Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Wisata Literasi di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak, Gratis Lho!

Sunday, December 18, 2022

Liburan sekolah di Jakarta enaknya kemana, ya? Makin banyak tempat wisata edukatif di Jakarta yang bisa dikunjungi. Kali ini kita bahas destinasi wisata literasi gratis di Jakarta untuk rekomendasi liburan anak.



Alhamdulillah Liburan Sekolah Tiba

Semester pertama sudah berakhir. Lega rasanya jadwal harian menjadi lebih longgar karena kelas sudah libur. Sebelum ngomongin tujuan liburan, saya mau apresiasi dulu untuk para orang tua yang rela bangun pagi (eh apa dini hari) merencanakan menu, menyiapkan sarapan, menata bekal, dan printilan kebutuhan sekolah. Buat yang catering, alhamdulillah ketemu tempat catering yang pas, ya.


Buat kamu juga yang setiap hari antar-jemput anak. Setelah anak sampai di sekolah rasanya plong. Gedubrakan di pagi hari berganti sepi. Waktunya me-time, deh. *atau udah ditunggu tugas domestik?


Baca juga: Literasi Membaca di Indonesia Rendah, Apa yang Ibu Lakukan?


Wisata Literasi Jakarta untuk Menumbuhkan Gemar Membaca

Kembali ke topik liburan. Liburan dalam kota Jakarta bisa dengan mengunjungi tempat-tempat yang menambah wawasan literasi, khususnya baca tulis. Buat pecinta buku, ini surga buku di Jakarta. 


Tempat ini juga dapat menjadi media mengenalkan kecintaan membaca pada anak. Baca buku bareng anak asyik, lho, untuk menggunakan waktu keluarga bersama.


Enaknya lagi tempat wisata literasi kali ini dapat dikunjungi secara gratis! Buku-bukunya bisa dibaca di tempat, ada juga yang bisa dipinjam. Hemat biaya pembelian buku, dong. Hehe .... Inilah 3 wisata literasi di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama anak:


Taman Literasi Martha Tiahahu




Taman Literasi Martha Tiahahu menjadi taman di Jakarta yang baru selesai direvitalisasi. Lokasinya di dekat terminal Blok M. Walau beberapa kali pernah ke Blok M, saya tidak menyadari dahulunya ada taman di sini.


Saat bus Transjakarta yang saya tumpangi masuk terminal, di sebelah kanan langsung terlihat Taman Literasi. Wah, dekat banget bisa jalan kaki dari terminal Blok M.


Di Taman Literasi Martha Tiahahu, kita dapat membaca buku di perpustakaannya. Ruang perpustakaan tidak terlalu luas tetapi nyaman dengan AC dan bean bag. Ada juga meja kursi untuk co-working space.


Buku anak terletak di deretan rak paling ujung, jauh dari pintu masuk. SID menemukan koleksi Lima Sekawan dan Why? yang cukup banyak sementara saya dan Uno membaca buku-buku Rabbit Hole yang cocok untuk 0+.


Selain itu, kita bisa membaca buku di area outdoor, baik sekitar kolam maupun di atas. Area outdoor ini lumayan terik saat kami datang sekitar pukul 10. So, siapkan topi atau payung jika berkunjung ke sini.


Enggak bawa buku? Tenang saja, ada lemari buku Jakarta Book Hive. Pengunjung bebas meminjam buku bahkan bisa membacanya di rumah. Asalkan ingat mengembalikan ke Book Hive manapun, tidak perlu di tempat yang sama.


Buat anak-anak, Taman Literasi memiliki area permainan, lho! Ada mainan berputar (apa ya namanya?), area panjat, titian naik-turun, dan juga ruang kecil di belakang area panjat untuk bersantai.


Berkunjung ke Taman Literasi Martha Tiahahu tidak perlu reservasi, bisa langsung datang antara pukul 07.00 - 20.00 WIB. Lokasinya pun mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti MRT (stasiun Blok M, turun pintu E/F) dan Transjakarta (halte Blok M). Selengkapnya baca yah di "Membaca Buku dan Bermain di Taman Literasi."


Perpustakaan Jakarta




Liburan ke perpustakaan, why not? Perpustakaan satu ini rasa toko buku kenamaan. Sejak selesai dipugar, Perpustakaan Jakarta hadir dengan desain modern, clean, and comfy. 


Anak-anak senang berkunjung ke Perpustakaan Jakarta karena terdapat area bermain. Uno paling suka bermain masak-masakan lengkap dengan kitchen set mini yang menggemaskan. 


Koleksi buku anaknya juga banyak dan dikategorikan berdasarkan usia, yaitu 0-6 tahun, 7-9 tahun, dan 10-12 tahun. Hal ini memudahkan mencari buku yang tepat.


Sebelum berkunjung, kita perlu reservasi online terlebih dahulu. Maksudnya supaya enggak terlalu padat pengunjung. Namun, jika belum reservasi online bisa daftar di tempat (lantai 3 atau 4). Selama masih ada kuota pengunjung, kita boleh masuk. 


Buat pemilik KTP Jakarta, bekerja atau bersekolah di Jakarta bisa menjadi anggota perpustakaan. Anggota perpustakaan yang sudah terverifikasi dapat menikmati akses layanan perpustakaan seperti menggunakan fasilitas ruang dan bilik serta mengoperasikan komputer. Sementara non anggota hanya dapat mengisi buku tamu dan membaca buku di Perpustakaan Jakarta saja.


Oh ya, Perpustakaan Jakarta terletak dalam area Taman Ismail Marzuki di Cikini, Jakarta Pusat. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi umum bus Transjakarta (jurusan Senen - Lebak Bulus), KRL (stasiun Gondangdia), MRT (Bundaran HI). Untuk KRL dan MRT perlu lanjut dengan taksi/ojek yah.


Jam operasional Perpustakaan Jakarta Senin - Minggu pukul 09.00 - 17.00 WIB, terakhir check-in pukul 16.00 WIB. Khusus Jum'at, proses check-in akan tutup sementara pukul 11.30-13.00 WIB. Perpustakaan Jakarta tutup pada hari libur nasional dan cuti bersama.


Baca juga: 3 Jam Main di Perpustakaan Jakarta Ramah Anak


Perpustakaan Nasional RI



Jangan salah, ya, Perpustakaan Nasional berbeda dari Perpustakaan Jakarta walau lokasinya lumayan dekat. Perpustakaan Nasional RI terletak di seberang Monas, sederet dengan Balai Kota.


Terdapat layanan anak di lantai 7 Perpustakaan Nasional RI. Di sini buku-buku anak dari board book, picture book, komik, ensiklopedia. hingga novel anak tersedia dan dapat dibaca secara gratis. Di layanan khusus anak ini, anak-anak juga dapat menggunakan komputer. Ada game edukasi yang diperuntukan bagi anak SD.


Kita juga bisa menyaksikan kawasan Monas dari ketinggian di lantai 24, lantai tertinggi di Perpusnas.


Pengunjung bisa meminjam buku untuk dibawa pulang dengan cara mendaftar menjadi anggota perpustakaan terlebih dulu. Selengkapnya baca cara meminjam buku di Perpustakaan Nasional.


Transportasi umum ke Perpustakaan Nasional bisa dijangkau dengan bus Transjakarta. Halte terdekat yaitu halte Balai Kota. Ada juga halte Gambir 2 dan Museum Nasional yang lumayan dekat kemudian dilanjutkan berjalan kaki. 


Jam operasional Perpusnas Senin - Jumat 08.00 - 21.00 WIB dan Sabtu - Minggu 09.00 - 16.00 WIB, tanggal merah dan hari libur nasional tutup. Sebaiknya cek instagram @perpusnas.go.id sebelum ke sana untuk pengumuman terkini.


Baca juga: Mampir ke Monas, Seberang Perpusnas


Liburan Sekolah di Jakarta Enaknya Kemana, Ya?

Itulah 3 tempat wisata literasi di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama anak. Ada tempat yang perlu reservasi online, ada yang langsung datang saja. Gratis, lho! Semoga enggak bingung lagi, ya, liburan sekolah di Jakarta enaknya kemana. 


Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata lain, silakan tulis di kolom komentar, ya! Happy holiday!

44 comments on "Wisata Literasi di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak, Gratis Lho!"
  1. Baca pengalaman Mak Sid dan anak-anak ke perpustakaan aku langsung googling perpustakaan di Bandung dong wkwkwk tapi jauh2 dari domisiliku pengen bgt libur sekolah nanti bisa kasih experience yang beda nih salah satunya ajakin ke perpus atau tokbuk aja kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aku pernah main sekali ke dispusip Bandung, ada area anak-anaknya juga. Itupun nanya dulu ke Mbak Lendy.

      Delete
  2. Banyak pilihan tempat wisata literasi di Jakarta ya. Lumayan nih ngajak anak-anak biar suka baca, buat pengenalan dulu kalau masih kecil. Biasanya buku anak kan banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. membiasakan membaca sejak dini seperti main ke perpus gini supaya anak-anak senang membaca :) bakal mempermudah proses belajar mandiri mereka.

      Delete
  3. Aku udah sering lihat suasana perpusnas ini di timeline medsos mbak, dan mupeng banget. Kapan lah bisa ke sana.

    Ternyata selain perpusnas, masih ada tempat lain lagi yang bisa didatangi bersama anak-anak buat membiasakan mereka mencintai buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah banyak tempat literasi di Jakarta, Mbak
      semoga ada rezeki berkunjung ke Perpusnas

      Delete
  4. Mantap ini rekomendasinya, free tapi manfaatnya banyak yaaa, aku suka banget baca buku, apalagi kalau sama anak2, dan kalau baca bukunya beneran ke perpustakaan atau taman baca, rasanya lebih greget ya

    ReplyDelete
  5. aah, yang pernah aku kunjungi baru perpustakaan Nasionaall niiihh. semoga liburan kali ini bisa ke Taman Marta Tiahahu dan perpustakaan Cikini deeh.. TFS mbaakk :D

    ReplyDelete
  6. wisata literasi asyik banget ituuu, kayaknya betah ya padaaaa sibocil2. Belum pernah nih ke perpus di Jakarta. Mau mencoba deh, pas liburan kayaknya seru ya.. Udah lama nggak ke Blok M, di samping itu jadinya ada taman literasi yaaa,,
    Aku ajak ke pantai nggak mau pulang, lama banget. Andai pantai di depan rumah,heheuuu

    ReplyDelete
  7. Privilege tinggal.di (atau dekat) Jakarta emang asik bgt ya.
    Salah satunya, banyak fasilitas literasi yg cihuy abiiis
    Kapan2 mau main ahhh

    ReplyDelete
  8. taman literasinya bikin penasaran, hehehe. Iya nih, liburan udah tiba, tapi belum juga bawa anak jalan-jalan. Keren sih, biar liburan tetap rasa belajar ya

    ReplyDelete
  9. Waaah, baca ini jadi kayak diingatkan kalau selama di Mks kami belum coba main ke perpusda/perpuskot. Duuh, ntar kapan2 pulang skolah ajak si bungsu main ke perpuskot ah,..tempatnya ga terlalu jauh dari sekolah. Terima kasih diingatkan mbak Helena....

    ReplyDelete
  10. Senangnya y di Jakarta banyak wisata literasi gratis yang bisa dikunjungi
    Aku kemarin sempat ke perpustakaan nasional mbak
    Emang bagus banget buat anak anak main disana

    ReplyDelete
  11. Yeaaay, liburan sekolah ke perpustakaan itu surga banget ya mba. Anak anakku juga seneng banget kalau liburan diajak ke perpustakaan untuk eksplor buku.

    ReplyDelete
  12. perpustakaan dan museum di Jakarta memang bagus ya mba..aku sempat ajak anak - anak keliling Jakarta sebelum kita berangkat. It was fun indeed

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya ke perpusnas kalau di Lampung perpustakaannya akan pindah ke tempat yang lebih besar dan semoga di tempat nanti lebih lengkap buku barunya

    ReplyDelete
  14. Banyak pilihan kalo mau wisata literasi di kawasan Jakarta ya. Hepi tuh kalo anak-anak suka baca dengan beragam pilihan perpustakaan yang ada. Apalagi didukung dengan transportasi yang mudah

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat belum update suasana perpustakaan di Balikpapan.
    Sepertinya harus icip-icip ne wisata literasi di Balikpapan
    Menurut teman-temanku, kini, suasananya lebih nyaman.

    Well,
    Kelihatannya, perpustakaan di negara kita memang lagi re-branding ya.

    ReplyDelete
  16. Skr tempat baca buku gratis gini semakin banyaaaaaak, aku seneeng 💃😍. Apalagi koleksi bukunya juga ga ecek2. Ngajakin anak2 ke taman literasi gini selalu nyenengin. Walopun di rumah mereka buku juga udah banyaaaak bgt aku beliin ,tapi tetep aja kalo ketemu tempat baca, mereka suka.

    Book hive itu tempat aku donasiin buku2 ku yg aku udah ga baca lagi mba, atau buku2 yg aku ga terlalu suka, tapi mungkin bisa berguna di orang lain.

    ReplyDelete
  17. Cakep banget tempatnyaa mau aah mampir selain ke perpusnas.

    ReplyDelete
  18. Ini semisal dekat, anakku pasti seneng nih bisa ngajak ke Taman Literasi Martha Tiahahu.

    Oh ya, Perpustakaan daerah itu sekarang enggak cuma menyediakan buku aja ya, tapi banyak mainan juga.. Anakku suka yuh kalau kuajak ke perpus daerah, pinjam buku sekaligus mainan, dan tentunya gratis..hehehe

    ReplyDelete
  19. Asyik kalau banyak fasilitas baca buku apalagi ramah anak

    ReplyDelete
  20. Waahhh... sudah lama enggak berkunjung ke perpustakaan. Kalau perpusnya sebagus ini, pasti anak-anak suka yaa... Sekarang aku dah ga punya anak kicik nih, bisa liburan sendiri ke perpustakaan hehehe...Kapan2 klo pas ke Jakarta pengin ke Perpusnas dan Perpus Jakarta.

    ReplyDelete
  21. dari dulu penasaran banget nih sama perpustakaan di Jakarta soalnya 1 gedung bertingkat gitu. kayaknya seharian nggak cukup ya, mbak buat datang dan lihat-lihat di sana

    ReplyDelete
  22. Makasih rekomendasinya, wisata literasi nggak cuma bikin anak happy tapi juga belajar banyak ya. Apalagi sekarang perpustakaannya semakin moderen dan nyaman. Aku pernah ketemu book hive di Kawasan Kota Tua Jakarta, di dekat Museum Fatahillah, cuma nggak ngecek detil (ribet sama si bocil). Tahu gitu aku pinjem buku di situ deh.

    ReplyDelete
  23. Waaaah....senangnya ada Taman Literasi begini. Seperti oase di tengah Jakarta. Coba lihat-lihat, Mbak, ada buku anak karyaku nggak di sini? Hehe....
    Di Bandung sempat ada beberapa pojok literasi di taman umum, termasuk di alun-alun deket rumahku. Sayangnya yang di alun-alun ini kurang terawat.

    ReplyDelete
  24. Yang udah pernah hanya Perpus Jakarta yang di TIM. Enak sih tempatnya, cuma kalau kesana pas wiken, alamak penuh banget dan mainannya berceceran dimana-mana, kesebar2 gitu. Sekarang penasaran sama Taman Literasi Martha Christina Tiahahu nih karena itu yang paling dekar dari rumah dan kalau lihat di IG orang-orang, asyik banget kayaknya.

    ReplyDelete
  25. Seru kalau ayah ibunya peduli dan paham sehingga anak anak bisa semangat juga belajarnya.
    Tentu akan berbeda pula struggling-nya mereka yang tak mampu semudah ini membersamai anak anaknya

    ReplyDelete
  26. Pengen banget ngajak anakku ke Perpusnas nasional aku baru sekali dateng dah betah disana heheh tempatnya nyaman bngt

    ReplyDelete
  27. Yang belum kesampaian ke perpus Cikini ngajak anak-anak, ke pusnas udah pernah jadi ga penasaran

    ReplyDelete
  28. Perpus Jekarda tuh cakep cakep banget, kak Heleeen..
    Bukan di Bandung engga.. tapi berasa lebih ramah ke orang dewasa daripada anak-anak. Beberapa yang bikin gak ideal karena ruangannya seperti bukan di desain untuk anak.. kayak yang maksa gitu..

    Tapi kini ada beberapa taman deket rumah yang menyediakan buku.
    Hehhe, jadi lebih hemat karena anak-anak bisa sepedaan ke taman, sambil main ayunan..bisa sambil baca-baca buku.

    ReplyDelete
  29. Emang mesti diajak ke taman bacaan ya kan, selain anak jadi pintar pastinya anak juga senang dengan suasana baru, apalagi gratis pula.

    ReplyDelete
  30. Menarik banget, Mbak. Coba ya dekat, bisa ikutan. Baru sekali ke perpusnas, itu pun masih belum direnov kek sekarang.

    ReplyDelete
  31. Asyiknya liburan yang dekat-dekat aja ya supaya hemat biaya. Aku pun liburan ke Jakarta tapi di seberangnya, alias kepulauan seribu xixixi.

    ReplyDelete
  32. Aku bookmark dulu mbak. Taman literasi Martha Tiahahu boleh nih dicobain bareng anak-anak. Sama halnya dg Perpus Jakarta aku dan anak2 juga belum pernah ke sana

    ReplyDelete
  33. Moga makin banyak anak yang gemar membaca dengan fasilitas ini ya

    ReplyDelete
  34. Taman Literasi belum pernah sih. Baru tahu juga. Agak jauh dari tempatku :D
    Kalau ke perpusnas belum pernah ajak anak2. Mau ke sana skrng2 ini eh cuaca serem, anaknya sakit hehe. Moga2 minggu2 ke depan cuaca membaik jd bisa mengunjungi perpusnas dan taman literasinya juga.

    ReplyDelete
  35. Dulu waktu SD-SMA entah kenapa lebih memilih menghabiskan waktu di perpustakaan Daerah daripada liburan atau langsung pulang dari sekolah. Kek suka aja gitu bacabaca

    ReplyDelete
  36. Ternyata masih banyak juga ya tempat wisata edukatif yang gratis buat anak di jakarta. Seru2 juga tempatnya

    ReplyDelete
  37. Aku pernah ajak attaya kesana happy banget dia, tp gak bisa masuk ke perpustakaan karena penuh banget akhirnya kita main di taman aja sambil foto-foto

    ReplyDelete
  38. Wow boleh banget nih ajak anak-anak untuk wisata literasi. Mumpung mereka baru masuk sekolah tanggal 9 Januari mendatang. Banyak pilihan tempatnya lagi ya. Yuhuuiiii
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  39. Asiknya bisa menemani anak liburam dan mengisinya dengan wisata literasi yang pastinya snagat bermanfaat.

    Lihat bangunan Gedung Perpusnas, jadi teringat beberapa tahun lalu ga jadi mampir karena ada perubahan jadwal di Jakarta. Semoga lain kali bisa berkunjung

    ReplyDelete
  40. Duh, kangen banget ke perpustakaan. Udah lama juga gak ke perpus ajak anak-anak. Penasaran yang Taman Literasi Martha Tiahahu itu mba. tempatnya baru kan ya. Keliatannya bagus, ya. Jam bukanya juga sampai malam. Pingin ngajak anak-anak kalo setelah pulang sekolah ke sana deh hehe.. Kalo weekend pasti ramai, yaa...

    ReplyDelete
  41. Aku jdi inget kalau pingin banget ke Perpustakaan Nasional Jakarta hanya ingin mencoba coworking spacenya yang nyaman banget.. Huhu... keren yah, perpus nya menjulang tinggi banget kaya gini.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,