21 Tips Bahagia Belanja Buku di Big Bad Wolf (Cerita dari Pre-Sale BBW 2017)

Friday, April 21, 2017


Big Bad Wolf (BBW) Book Sale datang lagi di Jakarta. Well, ga benar-benar Jakarta sih karena lokasinya di ICE BSD City. BBW secara resmi dibuka hari ini, 21 April 2017. Namun kemarin saya sempat datang di pre-sale karena dapat undangan blogger/vlogger dari panitia. Yay!

tiket vip big bad wolf
Got VIP ticket of Big Bad Wolf 2017!

“Big Bad Wolf Book Sale kembali hadir dengan event yang bakal berlangsung selama 12 hari dari tanggal 21 April – 2 Mei 2017, buka 280 jam nonstop dari jam 08:00 21 April- 23:59 2 Mei. Ya, 24 jam sehari!”


Andai ga dapat tiket VIP untuk pre-sale, saya bakal mikir berkali-kali sebelum memutuskan datang. Masalahnya rumah saya nun jauh di sana. Naik mobil ke lokasi BBW butuh waktu 1,5 jam kalau lancar. Berat di ongkir, Sis…


Transportasi Umum ke ICE BSD City

Dalam rangka hemat ongkos juga hemat energi, kami (suami, Sid, dan saya) naik kereta jurusan Tanah Abang – Parung Panjang lalu turun di Stasiun Rawa Buntu. Ada juga Stasiun Serpong dan Stasiun Cisauk yang secara jarak lebih dekat ke ICE BSD City tapi katanya sih susah cari ojek online. Di Stasiun Serpong juga lebih macet dari Rawa Buntu.

transportasi ke ice bsd city
cara ke ICE BSD: turun stasiun Rawa Buntu
Turun di Rawa Buntu, kami lanjut naik ojek sekitar 10 menit. Banyak banget taksi maupun ojek online yang ngetem di luar stasiun. Kalau pesan ojek, pilih lokasinya di Maps: Indonesian Convention Exhibition ICE BSD City. Jangan cuma nulis ”ICE BSD City” karena lokasi di peta bisa nyasar ke tempat lain.

Ini pertama kalinya kami ke sini. Norak deh naik ojek sambil nengok kanan-kiri. Lihat bangunan seperti kastil aja terpesona. Bapak ojek jadi tour guide, hehehe.

Pukul 11 siang kami sampai di ICE BSD City dan langsung turun di pintu Hall 7.

Big Bad Wolf 2017 #Auuwwsome!

Saat kami masuk ke hall 7, di sana sudah banyak orang. Tapi antrian mengambil tiket VIP masih wajar sih. FYI, tiket VIP ini bisa didapat oleh member BBW (daftar di website bigbadwolfbooks.com), blogger/vlogger (daftar terlebih dahulu), pemenang kuis media sosial BBW, atau VIP tickets Bank Mandiri sebagai satu-satunya bank yang kerja sama dengan BBW. 1 tiket VIP berlaku untuk 2 orang. Untuk anak usia kurang dari 12 tahun bisa masuk secara free. So, buat kami 1 tiket VIP cukup untuk masuk ke BBW hari itu.

Keuntungan tiket VIP:

  • Bisa datang sehari sebelum BBW dibuka untuk umum. 
  • Koleksi buku masih lengkap. Kali ini ada 5juta buku, dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Tiket VIP dalam jumlah terbatas berarti lebih sedikit saingan saat pilih buku dan antri bayar.

Dari hasil berburu buku di Big Bad Wolf 2017, saya mendapat banyak pelajaran untuk perburuan selanjutnya. Di sini saya bagi-bagi tips supaya pembaca yang mau ke BBW bisa sabar melawan godaan melihat buku segambreng yang menggoda iman di sana.

cara ke ice bsd city
Big bad wolf di Hall 7-10 ICE BSD

Tips Belanja Buku di Big Bad Wolf:

Sebelum ke BBW

1. Buat daftar belanjaan. Cek daftar buku yang dijual di website BBW. Meski tidak lengkap, setidaknya ada gambaran tipe dan jenis buku yang dipilih. Sebagian besar buku di BBW dalam Bahasa Inggris dengan genre buku anak. Buku anak sendiri dibedakan ada yang activity book, picture book, board book, gift set, dll. Buku anak berada di deretan sebelah kiri, dari awal pintu masuk sampai ujung dekat kasir. Aseli banyak banget!!! 3 jam keliling lihat buku aja masih banyak deretan buku anak yang belum saya tengok. Tetapkan jenis buku anak apa yang mau dibeli. Selain buku anak, ada buku fiksi dewasa dan non-fiksi (bisnis, keuangan, parenting, kecantikan, kesehatan, resep masakan, tips menjahit, biografi, sejarah, dsb).

2. Tetapkan budget. Bahayanya nih BBW menerima pembayaran dengan Mandiri debit dan Mandiri kartu kredit. Bisa uncontrollable kalau urusan gesek-menggesek kartu. Jadi mendingan batasi dengan budget, misal 500ribu dapat 10 buku.

3. Pakai pakaian yang simple, alas kaki yang nyaman, dan bawa barang sesimple mungkin. Ruangan di ICE dingin meski banyak orang tapi keep it simple supaya nyaman keliling dari hall 7 sampai 10, apalagi bagian antrinya :D.

4. Kalau niat borong buku, bawa tas trolley atau bahkan koper. Yes, ada yang geret koper dan itu pemandangan biasa di sini.

5. Bawa cemilan, makanan, air minum yang cukup. Boleh makan selama di lokasi asalkan tertib dan menjaga kebersihan. Di lokasi juga ada food trucks (dalam hall 7) dan bazar makanan di luar hall.

lime chicken food truck
Food truck di dekat pintu masuk. Ayam panggang di The Lime Chicken menggoda iman


Saat Memilih Buku di BBW

6. Datang bukan di jam padat, misal dini hari. Ini kan 24 jam, hohoho. Daripada siang-sore tapi ramenya ga santai. Sebaiknya juga pergi bareng-bareng lalu bagi tugas. Ada yang cari buku di deretan A, B, C, dst.

7. Kalau bawa anak, sebaiknya bawa orang dewasa lagi yang bisa jagain si anak. Ada playground di food court, tarifnya 60ribu per jam untuk weekdays dan harus pakai kaos kaki.

buku anak murah
Playground di area food court

8. Baca-baca lagi daftar buku yang mau dibeli dan budgetnya. Kalau ga gini, bisa kalap lihat buku menarik yang murah-murah. Buku hard cover dalam Bahasa Inggris yang tebel cuma 100ribu! Banyak banget deh buku murah, mungkin karena cetakan lama. Tapi isinya masih bagus dan baru.

9. Sebelum beli, teliti isi buku. Buku di sini kebanyakan tidak dibungkus plastik jadi kita bisa baca sebelum membeli. Kalaupun ada yang berplastik, biasanya disediakan sample.

ice bsd city
The Phaidon Archive of Graphic Design: 500 unique art prints in one box

10. Katanya nih buku soft cover ga terlalu gede diskonnya tapi buat yang hard cover itu worth to buy. Sebaiknya cari review bukunya di internet. Sinyal internet di dalam gedung lancar jaya, kok.

11. Trolley udah penuh tapi mau pilih buku lagi? Atau mau pulang ambil mobil karena bawaan segambreng? Titip saja di bagian penitipan buku di dekat kasir. Bisa nitip selama maksimum 24 jam, lebih dari itu dianggap ga jadi beli.

ice bsd city
tempat penitipan buku

12. Buku diletakkan di meja-meja dengan nomer meja. Perhatikan nomer meja yang dipasang di atas supaya ingat di mana letak buku tersebut.

13. Sortir buku sebelum membayar. Cek lagi daftar buku dan budget (poin 1 dan 2). Kalau memang ga ada lagi buku yang mau dibeli, mendingan sortir buku sambil antri karena antriannya bisa lebih lama daripada milih bukunya sendiri. *sigh. Saran aja ya, misal beli buku 1 trolley. Saat antri bawa 1 trolley kosong untuk tempat buku yang ga jadi dibeli. Trus tinggalin trolleynya di dekat meja kasir deh. Nanti ada aja yang antri sambil pilih-pilih buku (lagi!!!).

Saat Antri Membayar di BBW 

14. Siapkan SABAR yang banyak untuk antri. FYI, BBW membuka 60 line kasir. Saya selesai memilih buku sekitar pukul 2 siang dan bengong melihat antrian yang mengular. Kalau antri sekitar pukul 11 masih kosong dan lancar jaya. Lha ini ga berasa belanja sampai lupa bakal antri sepanjang ini.

15. Pemilik kartu debet maupun kredit Mandiri bisa tukar 100 fiestapoin di booth Bank Mandiri untuk mendapatkan akses FAST TRACK. Alhamdulillah saya pakai jalur ini dan langsung whuuuush... waktu itu saya antri sekitar 45 menit. Sedangkan teman yang lewat jalur normal butuh waktu 3 jam.

ice bsd city
Antrian pukul 2 siang

16. Selama menunggu kita bisa ngemil, minum, atau baca buku yang dibeli. Duduk di trolley geret juga bisa.

17. Kalau bawa anak, sebaiknya anak ga ikut antri. Kasihan... tapi ada sih anaknya teman yang sabar banget antri 3 jam. Hebat deh!

18. Pembayaran bisa cash, debit Mandiri, atau kartu kredit Mandiri. Buat pengguna kartu kredit Mandiri dengan minimum pembelanjaan 1juta rupiah bakal dapat voucher belanja BBW (untuk belanja selanjutnya) senilai Rp50.000,- (berlaku kelipatan). Promo ini berlaku setiap hari sampai 2 Mei 2017. Sedangkan promo Mandiri debit dengan pembelanjaan minimum Rp2juta dapat voucher belanja BBW Rp50.000,- hanya berlaku saat hari libur (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional). Tukar struk dengan voucher di counter dekat kasir.

[UPDATE 22/4: Panitia mengevaluasi sistem antrian dan sekarang udah ga separah waktu pre-sale. Harap hitung total belanjaan sebelum ke kasir supaya bisa dicocokkan dengan tagihan di kasir. Khawatirnya ada kesalahan input atau perbedaan harga.]

ice bsd city
Nemenin mama belanja

Lain-lain

19. Kalau mau pipis atau pup, di dalam hall ada toilet. Saya cuma lihat di dekat tempat penitipan buku, deretan dinding sebelah kiri.

20. Mushola di hall 8 bagian atas jadi harus keluar area book sale terlebih dahulu. Begitu masuk waktu sholat, segera sholat deh daripada lupa waktu. Bukunya bisa dititip terlebih dahulu (poin 11).

21. Butuh nge-charge HP? Di dalam hall ada charging station, tepatnya di booth Bank Mandiri.

Begitulah 21 tips belanja bahagia di Big Bad Wolf 2017. Alhamdulillah saya berhasil menahan diri dengan belanja hanya 1 trolley (meski out of budget). Pulangnya ganti naik taksi karena menenteng buku 2 kresek, beraaat tapi bahagia. Hahahah...

[UPDATE 24/4: Kemarin, tepatnya dini hari, kami ke sana lagi. Jauuuuuh sih tapi masih penasaran, katanya ada koleksi buku yang baru di-drop. Antrian kasir terlihat lowong, bahkan saat pagi. Beda banget dengan pre-sale yang sampai kemana-mana. Sayangnya pilihan buku balita tidak semenarik waktu pre-sale. Yang baru lebih ke koleksi buku arsitek dan desain. However, BBW is still worth to be visit. Oh ya kalau dini hari ke sana, bawa jaket ya. Dingin!!! Yang hangat cuma di mushola.]
43 comments on "21 Tips Bahagia Belanja Buku di Big Bad Wolf (Cerita dari Pre-Sale BBW 2017)"
  1. Hai hai mba, enak bgt 45 menit. Aku kebagian antrian fast track yg disusupi wekeke ... Kalau ga ingat bahwa pengalaman itu adl modal konten Mgkn dah cepet bgt bertanduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fast track memang bakal kecampur sih mba tapi bener2 hemat waktu.
      Pengalaman adalah modal konten, boleh juga quote-nya :))

      Delete
  2. Banyaak bukuu yg baguus dgn harga baguss juga yaa mbaaak. .😁😁 tp jelas dengan kesabaran dan perjuangan ekstra untuk mendapatkannyaa. Worth it tp mbaak yaa. .😊😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener harus extra sabar dapat buku murah

      Delete
  3. Nice tips! Naksir yang Traveling Around The World, hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini udah ku incer dari rumah eh sampe sana ga ketemu. Waktu antri lihat di lantai ada yang ga jadi beli buku ini. Langsung ambil deh. Hahaha

      Delete
  4. Kemaren juga ditawarin tiket VIP. Aku nggak ambil, selain jauh aku bsa laper mata liatnya, gilaaak akhir bulan mamenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaak jauh banget dari Bekasi. Udah berasa antar planet kalau ke sini. Hahahah

      Delete
  5. Huuaaah pre sale aja antrinya bisa 3 jam ya mba.. Kepikiran buat dtg tengah malam dan nitipin anak biar bisa lbh leluasa liatnya hehe.. Tfs mbaa, ini kayaknya mesti persiapan fisik dan mental deh ya kalo mau ke bbw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin fisik dan mental macem mau perang aja yak. Hohoh

      Delete
  6. pingin banget sekalian nengokin anakku di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya mba kuliah di BSD kah? Di Prasmul?

      Delete
  7. Kasir ada 60 line, tapi antrian masih mengurai mbak?warbiyasak ya rame nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah kan? kata panitia: There's just too many people

      Delete
  8. Senangnya cuma ngantri 45 menit. Aku 4 jam lebih. Dari menjelang ashar sampai isya baru sampai kasir, Mbak.
    Tapi worth it lah begitu capeknya ilang dan lihat tumpukan buku dengan harga yang jauh dari di toko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiiih 4 jam? Iya emang murah banget.

      Delete
  9. Katanya setelah presale malah antrian pembayaran nggak serame pas kita datang, mba. Hihihii. Entahlah mengapa begitu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. panitia udah evaluasi sistem antrian. Sekarang ini jadi lebih lowong, ga sampai tumpah ruah kayak pre-sale. Huhu...

      Delete
  10. seru banget ya... aku pengen ke sana tapi jauh dan mikir2 angkutannya kalau bawa buku segambreng :D. kalau jasa titip beli buku gitu ada fee-nya buat yg dititipin gak, Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu yang dipikirkan adalah masalah transport. Berangkat santai, pulang nenteng buku kanan kiri. Pulangnya emang lumayan sih karena naik kereta di jam orang pulang kerja.

      Delete
    2. Jasa titip ada fee-nya mulai dari 5000. Fee buat cari buku, antri, bawa buku, dll.

      Delete
  11. Ada buku-buku desain, ga? Kemarin sih lihat di webnya cuma sedikit, tapi gatel banget pengen ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di webnya emang ga update. Saking banyaknya judul buku kali ya. Yang fotoku box disusun jadi menara itu isinya tentang graphic design

      Delete
  12. Replies
    1. za dan ra bakal suka tuh, banyak banget buku anak

      Delete
  13. Wahh iya juga ya, penting bgt buat budgetin anggaran bukunya. Bisa2 jebol ya anggaran rumah tangga cuma buat buku doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha rawan khilaf di bbw. Happy hunting!

      Delete
  14. Tahun lalu aku kesana, trus bahagia bisa beli banyak buku buat anak
    Tahun ini udah ga mampir dulu. Stok masih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mampir nanti tergoda menumpuk buku di rumah, hihihi

      Delete
  15. Gila, aku mesti kekepin hasrat belanja juga nih kl ketemu beginian. Tipsnya lengkap rancak bana mbak, hehe.. smg kapan2 bs ada beginian di daerah, secara udh jauhan dr ibukota :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah mba ternyata udah pindah beneran ya. Kulakan di sini, mba. Hehehe

      Delete
  16. wahhhhh seru abis bisa belanja buku kyak gini ....
    kasirnya ditambah ia, biar antre pembayarannya gk terlalu panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah ga antri banget sih. entah bagaimana cara mereka aturnya

      Delete
  17. Makasih banyak review-nya, Mbak. Membantu banget buat aku menyiapkan mental besok. Huehehe. Aku baru ada kesempatan buat ke BBW besok, nih, sama temen-temen juga. Doain lancar. Seandainya ngantri lama gitu, sampai 4 jam, bolehkah sambil dibaca dulu bukunya? Terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii semoga lancar ya belanjanya. Kabarnya sekarang udah ga seheboh antri 4 jam kok.

      Delete
  18. Aku dtg yg preview tgl 20 aja antri kasir 2 jam hihihi kbrnya sore an jd 4 jam.wkwkek...lengkap bgt ulasannya mb Helena keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. weheheh emang harus sabaaaar karena saingan sama jastip yang udah pro

      Delete
  19. Ih, pengeeeeeen mbak. Tapi jauuuuh dari Lampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lho yang dari Pekanbaru datang soalnya dia buka jasa titip. Katanya untung bisa jutaan rupiah

      Delete
  20. Gils antrian pukul dua udah panjang aja ya mak pas presale kemarin, aku dateng jam 8 lebih lebih lebih panjang lagiiihhhhhhhhhhhh. Sayangnya ga sempet nengok ke playgroundnya, kayanya asik ya nyuruh anak-anak main disitu terus mamanya ngider di tumpukan buku. hihihiii

    ReplyDelete
  21. Untungnya bisa titip-titip. Hemat waktu dan gak jadi kalap....hahahaha

    ReplyDelete
  22. Ngiriiiii banget bisa ke BBW, saya mah jauh diongkos, jauh dibubdget, plus nggak ada yang jaga anak, hehehehe...seru juga yaaa

    ReplyDelete
  23. Yeaahhh seru banget emang berpetualaang di Big Bad Wolf ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature