Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Mudah dan Praktis, Inilah Cara Aktivasi Windows 10

Tuesday, June 16, 2020

Saat ini Microsoft sudah semakin memiliki banyak kemajuan diantaranya adalah Windows 10 yang membuat masyarakat luas gencar mencari tahu cara aktivasi Windows 10 itu sendiri. Perlu Anda ketahui juga bahwa Microsoft juga memiliki kebijakan sendiri di mana bagi para pengguna yang sudah memiliki lisensi Windows 7 dan 8 dapat melakukan pembaharuan ke Windows 10 secara gratis.

Kebijakan yang menguntungkan tersebut tentu saja diapresiasi banyak orang khususnya para pengguna setia Windows. Bahkan, ada juga keuntungan lain yang diberikan oleh Windows salah satunya adalah dengan membuat versi demo dari Windows 10 itu sendiri yang dapat digunakan secara gratis. Wah, menarik sekali, bukan?
Cara Aktivasi Windows 10 (pic. Andrew Mantarro - Unsplash)
Seperti yang Anda ketahui juga, versi demo yang gratis tersebut memang akan membatasi Anda dari beberapa fitur. Jadi, terdapat beberapa fitur yang memang tidak bisa Anda gunakan secara gratis. Maka dari itu, mari lakukan aktivasi dengan mengikuti tips dan cara aktivasi Windows 10 seperti yang dibahas di bawah ini:


1.       Mengunjungi Situs Resmi Microsoft

Sebelum mulai melakukan proses aktivasi, cara aktivasi Windows 10 yang pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan membeli produk Windows 10 itu sendiri. Bagaimana caranya? Anda bisa membelinya dari situs resmi Microsoft Store Indonesia atau juga toko ritel fisik terdekat yang ada di kota Anda.
Saat mengunjungi situs resmi Microsoft, Anda bisa memilih untuk langsung membeli produk asli atau versi demo. Jika Anda membeli produk asli untuk segera diaktivasi maka hal yang harus diingat adalah Anda akan mendapatkan product key. Namun, jika Anda membelinya langsung pada toko ritel fisik, product key akan diberikan dalam bentuk kotak kemasan.
Cara mengunduh produk Windows 10 baik itu versi demo atau full version dilakukan dengan cara yang sama, yaitu proses pengunduhan pada umumnya. Bedanya, Anda tidak akan membutuhkan product key untuk versi demo Windows 10. Namun, untuk full version tentu saja Anda harus melakukan aktivasi sesuai prosedur yang ada.

Baca juga : www.domainesia.com/hosting penyedia hosting untuk website

2.       Tidak Memerlukan Product Key untuk Versi Demo

Untuk versi demo Windows 10, Anda tidak akan membutuhkan product key, jadi Anda tetap bisa mencoba Windows 10 meski ada beberapa fitur yang tidak bisa Anda gunakan. Namun, Anda tidak akan berlama-lama menggunakan versi demo, bukan? Pada akhirnya, Windows 10 tetap harus diaktivasi agar Anda bisa menggunakan fiturnya secara lengkap.
Jika Anda tidak memiliki product key dan sudah terlanjur melakukan instalasi Windows 10, maka cara yang paling tepat adalah dengan membeli digital license atau physical license. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lisensi digital bisa Anda dapatkan jika Anda membeli ISO Windows 10 dari Microsoft Store.

3.       Jika Lisensi Tidak Diaktifkan

Apa yang akan terjadi jika sekiranya Anda tidak tahu cara aktivasi Windows 10 dan proses aktivasi tidak segera dilakukan? Tentu saja Anda akan terus diganggu dengan tampilan peringatan ‘Activate Windows’ yang membuat Anda tidak akan leluasa menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Windows 10.
Microsoft memang selalu mewajibkan semua penggunanya untuk menggunakan salinan produk Windows yang legal dan resmi diperoleh dari toko resmi milik Microsoft. Untuk mengaktivasinya tentu saja Anda akan membutuhkan Product Key yang mana bisa Anda dapatkan ketika membeli Windows 10 secara resmi.
Lakukanlah aktivasi dengan prosedur yang sudah ada seperti melakukan aktivasi melalui menu ‘Settings’. Setelah itu, pilihlah menu ‘Update & Security’. Jika sudah, selanjutnya pilihlah menu ‘Activation’. Dari sini, Anda bisa mulai memasukkan Product Key yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengaktifkan koneksi internet saat proses aktivasi dilakukan.

4.       Operasi Demo Windows 10

Jika Anda belum juga berniat untuk mengaktivasi Windows 10, Anda tetap bisa menggunakan versi demo meski dengan batasan-batasan tertentu. Misalnya saja, saat penggunaan versi demo memang Anda tidak akan mengalami lagging yang berarti meski terdapat batasan fitur yang tidak bisa digunakan.
Namun, meski begitu Windows tetap akan mengingatkan Anda di waktu-waktu tertentu untuk memasang versi penuh Windows 10 itu sendiri. Jadi, tidak akan ada masalah yang berarti meski Anda hanya menggunakan versi demo Windows 10. Namun, pemasangan secara resmi tetap harus dilakukan, bukan?

5.       Mengganti Wallpaper Desktop

Anda ingin mengganti wallpaper PC karena bosan dengan wallpaper yang sekarang? Jangan bingung! Ada trik sendiri jika Anda ingin mengganti gambar wallpaper tanpa harus tahu cara aktivasi Windows 10. Anda bisa mengganti gambar dengan cara mengakses folder di mana tempat gambar yang akan dijadikan wallpaper tersebut disimpan.
Setelah gambar tersebut ditemukan, lanjutkan klik kanan dan pilihlah ‘Set as Background’. Coba periksa pada desktop, sudah pasti wallpaper PC Anda berubah dengan gambar yang sudah Anda pilih sebelumnya. Mudah sekali, bukan? Dengan begitu, Anda bisa memandangi gambar baru tertentu sesuai dengan yang diinginkan.
Mengganti wallpaper desktop tidak mengharuskan Anda untuk mengaktivasi Windows 10 terlebih dahulu jadi Anda tetap bisa melakukannya tanpa aktivasi Windows 10. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan bosan dengan tampilan PC yang ada.

6.       Membeli Windows 10 Home and Pro

Jika Anda memang sudah siap untuk mulai menggunakan Windows 10 secara resmi dan legal, jadi mulailah mengaktifkan Windows 10 sesuai dengan prosedur yang ada. Di tahapan aktivasi nantinya, Anda akan diberikan dua pilihan Windows 10 sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Apakah Anda ingin menggunakan yang Pro atau Home?
Untuk Windows Home atau Pro pada dasarnya memiliki harga yang sama yaitu sekitar Rp2.800.000,-. Bagi Anda yang sering menggunakan PC untuk bekerja, Anda bisa memilih Windows Pro. Pada dasarnya, fitur yang dimiliki keduanya sama hanya saja keamanan dan enkripsi pada Windows Home lebih terjaga.

7.       Aktivasi Windows 10 Siap Digunakan

Setelah menentukan untuk menggunakan Windows 10 secara resmi, lakukanlah aktivasi sesegera mungkin agar semua fitur yang dimiliki Windows 10 bisa secara maksimal Anda manfaatkan. Memang tidak ada yang salah dengan menggunakan Windows 10 versi demo selama tidak ada kendala berarti yang Anda alami.
Sesaat setelah aktivasi selesai dilakukan, Anda telah siap untuk menggunakan Windows 10 secara bebas tanpa adanya halangan dan kendala ketika ingin menggunakan fitur-fitur tertentu. Jangan lupa untuk menerapkan cara aktivasi Windows 10 yang praktis dan mudah untuk dilakukan.
Penggunaan Windows 10 kini sudah kian ramai digunakan mengingat beberapa versi lawas Windows sudah tidak memiliki pembaharuan lagi yang membuatnya rentan terkena serangan malware. Jangan lupa untuk mengaktifkan Windows 10 dengan cara aktivasi Windows 10 yang sudah dijelaskan dan jangan lupa untuk selalu melakukan pembaharuan secara berkala agar PC kesayangan Anda bebas dari gangguan dan serangan malware.

1 comment on "Mudah dan Praktis, Inilah Cara Aktivasi Windows 10"
  1. wuih harga masternya hampir tiga juta. saya malah pake copy, jadi sering ada notif activate windows kalau habis durasi. hahahahahaha.

    Salam kenal mbak. sillaturahmi blogwalking

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,