Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

10 Hari Terakhir Ramadan: Aktif Bekerja, Lancar Ibadah

Thursday, May 5, 2022

10 hari terakhir Ramadan maunya gaspol ibadah. Namun, pekerjaan belum selesai. Tanggung jawab ini harus diselesaikan sebelum libur lebaran supaya plong. Bagaimana mengatur supaya aktif bekerja dan tetap lancar beribadah?

cara pakai antangin jrg
Menjaga kesehatan di bulan Ramadan



10 Hari Terakhir

Bagaimana bila tahu usiamu tersisa 10 hari saja?


Saya ingin menjalankan hari-hari terakhir dengan kegiatan bermanfaat, produktif, dan membuat bahagia. Saya juga mau meminta maaf, menyelesaikan janji dan tanggung jawab supaya bisa menutup usia dengan tenang.


Itulah bayangan saya mengenai 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Bulan suci istimewa, penuh ampunan. Bulan dimana pahala dilipatgandakan. Momen super istimewa seperti ini sayang untuk dilewatkan dengan “B” aja karena enggak tahu apakah tahun depan masih diberi panjang umur untuk bertemu Ramadan lagi atau tidak.


10 hari terakhir Ramadan juga waktunya mencari malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan.


"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadar:3)


"Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan" (HR. Bukhari)


I’tikaf menjadi salah satu ibadah di malam-malam terakhir Ramadan. Selain itu kita dianjurkan memperbanyak ibadah dan amal shalih di 10 hari terakhir seperti menghidupkan malam, bersedekah, tilawah, berdoa, memohon ampun dan rahmat Allah, dan umrah.



Antara Ibadah dan Bekerja


Maunya sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan diisi dengan ibadah dan ibadah namun kenyataannya banyak aktivitas lain yang perlu dikerjakan. Packing untuk mudik, belanja oleh-oleh, mengisi workshop parenting, menyelesaikan tugas menulis buku, mencuci pakaian (karena laundry sudah tutup) dan tentunya mudik.


Sampai rumah ibu di Gresik pun saya masih melanjutkan pekerjaan. Iya, liburan tetap kerja. *ehem.


Di samping itu, keluarga besar akan berkumpul maka saya membantu ibu memasak keperluan lebaran. Tiga tungku kompor menyala terus. Wew!


tips sehat selama ramadan
Makin aktif bekerja di hari-hari terakhir Ramadan



Bagaimana dengan target ibadah Ramadan?


Saya sendiri masih mengejar target one day one juz (ODOJ) dengan memperbanyak membaca Alquran. Biasanya menjalankan Ramadan tanpa target, hiks …. Hasilnya masih jauh dari khatam tapi alhamdulillah lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.


Suami pun lebih rutin i’tikaf dari masjid ke masjid. Walau pulang sangat larut karena mengurus pesanan, ia sempatkan i’tikaf.


Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Ramadan dengan Minum Antangin


Alhamdulillah bulan puasa kali ini jauh lebih produktif dibanding tahun lalu. Teringat Ramadan 2021 kami sekeluarga menjalani isolasi karena positif covid-19. Enggak bisa kemana-mana, badan juga sakit. Maka, nikmat sehat tahun ini sangat kami syukuri.


Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan. Untuk menjaga kesehatan keluarga saat Ramadan yang jelas kami enggak boleh melewatkan waktu sahur dan buka.


Menu makanan pun kami usahakan memasak yang bergizi dan bervariasi. Enggak sempat memasak, ya beli sayur dan lauk. Jangan cuma makan gorengan. Hehe ….


Minum cukup air itu penting. Saya dan suami masing-masing punya botol minum berukuran besar sehingga memudahkan kami menakar sudah minum berapa liter air.


Saya pribadi perlu banget tidur siang. Kalau belum bisa satu jam, 15 menit pun sudah terasa segar. Istirahat siang ini penting menjaga stamina saya yang mengurus dua anak kecil aktif.


Sementara suami yang selama Ramadan bekerja di luar kerap mengeluh tangannya pegal. Ini karena ia harus mengangkut berdus-dus paper bag pesanan klien ke gudang.


Di satu sisi alhamdulillah ada rezeki pesanan. Di sisi lain lumayan juga tantangan bekerja fisik sambil berpuasa. Oleh karena itu, kami mengonsumsi Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda.


Khasiat Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda


Awalnya saya berpikir sirup herbal ini hanya diminum saat badan terasa masuk angin. Betul, Antangin berkhasiat membantu meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala, dan membantu melegakan tenggorokan.


Namun, Antangin bagus juga, lho, untuk membantu jaga daya tahan tubuh. Perubahan jam tidur yang lebih larut setelah tarawih dan bangun lebih awal untuk sahur membuat kurang tidur. Ditambah lagi aktivitas padat membuat saya dan suami ikhtiar minum Antangin.




Di rumah, kami sedia Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Komposisi Antangin JRG yaitu:

  • Jahe

  • Daun mint

  • Daun Sembung

  • Ginseng

  • Biji pala

  • Akar manis

  • Kunyit

  • Royal jelly

  • Madu

  • Potasium sorbat


Tiga kandungan andalan Antangin JRG yaitu jahe, royal jelly, dan ginseng baik bagi kesehatan. Jahe membantu meredakan mual dan batuk. Royal jelly alias susu yang dihasilkan lebah baik untuk menjaga imun tubuh. Sementara ginseng memiliki efek anti radang hingga mengurangi stres.


Varian kedua Antangin yaitu Antangin Habbatussauda yang mengandung:

  • Habbatussauda 2.000mg (setara dengan ekstrak Habbatussauda 500mg)

  • Jahe

  • Daun sembung

  • Daun mint

  • Biji pala

  • Akar manis

  • Kunir

  • Meniran

  • Madu

  • Potasium sorbat


Habbatussauda atau jintan hitam dikenal luas bermanfaat menjaga daya tahan tubuh. Tanaman subtropis dari Timur Tengah ini mengandung antioksidan seperti flavonoid. Imun tubuh yang kuat mampu menangkal virus, lho!


Flavonoid juga dijumpai dalam tanaman meniran. Cocok, nih, sekali minum Antangin Habbatussauda sudah mengonsumsi habbatussauda dan meniran yang bantu memperkuat daya tahan tubuh.


Setiap minum Antangin, tenggorokan terasa lega. Daun mint pada Antangin membuat rasa dingin semriwing, enak banget!


Ternyata daun mint tidak hanya memberi rasa semriwing tetapi juga baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan dan menjaga imun tubuh.


Dosis Antangin JRG dan Habbatussauda


Suami dan saya minum Antangin saat buka atau sahur maupun sebelum melakukan perjalanan mudik. Dosis yang dianjurkan yaitu:


  • Untuk menjaga kondisi tubuh, minum 1 sachet, 3x sehari sesudah makan, secara teratur.

  • Untuk mencegah mabuk perjalanan, minum 1 sachet sebelum perjalanan jauh.

  • Untuk mengobati masuk angin, minum 1 sachet 3x sehari sesudah makan sampai sembuh.


FYI, Antangin dapat dikonsumsi untuk anak-anak usia 6-12 tahun dengan dosis ½ dosis dewasa. Sementara untuk ibu hamil dan menyusui lebih baik konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi Antangin.


mudik lebaran 2022
Sebelum mudik, minum Antangin

Kemasan Antangin sachet cair berukuran 15ml sangat praktis untuk sekali minum. Cukup kocok, robek pinggiran bungkusnya, dan langsung minum. Semriwing~


cara minum antangin
Antangin dapat diminum langsung atau dicampur teh tawar hangat


Menurut saya, Antangin JRG lebih terasa dan tahan lama sensasi dinginnya. Saya sendiri lebih suka Antangin Habbatussauda karena rasanya lebih manis. Namun, jika stok habis ya saya minum Antangin  JRG dengan dicampur teh tawar supaya semriwingnya lebih kalem. Hehe ….


Sirup herbal Antangin telah mendapat sertifikat halal MUI, mengantongi izin POM TR 202601241 (Antangin Habbatussauda) dan POM HT 112 600 041 (Antangin JRG).


pilih Antangin JRG atau Antangin Habbatussauda?


Dengan menjalankan kiat menjaga kesehatan keluarga di atas dan mengonsumsi Antangin, alhamdulillah selama perjalanan mudik badan lebih nyaman dan tidak mual. Melakukan berbagai aktivitas di bulan Ramadan pun dapat berjalan lancar hingga tiba hari kemenangan Idul Fitri.


Syukur alhamdulillah 10 hari terakhir Ramadan kami dapat tetap aktif bekerja dan lancar beribadah. Semoga ibadah selama bulan Ramadan mendapat ridha dari Allah dan dapat bertemu lagi dengan Ramadan di tahun berikutnya. Aamiin.


Bagaimana cerita Ramadanmu? Adakah tips menjaga kesehatan keluarga di bulan Ramadan?

76 comments on "10 Hari Terakhir Ramadan: Aktif Bekerja, Lancar Ibadah"
  1. 10 hari terakhir ramadan pegel bikin kue dan browsing bahan makanan murah buat lebaran di e-commerce

    ReplyDelete
  2. Wah sekarang antangin ada kandungan habbatasaudanya ya dan minum antangi ngga harus nunggu masuk angin dulu. Tapi bisa ya buat bantu kita menjga daya tahan tubuh kita. MasyAllah ternyata manfaatnya banyak ya mba.

    Ngomong ngomong semoga kita sehat sehat ya mba dan disampaikan pada ramadhan tahun depan. Amin ya Alla

    ReplyDelete
  3. selama bulan ramadan ini memang rasanya tuh capek banget dan gampang lelah malah ya sempet muntah-muntah, mungkin karena kurang tidur kali ya dan tetap beraktivitas seperti biasa;

    ReplyDelete
  4. iyah banget selama ramadan banyak kegiatan bisa bikin badan drop. untung ada antangin sang penyelamat. badan fit lagi dan bisa beribadah dengan tenang di 10 hari terakhir ramadan ya :)

    ReplyDelete
  5. Aamiin. Alhamdulillah yaa kalo sepuluh hari terakhir sesuai dengan target diri dalam menyelesaikan pekerjaan dan Ibadah.
    10 hari terakhir Ramadhan alhamdulillah menyelesaikan safari bukber sesuai list, silaturahmi yg biasa online, begitupun dengan keluarga tetep diboyong bukber dan tak lupa tetep beribadah sesuai dengan kemampuan diri, intinya menyeimbangkan antara pekerjaan dan ibadah.

    Daan, memang usia2 aku kini yg cantik, tiap pertemuan banyak yang jompo ada yg bekel antangin, kayu putih, fresh care hahhaa (termasuk akuuu) itu obat sehat sebenernyaa, ngakak happy menertawakan diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaah makin banyak bukber. Kalo tahun lalu Kan bukber online.
      Bener ituuu bawa Antangin, minyak kayu putih, heheh

      Delete
  6. Alhamdulillah cerita Ramadan saya juga dikasih sakit. Kalau masuk angin biasanya ya minum antangin. Sudah terpercaya

    ReplyDelete
  7. Sama mbak 10 hari terakhir saya juga masih kerja. Kadang mesti begadang juga. Jadi menjaga kesehatan apalagi menjelang lebaran itu emang penting banget. Kerja dan ibadah ritual bisa dikerjakan dengan baik semua, badan sehat terjaga dengan sedia antangin

    ReplyDelete
  8. Bulan ramadhan alhamdulillah masih diberi kesibukan kemarin, jadi lebih semangat menjalani puasanya juga sih. Antangin ini memang menjadi kuncian banget di rumah ya, karena ku juga nyetok di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ada Antangin buat anak juga jadi bisa minum Antangin untuk sekeluarga

      Delete
  9. Dennise SihombingMay 11, 2022, 10:21:00 AM

    Selama Ramadan kemarin juga aku dan anggota keluarga menngalami masuk angi. Perut gembung, sangat tidak nyaman. Untungnya ada Antangin JRG yang jadi favorit keluarga, tokcer anginnya berlalu

    ReplyDelete
  10. Aku dan keluarga sudah terbiasa mengonsumsi Antangin loh. Apalagi pas traveling liburan kemarin, biasa minum dulu sebelum lanjut berwisata. Kesehatan nomor satu kan.. Apalagi Antangin ini herbal, aman dan kemasannya praktis jadi simple dibawa ke mana2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaa praktis bepergian Bawa Antangin

      Delete
  11. 10 hari ramadan memang kadang kita disibukkan ya sama berbagai kegiatan terutama bagi mereka yang mudik. kalau aku jujur tahun ini masih belum optimal nih ibadahnya karena berbagai hal. semoga saja tahun depan bisa ketemu ramadan lagi dan memaksimalkan ibadah

    ReplyDelete
  12. Baru tau ada Antangin Habbatusauda juga.
    Antangin ini kyknya udah bertahun2 andalan kalau ngrasa meriang dan masuk angin gitu ya.
    Kemasannya jg msh sama aja kyk dulu. Yg penting udah mengantongi sertifikat halal udah tenang deh.

    ReplyDelete
  13. Sepuluh hari terakhir Ramadan kali ini sibuk bantuin mamah bikin kue lebaran dan ngejar beberapa DL kerjaan. Kebetulan lagi dapat haid, jadi gak bisa ngejar bacaan Qur'an, dialihkan dengan mendengarkan murotal, mudah-mudahan menambah pahala juga.

    ReplyDelete
  14. Aku juga kalo minum Antangin dengan air teh tawar, lebih berasa khasiatnya sih menurutku. Di rumah selalu sedia Antangin karena udah merasa cocok misal sedang kecapekan atau abis kehujanan gitu

    ReplyDelete
  15. Zaman masih sekolah, belum terlalu sibuk kerja, sebisa mungkin untuk konsisten one day one juz. 10 hari terakhir saat itu udah santai dan libur juga kan. Sekarang? Duh maluuuu

    Yang penting untuk tetap jaga kesehatan ya apalagi yang mau mudik. Semoga tahun depan ibadahnya jauh lebih baik lagi

    ReplyDelete
  16. Zaman masih sekolah, belum terlalu sibuk kerja, sebisa mungkin untuk konsisten one day one juz. 10 hari terakhir saat itu udah santai dan libur juga kan. Sekarang? Duh maluuuu

    Yang penting untuk tetap jaga kesehatan ya apalagi yang mau mudik. Semoga tahun depan ibadahnya jauh lebih baik lagi

    ReplyDelete
  17. Yah, aku ramadan tahun ini agak lebih semangat yah dari tahun kemarin apalagi udah bisa safari ramadan di berbagai masjid ala keluarga saya, dan ada mudik juga, alhamdulillah sapai sekarang kami sehat semua, karena agak rewel soal menjaga makan dan istirahat, hehehe

    ReplyDelete
  18. Jintan hitam alias habatussauda memang terkenal khasiatnya. Mendapatkan secara langsung sangat susah. Melalui Antangin insyaallah khasiatnya sama ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulunya ku pikir ya bumbu masak, ternyata bagus buat kesehatan

      Delete
  19. Lebaran identik dengan mudik berkumpul dengan keluarga besar, cemal cemil makan bersantan setelah puasa sebulan di ganti dg lebaran makan2an berlemak.

    Endingnya banyak keluhan mulai perut sakit, batuk pilek demam mungkin tibih kaget yaa sebulan puasa setrlah itu spt kalap makan2an berlrmak alhasil byk yg sakit.

    Antangin JRG pilihan trpat teman perjalanan mudik.di kampung halaman untuk mengobati masuk angin.
    (www.gustiyenifamtrip.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Yeni. Kudu atur pola makan dan minum Antangin JRG

      Delete
  20. Perlu banget menjaga kesehatan dengan minuman herbal Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Karena lebih baik meminum dengan bahan alami yang terkandung di dalamnya agar tidak konsumsi obat farmasi.

    Semangat Syawal..

    ReplyDelete
  21. Iya banget, di 10 hari terakhir Ramadhan, bukannya makin kendor, kita malah kudu makin semangat ya kerja dan ibadahnya. Biar bisa dapat pahala maksimal dan biar saat mudik semua urusan bisa kelar. Biar lega ya. Untuk andalan, Antangin bisa jadi teman setia.

    ReplyDelete
  22. Aku sekarang juga rajin minum antangin gegara dibilangin terus ama ibuku. Beliau udah lama rutin konsumsi antangin, katanya biar nggak gampang masuk angin. Soalnya bikin anget badan. Aku paling suka Antangin Habbatussauda sih,

    ReplyDelete
  23. Masya Allah keren banget, 10 hari terakhir justru sangat produktif ya Kak. Antangin ini ampuh banget buat ngusir masuk angin sih, bikin nagih apalagi dicampur teh manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah kalo pake teh manis. Aku minum dg teh tawar aja

      Delete
  24. Wah seneng banget ya, mbaa, puasa ini bisa ditarget one day one juz. Aku kalo puasa targetnya one day two juz, tapi tahun ini cuma sekali khatam.
    Emang kudu dikasih target semacam ini biar ibadahnya tambah semangat. Kalau butuh recharge energi, tinggal seduh Antangin ama air hangat deh

    ReplyDelete
  25. Selain diminum langsung, ternyata enak juga ya minum Antangin dengan air hangat...wah bablas anginee

    ReplyDelete
  26. Wah, 10 hari terakhir Ramadhan itu memang butuh stamina yg lebih agar tetap fit ya mba.. Dengan minum antangin semua ibadah dan pekerjaan lancar..

    ReplyDelete
  27. Sama Mbak..cita-citaku pun inginnya memaksimalkan ibadah selama 10 hari terakhir Ramadhan. Tapi ternyata aktivitas lain pun tetap minta perhatian. Tapi keren Mbak Helena, Ramadhannya produktif sekali.. Alhamdulillah semua tuntas ya Mbak. Dan untungnya ada antangin yang ikutan menemani padatnya Ramadhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak bisa tuntas ibadah Ramadan

      Delete
  28. Antangin membantu kita untuk tetap aktif bekerja dan lancar beribadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ya mbak

    ReplyDelete
  29. allhamdulillah ya mbak, 10 hari ramadan masih diberikan kesibukan. btw, aku juga selalu stok Antangin di rumah, aku suka Antangin JRG kalau anakku suka yang Habbatussauda mungkin karena warna kemasaan nya ada kombinasi warna kecokelatan dia pikir rasa coklat :)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah ya mba Allah masih ijinkan kita menjalankan 10 hari terakhir ramadhan. Berkah dan semoga ramadan tahun depna bisa kita capai.

    ReplyDelete
  31. Ngeri memang mbak Hel, tuh. Pantas jadi panutan aku selalu. 10 hari terakhir ramadhan ini genting memang, saya pun masih perlu menyelesaikan beberapa tanggung jawab dan suka merasa terkuras energinya. Alhamdulillah, ada antangin bisa tetap menjaga kesehatan dan membantu daya tahan tubuh tetap terjaga

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, Ramadhan lancar dan bisa mudik ya, Mbak. Ramadhan kali ini pun saya merasa amazing karena aktivitas padat namun tubuh bisa diajak kerjasama. Salah satunya karena konsumsi Antangin yang dicampur air hangat, itu resep andalan ibuku sih. Tubuh jadi enteng dan jauh2 dari masuk angin.

    ReplyDelete
  33. Sibuk sekali mba helena di akhir ramadhan kmrn ya.. masya allah.. in syaa Allah semua berkah ya mba bernilai ibadah. Sama nih andalan kalau masuk angin dan mau perjalanan minum dl antangin biar aman badan terutama perut gak mual kembung

    ReplyDelete
  34. Kalau sudah lelah dan capek agar tetap kuat beraktivitas dan istirahat lebih nyaman, harus banget dibantu dengan Antangin yang khasiatnya bagus untuk tubuh.
    Senang sekali ada Antangin yang menemani aktivitas sehari-hari selama bulan Ramadan hingga kini.

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah ibadahnya lancar, ya mbak. Semoga menjadi berkah untuk seluruh keluarga. Sehat selalu ya. Btw, toss, aku juga suka antangin yang habbatussauda, diminum dicampur teh tawar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak alhamdulillah
      Habbatussauda lebih pas di aku

      Delete
  36. MasyaAllah, samaan nih mba, aku juga selalu sedia Antangin di rumah. 10 hari terakhir kemarin udah ngurangin kegiatan sih termasuk job freelancer

    ReplyDelete
  37. Aku juga suka nih Antangin JRG dan Habbatussauda, badan langsung terasa enteng. Tenggorokan juga jadi lega..

    ReplyDelete
  38. beberapa hari terakhir Ramadhan berkutat dengan banyak DL lumayan mumet juga, konsumsi vitamin dan minuman herbal untuk jaga stamina

    ReplyDelete
  39. Ramadan tahun ini sesuatu banget karena anak-anak tetap PTM di sekolah dan aku tetap bekerja di kantor seperti biasa di hari kerja. Jadi ya betul butuh asupan seperti Antangin supaya kondisi tubuh tetap fit

    ReplyDelete
  40. Antangin ini jadi andalan saya untuk jaga stamina lho. Setiap kali merasa badan kurang fit,, langsung minum air panas yang diberi antangin.

    ReplyDelete
  41. Semoga kita dipertemukan lagi dengan Ramadan tahun depan ya Mbak,, sip deh Antangin jadi sahabat keluarga dalam menjaga imun tubuh ya

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,