Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Obat Perut Kembung Karena Masuk Angin yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Thursday, February 29, 2024

Liburan keluarga menjadi momen yang ditunggu karena ingin bersenang-senang di tempat wisata. Sebelum itu, packing barang bawaan dari pakaian, makanan, dan membawa obat-obatan termasuk minuman untuk masuk angin. Jangan sampai sakit saat liburan, mau happy malah cranky!

Obat yang dibawa saat traveling


Sakit Saat Liburan, Mau Happy Malah Cranky


Menyusun rencana liburan sangat mengasyikkan. Terbayang mau kemana saja, melakukan hal apa saja, wisata kuliner dan sebagainya. Namun, rencana itu dapat pupus karena sakit.


Terlalu asyik dengan aktivitas yang padat selama liburan sehingga kurang istirahat dan pola makan yang ngawur (terlambat atau malah kebanyakan, oops!) dapat membuat imunitas tubuh lemah hingga jatuh sakit.


Pengalaman sakit saat liburan dialami oleh anak teman saya. Rencana berenang bersama jadi gagal karena si anak yang masih TK itu terkulai lemas di kasur. Badannya demam sejak malam hari. Meski sempat makan, tak lama kemudian ia mual dan muntah. 


Rupanya anak tersebut keasyikan bermain selama liburan. Makan ala kadarnya lanjut bermain lagi. Malam harinya barulah terasa capek hingga demam dan perut kembung. 

Hotel kuningan Jakarta


Gejala Perut Kembung


Salah satu penyakit yang rawan terjadi yaitu perut kembung karena masuk angin. Duh, rasanya badan tidak nyaman, perut terasa penuh, berkeringat dingin, mual, meriang, sering sendawa, bahkan dapat muntah.


Teringat waktu saya kecil, perut ditepuk-tepuk mengeluarkan bunyi "bung… bung…" kemudian ibu berkata bahwa ini perut kembung masuk angin. 


Sebenarnya istilah masuk angin tidak ada dalam dunia medis. Istilah ini merujuk pada kondisi kelebihan gas dalam tubuh sehingga perut kembung dan tidak nyaman. 


Ketika kita makan, minum, atau menelan air liur akan ada sedikit udara yang ikut masuk ke tubuh, khususnya ke dalam sistem pencernaan. Akan tetapi, bila jumlah gas tersebut terlalu banyak, akan menumpuk di lambung sehingga membuat perut kembung.


Merespon kondisi tersebut, tubuh akan berusaha mengeluarkan gas yang berlebih dengan sering kentut, sendawa, atau muntah. Hal ini yang membuat kurang nyaman. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya?


Rekomendasi Obat Perut Kembung Karena Masuk Angin


Perut kembung dapat terjadi pada berbagai usia. Kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya. Namun, bila terganggu atau tak kunjung membaik dapat melakukan cara mengatasi perut kembung karena masuk angin sebagai berikut:


1. Mengeluarkan gas dari tubuh melalui sendawa dan buang angin. Jangan menahan diri supaya kondisi perut lebih lega dan tidak kembung lagi. Mungkin agak sungkan yah kalau bolak-balik sendawa atau buang angin, cari tempat yang aman, hehe.


2. Menghindari makanan yang meningkatkan gas di lambung seperti kol, bawang, brokoli, kacang-kacangan, dan jamur.


3. Mengompres perut dengan handuk hangat atau botol yang diisi air hangat. Hal ini membantu otot-otot di saluran cerna lebih rileks.


4. Melakukan pijat perut. Saat anak saya mengalami perut kembung, saya lakukan terapi pijat ILU.


5. Mengkonsumsi minuman untuk masuk angin seperti:


  • Sido Muncul Tolak Angin yang mengandung buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, dan daun mint. Minuman herbal ini membantu mengatasi masuk angin dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Jamu Tujuh Angin yang mengandung jahe, temulawak, lempuyang, lengkuas, juga kencur. Minuman herbal ini bermanfaat membantu mengatasi masuk angin dengan gejala demam/meriang, suhu badan naik, pilek, kepala pusing, keringat dingin, mata berkunang-kunang, serta mual.
  • Jamoe Life Style Teh Tolak Angin, ramuan herbal dengan komposisi laos, lempuyang, cabe jawa, temulawak, teki, meniran, daun sembung, jahe, kencur, pulasari, adas, ginseng, fruktosa, gula palem, dan sukralosa. Minuman herbal dalam kemasan botol ini membantu mengatasi gejala masuk angin.
  • Untuk anak, dapat mengonsumsi Tolak Angin Anak yang mengandung ekstrak buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun mint, madu, dan ekstrak tanduk. Sido Muncul Tolak Angin Anak berkhasiat membantu meredakan masuk angin dan gejalanya seperti meriang, pusing, mulas, dan perut kembung.

Cara mengatasi masuk angin
Minuman untuk masuk angin

Tolak Angin dari Sido Muncul menjadi andalan keluarga kami. Saya biasa membeli satu kotak untuk persediaan. Bentuknya sachet dengan ukuran pas satu kali minum memudahkan dikonsumsi ketika masuk angin atau kondisi imun tubuh menurun.


Anak-anak juga cocok dengan Tolak Angin Anak. Awalnya mereka ragu bagaimana rasa minum obat. Setelah mencoba minum satu sachet Tolak Angin Anak, mereka suka. Rasanya manis dan komposisi daun mint melegakan tenggorokan.

Obat perut kembung anak


Tolak Angin mudah dijumpai di minimarket, apotek, atau secara online di sidomunculstore.com. Saat liburan, minuman herbal ini tak lupa masuk ke dalam tas untuk berjaga-jaga bila ada yang butuh obat perut kembung karena masuk angin. Bentuknya sachet mudah dibawa serta tidak khawatir pecah atau tumpah.


Jaga kesehatan selama liburan keluarga supaya momen berharga ini asyik dan menyenangkan. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi termasuk minuman untuk masuk angin seperti Sido Muncul Tolak Angin yang praktis dan membantu mengatasi masuk angin.

22 comments on "Obat Perut Kembung Karena Masuk Angin yang Wajib Dibawa Saat Liburan"
  1. Beperjalanan jauh dengan anak memang membutuhkan persiapan yang matang dan itu berarti membawa banyak barang dan memikirkan banyak hal. Alhamdulillah ya sekarang ada Tolak Angin Anak, jadi agak lebih simple urusan ketika anak masuk angin.

    ReplyDelete
  2. Aku tuh sama Tolak Angin Sidomuncul udah akrab banget kak. Karena klo misal banyak kerjaan atau kepala pusing dan badan nggak enak ya pasti minum Tolak angin ini campur air anget trus rebahan aja dulu. Bangun pasti enakan lho aku.

    ReplyDelete
  3. Wah, samaan nih, aku juga menyiapkan Tolak Angin Sido Muncul buat anak-anak ketika mereka hendak study tour atau bepergian bersama keluarga. Efektif banget mengatasi perut kembung ya :) Kemasannya mungil, cara minumnya gampang. Rasanya juga enak dan harga terjangkau sekali.

    ReplyDelete
  4. Andalanku nih saat mulai merasakan badan ga enak atau gejala masuk angin. Kalau bepergian juga pasti selalu bawa sebagai antisipasi, kan pasti ga nyaman ketika berwisata malah badan kurang fit

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya, sekarang sudah ada produk sido muncul yang untuk anak. Kadang suka bingung kalau anak tiba2 bermasalah dg perut atau lainnya.

    ReplyDelete
  6. kalau mau liburan itu emang kesehatan harus dijaga, jangan sampai masuk angin atau sakit lainnya akan merusak deh rencana liburan.
    makanya harus selalu sedia Tolak Angin ya, secara ini praktis banget dan bisa menolong biar anak gak kembung lagi karena masuk angin.

    ReplyDelete
  7. Tolak Angin andalanku dan anak-anak kalau mulai ngerasa masuk angin. Abis minum ini langsung bobo pules dan besok bangun badan jadi lebih seger. Wajib ada sih di P3K saat liburan.

    ReplyDelete
  8. Kalau lagi roadtrip, tolak angin ini (mau yang untuk dewasa atau anak-anak) selalu aku bawa karena termasuk ke dalam pouch P3K yang selalu ada di mobil.

    ReplyDelete
  9. Kondisi tak terduga kadang terjadi, seperti masuk angin. Syukurlah, sedia selalu Tolak Angin di dalam tas! Apalagi ada produk untuk anak juga.

    ReplyDelete
  10. Tolak angin selalu jadi teman saat jalan-jalan dengan si kecil. Bisa diandalkan karena rasanya enak dan tidak bikin eneg/muntah.

    ReplyDelete
  11. Tolak Angin adalah teman perjalananku juga Kak. Mau kemana pun aku bawa. Apalagi kalo kurang tidur dan perjalanan jauh melalui darat. Bah udah lah minum Tolak Angin pakai teh anget enak banget lalu tidur. Happy holiday Kak :)

    ReplyDelete
  12. aku selalu sedia tolak angin anak di mobil mba, karena sudah cocok dengan dua anakku yang kalo masuk angin konsumsi tolak angin anak ini

    ReplyDelete
  13. Minum Tolakangin manjur banget, kak. Badan jadi lebih enakan dan lebih santai juga di perjalanan. Kalo kena mual tuh bikin pusing sepanjang jalan. Hehe

    ReplyDelete
  14. Ini mah samaan sama aku. Entah karena kebiasaan atau sugesti, kalau bepergian harus selalu minum dulu Tolak Angin biar di nyaman di perjalanan. Pun juga kalau kecapek-an, minum Tolak Angin, istirahat yang cukup, insya allah besoknya bugar kembali.

    ReplyDelete
  15. Tolak Angin amak ini juga jadi andalanku untuk atasi perut kembung karena masuk angin
    Aku juga selu sedia di rumah maupun saat dalam perjalanan

    ReplyDelete
  16. Waaahhh, ini harus ada di tas saat traveling. Kalau kecapekan bisa minum ini lalu istirahat biar keesokan harinya seger. Seneng banget ada varian untuk anak-anak, rasanya aman aja gitu ya Mba Helena? :-)

    ReplyDelete
  17. Pergi berlibur sambil wiskul tentu jadi agenda yg wajib dilakukan saat liburan. Tapi, kalo tiba2 perut kembung, duh pasti rasanya gak nyaman banget ya, mba. Solusi banget nih, selalu sedia tolak angin, biar liburan lanjut terus

    ReplyDelete
  18. Liburan gak lengkap kalau gak bawa tolak angin sido muncul.. soalnya kadang pas ketemu teman di jalan Dan tahu dari Indonesia, ada beberapa orang yang nanyain tolak angin lho..

    ReplyDelete
  19. Sejak dulu sekaliiiiii, Tolak Angin ini jadi teman ketika mudik.. Bedanya dulu Mama yanh selalu siap menyediakan Tolak Angin untuk annak aanaknya.. Sekarang sudah jadi Mama yang harus menyediakan..

    ReplyDelete
  20. Rasa minuman herbal terenak menurutku masi dipegang Tolak Angin Sidomuncul. Pun efeknya juga bikim tubuh nyaman..
    Perjalanan bisa fit kembali.

    ReplyDelete
  21. Ini juga sering dibawa Shanum
    Soalnya yang paling suka rewel masuk angin tuh dia
    Makanya sesekali harus ngunyah supaya perutnya gak lama kosong

    ReplyDelete
  22. Kalau jalan-jalan memang cenderung anak-anak kena masuk angin mbak. Apalagi kalau perjalanan yang cukup jauh. Tolak angin anak memang jadi solusi selain memulihkan perut kembung juga mengurangi mual untuk anak.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,