.

    ReplyDelete
  8. Baby Uno udah geday lagi 🤩 aku juga suka bingung kalau anak udah rewel Mak Sid ternyata yah perut kembung itu bisa bnyak oenyebanya btw aku baru tahu sleek keluarin produk minyak telon nih jd oengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, sedia Sleek Baby Telon Oil supaya anak ga rewel saat perut kembung.

      Delete
  9. MashaAllah~
    Lutunya Baby Unooo...semoga menjadi yang terbaik dan terhebat.
    Untuk urusan perut kembung, hihii...uda ada Sleek minyak telon yang bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  10. paling sedih kalo bayi kembung dan sembelit ya mba, pake telon dari Sleek plus usapan penuh cinta dari bundanya pasti bikin baby nyaman banget yaa jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau Uno sembelit, aku pijetin sambil oles Sleek Baby

      Delete
  11. Jaman anakku bayi dulu pernah ini dia kembung tapi aku gak nyadar, namanya ibu baru kala itu. Lalu aku usap-usap sambil ngasih asi tapi kok masih rewel, pas mamahku yang ngecek baru ketauan kalau dia kembung. Lalu langsung diusap-usap kasih minyak telon agar lebih hangat.

    ReplyDelete
  12. Waa baru tahu sleek ada minak telonnya. Biasanya pakai merk sebelah tapi mungkin mau coba mer sleek ah, secara sudah pakai merk ini sejak lama juga :D

    ReplyDelete
  13. Baru ya mba sleek minyak telon ?
    Anak ku juga dulu gitu sama suka kembung. Minyak telon emang wajib banget selalu sedia kalau punya baby.

    ReplyDelete
  14. Salfok sama baby Uno, mirip kakak SID Banget hehe. Waah minyak telon Sleek Baby 2 kali minyak telon biasa. Pasti banyak manfaatnya. Termasuk perut kembung yang emang momok banget yah Mbak.

    ReplyDelete
  15. Wah perut kembung. Gangguan yang sering dirasain bayi ya. Walopun kelihatan sepele, tapinya lumayan annoying. Bayi rewel, ortu ikutan pusing. Dan iya banget, olesan minyak telon di tubuh bayi lumayan membantu. Btw, baru tahu kalo Sleek punya produk Minyak Telon. Kepengen nyob deh. Walopun anak-anak udah gede, sesekali mereka aku pakein juga. Wanginya enak sih.

    ReplyDelete
  16. Adeeekkkk ya ampun gemazzzz. Happy banget dipijat-pijat pakai Sleek Baby Telon Oil. Tante juga mau dunk pijat baby uno yaa...yaa..yaa...

    ReplyDelete
  17. saya kalau sedang kembung rasanya gak enak banget, apalagi kalau baby yang kembung, secara belum bisa bilang apa-apa atau berkeluh kesah. Jadi dengan adanya Sleek Baby Telon Oil bisa membatu utk mengatasi perut kembung pada bayi secara lebih aman dan efektif tentunya

    ReplyDelete
  18. Pijatan juga bikin bayi merasa nyaman ya,,apalagi dipijat dengan telon dari sleek baby, hangatnya memang pas, anakku aja pakai itu padahal udah agak besar.

    ReplyDelete
  19. Masyaallah, baby Uno lucu banget mbak😍. Btw, alhamdulillah nih aku dapet ilmu lagi buat ngatasin baby kalo lagi kembung. Meskipun belum jadi mommy, tapi gaada salahnya kan prepare sejak dini🤭

    ReplyDelete
  20. Duh penasaran ma aromanya, bru tau klo sleek ada myk telon jga, biasanya dlu jga pake detergent nya aja

    ReplyDelete
  21. Ini kejadiannya mirip banget waktu Haruna bayi. Sering banget kembung sampe bingung, ini kenapa sih anak bayiik. Ternyata efek asupan makanan yang ga cocok. Dengan rutin dipijat, emang bantu banget meredakan kembung yang membuat anak bayik rewel..

    ReplyDelete
  22. Pernah anakku pake Minyak Telon, kulitnya jadi merah-merah. Kasihan kan, jadi memang kita harus memilih Minyakntelon yang mengandung olium cocos agar kulitnya gak iritasi

    ReplyDelete
  23. Sehat selalu Uno. Baru tahu aku kalau sleek ada minyak telon juga ya. Karena selama ini brandingnya cukup melekat dgn yg namanya pencuci botol.

    Wahh aku belum pernah praktek pijat ILU ke Devina, mau ikutan nyoba ahh pas banget juga milon nya udh tinggal sedikit.

    ReplyDelete
  24. Halooo Uno, wah enaknya suka dipijitin yaa. Kalo aku malah suka kuoles-olesin ke badanku juga soalnya wangi telonnya enak dan segar banget.

    ReplyDelete
  25. suka aksihan kalau lg kembung ya, babynya lucu sekali

    ReplyDelete
  26. Lucunyaaaaa baby unoooo :D.

    Waktu anak2ku bayi, itu minyak telon juga harus ada mba. Tp sayangnya pas umur 2 thn k atas kulit mereka malah jd sensi Ama telon. Jd cari pengganti oil lain yg ga bikin kulit terkelupas.
    .tp pas bayi anehnya ga kenapa2. Aku pake produk sleek pas anak kedua. Pas si Kaka lahir, kayaknya ini blm ada deh, ato aku yg ga ngeh :D.

    Sampe skrpun sleek slalu aku pake trutama yg liquid detergent dan pencuci botol nya :). Udh percaya dr dulu

    ReplyDelete
  27. Waduh, orang dewasa aja perutnya kembung rasanya gak keruan, apalagi bayi. Untung bisa dipijat ILU sama pakai Sleek minyak Telon ya, bayi nyaman, baunya bayii banget

    ReplyDelete
  28. Kalo gak baca artikel ini, gak akan tau ada tekhnik pijit pada debay namanya ILU ( I Love U ) hehe. Pastinya debay jd semakin merasa disayang terus yah mba hehe ;)

    ReplyDelete
  29. Mirip Sid bgt ini, btw yg saya tau sleek cuma buat pembersih botol ternyata ada minyak telpon nya juga ya. Duh kudet aku ☺️

    ReplyDelete
  30. Gegara covid aku jadi belum nengokin baby Uno nih. Kembung itu memang bikin drama banget ya mbak. Andalan aku juga tuh untuk pijat ILU pakai minyak telon. Anyway aku baru tahu lho Sleek punya produk minyak telon. Selama ini tahunya cuma detergen baju bayi sama sabun cuci perlengkapan makan bayi aja.

    Boleh dicoba nih untuk si baby yang akan launching di bulan Agustus...

    ReplyDelete
  31. Kalau bayi itu memang sering kembung ya ... Tapi kalau pakai ASI biasanya relatif lebih mudah penanganannya. Malahan kadang bisa sembuh sendiri. Ngomong2 foto dedeknya bikin gemezz mbak ...

    ReplyDelete
  32. Iya nih, waktu nde bayi sering banget mengalami perut kembung, apalagi kalau aku habis konsumsi makanan gorengan atau bala bala. Pasti langsung dibalur sama minyak telon. Sleek ini juga bagus nih. Aku udah cobain buat kirim ke kampung.

    ReplyDelete
  33. Wahh baru tahu aku sama minyak telon sleek. Saya pernah lihat sodara melakukan pijatan ILU dgn dibaurkan minyak telon untuk anaknya karena saat itu si bayi rewel terus. Dulu saya pikir apa itu ILU, eh ternyata bukan sembarang pijatan ya. Bisa bikin bayi lebih tenang.

    ReplyDelete
  34. Aaaaa aku kok gemas banget yaah liat Baby Uno cakep banget sih kamuu tuh hehe. Wah aku baru tauu kalo ada pijatan ILU ituu mbak, maklum calon bapak yang belum tau banyak tentang duni anak wkwk. Uh aroma telon di bayi aku suka banget mbak, bisa aku usel usel terus wkwk

    ReplyDelete
  35. Solusi yang bagus nih buat atasi perut kembung pada bayi dengan Sleek Baby Oil.

    Btw ini bisa dipakai dewasa juga kah kalo perutnya kembung?

    ReplyDelete
  36. Pijat memang bikin bayi jadi nyaman. Dikasih minyak telon saat dipijat bikin perutnya jadi hangat

    ReplyDelete
  37. Baby terlihat nyaman dan happy ya saat dipijat :)
    Perut kembung pada baby memang gak boleh dibiarkan supaya nyaman, enak mimi juga enak bobo.

    ReplyDelete
  38. Kita aja kalo udh perut kembung gak enak dan gak nyaman apalagi Bayu ya,dan cara yang ampuh tentu pakai minyak telon.

    ReplyDelete
  39. Anakku sampai sekarang usia 6 tahun juga masih menggunakan minyak telon, terutama dibagian perut karena untuk menghindari perut kembung. Akupun suka iseng pakai minyak telon juga, karena bau minyak telon tuh enak banget.

    ReplyDelete
  40. Pijatan bayi berguna bngeudh ya, lucu juga namanya ILU, jadi kepengen deh punya bayi lagi

    ReplyDelete
  41. Perut bayi yang kembung memang perlu dipijet pelan dengan minyak telon ya, biar nyaman.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,