Philips Avent New Parents Class: Panduan Lengkap Tentang ASI, MP-ASI, dan Pijat Bayi (bagian 2)

Tuesday, October 4, 2016

Hai calon orang tua yang sedang dag-dig-dug menunggu hari kelahiran!

Eh buat yang belum menikah atau yang sudah punya anak juga boleh menyimak. Semoga informasi ini bisa berguna ya. Kali ini saya mau melanjutkan cerita tentang Philips Avent New Parents Class tempo hari. Sudah baca tentang manajemen laktasi yang tepat di sini? Sekarang kita bahas langkah selanjutnya yaitu MP-ASI dan pijat bayi.
Titien Indah Saputri, S.Gz menjelaskan pentingnya MP-ASI

Step by step MP-ASI


Setelah mendapatkan ASI Eksklusif di 6 bulan awal kehidupan bayi, saatnya orang tua mengenalkan makanan pendamping ASI atau biasa disebut MP-ASI. Hal ini wajib karena ASI tak lagi mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Umur 6 bulan si kecil mulai aktif bergerak, belajar duduk, ngesot sana-sini, hihi… Untuk itulah kita dukung tumbuh kembangnya dengan asupan nutrisi yang seimbang.

Berdasarkan data WHO tahun 2011, sebanyak 45% kasus kematian bayi karena malnutrisi. Kekurangan nutrisi juga menyebabkan stanting atau perawakan pendek. Kasus ini dialami 1/3 bayi di Indonesia (sumber). Selain itu bayi rawan mengalami wasting (perawakan kurus) dan anemia akibat malnutrisi.

MP-ASI ini waktunya harus tepat, yaitu masuk usia 6 bulan. Titien Indah Saputri, S.Gz menjelaskan bahayanya MP-ASI yang terlalu awal. Pencernaan bayi belum siap pada usia di bawah 6 bulan. Selain itu MP-ASI yang terlalu cepat membuat bayi jarang menyusui sehingga produksi ASI ibu berkurang. Dalam jangka panjang, bayi rawan obesitas, hipertensi, serta alergi makanan. Hipertensi ini disebabkan kandungan garam pada makanan. Kalau MP-ASI terlalu lambat, tumbuh kembang bayi dapat terhambat karena malnutrisi tersebut.

Di samping itu, perhatikan pula jumlah MP-ASI. Beri tekstur dan porsi sesuai kebutuhan bayi. Awal MP-ASI kebutuhan bayi hanya 2-3 sdm dewasa tiap porsi. Dalam sehari bisa makan 2-3x. Dulu saya mikirnya kok sedikit banget ya cuma 2 sdm. Ternyata proses makannya lama, kan lambungnya masih kecil, heheh. Teksturnya juga bertahap dari puree semi kental – kental – bubur saring – bubur lauk cincang halus – hingga makanan padat seperti orang dewasa (untuk anak usia 1 tahun). Beri nutrisi lengkap berupa karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak.
Bisa steam dan blender dengan 1 alat saja
Membuat MP-ASI rumahan itu gampang kok. Bayi engga minta makanan yang wah dengan penyajian resto bintang lima, kan. Sekarang makin mudah lagi dengan Philips Avent baby food steamer and blender. Dengan satu alat, makanan bisa langsung dikukus lalu diblender. Jadi deh puree untuk si kecil.

Pijat Bayi di Rumah, Yuk!


Biasanya setelah perjalanan jauh, seperti mudik lebaran, saya mengajak Sid ke klinik untuk pijat bayi. Bukannya merasa nyaman, ia nangis selama dipijat. Mungkin karena tidak mengenal bidan yang memijatnya sehingga merasa insecure. Saya perlu belajar memijatnya sendiri supaya ia tenang dan tidak kecapekan setelah traveling.

Setelah lunch break, para peserta diajak menonton video cara memijat bayi (sayangnya ga saya rekam, cari di YouTube yaa).  Banyak lho manfaat pemijatan pada bayi, antara lain: membuat nyaman dan tidur nyenyak, mengatasi gangguan pencernaan, melatih respon syaraf bayi, juga membangun kedekatan antara ibu dan bayi.

Lisma  Meliana,  AmKeb, Konselor ASI, Sertifikasi Pijat Bayi, memandu para peserta untuk langsung praktek pijat bayi. Kebetulan ada beberapa peserta yang membawa bayi. Wah enaknya, saya juga butuh pijat nih.
Ada playground selama acara. Coba tebak Sid ada di mana?

Program  “Philips  Avent  New  Parents  Class”  ini juga bekerja sama dengan sejumlah  Rumah  Sakit  Ibu  dan  Anak  diantaranya  RS  Siloam,  RS  National,  RS Dua-dua, RS Flores, RS Husada, RS Aaliyah, RS Tamba, RS Hermina Jatinegara, RS Hermina Bekasi, RS Hermina Depok, RS Hermina Bogor dan RSIA Bunda. Semoga bisa terselenggara di kota-kota lain juga ya supaya para orang tua makin teredukasi cara merawat anak yang tepat.
Ragam produk Philips Avent untuk mendukung ASI dan MP-ASI

22 comments on " Philips Avent New Parents Class: Panduan Lengkap Tentang ASI, MP-ASI, dan Pijat Bayi (bagian 2)"
  1. Mbak, share video cara mijat bayi yang baik dan benarnya yak, pengen belajar lagi, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di postinganku gak ada videonya, tapi ada beberapa stepnya

      #malah promo postingan :))

      Delete
  2. Wah senangnya ya orang tua jaman sekarang, banyak mendapatkan ilmu yang kece buat merawat anaknya.
    Apalagi dengan philip Avent sangat membantu ibu2.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah mijat bayi/bawa bayi pijat nih mbak. Tulisin tips dan trik mijat bayi ala seminar Philip Avent dong, mbak. Hehhe. Di Banda Aceh belum ada seminar yang kaya gini :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ga aku rekam waktu pijat bayinya. Cari aja di Yutub yaa

      Delete
  4. Walaah alatnya keren banget jadi pengen beli hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk! Testimoni dari customers-nya Philips Avent suka dengan produk-produk ini

      Delete
  5. Anakku dulu MPASInya penuh perjuangan, menolak semua jenis bubur dan puree, maunya langsung makanan padat >.<

    Pengen blender kecilnya philips buat MPASI itu,, ringkes kayaknya dibawa buat bepergian.. tapi ntar aja kalau udah punya anak lagi, hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..apa ga ganggu pencernaannya tuh langsung ke padat? Iya blendernya Philips Avent bikin naksir

      Delete
  6. Hampir semua perlalatan bayi punya Ranu merk Avent, paling aku suka itu pompa asi dan botol yg tipe naturalnya. Syukaaaa

    ReplyDelete
  7. Dengan membuat MPASI sendiri, selain kita bisa mengatur gizi buat anak, juga terjamin kebersihannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sebenarnya membuat home-made MP-ASI itu ga susah-susah amat kok

      Delete
  8. Wah, baca postingan ini seperti belajar dulu sebelum nanti dilakukan sendiri hihi. Mbak, bisa share di youtube cara pijat bayinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku ga rekam videonya tapi di YouTube banyak kok

      Delete
  9. makin dipelajari makin banyak ternyata ya mba hal2 teknis di balik pemberian MPASI. Saya juga baru tahu ternyata bayi yg baru belajar MPASI sebaiknya dikenalkan satu2 rasa aja\. dulu saya mah malah main aduk aja semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MP-ASI awal banget baiknya memang 1 macam sambil melihat ada tidaknya reaksi alergi

      Delete
  10. Komplit banget ilmu yg dibagi2 ya sangat bermanfaat utk pars mommy nih☺

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat saat anak-anak masih kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Insav thanks for stopping by. Salam buat Obama ya :D

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature