Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Fun Learning! Kursus Bahasa Inggris dan Gymnastics untuk Anak di Cakap Kids Academy

Monday, June 10, 2024
Anak umur 4 tahun perlu dikenalkan bahasa Inggris apa belum? Kalau ikut kursus bisa anteng enggak yah, kan anaknya aktif? Buibu … siapa nih yang masih ragu memilih les bahasa asing buat anak? Ini ada tempat kursus bahasa Inggris anak yang fun! Kenalan, yuk, dengan Cakap Kids Academy!

cakap kids academy
Anak mengikuti kelas bahasa Inggris di Cakap Kids Academy

Anak Susah Diam Saat Belajar


“Duh, anakku susah diam, duduk manis saat diajak belajar,” keluh seorang ibu.

Anak sulit fokus belum tentu hiperaktif atau ADHD, yah, hal itu perlu konsultasi lebih lanjut ke tenaga medis. Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh Brain Balance Center, idealnya rentang konsentrasi anak yaitu dua hingga tiga menit dikali usia anak. Misal, anak usia 4 tahun maka rentang konsentrasinya 8-12 menit, anak usia 6 tahun memiliki rentang konsentrasi 12-18 menit.

Ada juga tipe anak kinestetik dimana cara belajarnya sambil bergerak. Meski tidak duduk, ia tetap menyerap pelajaran, kok. Kitanya aja yang siap-siap kecapekan karena harus mengikuti si anak aktif, hehe….

Biasanya anakku, Uno, lari-lari dulu atau bersepeda dulu sebelum ku ajak membaca buku. Setelah kebutuhan motoriknya terpenuhi, ia jadi lebih kalem.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak


Di usia Uno yang sudah 4 tahun ini, saya hendak mengenalkan bahasa asing untuknya. Bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia sudah lancar ia kuasai. Ia senang bercerita pengalamannya atau hal yang ia jumpai.

Oleh karena itu, saya ingin mengenalkan bahasa Inggris ke Uno. Dari beragam pilihan bahasa asing, bahasa Inggris bakal sering dipakai maupun dijumpai.

Sebenarnya Uno sudah terpapar bahasa Inggris lewat video yang ia tonton di YouTube Kids dan ada teman bermainnya yang menggunakan bahasa Inggris. Lucunya, nih, saat ngobrol dengan temannya, Uno asal jawab yes-no aja meski tidak paham apa yang temannya ucapkan. Hihi….

Belajar bahasa Inggris untuk anak banyak manfaatnya, lho, antara lain:
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi
  • Melatih aspek kognitif dan bahasa anak
  • Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis
  • Makin siap belajar bahasa lain
  • Menambah rasa percaya diri anak

Bakal bingung apa enggak nih kalau anak sejak kecil sudah belajar bahasa asing?

Beredar kabar bahwa anak belajar bilingual akan menyebabkan kebingungan bahasa dan speech delay sehingga orang tua menunda anak belajar bahasa lain disamping bahasa ibu. Rupanya itu hanyalah mitos karena ternyata bayi sejak lahir memiliki kemampuan luar biasa untuk membedakan berbagai bahasa yang ia dengar.

Kita dapat menggunakan satu bahasa dalam satu percakapan, tidak mencampuradukkan dua bahasa dalam satu kalimat supaya anak mengetahui kosa kata dalam bahasa tersebut.

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak Plus Gymnastic di Cakap Kids Academy


anak belajar bahasa inggris
Suasana belajar di Cakap Kids Academy (dok. Cakap)

Mengajarkan bahasa asing ke anak perlu menggunakan cara yang menyenangkan dan relevan dengan mereka. Ada, lho, tempat kursus bahasa Inggris untuk anak yang unik karena tak hanya bahasa tetapi motorik anak juga terlatih di Cakap Kids Academy.

Cakap Kids Academy menyediakan kursus bahasa Inggris dan bahasa Mandarin anak online maupun offline. Lokasi kelas offline ada di Cakap Kids Academy Daan Mogot, Jakarta Barat dan Gading Serpong.

Uniknya, nih, kursus di Cakap Kids Academy mengasah kemampuan linguistik dengan pembelajaran bahasa dan mengasah kemampuan motorik dengan kegiatan fun gymnastics dipandu coach bersertifikasi (khusus kelas offline). Proses belajar akan lebih menyenangkan dan berbagai keterampilan anak terasah, baik untuk tumbuh kembangnya.

Di ruang kelasnya terdapat berbagai alat gymnastic seperti balok keseimbangan, gymnastic bar, dan sebagainya. Serasa di playground tapi ada arahan dari coach. Bisa sekaligus olahraga, kan buat menyehatkan badan.

Metode ajar di Cakap Kids Academy menggunakan metode EXPERT, yaitu explore, practice, and certify. Siswa akan diajak mengeksplorasi bahasa baru dipandu guru yang kompeten, berlatih bahasa secara tatap muka maupun daring, dan di akhir program terdapat ujian untuk mendapat skor dan sertifikat.

Dengan mengeksplorasi banyak hal, guru-guru di Cakap Kids Academy dapat mengenali minat siswa serta menyesuaikan pembelajaran untuk mencapai tujuan.

Sebelum mulai kursus, siswa akan mengikuti placement test. Kita bisa memilih jadwal placement test mau di tanggal dan jam berapa juga dengan guru siapa. Pilihannya banyak!

cakap kids academy
kursus bahasa Inggris di Cakap Kids Academy

Pengalaman Uno, prosesnya selama sekitar 30 menit anak berinteraksi dengan guru dalam bahasa Inggris. Berhubung Uno belum bisa, eh baru sedikit-sedikit sih, dia menyanyi ABC Song, maka gurunya terkadang menjelaskan dalam bahasa Indonesia. Setelahnya guru memberikan info Uno masuk kelas apa untuk level bahasa Inggrisnya.

Seru, kan, belajar bahasa Inggris di sana. Keterampilan berbahasa Inggris meningkat, keterampilan motoriknya juga terasah, anak makin percaya diri. Tak perlu khawatir tentang anak yang masih susah diam saat diajak belajar bahasa asing.

Yuk ajak anak mengasah bahasa dan motoriknya di Cakap Kids AcademyCakap Kids Academy! Kabar baiknya ada promo untuk placement test hanya 5.000 rupiah dengan kode: CAKAPHELENA.

Siapkan masa depan si kecil dari sekarang di Cakap Kids Academy!

Info lebih lanjut kunjungi situs https://cakap.com/cakap-kids-academy-2024g/ dan follow Instagram @cakapkidsacademy.


Referensi:

https://www.babycenter.com/baby/baby-development/raising-a-bilingual-child-the-top-five-myths_10340869
21 comments on "Fun Learning! Kursus Bahasa Inggris dan Gymnastics untuk Anak di Cakap Kids Academy"
  1. bahasa inggris memang sudah sebagai 2nd language yang wajib dikuasai oleh anak sebagai bekal untuk masa depannya nanti ya

    ReplyDelete
  2. Aku pengen deh masukin si adek kursus bhs Inggris. Krn memang dia ga secepat kakaknya yang lebih jago bahasa. Fylly ada bakat kalo soal belajar bahasa asing.. Dia cepat menyerap dan mudah paham. Selama ini juga belajar sendiri

    Tp adiknya beda 😅. Memang hrs pake guru.

    Aku sendiri bisa bhs Inggris, tp mengajarkan ke anak itu lain cerita. Soalnya aku emosian mba, drpd dia ga bisa2, better memang pakai guru 😂

    ReplyDelete
  3. Aih seru banget ini belajar Bahasa Inggrisnya. Dengan metode belajar yang seasyik ini, anak-anak pasti belajar dengan gembira, jadi lebih mudah menangkap pelajarannnya. Kelak tumbuh dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni

    ReplyDelete
  4. Bener ya anak itu seperti spons yang gampang menyerap info apapun. Aku tuh suka amazing deh kalau liat anak kecil udah nyerocos pake bahasa Inggris, mana pronounciationnya bagus.

    ReplyDelete
  5. Belajar bahasa Inggris sejak dini memang sangat bagus buat perkembangan anak 🤩 Aku takjub sama harga promonya. Beneran ramah banget dikantong, terpenting ilmunya sangat bermanfaat. Anak happy dan enjoy mempelajari bahas Inggris. Aku mau daftarin keponakan akh.

    ReplyDelete
  6. Wah perpaduan bagus nih, ada belajar bahasa dan latihan motoriknya, jadi seimbang buat tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  7. Kabar baik untuk yang ingin mengajarkan bahasa asing khususnya bahasa Inggris pada balita ini, pilih Cakap Academy, mumpung ada promo lagi.

    ReplyDelete
  8. Mantab lah ya, mempersiapkan si kecil dengan kemampuan berbahasa inggris. Murah ya harga promo placement testnya

    ReplyDelete
  9. Seru banget proses belajarnya bisa secara daring begini. Jadi mulai kepikiran juga deh Mba buat memasukkan Cakap Kids ke list pertimbangan kursus bahasa inggris anakku. Tinggal lirik-lirik lebih jauh nih.

    ReplyDelete
  10. Waaah aku baru tahu ada tempat belajar bahasa asing yang bergabung dengan kelas gymnastic karena anak mudah bosan saat belajar sepertinya akan sangat menyenangkan untuk belajar di sini ya kak

    ReplyDelete
  11. bisa banget nih Cakap Kids Academy jadi salah satu pertimbangan untuk menyertakan anak belajar bahasa inggris. bisa juga untuk usia sekolah SD kan ya mba?

    ReplyDelete
  12. Bisa membuat anak tetap diam di depan laptop untuk belajar itu memang susah ya. Ponakanku main game depan laptop aja gak bisa diam, bisa sambil jumpalitan dan laptop dipindahkan kemana-mana.

    Kursus bahasa inggris buat anak-anak memang perlu nh, mumpung di usia mereka kemampuan menyerap pelajaran masih sangat baik. Jadi, mereka akan lebih cepat mempelajari bahasa inggris.

    ReplyDelete
  13. Bahasa Inggris memang harus dikenalkan pada anak sejak dini. Karena jadi bekal bagus nantinya. Dan bagus sekali ini ada Placement Test di Cakap Kids Academy. Jadi ketahuan dulu kemampuan anak dan masuk kelas mana.

    ReplyDelete
  14. kayaknya penting nih mempersiapkan anak belajar Bahasa Inggris sejak dini. Biar pas gedenya udah lancar cas cis cus..

    ReplyDelete
  15. Memang betul mengenalkan bahasa Inggris sedini mungkin itu baik dan akan bermanfaat ketika dia tumbuh dewasa kelak. Menarik banget programnya Kak, nanti aku share ke sepupuku aahh biar keponakanku ikutan juga hehe

    ReplyDelete
  16. Dulu aku bu terpapar bahasa Inggris kelas 4 SD dan sejak saat itu sama matpel tersebut. Tapi generasi anak anak kita skrg dari balita udah terpapar bahasa Inggris dan makin banyak fasilitas belajar bahasa Inggris deri yg free sampai berbayar.

    Btw metode dj Cakap Kids Academy unik sekali, fun gymnastic. Ngerti aja kal mostly anak anak suka bergerak. Hehe.

    ReplyDelete
  17. Gemes banget liat si Uno belajar Bahasa Inggris di Cakap Academy, pastinya cepat pintar nih karena lebih intens dan metode belajarnya sangat menyenangkan buat anak

    ReplyDelete
  18. Cakap Academy kayaknya memang bagus nih, selain lihat ulasan, di foto yang terlampir terlihat anak-anak begitu enjoy dan fun dalam belajar.

    ReplyDelete
  19. Keren ini ada oflennya juga. Kalo onlen aja bisa ga dapat sih feelnya.

    ReplyDelete
  20. Kalo ada placement test nya lebih dulu, bisa sekaligus mengukjr kemampuan si anak sebelum memulai belajarnya.
    Dan mengikuti pelajarannya pun sesuai dengan kemampuan dia ya

    ReplyDelete
  21. Unik yaa.. kelas di Cakap Kids Academy.
    Paham betul dengan kebutuhan anak-anak akan bermain. Jadi gak dipaksain untuk waktu retensi yang panjang, tapi anak-anak tetap menyerap ilmu yang diberikan sang pengajar.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,