Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Merdekakan Senyum Keluarga Indonesia

Thursday, August 13, 2020

Situasi lima bulan terakhir ini bukanlah situasi menyenangkan bagi banyak pihak. Ada yang terimbas dari segi kesehatan maupun kesejahteraan. Namun, selalu ada kesempatan berbuat baik. Di bulan Agustus, bertepatan dengan HUT RI ke-75, ada langkah kecil untuk merdekakan senyum keluarga Indonesia. Siapapun bisa ikut serta dengan cara berikut ini.


pepsodent merah putih
Menjadi Pahlawan Senyum


Pahlawan Senyum di Tengah Pandemi


 “Senyum membutuhkan otot lebih sedikit dibanding cemberut,” kutip SID dari majalah yang ia baca. Di tengah pandemi dengan kabar yang kurang enak didengar membuat saya akhir-akhir ini jarang tersenyum.


Saat usaha keluarga mengalami penurunan, mendengar curhatan teman yang gajinya dipotong, bahkan dirumahkan sampai waktu yang belum jelas, ingin rasanya berbuat sesuatu untuk meringankan beban. Di sinilah senyum dapat menjadi sedekah yang paling mudah. “Hadapi dengan Senyuman” seperti judul lagu Dewa 19.


Menjadi pahlawan senyum dengan berbagi senyum ke keluarga maupun lingkungan sekitar insya Allah meringankan beban. Senyum pun dapat membawa kehangatan suasana.


 Launching Pasta Gigi Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih


Inspirasi menjadi #PahlawanSenyum saya dapatkan ketika mengikuti launching pasta gigi Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih pada 10 Agustus 2020 lalu. Walau acara peluncuran produk terbaru Pepsodent ini secara virtual, kemeriahannya terasa apalagi para peserta kompak menggunakan dresscode bernuansa merah.

pahlawan senyum pepsodent
Berbagi senyuman agar lebih tangguh di era new normal

Kalau gigi berlubang, senyumnya jadi kurang total. Ouch! Maka, Pepsodent mengajak merdekakan senyum keluarga Indonesia dengan merdeka dari gigi berlubang. Tentunya rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi Pepsodent yang bantu mencegah gigi berlubang.


Coba perhatikan kemasan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih? Dilihat dari packaging-nya, edisi kali ini begitu menarik. Merah putih, Indonesia banget! Eh ternyata warna pastanya juga merah dan putih.


Fiona Anjani Foebe, Head of Oral Care Marketing Unilever Indonesia, menjelaskan keistimewaan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, yaitu:

  • Desain kemasan yang menggambarkan pahlawan senyum dari seluruh Indonesia yang melambangkan persatuan bangsa Indonesia. Pada kemasan luar terdapat 7 pahlawan senyum dari 7 provinsi se-Indonesia. Di kemasan dalamnya juga ada satu pahlawan senyum. Kalau punya saya yang dari Jawa Tengah.
  • Pasta gigi unik berwarna merah putih yang dilengkapi kalsium, fluoride dan zinc untuk bantu mencegah gigi berlubang.
  • Kemasan bijak plastik dimana 100% kemasan karton maupun tube-nya dapat didaur ulang. Pepsodent menggunakan teknologi PBL (Plastic Barrier Laminate) dengan mengganti lapisan penghalang aluminium dengan lapisan plastic EVOH. EVOH tidak boleh lebih dari 5%.

Senang deh melihat kemasan pasta gigi Pepsodent yang satu ini fully recyclable. Lebih ramah lingkungan untuk #SenyumkanBumi, kan. Selain itu saya baru tahu kalau Pepsodent punya sikat gigi yang gagangnya terbuat dari bambu. Kudu cari, nih.

pepsodent ramah lingkungan
Kemasan dan tube Pepsodent dapat didaur ulang


Merdekakan Senyum Indonesia dengan Donasi untuk Pejuang Sampah

Tak hanya merdeka dari gigi berlubang, kita bisa membantu para pejuang sampah (pemulung) dengan membeli Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih. Pepsodent akan mendonasikan 2,5% laba penjualan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan para pemulung dan keluarganya.

Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia, menjelaskan bahwa pandemic covid-19 berdampak ke pemulung baik dari sisi kesehatan maupun kesejahteraan. Para pemulung sebagai pejuang sampah turut menjaga kebersihan dengan memilah sampah yang masih dapat diolah kembali. Ketika menjalankan pekerjaannya, pemulung berisiko bersentuhan dengan benda-benda seperti masker bekas yang mungkin saja terinfeksi virus. Selain itu, penghasilan pemulung mengalami penurunan selama pandemi karena harga jual sampah menurun. 


Selain donasi dari penjualan Pepsodent edisi spesial di atas, kita juga dapat membantu dengan berdonasi melalui Kitabisa.com. Donasi yang terkumpul akan digandakan nominalnya oleh Pepsodent. Misal, kita berdonasi 100ribu maka akan digandakan menjadi 200ribu. Asyik, kan!

donasi pepsodent pemulung

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, menuturkan di lapangan para pemulung terkadang tidak dilengkapi alat yang proper untuk mendukung pekerjaannya. Oleh karena itu, donasi yang terkumpul akan diberikan dalam bentuk masker kain, hand sanitizer, sepatu boots, serta produk Pepsodent. Donasi disalurkan ke 8 titik di area Jawa dan Sumatera.


Tak hanya itu, Pepsodent juga akan memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung dan keluarganya. Sejumlah mesin press sampah plastik juga akan disalurkan untuk meningkatkan nilai ekonomis sampah plastik yang dijual ke pengepul.

pepsodent merdekakan senyum indonesia
Pepsodent Merdekakan Senyum Indonesia

Dengan berbagai langkah baik di atas, enggak cuma pengguna setia Pepsodent yang merdeka dari gigi berlubang tapi kita bisa berbagi dengan para pemulung untuk semakin banyak merdekakan senyum keluarga Indonesia.

By the way, sudah berbagi senyum hari ini?

62 comments on "Merdekakan Senyum Keluarga Indonesia "
  1. wah keren pepsodent ada kemasan khususnya :) dan peduli dengan pemulung, padahal jarang produsen yang peduli dengan rakyat kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah beli pasta gigi bisa sekaligus berdonasi untuk para pemulung dan keluarganya :)

      Delete
  2. Holaaa, aku datang membawa senyuman paling manis iniii, nih lihat nyengir :D

    Terkadang boro2 pengen senyum yaa suasana kemaren tuh pas pandemic, tapi lagi2 bersyukur hanya dengan senyuman keluarga bisa saling menguatkan satu sama lain, plus menguatkan sesama juga termasuk dengan para pemulung, agar merema bisa senyum ceriaa. Btw packaging khusus ini lucu banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai teteh ... makasih ya udah berbagi senyum
      Betul, mau ketemu dengan keluarga atau tetangga paling enak ya menyapa dengan tersenyum.

      Delete
  3. Kemasannya bikin gemesss. Yang buat anak-anak ada nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada, aku pun nunggu Pepsodent Jr nih, heheh

      Delete
  4. “Senyum membutuhkan otot lebih sedikit dibanding cemberut,” .. iya benar .... makanya kalo cemberut itu melelahkan ya hehehe. Kalau senyum terus sering sikat gigi pasti banyak deh yangketularan senyumnya

    ReplyDelete
  5. Setiap senyuman memang begitu berarti dan bisa diciptakan dari banyak hal sederhana di dalam keluarga --> SEPAKAATTT BANGET.
    Senyum itu sedekah, indah bila digoreskan dgn merekah.
    Makasiii Pepsodent!

    ReplyDelete
    Replies
    1. senyum itu sedekah yang paling mudah apalagi kalo ikhlasss

      Delete
  6. Aku udh beli dong, sebab 2,5% laba dari penjualan Pepsodent edisi spesial merah putih ini dialokasikan untuk keluarga pejuang sampah, kemasannya juga bijak berplastik karena lebih mudah didaur ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih mba, dukung pejuang sampah makin sejahtera dan sehat!

      Delete
  7. lucu yaa edisi khususnya,pepsodent emang udah identik dgn merah putih, tapi yang ini kemasannya lebih ceria dan bikin semangat

    ReplyDelete
  8. Wah... saya terharu dengan action Pepsodent yang akan memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung dan keluarganya.
    Semoga kebaikannya dapat berlangsung terus menerus.. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesehatan gigi dan mulut itu kan penting tapi seringkali diabaikan. Dengan aksi dari Pepsodent semoga para pejuang sampah dan keluarga sehat-sehat ya

      Delete
  9. Bener banget mba, saat ini makin banyak orang yang susah senyum ya.. kondisi lagi sulit soalnya. Tapi salut deh sama Unilever dengan pepsodent kemasan khususnya ini. Bisa menyayangi bumi sekaligus berbagi sama mereka yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  10. Produk Pepsodent edisi khusus ini sangat inovatif, sekaligus juga penggerak utk menjadi bagian dr pendonasi senyum untuk pejuang sampah. Kebersihan mulut konsumen utk mrk yg memiliki andil besar dalam membersihkan lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup inovasi kemasan daur ulangnya paling ku suka

      Delete
  11. Kalau senyum sih saya rasa setiap ketemu orang pasti senyum. Hehehe... Lumayan lah ga bisa sedekah harta, senyum saja dulu.
    Btw acara Pepsodent ini menginspirasi banget ya ... Semoga diikuti perusahaan lain untuk lebih peduli mereka yang kena kesulitan

    ReplyDelete
  12. Wah SID pintar menginspirasi bundanya utk terus tersenyum nih..hehe.. Jempol buat SID. Jempol juga utk Pepsodent dg varian dan program baru ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sikat gigi pakai Pepsodent Merah Putih?

      Delete
  13. pepsodent punya perhatian di masa covid ya. membuat mereka yang kesusahan jadi tersenyum

    ReplyDelete
  14. Sampah tube pasta gigi memang meresahkan. Mana sampai sekarang kan gak ada isi ulang pasta gigi. Makanya seneng banget saya begitu tau kalau sampahnya bisa didaur ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. andai ada isi ulang pasta gigi jadi lebih hemat yak, heheh

      Delete
  15. seru banget yoo Pepsodent edisi merah putih ini, bikin jadi semangat untuk berbagi juga walaupun lagi di masa pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep bisa berbagi dengan jaga kesehatan gigi

      Delete
  16. Kemasan pasta gigi Pepsodent edisi spesial merah putih ini cakep banget ya, aku baru tau. Memang lebih baik senyum daripada cemberut haha, apalagi senyum itu menular loh, hal kecil yang berdampak besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. senyum dan cemberut bisa sama-sama menular. Daripada menularkan hal negatif, lebih baik jadi pahlawan senyum.

      Delete
  17. Salut dengan campaign nya Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih ini, Merdekakan Senyum Keluarga Indonesia plus senyum untuk bumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi paket komplit yaa, bumi pun turut mendapatkan senyuman lewat kemasan yang lebih ramah lingkungan

      Delete
  18. Ini pasta giginya cute banget ya kemasannya. Dan isinya juga wow, merah putih. Anak-anakku bakalan senang deh kalo aku beli yang ini. Nyari ah, biar anak-anak makin semangat gosok giginya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun tiap menyikat gigi senang lihat warnanya, merah putih seperti bendera Indonesia

      Delete
  19. Aku suka sama senyumannya mama SID
    Pas banget sama inti senyum Pepsodent
    Dan anak anak di negeri ini harus banyak tersenyum dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif

    ReplyDelete
  20. Kemasan pepsodent edisi spesial merah putih gemesin banget, ya, keren deh programnya tidak hanya membuat keluarga di Indonesia tersenyum tapi program pejuang sampahnya patut diapresiasi

    ReplyDelete
  21. Bagus programnya nih semoga banyak yang meniru ya... jadi inpsirasi buat yg lain agar lebih mencintai lingkungan..

    ReplyDelete
  22. Aku ya suka sama gambar2 pahlawan senyumnya ituuu :D
    Kebetulan ku pemakai Pepsodent sejati sejak kecil jd udah pasti akan nyari juga ah kemasan edisi spesial ini, sekalian diniati bantuin pemulung yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ... yang gambar senyum itu ku potong jadi pembatas buku. Bagus!

      Delete
  23. Jadi donasinya akan dilipatkan ya bantu buat pejuang sampah juga. Gambarnya bagus-bagus gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, nominalnya makin gede semoga makin banyak yang terbantu

      Delete
  24. Semoga bisa membantu dan membuat senyum untuk masyarakat Indonesia.. aksi Pepsodent patut di contoh dengan cara kita sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin
      beli Pepsodent aja, mbak. Sebagian labanya untuk donasi

      Delete
  25. Jadi penasaran gimana kemasan Pepsodent edisi Kemerdekaan.
    Lucu dan yang pasti ramah lingkungan.
    Membuka mata kita untuk sadar terhadap kelestarian bumi tempat kita berpijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada lho di supermarket. Bagus deh ilustrasinya.

      Delete
  26. Pepsodent kemasan itu asliii lucu banget. Saya juga baru aja beli. Dan seperti perkiraan saya, sama si sulung kemasannya langsung dia minta. Hahahaha. Gambar di kemasannya lucu soalnya, pada senyum semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eye catching, ya, Mbak! Anak-anak makin semangat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

      Delete
  27. Senyuummnya maniis banget. Kenapa sih? Oh ya jelas karena pake pepsodent edisi kece ini

    ReplyDelete
  28. Yak biar gak ada perayaan Agustusan, orang Indonesia harus terus tersenyum menyambut hari kemerdekaan! Setuju banget, senyum lebih enteng daripada cemberut. Cemberut bikin lelah bibir, hati dan otak mbaak

    ReplyDelete
  29. Kemasannya itu lho gemes banget ❤️ baru tau klo bahan pembungkusnya daur ulang jg. Kren pepsodent!

    ReplyDelete
  30. Pepsodent kece banget ya, nggak hanya packaging dalamnya juga merah putih inspirasi banget ini apaalgi programnya keren gini.

    ReplyDelete
  31. Jadi pahlawan senyum dengan cara sederhana itu so simple ya. Cukup berdonasi dan juga bisa membantu saudara kita yg pemulung dan keluarganya. Senengnya lihat pepsodent yg selalu memberi banyak kebaikan di program ini. Cuss ah beli pepsodent merah putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah aman nih stok Pepsodent Merah Putih juga varian lainnya. Sekeluarga memang pakai Pepsodent.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,