Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Persiapan Sebelum Ramadhan, No. 3 Sering Terlewat

Sunday, March 26, 2023

Menjelang Ramadan rasanya ibu makin sibuk menyiapkan ini itu. Buat daftar, belanja, menghias rumah, dan sebagainya. Buat memudahkan dan memperlancar ibadah selama Ramadan, ada lima macam daftar yang perlu disiapkan sebelum Ramadhan. Apa saja?



1. Daftar Menu Sahur dan Buka 30 Hari

Sering bingung memikirkan masak apa yah untuk sahur dan buka selama bulan puasa? Menyusun daftar menu makanan dapat memudahkan ibu menyiapkan masakan. Menu ini juga membantu saat ibu belanja bahan makanan, enggak membuat kalap belanja macam-macam eh udah keburu layu atau tidak segar. Jadinya mubazir deh.

Sebelum Ramadan saya mengajak suami dan anak-anak ngobrolin menu makanan favorit keluarga. Kami tulis semua makanan utama, minuman, dan camilan kesukaan. Dari situ bisa disusun menu sahur dan buka dalam seminggu (atau sekaligus sebulan) supaya bervariasi.

Selama 4 hari ini alhamdulillah masih on track, belum beli makanan jadi, hanya jajan pentol dan es buah saja. Masih OK lah, mari lanjut .... 

2. Daftar Ceklis Amal Baik Ramadhan

Daftar amal baik ini bukan bermaksud riya', kan menulis untuk diri sendiri. Daftar ini berupa ceklis harian seperti puasa, salat tarawih, tilawah, sedekah, membantu orang lain, mengikuti kajian, dan sebagainya. Setiap hari cukup beri tanda centang mana yang sudah dilakukan.

Tak hanya kegiatan baru atau meningkatkan kebiasaan baik, bisa juga lho dengan mengurangi hal yang tidak perlu misal target Ramadhan setiap harinya mengurangi scrolling media sosial.

Daftar amal baik Ramadhan ini sama dengan membangun kebiasaan baik (good habit). Jika dapat melakukan hal baik setiap hari selama 30 hari, selanjutnya akan lebih mudah hingga menjadi kebiasaan. Indikatornya apa? Rasanya resah gelisah bila belum melakukan hal tersebut.



3. Daftar 30 Do'a yang Berbeda

Daftar yang terakhir ini sering terlewat padahal kesempatan emas di bulan Ramadan. Dikutip dari kajian Finding Yourself Ibu ASIK oleh ustadzah Meti Astuti, SEI, MEK, agar:

Siapkan minimal 30 doa yang berbeda. Tulis di tempat manapun. Tiap hari ketika berbuka, berdoa dengan satu doa dari 30 doa yang disiapkan.

Nabi Muhammad SAW telah memberitahukan bahwa setiap berbuka ada doa yang mustajab maka jangan kita sia-siakan kesempatan emas ini.

Ada pertanyaan seperti ini, "Mau berdoa apa, kadang diri sendiri susah mendefinisikan keinginan, toh Allah sudah tahu apa yang kita inginkan."

Ustadzah Meti menyarankan berdoa semampu kita, semakin spesifik lebih baik.

Allah tempat meminta segala sesuatu. (Q.S. Al Ikhlas ayat 2)


Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (Q.S. Al Baqarah: 186)

4. Daftar Kegiatan Anak Bertema Ramadhan


Anak saya insya Allah belajar puasa penuh di tahun ini. Selama bulan Ramadhan, kami akan lebih banyak mengisinya dengan kegiatan bertema Ramadan secara khusus serta Islam secara umum. Maka, saya mencari 30 ide kegiatan anak bertema Ramadan kemudian saya letakkan di kantong amplop perhari.

Dalam sehari ada minimal 1 kegiatan yang dapat dilakukan, misal hari pertama mendekorasi rumah, hari kedua membuat celengan amal, dst. Oh ya, saya mendapat idenya dari family project Ramadhan. Enggak menyusun sendiri, mumpung ketemu printable worksheet yang pas. Hehe....


5. Daftar Buku Bacaan Bertema Islam

Rak buku dan kotak buku di rumah sudah penuh namun ketika saya mencari buku-buku bertema Islam ternyata masih sangat sedikit. Maka sebelum Ramadan kami pergi ke Perpustakaan Jakarta untuk meminjam buku.

Buku bacaan yang kami siapkan bertema puasa, mengenal ciptaan Allah, juga sirah nabawiyah. Nanti kalau kurang, pinjam lagi deh.

Target setiap hari saya membaca nyaring buku-buku tersebut di pagi dan malam hari menjelang tidur. Kemudian kami lanjutkan berdiskusi mengenai isi buku. Contohnya tempo hari kami membaca silsilah nabi Muhammad yang begitu panjang. Obrolan berlanjut ke nasab kita, siapa ya nama kakek buyut, dan seterusnya. 







Itulah daftar persiapan sebelum ramadhan yaitu daftar menu makanan sahur dan buka, amal baik yang ingin kita bangun, doa-doa, kegiatan anak, dan buku bacaan bertema Islam. Sudahkah membuatnya? Kalau belum, bismillah, mumpung masih awal Ramadan daftar-daftar di atas bisa dibuat untuk memudahkan kita beribadah. Anak-anak juga semangat nih menjalankan berbagai kegiatan supaya enggak bertanya maghrib berapa lama lagi. Hehe .... Semoga lancar puasanya, ya!
2 comments on "Persiapan Sebelum Ramadhan, No. 3 Sering Terlewat"
  1. Menu makanan udh aku buat sampe sebulan 😄. Trus nyetok makanan yg tinggal dipanasin supaya ga rempong as sahur juga udah.

    Kalo doa2 memang sih ga sampe 30 buah doa berbeda 😅. Soalnya aku kalo doa, mintanya itu2 aja mba, diulang trus, spesifik pastinya, dan selalu diucapin tiap berdoa 😅.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab persiapannya Mbak Fanny.
      Aku juga tim panasin makanan saat sahur supaya ga kepagian bangunnya
      Semoga lancar yaa ibadah kita di bulan Ramadan.

      Delete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,