Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Tips Lancar Menyusui dengan 5N

Tuesday, August 18, 2020

“Wah … bayinya gemuk banget! ASI-nya lancar, ya?” Begitulah reaksi orang yang berjumpa dengan baby Uno. Syukur alhamdulillah putra keduaku tumbuh sehat, kenaikan beratnya juga sesuai.  Enggak menyangka, lho, padahal di awal kelahirannya berat badan Uno di bawah standar bahkan berisiko terkena jaundice. Oleh karena itu, saya bertekad memberinya ASI dan menjalankan 5N supaya lancar menyusui. 5N, apa saja ya?

Lancar menyusui dengan 5N

 

Alhamdulillah Lulus ASI Eksklusif

Sembilan bulan lalu tangis bayi mungil memenuhi ruang bersalin yang sunyi selepas sholat subuh. Tak ada kata lain selain Allahuakbar … Allahuakbar … Allahuakbar … yang mampu saya ucap. Syukur alhamdulillah baby Uno telah lahir.


Namun, ada rasa khawatir ketika mengetahui berat lahirnya sedikit di bawah standar. Hasil tes bilirubinnya pun mendekati batas penyakit kuning (jaundice). Memang bayi yang lahir pada usia kandungan 37 minggu berisiko medium to high akan penyakit kuning tersebut.


Sesuai anjuran dokter, saya sering menyusui agar Uno dapat mengejar berat badan ke normal. ASI adalah yang terbaik bagi bayi terutama 6 bulan awal kehidupannya karena ASI mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi sesuai usia.


Alhamdulillah dari hari pertama melahirkan sudah keluar kolostrum. Proses menyusui pun tergolong lancar hingga Uno lulus ASI eksklusif di usia 6 bulan. Dan yang paling menggembirakan, berat badannya naik pesat. Terlihat jelas perbedaannya. Dulu, baju bayi saat newborn kedodoran. Pakai popok saja serasa pakai kemben karena badannya yang mungil. Kalau sekarang ia sudah pakai baju ukuran anak 2 tahun!

 

Sertifikat lulus IMD dan ASI eksklusif, yay!

Ingat 5N Tips Lancar Menyusui a la Helenamantra

Lancar menyusui bayi merupakan anugerah Allah yang luar biasa. Ibu baru melahirkan bisa stres karena urusan ASI, lho. Makin tertekan, makin mampet pula aliran ASI. Oleh karena itu, saya sangat bersyukur diberi kemudahan dalam menyusui sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi anak.


Dari pengalaman selama ini, bisa dibilang ada 5N sebagai tips lancar menyusui versi saya, yaitu:


1. Nyantai

Kunci lancar menyusui adalah ibu harus bahagia. Ketika bahagia, muncul hormon oksitosin (hormon cinta) yang bantu mengalirkan ASI.


Bagaimana mau bahagia jika ada omongan miring di kanan-kiri? Nyantai aja!


Cuek saja ketika ada yang komentar payudara kecil berarti ASI-nya sedikit. Nyantai saja saat ada yang bilang bayinya menangis terus sepertinya perlu makan, padahal masih newborn.


Menyusui itu butuh tebal kuping. Yakinlah bahwa ibu mampu menyusui bayi.


2. Ngobrol


Baru melahirkan dan menjalani profesi sebagai ibu terkadang melelahkan. Apalagi tidur ibu tak lagi nyenyak sepanjang malam seperti dulu kala. Sejak ada bayi, saya terbangun tiap 2-3 jam untuk menyusui di malam hari.


Saya mengurus dua anak tanpa ART. Rasanya pekerjaan rumah tak ada habisnya. Mainan berantakan, bayi rewel, harus lompat dari satu tugas ke tugas yang lain. Riuh!


Lelah dan stres dapat berpengaruh pada kelancaran ASI, maka saya ngobrol dengan suami untuk berbagi tugas domestik. Ngobrol ini juga bisa membahas omongan negatif seperti di poin pertama supaya ibu enggak pusing sendirian. Dengan ngobrol, saya membangun support system bersama orang-orang terdekat.


Oh ya, suami juga bisa diminta tolong untuk pijat payudara dan pijat oksitosin. Kedua pijat ini bantu melancarkan ASI.

Jangan lupa bahagia, busui!


3. Nutrisi


Ibu menyusui itu mudah lapar. Duh, sampai malu sering ke dapur padahal sudah makan tapi selesai menyusui kok lapar lagi. Hihi … begitulah busui. Sehari bisa makan 4-5 kali. Wajar kok, kebutuhan kalori ibu menyusui sekitar 2500 – 2700 kalori, lebih banyak daripada wanita dewasa yang tidak menyusui.


Eh tapi makan jangan asal makan, perhatikan pula asupan bernutrisi karena ibu makan untuk 2 orang (atau lebih kalau kembar), yaitu ibu dan bayi. Asupuan makanan dapat berpengaruh ke kuantitas maupun kualitas ASI.


Yes, memberikan ASI tak hanya dilihat dari kuantitas tetapi juga kualitas. ASI berkualitas merupakan ASI bernutrisi yang sesuai kebutuhan bayi.


FYI, ada 2 kelompok nutrisi:

Nutrisi kelompok 1 yang tergantung asupan makanan ibu, yaitu: karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, iodium, choline, selenium.


Ibu menyusui perlu mendapat nutrisi yang cukup dari makanan atau suplemen. Contohnya, jika ibu sedikit mengonsumsi protein maka ASI mengandung sedikit protein. Efeknya ke bayi yang disusui.


Nutrisi kelompok 2 yang tidak tergantung asupan makanan/ status kesehatan, yaitu: zat besi, kalsium, asam folat, zinc, copper.


Jika asupan nutrisi jenis ini rendah, maka tubuh ibu akan mengambil nutrisi ini dari tulang atau jaringan untuk dikeluarkan ke dalam ASI. Contohnya, jika ibu tidak mengonsumsi kalsium, maka pada ASI akan tetap mengandung kalsium yang diambil dari cadangan kalsium tubuh ibu. Hal ini berakibat tubuh mudah lelah, linu, dan dalam jangka panjang tulang ibu berisiko terkena pengeroposan.


Asupan gizi seimbang yang perlu dikonsumsi ibu tak hanya untuk si bayi tetapi juga kesehatan jangka panjang ibu sendiri.

Ini yang membuat makin semangat pumping ASI



4. Nimba Ilmu


Ibu menyusui memiliki beragam tantangan maka perlu membekali diri dengan nimba ilmu atau mencari ilmu seputar menyusui yang baik dan benar. Saya membaca buku tentang ASI, mengikuti talkshow seputar ASI dari sejak hamil, ikut kulwap, bergabung di birth club, juga mengikuti kursus singkat dari rumah sakit setelah melahirkan tentang cara memompa ASI dan menyusui.


Bila ada kendala menyusui, dapat berkonsultasi ke konselor laktasi. It’s okay bertanya ke berbagai pihak yang kompeten demi memberikan yang terbaik bagi buah hati karena ASI adalah investasi kesehatan jangka panjang.


5. No gadget


Meng-ASI-hi bukan hanya menyodorkan payudara ke bayi tetapi merupakan momen indah membangun kelekatan ibu dan bayi. Saat menyusui rasanya bahagia melihat wajah baby Uno dari dekat, mengelus rambutnya, mengajaknya ngobrol, dan melantunkan doa-doa bagi kesehatannya. Saya berusaha melakukannya tanpa gawai agar dapat fokus berinteraksi dengan anak.


Well, it looks simple but challenging karena saya mudah tergoda buat cek HP sambil menyusui. Hahaha …. Saya belajar menahan diri untuk nenen no gadget.



Review Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk Bantu ASI Bernutrisi


Seperti yang saya singgung di atas, makan melulu iya tapi jangan asal makan. Hihi ... gimana ya, kadang makan apa yang ada saja. Udah repot mengurus anak. Saya akui masih ngawur soal makanan, so untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui, saya mengonsumsi suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.

Blackmores Pregnany and Breast-feeding Gold

Suplemen untuk ibu hamil dan menyusui dari Blackmores sudah saya kenal sebelum kepikiran akan hamil lagi, hehe. Waktu itu sekitar 2017, teman-teman saya cerita saat menyusui mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk bantu meningkatkan kualitas ASI. Mereka jadi lebih percaya diri mengasihi, alhamdulillah hasil pumping juga bertambah dan ASI lebih kental.


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan suplemen dengan kandungan lengkap terdiri dari 17 nutrisi esensial yang bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati. Nutrisi tersebut antara lain: asam folat, fish oil dengan DHA dan Omega-3, zat besi, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B6, B12, dan sebagainya.

17 nutrisi esensial terkandung dalam tiap kapsul Blackmores


Minyak ikan pada Blackmores enggak berbau, lho, jadi enggak mual saat dikonsumsi.

Saya makin percaya diri memberikan ASI berkualitas pada baby Uno agar ia tumbuh dan berkembang dengan optimal. Kebutuhan gizi saya pun tercukupi.

“Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan asi bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati,” 
Dian, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition.

ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa


Blackmores turut memperingati World Breastfeeding Week yang jatuh pada pada minggu pertama Agustus 2020 dengan campaign "ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa".

"Masih dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, selain mengedukasi seputar ASI dan menyusui melalui akun Instagram @blackmoresid, Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui,”
Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Selain itu, Blackmores peduli banget dengan pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui dengan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya ke Klinik Bumi Sehat di Denpasar, Aceh, juga Papua. Kerja sama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation ini sudah terjalin sejak tahun 2017. 

12.000 botol Blackmores dibagikan ke Klinik Bumi Sehat dalam World Breastfeeding Week

Salut dengan Blackmores yang mengerti kebutuhan nutrisi bumil dan busui. Saya pribadi merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang bisa dikonsumsi dari sejak masa kehamilan hingga menyusui untuk bantu penuhi ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Blackmores mudah didapatkan di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, juga Shopee. Cari yang bertuliskan "Official Store", ya.

Info lebih lanjut di akun sosial media Blackmores Indonesia: 

Website Blackmores
- Instagram : @blackmoresid

Selalu ada tantangan dalam menyusui. Terus berusaha dan ingat tips lancar menyusui dengan 5N di atas. Apa aja hayo? Nyantai, ngobrol, nutrisi, nimba ilmu, dan no gadget. Semoga bermanfaat, ya.

Apa tantangan menjadi busui? Bagi cerita dan kiatmu di kolom komentar, ya, supaya sesama busui saling support.

106 comments on "Tips Lancar Menyusui dengan 5N"
  1. Tips 5N nya juara banget ini mbak.. semoga banyak para calon ibu yang baca tulisan ini nih tapi bisa dipraktekin saat menyusui nanti.. kalo point yang terakhir no gadget tuh sepertinya paling sulit deh hehe eh ngga tau sih buat para ibu yang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips juara buat calon juara dunia alias si bayi. Bisa Aja nih Mba Elly

      Delete
  2. Lima N poin terakhir rada berat cuy, wkwkwkwkkk...
    Tapi kalau masa menyusui pastinya mengurangi dong ya... Demi buah hati.
    Asupan blackmores juga sangat bermanfaat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. No gadget ini pun Aku masih on-off. Banyak godaan

      Delete
  3. Hai Mba Helena.
    Terimakasih banyak untuk sharingnya, berguna banget buat aku yang juga lagi prepare untuk mengasihi beberapa bulan lagi nih 🥰🥰 doakan semua lancar dan aku lulus Asi eksklusif juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip semoga lancar mengASIhi yaa. Sukses ASI eksklusif

      Delete
  4. Baby Unooo, sinii ate gendong meni menggemaskan banget, lucuuuk.
    Hahhaaa aku ngakak, godaaan saat menyusui pegang hape tuh sesuatu, emang yaa sambil menyusui bisa di sambil pegang hp terus IW or BW..

    Suka banget sama Tips 5N ala Mama Helena, mantaab euy.
    Selamat mengASI mak, rajin minum blackmores yaaa biar ASI makin berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Teteh semangatnya. Support system yang bantuin gendong anak itu buat busui bahagia. Hehe

      Delete
  5. Makasih tulisannya sangat bermanfaat, ilmu banget buat aku yg belum jadi ibu :)

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, jadi inget masa2 nyusui si adek, dimana kakak lgi tantrum2nya, plus gak pake ART pula..nikmaat banget 😂. Semangat memgasihi mbak. Selain gizi yg cukup dari ibu, suplemen macam Blackmore juga membantu banget menghasilkan asi yg berkualitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak tantrum, Ibu capek, tanpa ART, hehehe gitu lah mbak that's why perlu Ngobrol dengan suami

      Delete
  7. Bunda gak ngalamin ada parenting2an waktu punya baby satu persatu dijalanin aja sendiri. ASI pun lzncar tp memberikan ASI utk keempat anak bunda hanya sampai usia 5 bulan karena hrs ngantor lg, Hiks. Alhamdulillah anak2 tumbuh sehat dan subur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya yaa bun, zaman dulu mah apa kata senior aja.
      sekarang malah mudah cari info tapi awas kena hoax.

      Delete
  8. Ahahaa suka sekali dengan si 5N itu.. emang bener mbak, menyusui harus dibuat santai. Kalau gak malah senewen ngeliatin ASI keluar apa gak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yes bumil, woles bin nyantai aja. Inget lho 5N

      Delete
  9. Matur suwun mbak! Tulisannya enak banget dibaca euy, aku jadi ngerti prosesnya dan tentang pijat payudara sesungguhnya aku baru tau bisa dilakukan oleh ayah ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, Dys. Suami bakal jadi support system paling utama selama mengASIhi jadi Ayah ASI pun perlu belajar tentang menyusui.

      Delete
  10. kece nih tipsnya jadi mudah diinget, sukses ASI eksklusif ya pokoknya 5N yaaa. Plus sekarang ada blackmores untuk suplemen ibu menyusui yang pasti kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan buibu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... inga inga 5N, ting!
      yes termasuk konsumsi suplemen Blackmores :)

      Delete
  11. wah praktis ini ya , tinggal lep saja makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa minum Blackmores dua kali sehari tinggal lep

      Delete
  12. Tips yg terakhir ini saya agak bingung. Memang ada ya busui sambil gadgetan? Kok saya g bisa ya. Posisinya ga enak.. xixixi. Paling seru memang menyusui sambil melihat si bayi. Menggemaskan soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka aku sering, Mba Ade. Mumpung anak anteng apalagi kalo dia udah tidur sambil nen.

      Delete
  13. Masya Allah.. baby uno bener2 gemesin deh hehe.. aku udah bayangin kalo gendong dia bentar doang pasti pegel tangannya hihi.. makasi tips 5N untuk menyusui nanti ya mba.. soal no gadget aku sih setuju bgt.. momen menyusui itu momen bonding jadi hp kudu dijauhin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gemol ya mba Ren. Semoga nanti masa menyusuimu berlangsung lancar yaaa

      Delete
  14. Poin nomor 5 tuh yang aku sering banget abai dulu, soalnya ngerasa ya justru pada saat itulah bisa sambil duduk tenang buka hp, terutama waktu itu buat jalan-jalan baca materi dan tanya jawab di grup ASI sampai akhirnya diminta bantu jadi admin sekalian, hehehe. Tapi seharusnya memang lebih fokus sih yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Leila, ini pun yang ku rasakan waktu mengASIhi tergoda lihat HP.

      Delete
  15. Tips 5N nya patut diingat nih, apalagi yang No Gadget ya, biar lebih fokus juga ya buat dede bayinya, selain itu buat menjauhkan paparan radiasi juga buat debay

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, proses menyusui itu proses penuh kasih sayang. Jangan sampai dirusak sama gawai

      Delete
  16. Busui memang kudu banget minum blackmores, biar asinya deras dan adik bayi juga sehat. salam mengAsihi busui :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain untuk ASI, suplemen Blackmores buat bantu kesehatan sang ibu juga. Ngurus bayi kan lumayan yaa heheh

      Delete
  17. Menjaga mood, kesehatan dan nutrisi memang bukan hal yang mudah ya mba, dengan minum suplemen in sya Allah kebutuhan tambahan terpenuhi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, semangat buat para busui memberikan yang terbaik buat baby

      Delete
  18. BlackMores memang warbiyasaakk Mba
    Banyak yg recommend produk ini
    SpoG ku dulu juga menyarankan bumil busui untuk pakai ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betul, teman-temanku pun banyak yang konsumsi Blackmores

      Delete
  19. Baby Uno udah gede bangeeet ya ga kerasa hehehe. Aku sih paling ampuh liat video yang bikin ketawa. Pasti ASInya ngucur deresss wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah iya video yang lucu juga bikin ibu bahagia

      Delete
  20. Wah blackmores ini variannya emg banyak banget, jd bisa disesuaikan dgn kebutuhan kita. Aku jg minum nih mbak tp utk yg persiapan kehamilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, yang Blackmores ini untuk bumil dan busui.

      Delete
  21. tips lancar menyusui ini bisa diterapkan sama semua busui biar produksi ASI berlimpah, ibu happy anakpun happy

    ReplyDelete
  22. Menyennagkan sekali jadi orangtua ya mba, bisa belajar banyak hal ada gregetnya dan ada rasa bahagiannya ya mba. Semoga aku bisa menyusul jadi orang tua yang baik untuk anak-anakku nanti aamiin.

    ReplyDelete
  23. Bener banget tu kalau nyusuin sebaiknya manfaatkan waktu dengan off gadget dulu. Nikmati masa memeluk, menatap, dan ngobrol sama baby. Duh jd kangen maa menyusui #eh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes setuju banget kalau perasaan bahagia yang dirasakan oleh ibu juga bisa melancarkan ASI anak. Dulu tu makanya aku ngemil apa aja yang kusukai saat menyusui haha, jd bisa bahagia teruuss

      Delete
    2. iyaa mbak, sebaiknya fokus ke baby dulu, ngajak ngobrol atau interaksi apa gitu. Simpen dulu HPnya

      Delete
  24. Kualitas asi jadi makin berkualitas karna blackmores pregnancy ya. Aku juga alhamdulillah lancar mengASIhi. Seneng banget bisa sukses.

    ReplyDelete
  25. Lancar tidaknya asi dipengaruhi juga oleh mood ibu ya. Kalau ibunya tegang terus tentunya air susu juga kurang lancar. Kalau nyantai plus minum vitamin, alhamdulillah air susu akan berlimpah untuk buah hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mood pengaruh banget ke kualitas Dan kuantitas ASI that's why N yg pertama yaitu Nyantai

      Delete
  26. nomor 5 ini yang masih banyak dilakukan bahkan dulu aku juga gitu mba, beruntung baca infonya jadi aku stop, no gadget saat menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih belum konsisten buat No Gadget. Terus belajar ingatkan diri

      Delete
  27. Wah ini banget harus dijaga kak no gadget. Semoga aku bisa wlau memang banyak yg sering ambil hape waktu menyusui.

    ReplyDelete
  28. Aku sih setuju nih dengan 5N, karena memang saat mengasihi itu harus penuh dengan perhatian dan rasa cinta. Kadang kalau sambil main gadget bikin gak fokus ya kak, dan yang paling penting nutrisinya jangan lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mbak Chi. Nutrisi penting buat kesehatan Ibu dan bayi

      Delete
  29. Waah iya ya tips 5 N ini oke banget. Yang terakhir no gadget ya malah mungkin buat banyak orang bisa sambil nge-gadget. Kalo saya dulu, sampai anak terakhir memang belum pegang HP sendiri jadi gak pegang gadget kalo nyusui, palingan membaca atau tidur kalau sudah main sama si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang godaanku itu yaa gadget saat menyusui. Huhu...

      Delete
  30. Sedih rasanya tiap Kali Aku membaca artikel tentang MengASIhi Karena Saya hanya menyusui putra pertama saya selama 6 Bulan jauh dari Yang diperintahkan Dalam Al-Quran. Itulah pentingnya nutrisi utk Ibu, support system Dan banyak belajar belajar dengan membaca Dan Berbagi ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah Mbak. Perjalanan sebagai orang tua masih panjang
      Bolehlah sedikit menyesal tetapi terus belajar untuk Masa depan anak.

      Delete
  31. Ahayyy..bisa aja nih tips menyusuinya dengan 5N. Tapi ya emang bener, terutama soal nyantai itu. Kalau terlalu tertekan plus banyak denger omongan orang yang ngeselin..ya bakal ngaruh juga ke kita... jadinya mesti tetap nyantai yaa mbak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu
      Busui perlu nyantai
      Kalo dengerin omongan Sana sini yang cuma bisa nyinyir bakal stress

      Delete
  32. Kedua anakku ga ada yang lulus ASIX hehehee... tapi ya udah lah aku tetap happy aja menikmati keadaan. Udah bermacam cara soalnya dulu dilakukan. Coba aja dulu udah ada Blackmores ya tentunya semua permasalahanku itu dapat kuatasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa, perjuangan as a parent masih panjang.
      Semangaaaat!

      Delete
  33. Ibu yang bahagia memang akan memberi ASi yang cukup buat buah hati. Beruntung ada breast feeding ini jadi lebih tenang menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blackmores ini jadi idola para bumil busui, lho. Hehehe

      Delete
  34. Masya Allah UNO sudah pakai baju ukuran anak 2 tahun. Alhamdulillah ya Mbak, tumbuh kembangnya baik...sehat terus ya Nak
    Aku baru nyadar ya, gadget bisa jadi distraksi proses menyususi. Jaman mengASIhi anak-anakku belum ada gadget sepintar sekarang sih hihi. Dan memang lancar menyusui bisa diusahakan maksimal diantaranya dengan dibantu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang bisa dikonsumsi sejak awal kehamilan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duluuu gadget cuma buat telp sms sih. Kalo sekarang gadget nempel terus di tangan jadi banyak godaan. Heheh

      Delete
  35. Masa2 menyusui Bil tinggal bentar lagi, sedih rasanya kayak mau ditinggal apa gitu ya, trus sekarang nyesel deh selama MengASIhi banyak pegang gadget-nya, alasannya kejar deadline lah, apa lah, hiksss. Padahal itu masa2 yg gak akan keulang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaak kalo mau disapih tuh sedih juga yaa. Jadi kangen Masa menyusui

      Delete
  36. Semoga baby Uno bisa lulus sampai S3 ASI yaa..
    MashaAllah~
    Ibunya hebat, menerapkan falsafah 5N dalam mengASIhi.
    Semangat terus yaa, kak Helena dan Baby Uno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Allah, semoga lancar yaa sampai 2 tahun dan ga ada drama menyapih

      Delete
  37. Itu si kecil Uno kenapa udah gede aja ya. Hahaha. Pemenuhan nutrisi saat menyusui menurutku harus terpenuhi baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu ketemu waktu masih di dalam perut, ya mbak. Udah setahun lho, ga ketemu

      Delete
  38. Haha, iya ya.. Kadang pas nyusui nggak sadar udah makan 5 kali. Selain makan makanan yang bergizi, busui juga harus minum suplemen kesehatan, seperti Blackmores

    ReplyDelete
  39. Wiih..baby Uno ciwel-able bangeeet. Etapi kan nggak bole sembarangan ciwel anak orang ya Mbak hehehe. Tapi karena ciwel virtual boleh lah ya... :)
    Semoga banyak ibu2 yg lagi meng-ASI-hi baca ini ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, ga boleeeh. Enak aja ciwel ciwel nanti dia nangis lho

      Delete
  40. Tips 5N nya bener banget mbak, btw aku dulu waktu nyusuin Gendish juga pakai Blackmores, booster ASI yang ngefek banget buat produksi ASI ku

    ReplyDelete
  41. Waduh, aku soal no gadget ini keknya paling susah deh. Soalnya anak aku kalo nyusu lamanya luar biasa. Wkwk. Kadang kalo gak disambi2 ngutik gadget sambil baca.. Akunya malah ikut molor sambil menyusui. Efeknua kerjaan rumah gak kelar2.. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa mbak, kalo menyusui masih pakai HP
      Eh molor saat menyusui, hahaha iyaa. Kenapa ya kayak ada obat tidur.

      Delete
  42. Are you happy can give ASI to your baby? Thanks Blackmorea to support you be good mommy

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah I'm so happy, Mbak. Being a mother is very special for me.

      Delete
  43. Keren ya programnya blackmores... Semoga semua ibu bisa menyusui dengan optimal ya...

    ReplyDelete
  44. Masa menyusui emang butuh banyak support.. termasuk nutrisi. Ada Blackmores jadi makin mudah.. Asi lancar.. ibu tenang.. anak juga senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah suplemen Blackmores dukung kelancaran mengASIhi

      Delete
  45. 11 tahun lalu sewaktu ngasih ASI bisa puas mandangin anak tanpa gadget. Tapi nggak tahu nih tahun mendatang. Kudu siap-siap anti gadget setiap menyusui. Pengen tetap merasakan bonding yang kuat saat menatap mata si baby. Masya Allah doakan semoga persalinan saya tahun depan dilancarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah jaraknya lumayan juga itu mbak, 11 Tahun ya
      Semoga lancar persalinanmu

      Delete
  46. Memang bahagia ya kalo bisa penuh menyusui anak, ada kepuasan tersendiri. tentunya memang dibarengi usaha yg maksimal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak
      Efeknya kerasa, anak lebih jarang sakit
      Alhamdulillah

      Delete
  47. berhubung aku laki-laki dan tidka menyusui, tapi artikel ini aku sarankan untuk teman2ku dan sodara2ku yg lagi hamil atau ditahap sebagai ibu yg menyusui... top bgt inimah

    ReplyDelete
  48. Alhamdullilah bisa menyusui hingga dapat award
    Ngga semua perempuan beruntung lho
    Punya suami yang mendukung dan bisa full memberi ASI
    Banyak yang ga paham malah menyia nyiakan ASI nya

    ReplyDelete
  49. ASI sumber makanan bayi yang sangat bermanfaat. Ternyata si ibu harus memenuhi syarat untuk bisa menghasilkan ASI yang baik.

    ReplyDelete
  50. Kunci menyusui ini yang banyak ibu2 gak tahu. Kebanyakan ibu2 gak sabaran. Padahal kalau dilakukan dengan penuh komitmen bisa juga ya menyusui dengan sukses. Salut Mama Sid sama komitmennya tak heran kalau putra2nya pada sehat gini.

    ReplyDelete
  51. Senangnya melihat ananda sehat. Asi memang sumber makanan terbaik untuk bayi. Tumbuh kembangnya menjadi maksimal. Apalagi ibu mendapat dukungan seluruh keluarga hingga bisa memberikan asi dan perhatian untuk anak-anak. Senang membaca artikelnya.

    ReplyDelete
  52. Wah penerapan 5N ini perlu aku info juga nih ke temen2 ku yang sekarang lagi menikmati momem menjadi busui hehe.

    ReplyDelete
  53. Aku love banget ama Blackmores breastfeeding ini, nutrisinya top dan ASI jadi lancar jaya. Dulu sampe nitip ama teman yg dari Aussie. Semangat 5N ya mbak

    ReplyDelete
  54. mba blog mu yg ini udah aku bookmark nih buat masa-masa aku hamil hingga menyusui nanti. Penting banget untuk tips lancar menyusui dengan 5N ini

    ReplyDelete
  55. Wah calon ibuk dan buk ibuk yang baru melahirkan musti tauu nih biar bisa memberikan ASI Eksklusif. Terima kasih yaa mbak sharingnyaa hehe

    ReplyDelete
  56. Produk blakcmores bagus buat busui, kalo aq minum blakcmores yang buat tulang dan vitamin

    ReplyDelete
  57. Ikut berbahagia atas kelahiran anaknya. Memang bener, ASI harus diperhatikan dg baik, karena kualitasnya akan memengaruhi tumbuh kembang anak. Apalagi di bulan2 awal kelahiran, sang bayi masih 100% memperoleh makanan dari Asi saja.

    ReplyDelete
  58. Jadi kangen menyusui deh. Meski aku dulu gagal mengASIhi ekslusif, tapi momen menyusui tetap jadi momen ter-sweet dalam hidup. Kalau dikasih kesempatan hamil lagi, mau praktekkin 5N dan beli blackmores ah, biar bisa ASI eksklusif.

    ReplyDelete
  59. Noted banget, Mbak. Aku lagi mau program semoga nanti saat hamil dan menyusui ada rezekinya buat beli Blackmores

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,