Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Pengalaman Imunisasi dan Konsultasi Tumbuh Kembang dengan Dokter Anak di OMDC Healthcare Mampang

Saturday, September 19, 2020

Bayi 8 bulan belum bisa merangkak dan waktunya imunisasi menjadi alasan saya berkunjung ke OMDC Healthcare Mampang. Saya ingin konsultasi tumbuh kembang anak kedua saya, baby Uno. Awalnya ragu mau bawa ke dokter anak tapi khawatir tumbuh kembangnya terhambat. Oleh karena itu, saya pilih konsultasi ke OMDC Healthcare. Tempatnya membuat lupa kalau mau periksa ke dokter!

omdc healthcare jakarta
Konsultasi tumbuh kembang dan imunisasi di OMDC Healthcare Jakarta


Bayi 8 Bulan Belum Bisa Merangkak

Saat ini Uno berusia 8 bulan. 4 hari lagi ia genap berusia 9 bulan. Ada kekhawatiran saat melihat daftar milestone bayi usia 6-9 bulan. Seharusnya bayi sudah bisa merangkak tetapi baby Uno masih ngesot. Memang kencang sekali ia mengesot (duh, apa ya bahasa Indonesianya?). Segala penjuru rumah sudah ia jelajahi sambil menarik badan gembulnya.


Sebelum ini, ia agak selow belajar telungkup dan tengkurap. Usia 7 bulan barulah ia fasih guling sana-sini. Saya sudah menstimulasinya tetapi keberatan pantat kali ya jadi berat berguling dari telungkup ke tengkurap. Hahaha …. Ah, sudahlah daripada menduga-duga lebih baik saya konsultasi ke dokter anak saja.



Fasilitas OMDC Healthcare Ada Playground-nya!


Membawa anak ke fasilitas kesehatan di masa pandemi seperti ini mikirnya seribu kali. Harus cek-ricek terlebih dahulu masalah kebersihan dan keamanan di tempat tujuan. Syukurlah saya mendapat rekomendasi untuk periksa ke dokter anak di OMDC Healthcare, Mampang, Jakarta Selatan.


Saya memilih konsultasi dokter anak sekaligus imunisasi ke klinik karena umumnya lebih minim bertemu orang. Apalagi Klinik Ibu dan Anak seperti di OMDC Healthcare yang terletak di lantai 3, terpisah dari poli yang lain. Aksesnya dari tempat parkir pun langsung naik lift ke lantai 3.


Selain itu, saya melihat para staff menggunakan masker, face shield, dan mudah ditemukan hand sanitizer di berbagai titik. Protokol kesehatannya tergolong lengkap karena staff menjalankan rapid test sebulan sekali, ruangan dibersihkan dengan cairan disinfektan secara berkala, dan dokter menggunakan hazmat.


Saya terkejut ketika masuk ke ruang poli anak di mana dokter dan perawat menggunakan hazmat bergambar kartun. Saya aja parno melihat hazmat putih seperti baju astronot. Eh yang ini gambarnya Avengers, dong! Maskernya pun matching. Kan jadi ingin punya satu seperti itu, haha ….

klinik ramah anak jakarta selatan
Ruangan di OMDC Healthcare

FYI, OMDC Healthcare ini pengembangan layanan kesehatan dari OMDC Dental Clinic. Di usianya yang sudah 7 tahun, OMDC Healthcare menyediakan layanan baru yang merupakan bagian dari OMDC Group yaitu:

  1. · spesialis obgyn
  2. · spesialis anak
  3. · rontgen gigi
  4. · instalasi farmasi
  5. · OMDC clear aligner
  6. · sedasi dental
  7. · laboratorium
Peralatan kesehatannya lengkap, modern, dan juga sterilisasi sesuai standar rumah sakit tingkat tinggi menggunakan autoclave.


Ini ceritanya kan mau konsultasi ke dokter anak tapi dari awal masuk OMDC, suasananya jauh dari kesan klinik kesehatan. Serba pink dan serasa mau makan di kedai sushi bahkan staf-nya yang membukakan pintu pakai sarung tangan pink! Saya sempat celingukan di ruang tunggu. Ini benar tempatnya? Kok tiba-tiba ada di Jepang lengkap dengan sakura bermekaran?


Saya pun disambut Desta dan Tistan, sebutan para staf OMDC. Bukannya bertanya tempat poli anak malah saya penasaran mengapa desainnya seperti di Jepang. Mereka pun menjelaskan dengan ramah. Rupanya setiap cabang OMDC punya tema sendiri. OMDC Mampang bertema Jepang sedangkan OMDC Rawamangun bertema salon. Ini supaya lebih santai mau periksa ke dokter. Ah iya banget, jadi enggak takut ke klinik.

fasilitas omdc healthcare
Pelayanan di OMDC Healthcare, ada refleksi dan toko souvenir

Di lantai dasar terdapat area parkir yang luas, apotek, juga kasir. Bagian kasirnya ini lho yang seperti kedai sushi. Menunggu kwitansi sambil foto-foto, deh.


Naik ke lantai 1 terdapat bagian reservasi, poli gigi, reflexology, laboratorium, dan OMDC Shop. Periksa ke dokter gigi, bagian sebagian orang (dewasa maupun anak) itu bisa menyeramkan. Ruang tunggu di poli gigi ini jauh dari kesan tersebut. Semua serba fuschia! Ada lukisan berlatar founder OMDC, drg. Oktri Manessa, yang berbunyi:


“Berjalan di Shibuya makan sushi,
Izinkan kami menyambut anda dengan sepenuh hati.
Salam Nyengir Terus!”

Ruang periksanya diberi nama makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Ini mau periksa gigi apa makan-makan? Hihi ….


Di lantai 3 terdapat poli anak dan poli gigi anak lengkap dengan playground, nursery room, juga poli obgyn.


Selesai mengurus administrasi, saya menunggu antrean di ruang tunggu poli anak yang menjadi satu dengan playground. Wow … tempat mandi bola fuschia, ayunan, kuda-kudaan, mobil-mobilan berjajar rapi di sana. Wah, ini sih anak-anak semangat bermain sampai lupa kalau mau periksa ke dokter. Enggak drama lagi nih tiap mau ke klinik vaksin. 



Konsultasi Tumbuh Kembang Anak dan Imunisasi di OMDC Healthcare Mampang

dokter anak jakarta selatan
Baby Uno saat diperiksa dr. Harun, Sp.A, M.Kes


Baru saja Uno bermain, namanya sudah dipanggil oleh perawat ber-hazmat biru muda dengan motif lucu. Enaknya sudah reservasi terlebih dahulu jadi tidak terlalu lama mengantre.


Kami masuk ke poli anak yang bertemakan safari adventure. Langit-langitnya dihiasi boneka hewan bergelantungan. Kursinya berbentuk tong kayu. Ruangannya so colourful!

 

dokter kandungan jakarta selatan
Ruangan di OMDC Healthcare so playful!



Konsultasi Tumbuh Kembang di OMDC Healthcare


Siang itu Uno diperiksa oleh Dokter Spesialis Anak dr. Harun Arrasyid Rydha, Sp.A, M.Kes. dengan APD bertema Avengers. Uno diukur berat badan, tinggi badan, juga lingkar kepala. Alhamdulillah semuanya baik. Well, BB-nya agak di atas standar jadi dokter menyarankan untuk mengatur menu MPASI supaya lebih fokus ke protein.


Setelah di-observasi dokter anak, otot-ototnya Uno bagus, tidak ada masalah. Mengenai hampir 9 bulan (tepatnya kurang 4 hari) belum bisa merangkak perlu diberi stimulasi. Caranya, anak diletakkan pada posisi merangkak (bertumpu pada telapak tangan dan lutut) lalu dipancing dengan mainan di depannya agar ia berusaha meraih mainan.




Imunisasi Anak di OMDC Healthcare

Selain konsultasi tumbuh kembang anak, OMDC Healthcare juga menyediakan imunisasi. Jadwal imunisasi Uno ada yang ketinggalan nih karena awal pandemi saya enggak berani ke fasilitas kesehatan. Syukurlah sekarang layanan OMDC termasuk pemberian vaksin.

Jadwal vaksinasi di OMDC Healthcare setiap Jumat dan Minggu, dibedakan dengan “sick day”. Insya Allah lebih aman karena pasien yang sehat dan sakit tidak dicampur.


Uno mendapat buku untuk pasien anak yang berisi seputar tumbuh kembang, jadwal imunisasi, tips seputar ASI, dan sebagainya. Lengkap banget, deh! Kalau periksa lagi tinggal bawa buku ini aja.

biaya imunisasi omdc healthcare
Biaya berobat di OMDC Healthcare

harga imunisasi omdc mampang
Daftar imunisasi anak di OMDC Healthcare


Overall, saya puas membawa anak periksa tumbuh kembang ke dokter anak di OMDC Healthcare. Dokternya enak menjelaskan dan suasana kliniknya lucu, bersih, pokoknya membuat nyaman, deh.  Oh ya, dari segi harga juga worth it dengan fasilitas dan layanannya. Bisa pakai asuransi yang menjadi partner dengan AdMedika, juga.


Pernah periksa di OMDC Healthcare?

jadwal poli anak omdc
Jadwal praktek poli anak OMDC Healthcare


Info lebih lanjut:

Instagram OMDC Group: https://www.instagram.com/omdc_official

OMDC Mampang

Alamat: Jl. Warung Buncit Raya No.6 RT 4/RW 5, Kalibata, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Reservasi: 02179196767; 021 79196565; 08111108852

44 comments on "Pengalaman Imunisasi dan Konsultasi Tumbuh Kembang dengan Dokter Anak di OMDC Healthcare Mampang"
  1. wah itu layanan dan fasilitas OMDC Healthcare lengkap banget yaa.. nyaman juga keliatannya.
    duh aku jadi keinget belum imunisasi syifa lagi mba, hihi xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss ke OMDC, sekalian main sambil nunggu giliran. hihi...

      Delete
  2. Sehat2 selalu Uno, semoga habis dibawa ke OMDC jadi pinter merangkak ya Le. Senang ya datang ke klinik ramah anak banget sampai bertema segala dengan penuh rupa warna termasuk tenaga medisnya menggunakan hazmat yang bergambar utk anak2 ya. Keren banget setiap bulan pegawainya dites supaya tdk terjadi hal yang tidak diinginkan di masa pandemi ini.

    Hemm aku jadi tahu alasan kenapa imunisasi selalu pakai jadwal hari ya. Karena ternyata supaya tdk tercampur anak sehat dan sakit

    Semoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, dia udah mendingan merangkak, ya 3 langkah trus kek males gitu kan merangkak berat apalagi BB-nya sekarang hampir 10kg.

      Delete
  3. Sama kaya Alvin dlu nih sukanya ngesot, sebagai ortu udah khawatir ya kalau ada tahapan yang belum bisa dilakukan. Jaman kaya gini mau konsultasi juga takut ya. Untung deh OMDC Helathcare melayani dengan aman termasuk protokol kesehatannya jadi gak khatir bawa anak ke sana ya.
    Aku suka settingnya itu kesukaan anak-anak banget ya jadi terlihat ceria

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh trus gimana itu mbak Lidya? apa Alvin akhirnya pakai fase merangkak?

      Delete
  4. KOmplit banget OMDC Healthcare, layanan kesehatan buat tumbuh kembang anak, menjadi fav para orang tua.

    Menarik banget tuh dan merasa nyaman,passien yang sakit dan sehat dibedakan jadwalnya yaa, jadi lebih amak kalo bawa anak kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa selama pandemi sebaiknya dipisahkan jadwal buat imunisasi dan sick day

      Delete
  5. OMDC Healthcare ini kok nyaman bener sih mbak. Gak berasa lagi di sebuah klinik. Seandainya yaa klinik di tempat lain juga konsepnya kayak gini, pasti anak-anak pada suka dan gak takut lagi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak emang, cakep banget yah tempatnya. Malah awal seperti kedai sushi!

      Delete
  6. waaooo...keren gini kliniknya mbak. Anak2 bakalan hepi kalo kliniknya kayak gini sih. Jangan2 malah jd minta ke klinik. Kayak anak saya yg suka pelayanan RS, jd demam tiga hari uda bilang : kok kita nggak ke rumah sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, anakku minta ke sana, mbak. Si kakak, dia kan ga ikut ke klinik, trus aku lihatin ada playground jadi nanya mulu kapan ke sana.

      Delete
  7. Anak2 dan balita dijamin betah ini mah ke klinik nya...
    Colorfull dengan warna2 ceria lengkap lagi fasilitas bermainnya
    Play ground yg bikin betah...
    Emaknya jg terbanti ya dg suasana klinik yg nyaman gini anak2 betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu justru setelah diperiksa kok ga mau pulang, minta main dulu.

      Delete
  8. Memang di masa pandemi seperti ini ke rumah sakit jadi lebih waspada..Jadi pilah pilih sekali kalau mau konsul langsung. Selain nyaman, protokol kesehatan di Klinik Ibu dan Anak OMDC Healtcare juga diterapkan dengan baik...Bahkan seru tuh, dokternya hazmatnya motifnya lucu..Jadi anak juga ga takut ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, pulang dari klinik pun segera cuci baju, mandi segala macem deh.

      Delete
  9. kalo anak-anak ke dokter gak lagi takut ya kecuali klo mau diimunisasi kan disuntik hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa lupa nih mau disuntik saking asyiknya bermain.

      Delete
  10. Ini klinik tumbuh kembang anaknya nyaman dan cakep pula deh. Bikin anak-anak kalau dibawa kesini juga happy dia lihat seperti ini tempatnya, soalnya aku kalau pas jadwal konsultasi atau vaksin gitu anakku suka drama deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa takut disuntik, kan. Nah ini bisa main dulu sebelum ketemu dokter.

      Delete
  11. Sepadan dengan biaya konsulnya ini OMDC Healthcare. Tempatnya gak cuma keren, tapi super menyenangkan!! Dijamin anak-anak betah. Eh ini harga vaksinnya sih bersahabat banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. worth it, mbak. Di Jakarta segitu ya standar untuk ukuran klinik. Syukur-syukur ada asuransi kantor yang cover.

      Delete
  12. Iih....suka banget sama tempatnya yang serba pink..
    Senangnya bisa bertemu dengan klinik khusus untuk anak OMDC Mampang.
    Kebayang iih...kalo aku kesana, pepotoan aja sama anak-anak yaa...gak ada suasana "klinik" sama sekali.

    Menyenangkaaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak sama, akupun banyakin stok foto di sini. ANdai ga pandemi bakal lebih santai lama-lama di klinik.

      Delete
  13. Iyaaa bener, bayi 8 bulan hafus sudah bisa merangkak. Kalau belum, harus cepat² distimulasi.

    Di OMDC lengkap juga ya ada playground segala plus bisa buat vaksin jugaa.
    Jadi gak melulu ke rumah sakit ya. Krn aku selama ini kalo mau vaksin cuma ke rumah sakit aja, gak tau tempat lain itu dimana. Di OMDC kuga dibedakan ya antara anak yang sakit dan sehat.

    Disini terima asuransi dr kantor juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Mba Oline, sampai sekarang masih ku stimulasi di rumah. Alhamdulillah udah bisa 10 langkah. Mungkin keberatan badan, hehe.

      Asuransi, bisa, mba. Daftarnya ada di IG OMDC.

      Delete
  14. Kliniknya menyenangkan ya bikin anak betah menunggu antrean..kita juga tenang karena protokol kesehatannya bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cakep banget klinik OMDC buat imunisasi atau konsultasi ke poli anak bikin betah.

      Delete
  15. Tampilannya bukan seperti klinik ya mba...cerah-ceria gitu. Malah seperti playgrup atau TK..jadi anak-anak pastinga nggak takut duluan sebelum masuk.. Playgroundnya juga asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa seperti playground ini tuh mba. Arena bermainnya luas!

      Delete
  16. Wahunik sekali, jadi setiap cabang OMDC punya tema sendiri dan yang OMDC Mampang ini bertema Jepang. Desainnya menarik, para staf ramah, waaah anak-anak jadi gak takut kalau periksa di sini ya, mana ada playground nya pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa jadi makin penasaran buat mampir ke OMDC cabang lain, hihi...

      Delete
  17. Lihat kliniknya ini menyenangkan ya. Anak-anak jadi ga nervous kalau mau vaksin apalagi. Jadi inget mau vaksin influenza belum jadi-jadi deh. Kesini aja apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah lupa mau imunisasi, minta main mulu, hehe

      Delete
  18. Oalah kupikir di sini buat gigi twrnyta bisa buat poli anak juga ya mak. Baru tauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa dulu buat klinik gigi aja, sekarang udah bisa poli anak, obgyn juga.

      Delete
  19. lengkap dan responsif anak banget ya mba RSnya ... dan di tengah covid begini memang perlu banget trust biar orang2 mau datang ke rumah sakit karena memang anak2 tetap perlu dijaga dan diawasi ya tumbuh kembang mereka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMDC klinik udah lengkap yes protokol kesehatannya. Insya Allah aman.

      Delete
  20. Alhamdulillah ya Mba kalau lengkap gitu jadi misal ada kendala apa langsung aja satu tempat di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih, ada poli anak dan poli gigi. Eh poli kandungan juga ada, lho.

      Delete
  21. Saya ngebayangin suasana kliniknya kok kayaknya asyik banget yaa.. pakai hazmat karakter avenger buat anak jadi nyaman ya. Keren ide2 kreatifnya.

    ReplyDelete
  22. Wah senangnya diimunisasi di sini ya. Tempatnya juga enak bener deh. Bisa sambil main saat nunggu antrian.

    ReplyDelete
  23. rada serem ay saat pandemi spt ini apalagi kalau rumah sakit lagi ramapi pasiennya

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,