Banjir Informasi Kehamilan dan Pengasuhan Anak di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 Serta Launching Aplikasi Pendamping Kehamilan HALLO BUMIL (Bagian 2)

Saturday, April 15, 2017


Melanjutkan cerita serunya PPEJ 2017, hadir beberapa narasumber yang berbagi ilmu mengenai kesehatan plasenta, tumbuh kembang anak, juga pengalaman menjadi orangtua baru oleh brand ambassador PRENAGEN. Selain itu ada resep dessert yang sehat dan enak untuk ibu hamil dan senam PRENAFit bagi bumil dan busui. Oh ya, jangan lupa ikutan Freebies!

Sharing Pengalaman Sebagai Orangtua Baru oleh Andien dan Ippe

Andien yang tahun lalu datang ke PPEJ 2016 merasa mendapat banyak ilmu seputar kehamilan dan menyusui. Tahun ini ia hadir bukan sebagai peserta namun menjadi brand ambassador PRENAGEN. Andien hadir bersama Ippe, suaminya. Sebagai orangtua baru, Andien merasa hidupnya berubah sejak kehadiran Kawa, anak pertamanya. Saat Kawa lahir, ia seperti reborn. Ia belajar banyak dari Kawa.

Andien merasa terlahir kembali setelah Kawa ada (dok.pri)

Selama kehamilan, Andien rajin mengonsumsi PRENAGEN. Ia menyadari pentingnya nutrisi kehamilan bagi kesehatan buah hatinya. Ippe, suami Andien, pun menyediakan berbagai keperluan yang mendukung kesehatan Andien selama hamil.

Melihat pasangan orangtua baru ini sungguh romantis. Meski Andien yang mengandung, Ippe turut merasakan suka duka kehamilan istrinya. Kini setelah Kawa lahir, mereka bergantian mengasuh Kawa. Bahkan di acara PPEJ ini Ippe sempat ke belakang panggung untuk menjaga Kawa. So sweet!

Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil


PPEJ 2017 kali ini menghadirkan dr. Boy Abidin, Sp.OG (K). Dokter berperawakan tinggi dengan wajah bak model ini menayangkan video pertumbuhan janin dalam perut ibu. Video ini membuat terharu melihat perkembangan janin dari minggu ke minggu hingga ia siap lahir bertemu orangtuanya. Lewat video ini dr. Boy mengingatkan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). 1000 HPK dimulai sejak janin dalam kandungan hingga anak usia 2 tahun. Supaya anak tumbuh dengan sehat, ibu perlu menyiapkannya sejak awal masa kehamilan.

Setelah itu dr. Boy mengangkat topik mengenai pentingnya kesehatan plasenta selama kehamilan. Seperti yang saya sebut sebelumnya, plasenta previa salah satu penyebab tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. Kelainan pada plasenta menimbulkan komplikasi serius: prematuritas, preeklamsi, diabetes dalam kehamilan (diabetes gestasional), bahkan kematian janin. Kelainan ini timbul umumnya pada kehamilan kedua, ketiga, dst. Hal ini karena plasenta tidak menempel pada tempatnya.

Plasenta berperan penting membawa zat nutrisi dan oksigen dari ibu ke janin melalui tali pusat -
dr. Boy Abidin, Sp.OG (K)
   
Plasenta berperan penting membawa zat nutrisi dan oksigen dari ibu ke janin melalui tali pusat. Plasenta tidak menempal tepat karena nature-nya yang menempel di dekat sumber makanan. Ibu perlu memperhatikan mengenai plasenta dengan serius karena kehamilan yang sehat salah satunya karena plasenta yang sehat pula.

Bagaimana mengukur kehamilan yang sehat?

Salah satu caranya dengan memperhatikan kenaikan berat badan. Bila dirata-rata kenaikan yang ideal sekitar 10-15kg. Penambahan tersebut pada daerah payudara, plasenta (1/6 berat janin), cairan ketuban, cairan ibu, juga lemak.

dr. Boy juga mengingatkan ibu hamil untuk mengonsumsi nutrisi yang sesuai, salah satunya dengan minum susu untuk ibu hamil. Kandungan susu khusus ibu hamil berbeda dari susu pada umumnya. Hal ini sesuai kebutuhan bumil. Bila bumil tidak suka minum susu secara langsung, susu dapat dikreasikan dalam bentuk puding, ice cream, roti, dsb.

Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf dan Red Flag Si Kecil

dr. Herbowo AF Soetomenggolo, Sp.A (K) membuka sesinya dengan pernyataan yang membuat saya bahagia. Beliau berkata bahwa anak dengan IQ tinggi itu karena genetik dari sang ibu. *ehm. Tapi, faktor genetik ini hanya 40%, sisanya dari faktor eksternal yaitu nutrisi. Selain itu otak anak telah dibentuk 50% selama masih dalam kandungan. Itulah mengapa ibu hamil perlu mendapat nutrisi yang cukup supaya bayi yang dilahirkan sehat.

Sistem saraf pusat terdiri dari sinaps, selubung mielin, dan neuro-transmitter. Bayi baru lahir memiliki sinaps yang sedikit. Di usia 24 bulan sinaps menjadi sangat banyak namun menginjak usia 6 tahun sinaps akan hancur dengan sendirinya bila kurang nutrisi dan stimulasi. Penting bagi orangtua untuk memberikan nutrisi dan stimulasi yang baik supaya sinaps yang berkurang setelah usia 2 tahun makin sedikit.

Stimulasi dan nutrisi penting untuk pembentukan sistem saraf pusat -dr. Herbowo AF Soetomenggolo, Sp.A (K)

ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi dalam membantu proses pembentukan sistem saraf pusat. Pada awalnya, ASI akan berwarna kekuningan yang disebut kolostrum. Jangan dibuang ya. Kolostrum ini tinggi kolesterol untuk menunjang pembentukan mielin. Selain itu ASI kaya akan laktosa, zat besi, dan nutrisi lain sesuai kebutuhan bayi.

Bila bayi kekurangan nutrisi, tumbuh kembangnya akan terganggu. Ini yang perlu diperhatikan para orangtua. Ada timeline pertumbuhan bayi di usia 3, 6, 9, 12 bulan, dst yang menjadi patokan apakah perlu penanganan lebih lanjut atau tidak. Perhatikan faktor sosial/emosional, komunikasi, motorik halus, dan motorik kasar. Misal di usia 12 bulan bayi seharusnya bisa mengenal orang baru, bermain cilukba, babbling dengan bahasa bayi, makan nasi (bukan bubur), merangkak, dan mulai berdiri dengan berpegangan. Bila ada yang belum dikuasai bayi, maka itu menjadi red flag atau peringatan bagi orangtua supaya berkonsultasi ke dokter spesialis anak. 

Oh ya, selain pengukuran tinggi dan berat badan bayi, ukur juga lingkar kepala bayi sejak lahir. Lingkar kepala ini menjadi indikator perkembangan otak bayi. Wah PR nih bagi saya mencari tahu lingkar kepala Sid saat ia lahir. Dulu pernah saya catat tapi lupa ada di mana.


Cooking Demo by Chef Eddrian Tjhia

Selama masa kehamilan, saya mulai peduli tentang apa yang saya makan karena ini menyangkut kesehatan janin. Ibu tentu ingin anak lahir dengan sehat, kan. Betul kata Andien, “You are what your mother eat”. Jika ibu mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, janin akan tumbuh dengan sehat. Meski masih di perut, janin bisa merasakan apa yang ibu makan. Kalau ibu rajin makan buah dan sayur, saat bayi mulai MP-ASI ia akan familiar dengan rasa buah dan sayur. Ga jadi picky eater, deh

Chef Eddrian menyiapkan smoothies dibantu Andien (dok. Adriana Dian)

Di PPEJ 2017 ini, Chef Eddrian Tjhia berbagi resep nutrisi sehat antara lain Chia Seed Pudding dengan Ubi Ungu dan Smoothies Bowl. Kedua resep ini menggunakan bahan-bahan alami seperti buah, sayur, yoghurt, dan susu Prenagen. Resepnya lihat di gambar berikut ini ya. 

Resep nutrisi sehat (dok.pri)

Chia Seed Pudding dengan Ubi Ungu baik untuk perkembangan otak bayi karena mengandung Omega 3 dan Omega 6. Sedangkan Smoothies Bowl dengan ubi ungu dan pisang membantu proses kesuburan karena banyak mengandung asam folat, kalium, protein, zat besi, Omega 3, dan Omega 6. Resep kedua ini cocok untuk pra-kehamilan.

Di sela-sela memasaknya, Chef Eddrian bercerita bahwa ia biasa makan biji pepaya dan bji labu karena baik untuk kesehatan. Wah, ilmu baru nih. Selama ini bijinya saya buang padahal bermanfaat.

Oh ya, menu sehat ini bisa dinikmati oleh para ayah dan anak-anak juga. Jangan-jangan ayah khawatir tiba-tiba hamil dan bisa menyusui karena minum Prenagen. Hihihi…

Chef Eddrian juga memberikan resep nutrisi sehat untuk dipraktekkan di rumah. Bahagia deh punya buku resep baru. Saya sudah mencoba membuat Semur Tahu Telur, Puding Coklat (dengan Prenagen Mommy rasa Coklat), dan Smoothies Pepaya Pisang. Smoothies ini cocok untuk ibu menyusui seperti saya karena pepaya dapat memperbanyak produksi ASI. 

Pisang, pepaya, dan PRENAGEN Juice Buah & Sayur diolah menjadi Smoothies Pepaya Pisang. Segar! (dok pri)

Senam PRENAFit bersama Adianti Reksoprodjo

Para peserta makin lapar deh melihat olahan dessert dari Chef Eddrian Tjhia. Tapi sebelum makan siang, kita senam dulu yuk. Ibu hamil boleh olahraga asal disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Sebaiknya konsultasi dulu ya ke dokter.

Senam kali ini dipandu oleh Adianti Reksoprodjo. Anti, begitu ia biasa dipanggil, merupakan instruktur pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi senam prenatal dan post-natal. Saya dulu pernah ikut senam bersama Fit Mum & Bub yang diketuai beliau. Itu lho, senam sambil gendong bayi. Berasa banget di punggung yang biasanya bungkuk.

Anti mengingatkan bahwa ibu hamil harus menjaga postur tubuh. Bayangkan ada tali yang menarik badan supaya tetap tegap.

Para peserta mengikuti gerakan senam PRENAFit (dok. Adriana Dian)
Supaya bumil semakin sehat, Prenagen punya senam PRENAFit yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan ibu dengan anak mulai usia 4 bulan. Anti mengajak para peserta melakukan senam PRENAFit bersama-sama. Gerakannya nampak sederhana dengan bantuan kursi. Meski demikian, senam ini membuat ibu rileks, mencegah kenaikan berat badan berlebih, meningkatkan stamina dan kekuatan otot untuk melancarkan persalinan, mengurangi risiko diabetes gestasional & tekanan darah tinggi saat hamil, serta mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata (fetal macrosamia). Tuh kan, banyak manfaatnya. Ibu hamil ga boleh males!

By the way, saya tidak sempat merekam gerakan senamnya tapi semuanya ada di DVD Senam PRENAFit yang saya bagikan di bawah. Cek “Freebies”, ya. DVD ini berisi rangkaian senam mulai dari warming up, senam kehamilan trimester 1-3, senam post natal, sampai cooling down. Lengkap!

Komitmen bersama ibu hamil untuk dukung kehamilan yang sehat

Setelah pemaparan materi dari para dokter, cooking demo, juga senam PRENAFit, para peserta dan narasumber berkomitmen bersama mendukung kehamilan yang sehat. Setelah itu dilakukan toast menggunakan Prenagen Juice sambil meneriakkan "Ibu Sehat, Indonesia Sehat". Segarnya menikmati minuman sehat di siang itu.

Akhirnya acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 di Jakarta ditutup dengan diumumkannya pemenang instagram post, live tweet, maupun doorprize. Hadiahnya gede-gede termasuk mainan anak. Mau dong satu buat Sid. Hehehe.

Buat yang ga sempat hadir di PPEJ Jakarta, PPEJ akan hadir di 4 kota besar di Indonesia. Supaya ga ketinggalan informasinya, rajin-rajin cek website dan media sosial Prenagen berikut ini:
o   Website:  www.prenagen.com
o   Facebook: Prenagenworld
o   Twitter: @Prenagenworld
o   Instagram: @prenagenworld

Testimoni Peserta PPEJ 2017 Jakarta

Buat saya yang tidak sedang hamil, hadir di PPEJ kali ini senang banget karena seperti me-refresh ingatan dan menambah ilmu kehamilan maupun merawat anak. Bagaimana dengan para peserta yang dari pagi sudah semangat hadir di acara ini? Berikut testimoninya.


[Freebies]

Pulang dari PPEJ saya bawa banyak ilmu mengenai pra-kehamilan, selama hamil, juga tentang tumbuh kembang anak . Ga cuma itu, saya juga dapat goodie bag yang isinya penting banget untuk mendukung program hamil maupun selama kehamilan. Di sini saya mau bagi-bagi isi goodie bag, FREE, siapa aja boleh ikutan baik yang menyiapkan kehamilan, sedang hamil, menyusui, atau mau memberikannya untuk teman/keluarga.

Isi paket goodie bag + kaos PRENAGEN

Satu paket goodie bag PRENAGEN berisi:
o   PRENAGEN Mommy rasa kacang hijau (sample).
o   DVD panduan senam PRENAFit oleh Adianti Reksoprodjo.
o Buku resep nutrisi sehat yang berisi 13 menu sehat pra-kehamilan, kehamilan, dan menyusui.
o   Kaos Prenagen ukuran XL (ukuran gede cocok buat bumil dan ada kancing depan bisa untuk menyusui)

Caranya gampang aja, follow Instagram @helenamantra atau Twitter @helenamantra lalu tulis di kolom komentar dengan format berikut:


Nama:
E-mail:
Akun Instagram/Twitter:
“Saya mau paket PRENAGEN karena… (lanjutkan dengan alasan masing-masing)”.

Saya tunggu sampai 30 April 2017, ya. Kalau banyak yang minat, akan saya pilih berdasarkan alasan terbutuh dan terpenting. Semoga bermanfaat!
64 comments on "Banjir Informasi Kehamilan dan Pengasuhan Anak di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 Serta Launching Aplikasi Pendamping Kehamilan HALLO BUMIL (Bagian 2)"
  1. Ih lengkap banget sih rangkuman acaranyaaaa, sampe bikin dua postingan giniiihhh. Kece emang nih mama Sid <3 Abis ikut #PPEJ2017JKT ini langsung siap nambah adik untuk Sherlock dong yaaahhhh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acaranya padat informasi buat bumil, sayang kalau ga ditulis. Soalnya temanku ada yang ga sempat ikutan.

      Btw, Abang tuh yang mau adik, uhuk...

      Delete
  2. Waah biji pepaya juga baik ya untuk kesehatan. Baru tau nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akupun biasanya langsung buang bijinya padahal baik buat dikonsumsi

      Delete
  3. Waktu hamil dulu aku minum susu Prenagen.

    ReplyDelete
  4. Enak y mba jmn skrng sgl inf lngkap ttg bumil... aku jg minum susu ini waktu hamil enak gk neg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bumil bisa dapat info yang benar, ga cuma mitos

      Delete
  5. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    E-mail: nyipenengahdewanti@gmail.com
    Akun Instagram/Twitter: @nyipenengah
    “Saya mau paket PRENAGEN karena … saya ingin memberikan untuk sahabat saya yang sedang menyusui. Karena dia aktif bekerja di laundryan yang baru dibukanya, pasti ia sedikit abai soal kesehatannya. Semoga kado Prenagen dari mba Helena bisa membuatnya berbahagia. ”.

    Terima kasih buat ilmunya mba Helen, meskipun saya masih single saya bisa belajar menyimpan ilmu ini dan mengaplikasikannya kelak jika berkeluarga.

    Semangat menerbar kebaikan selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyi, makasih ya sudah ikutan. Ditunggu pengumumannya di awal Mei.
      Salam buat teman yang menyusui, keep fighting!

      Delete
  6. Wahhh Prenagen sangat dibutuhkan Bumil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nutrisinya membantu mencukupi kebutuhan bumil dan busui

      Delete
  7. Dulu pas hamil pernah nyobain prenagen yang varian delima, enaak hihihi :D

    ReplyDelete
  8. Seruu ya Mbak acaranya, Aku yg notabennya gak suka minum susu, tapi waktu lagi hamil aku minum ini dan gak merasa enek atau mual lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay Berarti cocok sama Prenagen. Awalnya aku ragu minum susu hamil karena katanya eneg. Eh ternyata enak-enak aja tuh Prenagen Mommy Coklat

      Delete
  9. Waaah serunya mbak bisa ikut yang acara Prenagen! Ikut giveawaynya yaa :)

    Nama: Faradila Danasworo Putri
    E-mail: faradiladputri@yahoo.com
    Akun Instagram/Twitter: @faradiladputri / @faradilaaa
    “Saya mau paket PRENAGEN karena… saya setelah melahirkan harus menjaga nutrisi demi si kecil dan menjaga bentuk badan demi suami! Hahahaha :)"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harusnya kamu ikut event ini nih sebagai ibu baru. Semoga bermanfaat yaa.
      Tunggu pengumuman freebies awal Mei. Makasih

      Delete
  10. Susu fav aku nih selama hamil kemaren. Gak bikin eneg. Btw, aku rmang salut banget deh liat andien sama ippe. Kemana2 kawa dibawa dan tanpa pengasuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba wian. Aku sempat heran, beneran ini ga pake baby sitter?

      Delete
  11. Seru banget acaranya, aku kalau dekat pengen deh ikutan. Kece Mbk, pas hamil juga minum Prenagen loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya di Lampung belum ada ya. Semoga tahun depan PPEJ hadir di lebih banyak kota ya

      Delete
  12. Nama: Okti Li
    E-mail: okti_li@ymail.com
    Akun Instagram: @tehokti
    Twitter: @t2h_okti


    “Saya mau paket PRENAGEN karena …

    Teman saya baru pulang kerja dari Taiwan. Belasan tahun di luar negeri dan pulang langsung nikah dan alhamdulillah sekarang hamikm.

    Sedikit banyak saya dengar keluhan tentang kesehatannya. Saya ingin kasih untuk dia prenagen ini.

    Lama di luar negeri dia jadi kurang info terkait kesehatan hamil dan mungkin merasa sudah modern selama ini mengikuti gaya hidup di luar jadi dia abai akan kebiasaan kita sebagai orang timur.

    Semoga dengan hadirnya perhatian dari produk ternama dia menyadari akan pentingnya informasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Teteh. Semoga teman Teh Okti sehat-sehat yaa. Ditunggu pengumumannya awal Mei.

      Delete
  13. Replies
    1. Iya, buat yang mempersiapkan kehamilan juga ok. Sebagian peserta ada yang promil

      Delete
  14. Halo mba, saya ikutan ya^^

    Nama: Widya Nur Adina Safitri
    E-mail: mbakdina.com@gmail.com
    Akun Instagram/Twitter: @adinasafitrii (twitter & ig)
    “Saya mau paket PRENAGEN karena.. untuk mempersiapkan kehamilan kedua saya, hihi.. Prenagen ini susu andalan semenjak setelah menikah (yang untuk persiapan kehamilan), awalnya dapat dari kado nikah, setelah dicoba kok enak, akhirnya beli lagi dan lagi sampai akhirnya saat hamil dan menyusui, hehe.
    Cuma kayaknya waktu saya hamil dulu belum ada yang kacang hijau ya? Atau sayanya nggak ngeh ya? Hihi. Favorit saya waktu itu yang coklat, enaaakk banget����
    Dulu, sejak hamil aisy 8 bulan, saya rajin banget senam hamil tiap hari di rumah, sudah konsultasi ke SpOg alhamdulillah katanya nggak papa senam hamil dengan kondisi kehamilan saya saat itu.. Dan senam paling favorit saya adalah belly dancersise (bener nggak ya tulisannya? Hihi) dari Prenagen. Awalnya tahu dari YouTube pas cari dengan keyword video senam hamil. Karena dari YouTube, adanya cuma cuplikan sebagian kecil aja dari senamnya, tapi meskipun cuma cuplikan (nggak sampai 3 menit), saya ulang-ulang gerakannya dan di badan rasanya enak banget kalau habis senam itu, hehe.
    Sayangnya udah cari-cari di supermarket/minimarket nggak ada prenagen yang gratisnya video senam hamil, adanya yang gratis Prenagen Journal atau apaa gitu (yang tentang tahapan2 kehamilan sampai persalinan, hehe).
    Berharapnya sih bisa dapat dvd senam hamil Prenafit ini, biar ada video senam hamil yang full version, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang hijau ini rasa baru dan enaaak. Oh ya tahun lalu Prenagen memang ada belly dance. Kalau yang senam PrenaFit ini beda gerakan tapi tetep bikin tubuh bumil sehat. Makasih ya udah ikutan.

      Delete
  15. Prenagen pilihan yang tepat untuk ibu hamil, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cuma bumil, dari mempersiapkan kehamilan sampai menyusui juga ditemani Prenagen. Aku suka deh Prenagen juice buah dan sayur, ada ekstrak daun katuk. Bahan ini kan terkenal banget buat melancarkan ASI

      Delete
  16. waah seru ya acaranya mba.. sayang saya ngga berhalangan hadir..

    pengen ikutan freebies nya..
    nama : nike
    email : nike.dwi@gmail.com
    Twitter/ ig : @nikedwiv

    saya mau paket prenagen karena..
    saya penasaran banget sama gerakan senam prenavit nya.. saya pengen tetap bugar di masa menyusui dan kebetulan punya baby umur 6bln jd bjsa lsg di praktekin.. saya juga penasaran sama buku resep nutrisi nya utk dicoba supaya asi saya berkualitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lagi menyusui ya, udah MP-ASI dong. Makasih udah ikutan freebies, tunggu pengumumannya ya

      Delete
  17. itu aplikasinya bisa didownload dimana?

    ReplyDelete
  18. Biji pepaya dimakan gimana rasanya ya? Kalau biji labu mah sering, kayak kuaci gitu kan. Kalau pepaya gak bisa bayangin, hehe

    Aku ikutan ya mbak giveawaynya

    Nama:Meriska Putri W
    E-mail: Meriskapw@gmail.com
    Akun Instagram/Twitter: Meriskapw/Meriskapw
    “Saya mau paket PRENAGEN karena sekarang sedang hamil dan tertarik sama buku resepnya untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. Selain itu aku penasaran sama varian prenagen kacang hijaunya, baru tau ada susu bumil rasa kacang hijau. Apalagi kacang hijau kan bagus untuk perkembangan janin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku bayanginnya bakal pahit sih tapi dicampur bahan lain mungkin rasa pahitnya tertutupi.

      Kacang hijau enak lho. Makasih ya udah ikutan. Tunggu pengumumannya

      Delete
  19. Wah. Menarik banget acaranya..liat fotomu minum smooties jd pgn buat juga. Hehe

    ReplyDelete
  20. Nama: Nurul Sufitri
    Email: nurulsufitri@gmail.com
    Twitter: @Nurulsufitri
    Instagram: @nurul_sufitri

    Saya mau paket PRENAGEN karena jika beruntung saya akan berikan kepada adik sepupu saya yang sedang hamil muda. Mengedukasi dengan secara teknis dan kongkrit tentu dengan riil priduk Prenagen kan 😃😄 supaya jabang bayi dan ibunya sama2 sehat walafiat. Ingin juga resepnya dipraktekkan nih bikin ini-itu.

    Zaman saya dulu hamil dan menyusui, saya ini cocok banget minum susu Prenagen. Jadi ingat pas saya masih muda deh hahaha sekarang tua hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sekarang masih muda juga mba :) makasih ya udah ikutan. Semoga sepupunya sehat selama kehamilan.

      Delete
  21. Boleh ikutan freebiesnya ga? ��
    Seru banget ya PPEJ tahun ini peertanya banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga boleh! Kan kamu datang juga ke PPEJ :p

      Delete
  22. Ya ampuun, lengkap bangeet ulasannya.

    Jadi otak bayi udah terbentuk sejak dari kandungan yaaa. Penting banget kalo gitu memenuhi gizi selama hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 hari pertama kehidupan memang masa emas yang harus dijaga oleh orangtua karena berpengaruh hingga dewasa

      Delete
  23. Luar biasa ini memang mamanya Sid. Sampai 2 bagian postingannya hihi. Padat informasi pulak ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe materinya banyaaak dan penting

      Delete
  24. wohooo.. lengkap banget reportasenya mba, sampe ada chapter 2nya. itu gimana caranya? langsung ngetik di laptop? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngetiknya ya di rumah. Di acara ada live tweet, kebantu banget buat nulis reportase

      Delete
  25. Acaranya informatif banget, apalagi buat aku yang pernah mengalami riwayat obstetrik yang buruk info-info yang begini penting banget buat disimak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andai kamu datang bisa sekalian konsultasi ke dokter di sana

      Delete
  26. Skrg masih promil dan selalu minum prenagen iniii :)

    ReplyDelete
  27. wihh lengkapp, kebayang kalo lagi hamil aku pasti juga minum susu ini :)

    ReplyDelete
  28. Wuaaaaaaahhh aku jg mau Prenagennya, eh tapi ntr dikeplakin bumil yg lbh butuh hehe.
    Lengkap banget materinya.
    Aku tertari soal senam prenafit itu, baiknya dimulai saat usia kehamilan brp minggu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja ikutan mba kalau lagi promil adeknya Dema.
      Senam bisa usia kehamilan kapan aja selama fisik bumil kuat

      Delete
  29. Komplit maak..banyak informasi yang di dapat ya dari PPEJ2017 di Jakarta kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. PPEJ lengkap kap kap... Waktunya kurang lama buat materi sepadat itu

      Delete
  30. so true mbak
    cara lain buat konsumsi susu hamil dibikin puding
    hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih kurangi eneg ya buat yang ga suka minum susu langsung. Kalau aku suka banget susu, hehehe

      Delete
  31. Waktu hamil aku juga minum prenagen rasa coklat. Itu rasanya pengen nagih wkwk. . Pengen ikutan kuisnya bair menang dpt susu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeeh kakak, lagi promil adiknya naqib kan

      Delete
  32. Nama : Niken Nawang Sari
    Email : nickenblackcat@gmail.com
    akun instagram/twitter : @nickennawangsari/@blackcatnicken
    saya mau paket PRENAGEN karena saya sedang hamil trisemester ketiga dan pengen banget panduan senam hamil supaya lahirannya lancar. selain itu penasaran banget sama rasa kacang hijaunya prenagen, kan kacang hijau sangat baik untuk nutrisi calon buah hati di dalam kandungan

    ReplyDelete
  33. Kegiatannya sangat bermanfaat banget nih, semoga bisa diselenggarakan di kota-kota kecil gitu ....

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature