Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

5 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Monday, October 2, 2017
Cara detox tubuh – Awal kepindahan kami ke Jakarta, SID sempat sakit batuk selama hampir sebulan. Tubuhnya kaget dengan polusi asap kendaraan, asap pabrik, dan debu. Tempat tinggal kami dekat daerah industri dan terminal sehingga asap dan debu banyak bertebaran di udara. Rasanya mau kembali ke desa saja di mana udara lebih bersih, minim polusi.


Debu dan asap yang masuk menjadi racun dalam tubuh. Tak hanya itu, zat aditif dalam makanan dan minuman, asap rokok (termasuk untuk perokok pasif), minuman beralkohol, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Secara alami, tubuh akan mengeluarkan racun-racun tersebut melalui hati, ginjal, paru-paru, darah, usus, dan sebagainya. Inilah yang disebut detoksifikasi atau detox. Yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan proses detoksifikasi tersebut sehingga racun dan kandungan berbahaya dapat keluar dari tubuh.

Setelah detox, kerja organ tubuh akan menjadi lebih optimal. Efeknya, stamina meningkat dan pikiran lebih jernih sehingga kekebalan tubuh membaik. Detox juga membuat kulit lebih halus dan rambut lebih sehat. Segala manfaat baik dari detox tersebut membuat kita semakin awet muda. Nah, makin ingin melakukan detox, kan?

Di sini ada beberapa cara mudah melakukan detoksifikasi yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah, setiap hari:

1. Rutin berolahraga
Dengan rutin berolahraga, tubuh akan mengeluarkan racun secara alami melalui keringat. Olahraga yang efektif yaitu 30 menit setiap hari dengan minimal 3-5 kali per minggu.

2. Mengatur napas
Oksigen berperan penting pada proses detox. Hiruplah napas melalui lubang hidung selama lima detik kemudian keluarkan melalui mulut.

3. Massage
Lakukan pemijatan pada bagian leher, ketiak, perut, lipatan paha, dan lutut untuk memaksimalkan kinerja kelenjar getah bening.

4. Makan buah dan sayur
Beberapa buah dan sayur yang baik untuk detox seperti apel, raspberry, brokoli, paprika, bayam, dan kubis. Buah dan sayur ini dapat dinikmati langsung atau dibuat jus tanpa gula.

5. Minum air alkali
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan untuk anak-anak, 75% tubuhnya terdiri dari air. Itulah mengapa air begitu penting dibutuhkan tubuh setiap hari. Kebutuhan air minum tiap orang berbeda-beda, tergantung massa tubuh. Cara menghitungnya yaitu 2% x massa tubuh. Contohnya untuk yang memiliki massa 50kg butuh minum air setidaknya 1 L per hari.

Pilih air minum yang menyehatkan. Biasanya saya melihat dari air yang jernih, tidak berasa, dan tidak berbau. Ternyata penting juga melihat pH dari air yang diminum. Air mineral dengan pH tinggi dapat membantu proses detoksifikasi. Air tersebut akan menjadi antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.

Nihon Trim Ion untuk ionisasi air menjadi layak minum dengan pH tinggi
Ngomongin pH jadi ingat pelajaran sekolah tentang sifat asam-netral-basa. pH 6 ke bawah bersifat asam, pH 7 bersifat netral, sedangkan pH 8 ke atas bersifat basa/alkali yang lebih menyehatkan untuk tubuh.

Lalu, air yang kita minum selama ini berada di pH yang mana? Apa beda air mineral biasa dengan air alkali?

Dalam press conference 28 September 2017 lalu di JCo, Gandaria City, Jakarta, saya semakin paham tentang air alkali. Eric Williyanto, Product Manager Pristine, menjelaskan bahwa alkaline water berfungsi untuk detoks dan menyehatkan sistem pencernaan. Pristine, alkaline water dari Sinarmas Consumer Products, memiliki pH tinggi sekitar 8,3 – 8,5 yang membuatnya bersifat basa. Pristine diambil dari sumber mata air terbaik di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Selanjutnya air tersebut melewati proses multifiltrasi dan ionisasi menggunakan teknologi terkini Ionisasi Nihon Trim. Proses ini bertujuan menghilangkan sifat asam pada air sehingga yang tersisa hanya basa. Supaya mudah dicerna tubuh, molekul air dibuat kecil menjadi 0,04 mikron.

Eric Williyanto, Product Manager Pristine
Oh jadi begitu kelebihan air alkali dibanding air mineral. Selama ini saya minum saja alkaline water tanpa mengetahui manfaatnya. Seperti saat melihat Pristine justru saya paling tertarik dengan kemasannya yang langsing dan warna toska-nya. Saya baru tersadar ada keterangan “air minum pH tinggi”. Hihihi.

Buat saya yang gaptek science begini, ada cara mudah mengetahui tingkat pH air dan melihat perbedaan air mineral dengan air alkali. Pagi itu Direktur PT. Super Wahana Tehno Kei Shinohara melakukan 3 eksperimen berikut:

Kei Shinohara, Direktur PT. Super Wahana Tehno (kanan) melakukan eksperimen dengan Pristine
Pertama, Mr. Kei menuangkan cairan untuk mengetahui kadar pH ke dalam 3 gelas kecil. Gelas 1 diisi air mineral biasa, gelas 2 diisi Pristine, dan gelas 3 diisi Pristine yang telah diproses menggunakan mesin Nihon Trim. Hasilnya pada gelas 1 air berubah menjadi hijau (pH netral), gelas 2 air berwarna biru (pH 8/basa), dan gelas 3 air berwarna ungu (pH 9-10/basa).

Percobaan pertama mengukur nilai pH 3 jenis air
Kedua, terdapat dua gelas yang berisi daun teh. Mr. Kei menuang air mineral pada gelas pertama dan hasilnya air dengan daun teh lama bereaksi, cenderung bening. Kemudian Mr. Kei menuang Pristine pada gelas kedua dan reaksi air dengan daun teh terlihat cepat. Air berubah menjadi kuning kehijauan.

Percobaan kedua melihat kecepatan air bereaksi dengan daun teh

Ketiga, Mr. Kei menuang iodine pada dua gelas. Gelas pertama diberi air mineral menghasilkan warna air yang kuning saat iodine larut pada air. Gelas kedua diberi Pristine namun hasilnya air begitu jernih. Iodine pada percobaan ini ibarat oksigen reaktif pada tubuh. Oksigen reaktif berdampak negatif apabila berada dalam tubuh. Senyawa ini akibat merokok, minuman beralkohol, stres, dan gaya hidup tidak sehat. Mengonsumsi Pristine secara teratur mampu menetralisir oksigen reaktif.

Percobaan ketiga melihat reaksi air saat dicampur iodine
Selama eksperimen saya sempat merekamnya di video tapi mohon maaf ada musibah sehingga tidak bisa saya tampilkan di sini. Semoga penjelasan lewat tulisan di atas cukup jelas.

FYI, air alkali Pristine aman diminum setiap hari. Rasanya segar dan tidak pahit. Pristine sudah tersedia di supermarket maupun mini market. Bisa juga berlangganan lewat agen Pristine, infonya di Customer Care 021-3921232 atau e-mail customer@superwahanatehno.com.


Sekarang kita sudah tahu cara mudah detoksifikasi setiap hari yang bisa dilakukan di rumah. Tubuh bekerja lebih optimal, hidup lebih sehat, bonus awet muda. Punya pengalaman seputar detox? 


Referensi:
13 Manfaat Detoksifikasi pada Tubuh. https://manfaat.co.id/manfaat-detoksifikasi. Diakses tanggal 2 Oktober 2017.
7 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh.http://health.liputan6.com/read/2607039/7-cara-alami-detoksifikasi-tubuh. Diakses tanggal 2 Oktober 2017.
Pentingnya Detox bagi Tubuh. http://news.kompas.com/read/2009/02/24/12390873/pentingnya.detox.bagi.tubuh. Diakses tanggal 2 Oktober 2017.


98 comments on "5 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah"
  1. Seneng ya mbaaak sekarang mau detox sudah simple sekali.. cukup minum pristine 8+!
    jadi yakin.. kesehatan sekarang lebih mudah dijaga dan optimis gak akan gampang sakit.
    Yeayyy


    Salam,
    Www.sofiadewi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu... bisa detox tiap hari di mana saja. Simple kan pakai Pristine.

      Delete
  2. suka bangeettttt sama pristine... ga nyangka ya bs sekaian mendetox..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang yaa sekarang detox dengan Pristine8+

      Delete
  3. Polusi emang yang paling parah deh bisa bikin dehidrasi bahkan asma. Emang paling bener kalau sering2 ngedetoks tubuh supaya nggak gampang sakit ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah buat kamu yang kerja dan langganan kena macet, siap sedia Pristine di tas supaya ga dehidrasi

      Delete
  4. Saya suka detoks pakai Pristine. Mudah didapat produknya dna enak ke lambung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah cocok ya, ga bikin mual.

      Delete
  5. Duh baca postinganya, jadi berasa diingetin lagi buat rajin olahraga deh kak, hehehe.
    Tapi enak yaaa, sekarang detox bisa lebih mudah dibantu sama Pristine :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo kebanyakan duduk depan komputer harus diimbangi olahraga

      Delete
  6. Aku senang nih bisa detox tubuh dengan Pristine 8+ sekaligus menyembuhkan gangguan pencernaan, semoga rutin minumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah buat yang mual dan mules, coba terapi dengan minum Pristine setiap hari.

      Delete
  7. aku konsumen setia pristine yang dulu nggak sengaja beli pristine karena kemasannya yang cantik dan ciamik. Next mau ganti galon dirumah dengan pristine aja aaah. Demi kesehatan keluarga juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga yang galon ga beda jauh dari merek sebelah. Worth to buy

      Delete
  8. Duh, membantu banget nih bisa detox pake pristine.. Praktis sekali.. ^^

    ReplyDelete
  9. Awalnya beli air minum ini karena suka sama kemasannya, unyu dan langsing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha samaan deh mbak. Langsing nyaman digenggam

      Delete
  10. yang paling susah dilakuin itu kan rajin olahraga Mbak. T.T
    tetep aja rasa malas menerpa kalo uda mau olahraga. Huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari hal ringan aja, Mbak. Bisa jalan kaki ke halte atau kalau jaraknya masih sekilo ya jalan aja, ga ngojek. Itu yg biasa aku lakukan.

      Delete
  11. Jadi inget zaman kuliah saban kapan di lab ngecek pH pakai lakmus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih zaman SMP-SMA kayaknya kalau percobaan seperti ini.

      Delete
  12. Pola hidip yang sehat.sangat bagus jika kita bisa meneapkan dalam kehidupan sehari-hari...

    ReplyDelete
  13. aku konsumen setia pristine yang dulu nggak sengaja beli pristine karena kemasannya yang cantik dan ciamik. Next mau ganti galon dirumah dengan pristine aja aaah. Demi kesehatan keluarga juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..dari ga sengaja malah bermanfaat

      Delete
  14. Detox memang penting bgt buat menghindari numpuknya toksin di tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul. Detox setiap hari lebih mudah kan

      Delete
  15. Saya minum pristine ini bisa dihitung jari, kayaknya baru 3 kali deh. Ternyata selain botolnya yang bagus *ihik, pristine ini bermanfaat banget ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha keknya banyak yang tertarik dengan si botol ramping

      Delete
  16. Mau mulai rutinin detox sederhana di rumah ah, diawali sama olahraga dan minum Pristine dulu bisa kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bisa. Pilih yang paling mudah aja

      Delete
  17. Owalah kirain Sid kelahiran Jakarta..
    Iya ya kudu imbang kondisi asam basa tubuh.
    Aku dulu ngiranya Pristine air mineral biasa, tapi emang kalau diminum bikin seger badan gtu sih. Baru tau kalau Pristine ternyata air alkali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yo ga ngeh ada tulisan kecil di kemasan pristine I

      Delete
  18. Oh..saya baru tahu klo Pristine lebih dari sekedar air mineral biasa. Fungsinya juga bisa berperan utk detox, sederhana dan mudah utk mendapatkan kondisi prima

    ReplyDelete
  19. Semua langkah-langkah detoksnya wajib dilakukan nih :)

    ReplyDelete
  20. Aku beli pristine awalnya juga karena kemasannya yang cantik. Setelah liat hasil tes Mr. Kei aku makin yakin tubuh kita butuh air alkali. Jadi mulai sekarang sadar harus jaga kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasannya memang menarik. Langsing gitu

      Delete
  21. Minum pristine biasa saya lakukan setelah melakukan kegiatan yang padat dan melelahkan, dan setelah minum ini badan terasa segar kembali seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan yang padat perlu diimbangi dengan asupan air mineral supaya tubuh tetap segar

      Delete
  22. Hidup sehat itu simpel ya, rajin minum air putih seperti Pristine. Murah dan enak cuma kadang kita males konsumsi sehat,minum air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat simple tapi menjalaninya yang butuh konsistensi

      Delete
  23. Wah ga nyangka ternyata Pristine mengandung air alkali ya. bagus buat detox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya air alkali Beda dari air mineral biasa lo

      Delete
  24. Detox dengan air putih juga saya terapkan dirumah, tapi baru tahu nih kalau airnya juga musti bener ya, biar hasilnya lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong perhatikan kualitas air minum

      Delete
  25. Air minerak juga ada PH nya ya twrnyata... Baru tahu aku. Oje fix sekarang tau cara detoks mudah l, nice share sist ☺

    ReplyDelete
  26. makasih mba ilmunya bertambah lagi udh share akan pentingnya detox tubuh sering sih aku juga minum air yang menggandung ph sesuai dengan tubuh tapi baru kali ini ada air yang asli enak segar dan membuat kita sehat.

    ReplyDelete
  27. penjelasannya lengkap sekali, jadi semakin tahu nih mbak,,,terimakasih

    ReplyDelete
  28. Minum Pristine bonus awet muda kayak mba Helena aku mau banget 😘

    ReplyDelete
  29. aku yg jarang itu pijat, olahraga & minum air beralkaline.. padahal diumur usia syantiek ini metabolisme tubuh ngga terlalu bagus.. hiks.. ntar nyobain ah minum pristine :D

    ReplyDelete
  30. Cara detok mudah ya ternyata, salah Satunya minum air alkali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mudah dan bisa dilakukan setiap hari

      Delete
  31. wah pengetahuan baru nih, tapi dimana ya bisa dapet pristine itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mini market, supermarket, atau lewat agen

      Delete
  32. Polusi bahkan bisa bikin kambuh asma ya mbak Helena. Saya detoks tubuh dengan rutin olahraga sama minum air alkali mbak, seger aja rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh iyaa apalagi rumah yang dekat pabrik

      Delete
  33. banyak manfaatnya ya mba. btw saya baru tau cara mengetest air seperti itu. Dapat ilmu baru. biasa saya pake kertas dicelupkan terus dicek warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasa pake lakmus ya. Eksperimen di sini lebih beragam

      Delete
  34. Nomor 3 dan 5 aku belum kak, hiks.

    ReplyDelete
  35. Baru tahu produk ini.

    Biasanya aku detok saat Ramadhan dengan berpuasa, minum air putih hangat bangun tidur dan beraktivitas fisik minimal 30 menit perhari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kebiasaan yang baik, Mbak. Bisa Lanjutkan

      Delete
  36. Kalo pas pingin detox, aku suka beli pristine di indomaret. Harganya relatif kejangkau dibanding air ph ti ggi merk lain yg dijual dg sistem jaringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak. Pristine lebih mudah didapat juga kan

      Delete
  37. Ternyata fristine bagus ya mba. Berarti selama ini aku tidak salah mengkonsumsi. Murah dan bagus buat kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bagus lho mbak. Banyak manfaatnya

      Delete
  38. kupikir Pristne cuma buat ngilangin aus doang :D ternyata bisa juga buat detox ya

    ReplyDelete
  39. Mbaa, aku baru tau loh mengenai minuman yang mengandung alkalin ini, ternyata baik untuk kesehatan yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups ga cuma air mineral biasa. Prosesnya beda

      Delete
  40. Aku mau membiasakan minum alkali, pakai air baking soda aja tapi rasanya ga enak, enek.. Hiks. Mungkin kalo pakai Pristine lebih plong karena rasanya kaya air mineral tapi khasiat air alkali ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah air baking soda? Aku baru dengar nih

      Delete
  41. Sering beli Pristine, karena botolnya cakep, lucu. Enggak tau kalo bisa jad minuman terapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu imut gitu ya. Minum Pristine berasa langsing.

      Delete
  42. Hampir semua cara detoksifikasi pernah saya coba. Tapi yg terakhir baru tahu kalau Pristine minuman berakali yg bisa mendetoksifikasi racun dalam tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah? Aku pernah yang minum jus

      Delete
  43. Untungnya selama ini saya memilih air minum yang tepat yaitu Prestine untuk menunjang kesehatan saya, apalagi detoksifikasi

    ReplyDelete
  44. aku sering liat ini di minimarket, tapi belum pernah coba gegara mba Helen aku harus coba ini.

    ReplyDelete
  45. Mba,beli kertas ph dimana ya?

    ReplyDelete
  46. Minum yang banyak, tapi jangan sembarangan minum ya mba

    ReplyDelete
  47. Waah banyak cara ya Mba Detoksifikasi, tapi saya mau yang mudah ah beli Pristine

    ReplyDelete
  48. Aku suka banget nih minum pristine, rasanya lebih segar dibanding air biasa

    ReplyDelete
  49. Kalau lagi beli air mineral di minimarket aku biasa langsung ambil si pristine ini mbak... Tapi jujur ga tau manfaat nya apa... Taunya ya cuma untuk menghilangkan dahaga aja.. Aku langsung pilih ini karena botolnya yang lucu menurutku... Hihihi... Makasih ya mbak... Baca ini jadi tau dan makin yakin kalau aku ga salah pilih...

    ReplyDelete
  50. Anak saya hampir tiap bulan kunjungan ke dokter karena batpil yang datangnya langganan. Itu waktu tinggal di Jakarta. Alhamdulillah pas pindah ke Makassar udah jarang batpil.

    Terima kasih tips detoksnya Mba :)

    ReplyDelete
  51. aku juga minum pristine Len.. btw jadi kpikiran pengen detoks abis baca artikel ini :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature