Top Social

Banjir Informasi Kehamilan dan Pengasuhan Anak di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 Serta Launching Aplikasi Pendamping Kehamilan HALLO BUMIL (Bagian 1)

Saturday, April 15, 2017

Sensasi hamil itu unik. Hamil bukanlah penyakit tetapi banyak perubahan yang dirasakan. Saat hamil, tubuh menjadi berubah, mood pun berubah. Yang biasanya aktif bergerak, menjadi malas-malasan. Yang biasanya doyan makan, menjadi mudah mual di awal kehamilan. Banyak pihak memberi saran kehamilan, jangan makan ini, jangan melakukan itu, nanti anaknya bakal begini lho. Entah mana yang mitos atau fakta. Seorang ibu hamil (bumil) perlu membekali diri dengan ilmu seputar kehamilan yang benar karena apa yang dilakukan bumil selama kehamilan akan berefek pada tumbuh kembang anak.

30 tahun PRENAGEN menemani jutaan ibu di Indonesia (dok. pri)

PRENAGEN ahlinya nutrisi kehamilan & menyusui yang telah menemani para ibu selama 30 tahun, memiliki program yang bermanfaat untuk para calon ibu maupun ibu menyusui (busui). PRENAGEN Pregnancy Educational Journey adalah ajang tahunan PRENAGEN untuk mengedukasi bumil, busui, maupun yang sedang program hamil supaya mendapat informasi yang tepat mengenai kehamilan dan tumbuh kembang anak. Pada 8 April 2017 lalu saya menghadiri acara tersebut di Hotel Pullman Central Park, Jakarta. Acara pagi itu bertajuk: PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy Apps.


Di tahun 2017 PRENAGEN mengalakan kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat”. Bukan tanpa sebab, kampanye ini sebagai bentuk kepedulian PRENAGEN terhadap tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. Hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 yang ada di website Depkes mencatat Angka Kematian Ibu sebesar 305 kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu umumnya karena plasenta previa, yaitu kondisi plasenta yang menutupi jalan lahir. Sayangnya hal ini terlambat ditangani sehingga mengakibatkan pendarahan. Selain itu, kasus anemia dan gizi buruk juga menyebabkan tingginya AKI. Itulah mengapa ibu hamil perlu mendapat nutrisi yang cukup selama masa kehamilan, salah satunya dengan rajin minum PRENAGEN.

Mengapa harus minum susu untuk ibu hamil? Apa bedanya dengan fresh milk?

Kandungan fresh milk juga menyehatkan namun kurang sesuai dengan kebutuhan bumil dan busui. PRENAGEN dengan formula PRENAPRO diformulasikan khusus sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI) sebagai minuman khusus ibu hamil dan menyusui untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Saat hamil saya paling suka minum PRENAGEN Mommy rasa coklat, apalagi ada kemasan UHT yang mudah dibawa. Sekarang makin banyak varian rasa PRENAGEN seperti kacang hijau, moka, vanilla, juga stroberi. Ada pula PRENAGEN Juice dari sari buah asli pomegranate & anggur yang segar juga varian jus buah dan sayur yang kaya akan vitamin C dan asam folat.

Rangkaian produk PRENAGEN menemani ibu dalam masa persiapan kehamilan, selama kehamilan, dan menyusui (dok. pri)


*
Sebelum acara talkshow interaktif dimulai, para peserta ramai mengerumuni booth-booth yang ada di luar ruangan talkshow. Setelah registrasi, peserta yang datang sendiri maupun bersama keluarga dapat:

  • Konsultasi dengan dokter kandungan di booth Bump to Birth Consultation. Antrian para bumil mengular di sini untuk bertanya berbagai hal pada dokter Obgyn. Sebelum konsultasi, dokter mengukur tekanan darah ibu.
  • Mengenal aplikasi Hallo Bumil. Di booth ini peserta dibantu untuk pemasangan aplikasi ini di smartphone dan cara pengoperasiannya. Nanti akan saya jelaskan aplikasi ini dengan lebih detail.
  • Konsultasi fasilitas dan biaya persalinan di RS Columbia Asia.
  • Berfoto di photobooth dengan properti lucu dan bisa langsung dicetak.
  • Ngemil snack sehat FitBar (saya suka yang coklat!) dan bagi yang membawa anak bisa coba biskuit Milna (Sid suka yang keju). 
  • Konsultasi seputar kehamilan dengan dokter kandungan (dok. pri)

    Bergaya di photobooth (dok. pri)
  • Menyicip resep nutrisi sehat by Chef Eddrian Tjhia di booth Bump to Birth Nutrition. Resep yang ada menggunakan olahan PRENAGEN.
  • Menyicip susu PRENAGEN dan PRENAGEN Juice. Mbak-mbak SPG membawa nampan berkeliling area menawarkan sample PRENAGEN dengan banyak rasa.
  • Belanja produk PRENAGEN di booth Bump to Birth Expert yang berhadiah langsung 4-in-1 lunch box, boneka bantal, keep warm lunch set, sampai Maslon Dutch oven.
  • Mengisi survey produk terbaru PRENAGEN dan mendapat hadiah langsung.
  • Bermain di playground. Ada bouncer dan buku mewarnai supaya anak-anak ga bosan. Sid betah banget di sini main bouncer.
  • Ngobrol dengan peserta lain, bisa nambah teman dan saling tukar cerita kehamilan.
Dapat resep nutrisi sehat dari Chef Eddrian (dok. pri)


Icip-icip susu dan jus PRENAGEN (dok. pri)

Sid baca buku di playground, ya (dok. pri)

Pukul 9 pagi, pintu ruangan dibuka. Para peserta yang saat itu memakai kaos PRENAGEN berwarna ungu berbondong-bondong masuk ke ruangan. Peserta memadati ballroom yang terletak di lantai L tersebut. Mona Ratuliu, sempat menjadi brand ambassador PRENAGEN, didapuk menjadi moderator acara hari itu. Suasananya bagai kami sedang bertamu ke rumah Mona.  

Launching aplikasi Hallo Bumil, Aplikasi Wajib untuk Ibu Hamil

Pada kesempatan ini, PRENAGEN meluncurkan aplikasi HALLO BUMIL, aplikasi pendamping kehamilan interaktif pertama di Indonesia. PRENAGEN, di bawah naungan Kalbe Nutritionals, selaku sponsor utama menyadari bumil perlu mendapat informasi yang tepat selama kehamilan, salah satunya lewat aplikasi canggih di smartphone.

Sebenarnya ini bukan aplikasi baru, dulunya dikenal dengan nama ILUVUBABY. Sekarang aplikasi ini berganti nama menjadi HALLO BUMIL dengan fitur yang lebih lengkap. “Aplikasi Hallo Bumil dikembangkan oleh tim digital PT. Cakra Radha Mustika, bekerja sama dengan tim medis berpengalaman, yang memahami perjalanan kehamilan. Lewat kerjasama ini kami berusaha mengakomodir kebutuhan para calon ibu dari kacamata medis, melalui fitur seperti Kontrol Kehamilan dan Artikel dengan fungsi dan bahasa yang mudah dipahami dan digunakan,” terang Wolga Setyanto, Digital Marketing Department Head PT. Cakra Radha Mustika.

Fitur utama Hallo Bumil, aplikasi wajib untuk mendampingi ibu hamil (dok. pri)
Menariknya, fitur “Timeline Kehamilan” di Hallo Bumil seperti janin yang mengajak bicara calon ibu. Tiap minggunya Hallo Bumil memberikan informasi mengenai perkembangan janin, dari seukuran wijen, biji kacang hijau, hingga menuju proses persalinan. Selain itu ada fitur “Album Foto Kehamilan” untuk menyimpan foto bumil dari minggu ke minggu. Ada panduan pose fotonya juga supaya nampak perbedaan perut ibu yang makin lama makin membesar. Andai aplikasi Hallo Bumil ada saat saya dulu hamil, bakal bermanfaat banget untuk panduan saya.

Buat para bumil, coba deh unduh aplikasi Hallo Bumil di Google Play Store atau unduh di sini. Yang logonya warna pink, ya.

*

Booth-booth di luar venue utama menarik buat dikunjungi. Ini belum masuk ke talkshow bersama para pakar, lho. Di Banjir Informasi Kehamilan dan Pengasuhan Anak di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 Serta Launching Aplikasi Pendamping Kehamilan HALLO BUMIL (bagian 2) ada rangkuman pemaparan dari dokter SpOG, SpA, dan narasumber lainnya. Ada juga freebies buat para pembaca Helenamantra. Baca lanjutannya ya...
 


36 comments on "Banjir Informasi Kehamilan dan Pengasuhan Anak di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 Serta Launching Aplikasi Pendamping Kehamilan HALLO BUMIL (Bagian 1)"
  1. Haha, aku jg nulis 2 saking banyaaak materi berguna di ppej kmren ya len. Btw, apps hallo bumil.ini suksrrs bikin aku mewek, berasa komunikadi sm janin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Banyak banget materi yang penting buat dishare supaya bumil yang ga sempat ikut turut dapat ilmunya.

      Aku cobain apps ini emang fiturnya bagusss. Banyak info bermanfaat seputar mitos vs fakta kehamilan.

      Delete
  2. jadi penasaran sama aplikasi Halo Bumil, meskipun aku blm mau hamil lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga... Udah coba fitur2nya sambil bayangin betapa senangnya bumil pakai aplikasi ini

      Delete
  3. Weh ada album foto kehamilan, ini yang selalu lupa pas hamil lupa terus mau fotoin perut malah seringnya malu difoto hehe..Padahal rindu juga ya mau lihat foto perut pas hamil. Prenagen juga bisa dibuat jus ya?
    Pas hamil aku sukanya Prenagen rasa coklat gak bikin eneg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nyesel waktu hamil ga PD difoto jadi foto hamil pun dikit dan entah ada di mana. Pake Hallo Bumil, foto selama kehamilan lebih terorganisir.

      Iyaa ada jusnya. Seger!

      Delete
  4. ibu hamil pasti sangat terbantu dengan aplikasi ini, keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, kenapa ga dari dulu ada sih. Hehehe

      Delete
  5. nah selama ini aplikasi bahasa inggris semua.. seneng deh ada yg versi indonesianya ^_^

    btw ga kerasa udah 30th aja ya prenagen, seumuran sayaaa hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, ada aplikasi in English tapi artikelnya kurang relevan dg kondisi di Indonesia.

      Delete
  6. Hallo Bumil.
    Heehe...nama aplikasinya lucu.

    Aku juga selama hamil rajiin banget minum Prenagen.
    Karena prenagen gak eneg, baunya juga enaak...

    Dulu sebelum ketemu Prenagen, menjelajah berbagai merk dulu.
    Sampe akhirnya mantap sukak banget sama Prenagen mommy rasa vanilla.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu seakan-akan si janin ngobrol sama ibunya jadi Hallo Bumil.

      Eh vanilla ya? Aku belum pernah coba

      Delete
  7. Aplikasinya keren banget. Ibu hamil bisa dpat bnyk info seputar kehamilan donk ya?
    Btw pas hamil dulu aku jg suka minum Prenagen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, infonya sesuai dengan usia kehamilan bumil. Lengkap deh

      Delete
  8. Seru bgt ya acaranya. Sayang bgt ga bisa hadir, hiks...boleh dicoba tuh hallo bumilnya. Tfs mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumil sih pake pindah pulau. Semoga liputan ini bermanfaat

      Delete
  9. Kadang suka banyak mitos bumil gitu ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak ada yang bener, ada yang malah bisa berbahaya buat bumil dan janin

      Delete
  10. Wah seru ya kegiatannya, sangat membantu info buat ibu hamil makin sehat dan kaya informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting nih bumil ikut acara seperti ini. Dulu aku minim info waktu hamil :(

      Delete
  11. Waaa...
    Semisal pas hamil kemarin aku tahu tentang aplikasi Hallo Bumil ini, bakal asyik ya. Selain ga sabar nungguin debay lahir, kita jg banyak dapat info :)

    ReplyDelete
  12. cie yang di photoboxnya couplean.
    acaranya ramai, bermanfaat untuk mama dan bunda-bunda ya.
    aku mau coba aplikasinya, penasaran hehehhe
    buat belajaran nanti kalo udah menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaiya couple, kan suami istri. Heheheh...

      Delete
  13. Terimah kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Banyak ilmu ya di sini, jadi pingin ikutan lagi tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun depan tema apalagi yaa yang diangkat. Buat refresh ilmu juga

      Delete
  15. Udah lama sekali ya berarti prenagen hadir, seumur aku itu mbak, dan kayaknya ibuku waktu hamil minum prenagen juga, soalnya waktu aku hamil rekomendasi susunya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh berarti kita seumuran dong. Prenagen udah jadi pilihan sejak dulu buat para bumil dan busui

      Delete
  16. enak banget nih, manfaat dan solutif buat bumil ....

    ReplyDelete
  17. Wahh informatif banget mba, anyway walopun ga hamil aku sukak lho sm minuman prenagen yg botol ituu, rasanya asem seger hehehe 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...kandungannya juga bagus buat tubuh ya mba

      Delete
  18. Sebenernya saya gak suka minum susu tapi waktu hamil dulu, minum ini masuk ternyata.

    Bagus niyy aplikasinya jadi sangat membantu buat ibu hamil,semoga banyak para ibu hamil diluar sana yang memanfaatkan aplikasi Hallo Bumil ini ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya kadang ada yang merasa eneg dengan minum susu. Syukur deh Mba Evi cocok.
      bener Hallo Bumil bagus mba buat pantau kehamilan ibu

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature